Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Tips Posting TikTok Agar FYP dan Banyak Viewers


Tips Posting TikTok Agar FYP - Siapa yang tidak mau konten di TikTok masuk FYP? Hampir semua pengguna pasti posting TikTok agar FYP dan  mendapatkan banyak like serta view. 

Video FYP berpeluang viral dan dikenal di kalangan pengguna platform tersebut. Terlebih lagi, kebanyakan orang lebih suka melihat konten-konten dari FYP dan scroll video maupun sound yang tren saat ini.

FYP sendiri merupakan singkatan dari For Your Page. Pada halaman tersebut berisi rekomendasi konten yang tengah hits dan banyak ditonton. FYP selalu muncul pertama kali jika pengguna membuka aplikasi TikTok-nya. 

Ada algoritma khusus yang membuat sebuah video bisa masuk FYP. 

Apakah Anda Ingin Tahu Apa Saja Tips Posting TikTok Agar FYP?

Berikut uraiannya:

1. Pasang Caption yang Singkat dan Unik

Mungkin banyak yang tidak percaya jika caption dapat membuat video TikTok bisa tampil di halaman For Your Page. Tapi kenyataannya banyak caption unik yang muncul di halaman FYP.

Namun membuat caption tidak boleh asal-asalan saja. Kreator harus menyertakan kalimat unik yang sesuai dengan isi kontennya sebelum mengunggah di aplikasi TikTok. 

Perlu diketahui juga, bahwa TikTok tidak seperti platform lain yang bisa dijadikan sebagai media curhat. Pengguna tidak dapat membuat caption yang panjang. Karena dalam satu postingan dibatasi 150 karakter. Itu pun sudah termasuk caption serta tagarnya. Agar berpeluang FYP, lebih baik buat yang singkat dan unik, tapi juga relevan.

2. Perhatikan Hashtag 

Tips kedua agar konten yang diunggah di TikTok berpeluang FYP yaitu perhatikan penggunaan hashtag atau tagar. Mungkin banyak yang mengira jika cukup memakai tagar #ForYou atau #FYP saja supaya video langsung naik setelah di-post. Padahal kedua hashtag tersebut bukan satu-satunya cara.

Agar cara kerja hashtag maksimal, ada hal lain yang perlu dipertimbangkan. Berikut uraiannya:

  • Sesekali, buatlah konten dengan cara berpartisipasi pada challenge hashtag atau tagar tantangan dari postingan yang tengah viral. 
  • Campur juga penggunaan tagar yang saat ini tengah tren dan beberapa hashtag lain yang kurang populer. 
  • Sertakan tagar yang sedang tren di beranda TikTok. Tapi harus relevan juga dengan konten yang di-posting.

3. Buat Video dengan Durasi Pendek

Berikutnya adalah kiat-kiat di posting TikTok agar bisa FYP. 

Mulai sekarang, jangan sering mengunggah konten yang durasinya terlalu panjang, bahkan mencapai satu menit lebih. Hilangkan kebiasaan tersebut karena itu bukanlah jaminan video dapat tampil di For Your Page.

Dalam TikTok ada sebuah perhitungan bernama video completion rate. Ukuran tersebut untuk melihat seberapa jauh performa konten dan dilihat oleh pengguna sampai akhir. Jadi jika ingin FYP, sebaiknya posting saja konten-konten yang durasinya pendek, seperti video seamless loop. Karena dengan begitu, nilai konten akan mempengaruhi sistem algoritma.

Artikel Menarik Lainnya : Cara Agar Follower TikTok Banyak dalam Waktu Cepat

4. Pakai Backsound Viral

Bisa dikatakan, konten yang ada di halaman For Your Page itu terus berubah seiring pergantian momen dan fenomena sosial. Hal ini turut mempengaruhi jenis konten yang dibuat oleh para kreator. Umumnya, untuk periode tertentu, ada backsound khusus yang pasti digunakan oleh hampir semua pengguna hingga masuk FYP.

Peluang itulah yang dapat dipakai pengguna untuk membantu menaikkan popularitasnya dengan masuk di FYP. Gunakan lagu-lagu yang tengah ramai sebagai pengiring suara konten di TikTok. Cara mencari sound viral yaitu:

  • Pada halaman TikTok, masuk ke menu Add Sound pada sisi atas.
  • Kemudian temukan lagu-lagu rekomendasi dalam opsi Playlist.
  • Jangan asal memilih sound yang banyak dipakai. Tapi pastikan sesuai dengan niche akun sendiri. 

5. Lakukan Interaksi

Bagi semua pengguna yang berencana posting TikTok agar FYP dalam waktu cepat, sepertinya tips kelima ini wajib dijajal. 

Algoritma akan mencatat bahwa konten mempunyai impact bagus dan layak dimasukkan For Your Page jika aktif berinteraksi. Caranya yaitu memaksimalkan user interaction dengan menanggapi komentar dari pengguna lain.

Bukan hanya dalam komentar postingan sendiri, interaksi patut dijalin dengan akun-akun yang diikuti. Cobalah mencari video dari kreator lain dan lihat apakah memiliki niche yang sama atau tidak. Jika kedua pihak sama-sama nyambung, bisa mulai rencana membuat konten collab. Dengan begitu, otomatis jumlah viewers akan naik dan masuk FYP.

6. Unggah Video Kualitas Terbaik

Sebenarnya ini bukanlah parameter utama yang menjamin postingan masuk di For Your Page. Tapi jika melihat beberapa konten FYP, semuanya pasti memiliki kualitas yang baik. Paling tidak, video harus beresolusi HD dan bisa dinikmati user lain secara jelas. Jika kualitasnya buruk, pengguna tidak akan mau menontonnya sampai selesai. 

Selain itu, sering-sering melihat video FYP juga berpotensi menaikkan algoritma di TikTok. Karena dari sanalah, ide-ide pembuatan konten akan bermunculan. Pengguna bisa menciptakan video dengan efek yang tengah viral agar banyak penontonnya. Sehingga nantinya sangat mungkin buat FYP.

Artikel Menarik Lainnya : Cara Login TikTok Tanpa Nomor Hp, Mudah dan Aman

7.  Unggah di Jam Potensial 

Tips terakhir ini harus diperhatikan benar. Pengguna tidak dapat unggah video di sembarang waktu jika ingin masuk FYP. Karena ada jam-jam potensial yang biasanya jumlah pengguna online dan menonton TikTok meningkat. Jika upload di jam tersebut, mungkin saja viewers menjadi naik hingga jadi FYP.

Apabila mengunggah video di hari Senin hingga Rabu, sebaiknya tidak dilakukan di pagi hari karena merupakan jam sibuk kerja. Lebih baik upload saat waktu makan siang. 

Jam lain yang tergolong potensial adalah malam Minggu sekitar 20.00-21.00 atau di pagi harinya. Sebab di saat tersebut banyak yang rehat dan memilih menonton TikTok. 

Itulah beberapa tips posting Tiktok agar FYP dalam waktu cepat. Mungkin bagi sebagian orang, konten menjadi viral dan viewers banyak bukanlah tujuan. Tapi untuk orang-orang yang mengunggah video untuk keperluan komersial dan promosi, masuk FYP seperti hal yang wajib. Karena semakin viral, tambah berkembang pula usahanya.

Semoga bermanfaat.

Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Post a Comment for "7 Tips Posting TikTok Agar FYP dan Banyak Viewers"