Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Cara Promosi Website yang Tepat & Wajib Dijajal


Cara Promosi Website - Banyak pengguna yang tidak tahu cara promosi website setelah membuatnya. Sehingga situsnya tidak mengalami peningkatan, baik dari segi kualitas maupun pengujung. Hal ini harus di cari solusinya. Jangan sampai website yang sudah susah payah dibangun jadi sia-sia, karena tidak dikenal oleh pengguna internet. 

Agar memiliki peringkat tinggi, coba simak cara mempromosikannya sesuai panduan yang akan dijelaskan. Pasti semua setuju jika membuat website itu mudah. Tapi tidak dengan mempromosikannya. Karena perlu strategi pemasaran agar web dapat tampil di page pertama hasil pencarian. 

Mungkin ada anggapan dengan menghadirkan konten yang bagus pengguna akan datang sendiri. Namun nyatanya tidak semua orang tahu keberadaan website tersebut. Sehingga perlu dilakukan promosi agar lebih dikenal oleh publik.

Lalu Bagaimana Cara Promosi Website yang Tepat?

Sebagai langkah promosi, ikuti cara berikut:

1. Memasang Banner Iklan



Cara pertama yang sering ditemukan dan mungkin bisa dijadikan rekomendasi mempromosikan website yaitu memasang banner iklan. Strategi ini diklaim efektif dan memberikan hasil yang bagus, terutama untuk meningkatkan traffic. Web yang diiklankan lewat banner, berpotensi di-klik oleh pengguna internet. 

Ada dua pilihan lokasi ditampilkannya banner berisi iklan web, yakni di situs sendiri dan orang lain. Posisinya pun dapat diletakkan di mana saja, asal memungkinkan terlihat oleh pengunjung web. 

Agar lebih menarik, banner harus didesain dengan interaktif. Hanya saja, jika memasangkannya di web teman, harus menyiapkan budget untuk membayar.

2. Mempromosikan di Marketplace


Cara ini termasuk salah satu strategi mempromosikan web yang efektif. Marketplace dipercaya sebagai tempat yang tepat karena sering dikunjungi oleh pengguna. Contohnya seperti dua marketplace lokal, yaitu Indotrading dan Olx. Jika website dimunculkan di sana, maka potensi trafik pengunjung naik akan lebih besar. 

Tapi bagi pengguna yang memfokuskan website-nya untuk jualan, mempromosikan lewat marketplace produk merupakan pilihan paling tepat.  Apalagi e-commerce seperti Tokopedia dan Bukalapak memiliki pengguna yang banyak. Strategi promosi yang dapat dipraktikkan adalah menuliskan alamat web di profil agar bisa di-klik pengunjung.

3. Mengoptimalkan Teknik SEO



Cara promosi website yang ketiga ini wajib diketahui dan dikuasai oleh semua pengguna. 

Search Engine Optimization (SEO) adalah teknik yang biasa dipakai pemilik web untuk menjadikannya masuk dalam halaman pertama hasil pencarian. Sehingga situs sangat mungkin dikunjungi oleh pengguna internet. Terlebih lagi kebanyakan orang malas menelusuri hingga page kedua.

Mengoptimalkan situs dengan teknik SEO bisa digunakan pemilik web untuk menjangkau target yang luas. Ada beberapa cara yang biasa diterapkan di dalam web dan memungkinkan dilihat oleh banyak audien. Penggunaan keyword potensial di berbagai konten informatif merupakan cara yang paling sering dicoba. Ada juga dengan cara membangun backlink.

4. Mengedit Signature Email



Bagi yang sering berkomunikasi menggunakan email, ternyata ada cara efektif untuk promosi website. Terlebih dahulu, pemilik web melakukan pengaturan terhadap email dan membuat signature yang berisi tautan alamat website tersebut. Sehingga saat berkirim email, penerima pesan tahu bahwa pengirimnya mempunyai situs.

Cara ini lebih mudah diterapkan kepada pengguna yang memakai email dan website-nya sebagai sarana marketing. Selain menaikkan traffic ke situs web, juga meningkatkan angka pemesanan produk. 

Pemilik web bisa mencobanya dengan mengirim email pemberitahuan kepada pelanggan. Isinya menyampaikan bahwa ada website yang baru dibuat. 

Artikel Menarik Lainnya : Tips Menulis Artikel SEO (Agar Bisa Tampil di Halaman Utama)

5. Mempromosikan Lewat Sosial Media



Apa pun jenis website yang dibuat, sosial media tetap menjadi sarana tepat untuk melakukan promosi. Melalui medsos, pengguna mempunyai otoritas yang mudah dan mungkin menjangkau lebih banyak target web. 

Cara mengenalkan website melalui sosial media yaitu dengan membagikan link ke berbagai platform, baik Instagram maupun Facebook. 

Metode ini akan lebih menguntungkan jika pemilik web mempunyai jumlah follower hingga ribuan. Tinggal buat konten yang sedang tren, lalu diberi link untuk diarahkan membuka web. 

Pemilik web juga harus tahu saluran sosmed mana yang paling tepat untuk digunakan. Pastikan audiens yang ada di sosmed itu memang menyukai topik web kita (tertarget). 

6. Membuat  Artikel Review



Pasti banyak yang mempertanyakan keberhasilan cara promosi website satu ini. Bagaimana mungkin dengan me-review sesuatu, lalu dihadirkan dalam bentuk artikel bisa membuat web lebih dikenal? 

Jawabannya karena artikel review biasanya sering dicari oleh publik sebelum mereka membeli suatu produk atau memilih jasa. Jadi peluang sebuah web review lebih besar dikunjungi orang.

Apalagi jika pembuat web bekerja sama dengan brand tertentu untuk me-review produknya. Selain menaikkan jumlah pengunjung website, pasti akan mendapatkan bayaran juga. 

7. Memaksimalkan Pembuatan Konten



Konten merupakan komponen utama yang membuat website dikenal banyak orang, lalu dikunjungi. Jika di dalamnya tidak ada konten, atau konten kurang berbobot, pasti pengguna tidak mau membuka lagi setelah kunjungan pertama.

Pemilik web harus mampu menghadirkan konten yang menjadi kebutuhan dan dicari banyak orang. Cara penulisannya harus benar dan memahami kaidah Bahasa Indonesia yang baik. Selain itu, membuat schedule juga perlu dilakukan supaya penerbitan konten bisa rutin. 

Artikel Menarik Lainnya : Yuk Kita Belajar SEO On-Page (Khusus Untuk Pemula)

8. Menggunakan Jasa Promosi dan Konsultasi



Cara terakhir ini perlu diterapkan bagi yang tidak sempat mengurusi web, terutama bagi pebisnis. Agar website layak dipromosikan kepada pengguna internet, maka harus memiliki konten berkualitas. 

Namun jika tidak ada waktu luang, maka penggunaan jasa promosi dan konsultasi sangat dianjurkan. Nantinya pemilik web memperoleh kualitas konten yang  dijamin aman dan tidak terkena sandbox google.

Itulah 8 cara promosi website yang patut dijajal untuk mengenalkannya kepada pengguna internet. Saat awal pembuatan memang harus sabar hingga mendapatkan audience tertarget. Tidak semua tahu kalau pemilik telah menciptakan web baru. Jadi promosi web perlu lebih digiatkan dan dilakukan dengan konsisten. 

Semoga bermanfaat.

Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Post a Comment for "8 Cara Promosi Website yang Tepat & Wajib Dijajal"