Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

7 Cara Agar Blog Muncul di Google & Ada di Posisi Teratas

7 Cara Agar Blog Muncul di Google & Ada di Posisi Teratas


SEO merupakan salah satu cara agar blog muncul di Google (khususnya pada halaman pertama). Selain memaksimalkan Search Engine Optimization, sebenarnya ada teknik lain yang membuat situs bisa berada di posisi teratas. Yang pasti semua teknik itu memiliki satu tujuan, yaitu agar traffic blog bisa meningkat dengan pesat.

Para blogger pemula mungkin dibingungkan tentang bagaimana cara yang paling tepat agar blog-nya bisa dikenal pengguna internet. Sekadar membuat konten tentu belum cukup untuk dapat menjadikannya bisa tampil di halaman utama. Perlu pengaturan lanjutan, terkhusus dari segi tampilan.

Blog yang muncul di halaman utama Google akan lebih sering diakses dan banyak mendapatkan klik. Apalagi jika membangun situs untuk berjualan online. Tentu website yang muncul di halaman pertama akan bisa menjaring banyak calon pelanggan. 

Nah agar blog terlihat di mesin pencari Google, Anda bisa mencoba cara berikut ini.

Simak hingga tuntas yuk!

1. Membuat Blog yang Mobile Friendly


7 Cara Agar Blog Muncul di Google & Ada di Posisi Teratas

Pengguna internet yang mengakses Google lewat mobile terus meningkat. Peluang inilah yang perlu dimaksimalkan oleh para blogger. Tujuannya tentu agar blog-nya bisa masuk di halaman depan Google dan dikenal oleh semua user.

Agar nyaman diakses oleh pengguna smartphone, blog yang tengah dibangun harus didukung oleh fitur mobile friendly. Jadi dari segi tampilannya sudah siap untuk dikunjungi dari perangkat ponsel. Termasuk juga soal kecepatan dan tingkat responsifnya.

Jika belum tahu apakah blog yang dibangun itu sudah mobile friendly atau belum, maka seorang blogger bisa mengeceknya. Caranya yaitu dengan mengunjungi situs Mobile Friendly Test. Setelah itu memasukkan tautan blog dan menekan Test.

2. Menghindari Konten Plagiasi


7 Cara Agar Blog Muncul di Google & Ada di Posisi Teratas

Google itu mesin pencari yang canggih dan pintar. Kecurangan apa pun dapat terdeteksi dalam waktu singkat saja, terkhusus soal plagiasi (sering juga disebut perilaku plagiat). Terlebih lagi, Google merupakan search engine yang sangat menghargai konten-konten orisinil.

Bagi para blogger yang ingin situsnya muncul di Google, maka harus menghindari kecurangan seperti tindakan plagiasi tersebut. Saat membuat artikel, maka harus dibuat dan ditulis sendiri. Jangan sampai meng-copy-paste konten milik orang lain tanpa adanya modifikasi.

Plagiasi adalah aktivitas yang melanggar hukum. Karena konten yang ada di Google itu memiliki hak cipta. Jika melakukan kecurangan tersebut, mungkin saja di-blacklist dan tidak terindeks oleh Google. Akibatnya, blog yang melakukan tindakan plagiat biasanya akan sulit muncul di mesin pencari terbesar tersebut.

3. Membuat Blog yang Fast Loading


7 Cara Agar Blog Muncul di Google & Ada di Posisi Teratas

Cara selanjutnya agar blog mudah muncul di Google yaitu harus fast loading. Meski bukan faktor utama, namun kecepatan akses termasuk salah satu variabel yang tidak boleh diabaikan. Apalagi jika ingin blog tersebut bisa tampil di halaman utama.

Blog yang bisa muncul di hasil pencarian Google, khususnya posisi atas itu sering diakses oleh pengunjung. Selain mencari informasi, pengguna internet pasti memilih blog yang loading-nya cepat. Blog yang fast loading pasti akan lebih disukai pengguna, karena sudah ada lagi kondisi lemot yang sangat mengganggu kenyamanan.

Untuk membuat fitur fast loading, blogger bisa memasangkan plugin Fast Velocity Minify atau Autoptimize. Selain itu, perlu juga diperhatikan ukuran berkas yang menunjang halaman situs. Apabila ukuran gambar terlalu besar, maka dapat dikompresi dahulu sebelum di upload.

