Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Manfaat SEO dalam Bisnis Online yang Mendongkrak Keuntungan


Manfaat SEO dalam Bisnis Online - Bagi pebisnis yang menjalankan usahanya secara online lewat situs web mungkin sudah mengenal baik istilah Search Engine Optimization (SEO). Jika bisa memanfaatkannya, tentu sangat besar manfaat SEO dalam bisnis online yang akan dirasakan. Bukan hanya sekadar usaha dikenal orang dan menjaring banyak calon pelanggan. Tapi juga berpotensi mendatangkan keuntungan lumayan.

Search Engine Optimization akan membantu meningkatkan visibilitas website bisnis di hasil pencarian. Terkhusus pada mesin pencari Google yang sudah diketahui bahwa jumlah penggunanya sangat besar. Karena itulah yang menuntut pebisnis untuk paham SEO juga, tidak hanya cukup membuat web saja. 

Lalu Apa Saja Sih  Manfaat SEO dalam Bisnis Online?

Diantaranya berikut ini:

1. Menampilkan Situs di Halaman Depan

Penerapan teknik SEO yang dimaksimalkan di sebuah web bisnis memberikan dampak yang sangat signifikan. Dan pastinya nanti juga bermanfaat untuk perkembangan usaha yang tengah dijalankan. 

Apa sebab?

Karena situs yang menggunakan teknik SEO, memiliki potensi besar tampil pada halaman depan atau first page di hasil pencarian oleh pengguna internet.

Para pengguna internet pasti menelusuri suatu produk dengan mengetikkan kata kuncinya di kolom search. Lalu mesin pencari akan menampilkan hasil berupa daftar situs yang relate dengan jenis keyword tersebut.

Apabila halaman situs bisnis teroptimasi dengan baik, maka berpeluang dikenal calon pelanggan karena ada di urutan atas tanpa harus memasang iklan.

2. Mendatangkan Trafik Potensial

Hampir sama dengan sebelumnya, untuk yang kedua ini juga memberikan manfaat serupa. Sudah disinggung bahwa SEO akan membantu web bisnis tampil di halaman muka dan ada di urutan atas. 

Selanjutnya, pengunjung internet pasti melakukan klik terhadap situs yang ada di halaman tersebut. Kemudian berdampak pada angka trafik yang makin meningkat. 

Web bisnis yang tengah dibangun akan memperoleh pengunjung potensial. Terlebih lagi rangkingnya terus berada di posisi atas. 

Apabila banyak pengguna internet yang membuka situs tersebut, maka produk atau jasa yang sedang dipasarkan juga semakin dikenal. Pengguna Google lebih sering mengakses web yang ada di urutan atas karena terpercaya dan kredibel.

Artikel Menarik Lainnya : Tips Menulis Artikel SEO (Agar Bisa Tampil di Halaman Utama)

3. Memperoleh Pengunjung Sesuai Target

Salah satu teknik SEO yang kerap diterapkan pada situs web adalah keyword. Hasilnya pun terbukti efektif untuk mendongkrak traffic atau angka kunjungan. Tapi bukan hanya cukup bisnis semakin dikenal saja. Karena manfaat SEO dalam bisnis online lebih terarah dengan memberikan calon pelanggan sesuai target market-nya.

Cara kerja mesin pencari yaitu menampilkan situs web yang relate dengan kata kunci. Itu artinya, pengunjung memang orang yang benar-benar memerlukan informasi terkait produk dan jasa tersebut. Tanpa sibuk riset, pebisnis sudah menjaring target pasarnya dengan memaksimalkan penggunaan Search Engine Optimization.

4. Meningkatkan Brand Awareness

Manfaat berikutnya yang diberikan teknik SEO bagi bisnis online yaitu mendatangkan keuntungan besar sebab meningkatnya brand awareness. Situs yang tampil pada halaman depan, memiliki peningkatan dalam volume pencarian. Terlebih lagi jika dalam beberapa pages di web terdapat 50 keyword. Tentu bisnis lebih dikenal banyak pengguna internet.

Tanpa disadari, SEO menjadi salah satu alat untuk promosi brand yang gratis dan anti ribet. Pemilik situs hanya perlu memaksimalkannya agar produk atau jasa yang tengah dipasarkan semakin diketahui. Kesadaran pengguna internet akan keberadaan bisnis tersebut pun akan meningkat. Dampaknya nanti, memperbesar peluang memperoleh calon pelanggan potensial.

5. Mengungguli Pebisnis Lainnya

Ketakutan yang biasa dialami oleh pebisnis di tengah usahanya masih dalam tahap berkembang yaitu persaingan. Banyak sekali pesaing dari perusahaan lain yang mengeluarkan produk dan jasa serupa. Jika tidak bisa memanfaatkan digital marketing secara maksimal, sangat mungkin tertinggal dan pamor menurun karena brand kurang dikenal.

Namun masalah tersebut akan teratasi jika pemilik bisnis online menggunakan teknik SEO untuk mendongkrak popularitas brand-nya. Ketika dibandingkan dengan perusahaan yang sekadar membuat situs, tentu jauh lebih unggul. SEO menjadikan bisnis online semakin menonjol dalam meja persaingan. Asal memperbanyak konten relevan berupa artikel SEO sebagai isi di halaman website.

6. Menaikkan Angka Penjualan dan Repeat Order

Manfaat SEO dalam bisnis online keenam yang perlu diketahui yaitu sebagai teknik memperkenalkan brand selama 24 jam. Strategi promosi ini dinilai hemat karena tidak perlu mengeluarkan biaya, berbeda dengan penggunaan Facebook Ads atau Google Ads. Selama situs masih ada, sangat mungkin ditemukan pengguna internet yang memerlukan produk atau jasa tertentu. 

Jika bisnis yang dijalankan secara online lewat web diakses oleh pengunjung, sudah pasti ada produk yang terbeli. Semakin banyak pengguna internet, maka makin besar pula peluang meningkatnya angka penjualan. Terlebih jika seller terus menjaga kualitas produk dan pelayanannya. Kesempatan untuk mendapatkan repeat order dari pelanggan juga otomatis naik.

Artikel Menarik Lainnya : Cara Memasang Backlink di Blog Secara Tepat & Berkualitas

7. Menjadi Investasi Jangka Panjang

Tanpa disadari pelaku bisnis online, penerapan teknik SEO akan memberikan manfaat yang besar, bahkan bisa menjadi investasi untuk jangka panjang. Mengapa demikian? Karena web yang terus berada di atas mustahil digeser oleh pihak lainnya. Tapi dengan catatan, tidak ada perubahan dan ditunjang oleh konten-konten SEO untuk situsnya.

Jika terletak di urutan atas, sudah pasti nama brand semakin mentereng di kalangan pengguna internet. Dampak yang dirasakan akan berlanjut untuk waktu lama. Asal pemilik bisnis online mengelolanya dengan baik dan terus memaksimalkan teknik SEO.

Itulah manfaat SEO dalam bisnis online yang dirasakan jika menerapkannya secara maksimal. Kenaikan user internet merupakan peluang memperkenalkan brand secara cepat dan sesuai target. Dan salah satu cara jitunya yaitu menggunakan teknik SEO. Mesin pencari akan mengarahkan calon pelanggan untuk membeli dan menggunakan jasa jika situs tampil di halaman depan.

Semoga bermanfaat.

Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Post a Comment for "7 Manfaat SEO dalam Bisnis Online yang Mendongkrak Keuntungan"