Info Menarik Lainnya : Cara Mendaftar Blog ke AdSense & Tips Agar Diterima

4. Memperhatikan Persaingan Kata Kunci


7 Cara Agar Blog Muncul di Google & Ada di Posisi Teratas

Kata kunci termasuk salah satu variabel yang mempengaruhi sebuah blog bisa muncul di halaman depan Google. Jadi saat memilih keyword, harus dipikirkan benar tingkat persaingannya. 

Intinya seorang blogger harus bisa membuat target keyword yang tepat. Jika naluri cukup kuat, maka seorang blogger boleh mengira-ngirakan kata kunci apa saja yang paling banyak dicari orang. Jika ingin lebih akurat, maka bisa dengan menggunakan tools riset keyword dari Ahrefs.

Pengguna internet pasti menuliskan keyword saat menelusuri informasi tertentu. Jika volume pencarian kata kunci yang ada dalam konten tinggi, pasti banyak saingan dari blog lain. Sehingga kompetisi untuk bisa muncul di Google sangat ketat.

Ada beberapa trik saat pemilihan keyword agar memenangkan persaingan tersebut. Beberapa di antaranya yaitu:

  • Memilih keyword yang relevan dengan isi konten.
  • Menggunakan longtail keyword, yakni kata kunci yang lebih panjang dan spesifik.
  • Memanfaatkan tool riset keyword.
  • Mencari keyword yang rendah volume pencariannya.

5. Memanfaatkan Google Search Console

7 Cara Agar Blog Muncul di Google & Ada di Posisi Teratas

Jika ingin lebih dikenal, cobalah cara agar blog muncul di Google yang kelima ini. Untuk mengecek seberapa jauh performa blog pada situs pencarian, bisa memanfaatkan Google Search Console. Tool tersebut gratis dan bisa memberikan informasi yang jelas tentang perkembangan sebuah blog.

Melalui informasi yang ditampilkan di Google Search Console tersebut, maka seorang blogger dapat memperkirakan strategi jitu untuk mengembangkan blog-nya. Tergetnya tentu agar blog tersebut bisa masuk ke halaman utama Google. 

Tools Google Search Console ini fitur-fiturnya akan menampilkan halaman terpopuler, informasi broken link, dan kinerja blog di mobile.

Selain itu, Google Search Console juga dapat dipakai untuk membuat sitemap. Jadi blogger akan dimudahkan saat membuat daftar file yang ada dalam situs. Manfaat lainnya adalah dapat menemukan keyword yang tepat dan mendukung untuk muncul di hasil pencarian.

6. Mengoptimasi Konten dengan Keyword


7 Cara Agar Blog Muncul di Google & Ada di Posisi Teratas


Selain pemilihan kata kunci, keyword juga perlu dioptimasi agar memberikan hasil yang bagus. Persebaran dan letaknya dalam blog harus diperhatikan. Berikut ini lima lokasi di dalam artikel yang perlu dicantumkan kata kunci:

  • Seratus kata pertama dalam artikel.
  • Meta title: judul yang terlihat di hasil pencarian.
  • Meta description: deskripsi singkat yang dimunculkan di bawah judul.
  • Permalink: tautan untuk halaman web.
  • Nama file dan alt text: semua nama file gambar yang ada di dalam artikel.

7. Membuat Konten Berkualitas


7 Cara Agar Blog Muncul di Google & Ada di Posisi Teratas


Cara terakhir ini tidak boleh diabaikan, terutama jika seorang blogger sangat ingin blognya bisa muncul pada hasil pencarian utama Google. Konten (artikel) merupakan komponen utama pada sebuah blog. 

Sebuah artikel harus berisi informasi lengkap dan relevan, sesuai dengan yang sedang dicari oleh pengguna internet. Jadi artikel tersebut harus dibuat secara berkualitas dan relevan dengan kata kunci.

Jika membuat artikel yang sama dengan blogger lain, maka harus memberikan keunikan dan keunggulan. Unggah konten yang lebih lengkap dan struktur penulisannya tepat. Kalau bisa, sebaiknya hindari rewrite apalagi copy-paste.

Itulah beberapa cara agar blog bisa muncul di Google dan menempati halaman utama. Saat memutuskan membuat blog, maka harus memikirkan strategi yang tepat. Jadi tidak hanya membuat konten tanpa ada yang mengunjunginya.

Cara-cara yang sudah diterangkan diatas boleh dicoba jika ingin blog lebih dikenal. Terlebih bagi blogger yang menargetkan situsnya untuk berjualan online. Apabila sudah bisa muncul di halaman utama Google, tentu traffic blog akan ikut naik secara signifikan.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "7 Cara Agar Blog Muncul di Google & Ada di Posisi Teratas"