Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Mendaftar Blog ke AdSense & Tips Agar Diterima

Blogger jaman now mungkin merasa belum maksimal jika membuat web hanya sebatas untuk berbagi informasi saja. Padahal sebuah blog bisa dimonetisasi lho! Yaitu dengan cara mendaftar blog ke AdSense dan menampilkan iklan di halaman situs Anda. Selanjutnya Anda sebagai pemilik blog akan memperoleh bayaran dari penayangan iklan tersebut.

Jika sudah mendaftar ke AdSense, seorang blogger tidak perlu bingung lagi mengatur iklan yang akan ditayangkan. Karena semuanya sudah dikelola dan disusun langsung (secara algoritmik) oleh sistem Google (iklan otomatis). Biasanya iklan yang tayang di blog dalam bentuk video, gambar, atau teks. Dan iklan tersebut akan disesuaikan (relevan) dengan minat pengunjung blog.

Semua blogger wajib untuk tahu cara mendaftarkan blognya ke AdSense. Tujuannya agar bisa mendapatkan bayaran dari hasil blogging tersebut. 

Jadi saat ini seorang blogger tidak hanya sekadar sharing ulasan dan artikel informatif saja. Blogger jaman now juga sudah bisa menghasilkan uang dari blognya. 

Nah apakah Anda sudah tahu cara mendaftar blog ke adsense?

Jika belum paham caranya, yuk baca panduan yang akan dijelaskan di bawah ini.

Cara Mendaftarkan Blog ke AdSense

Mendaftarkan blog agar bisa menjadi bagian (publisher) dari Google AdSense itu gratis. Bahkan setelah penayangan iklan, nantinya akan diberi bayaran yang dibagi dua, yaitu antara pemilik web dengan pihak Google. 

AdSense ini bertujuan membantu advertiser untuk memasarkan produknya. Berikut rincian tahapannya:

1. Membuat Akun Google AdSense 


Cara Mendaftar Blog ke AdSense & Tips Agar Diterima


Para blogger pemula mungkin masih banyak yang belum paham cara mendaftar blog ke AdSense untuk bisa menayangkan iklan. Langkah awalnya yaitu membuat akun terlebih dahulu dan menyambungkan blog dalam situs Google AdSense. 

Setelah membuka Google AdSense, ikuti panduan berikut:

  • Tap Daftar Sekarang yang ada di halaman utama.
  • Pada dasbor pendaftaran, isikan nama blog di kolom paling atas, contoh: www.infonggalekan.com.
  • Untuk kolom di bawahnya, tuliskan alamat email yang dipakai sebagai akun Blogger. Jika sebelumnya email pernah ditolak saat pendaftaran AdSense, maka jangan digunakan untuk pengajuan ulang.
  • Setelah itu, setujui saran bantuan dengan memilih Ya.
  • Klik tombol SIMPAN DAN LANJUTKAN yang ada dibagian bawah.

2. Melengkapi Informasi dan Payment Address


Cara Mendaftar Blog ke AdSense & Tips Agar Diterima

Cara mendaftar blog ke AdSense yang kedua adalah melengkapi informasi pada dasbor berikutnya. Pada halaman ini akan ada nama profil email (yang dimasukkan tadi di bagian paling atas). Setelah itu, lengkapi pengaturan seperti penjelasan berikut:

  • Pada kolom Negara/teritorial, klik menu dropdown dan pilih Indonesia.
  • Lalu bacalah semua syarat dan ketentuan.
  • Untuk melanjutkan ke langkah berikutnya, ceklis pilihan Ya, saya telah membaca dan menyetujui perjanjian.
  • Klik tombol BUAT AKUN di bawahnya.
  • Apabila berhasil, pemilik blog dibawa ke dasbor AdSense untuk memasukkan payment address. 
  • Lengkapi detail payment address itu dengan benar. Karena jika salah, nantinya Anda jadi tidak bisa menerima bayaran.
  • Terakhir, klik Submit.

3. Memasukkan Kode Iklan AdSense


Cara Mendaftar Blog ke AdSense & Tips Agar Diterima


Tahapan ini yang mungkin bagi sebagian pemilik blog cukup rumit dan membingungkan. Karena setelah mendaftar AdSense, ada kode yang harus disalin sebagai identitas AdSense di dalam blog. Setiap jenis web caranya berbeda. Tapi untuk blog, ikuti panduan berikut:

  • Salin dulu kode iklan AdSense yang ditampilkan pada layar. Perlu dipahami, bahwa kode itu nantinya diletakkan diantara tag <head> dan </head>.
  • Jadi caranya Anda masuk dulu ke dasbor Blogger. Caranya ketik draft.blogger.com di penelusuran Google, lalu klik.
  • Setelah itu, masuk lagi ke menu Tema.
  • Pada halaman yang ditampilkan, klik opsi Edit HTML.
  • Carilah tag <head> di kolom pencarian.
  • Kemudian tempelkan kode Adsense (yang sudah disalin) dibagian bawah tag </head> tersebut.
  • Klik Simpan Tema.
  • Jangan lupa kembali ke AdSense dan centang pilihan I’ve pasted the code into my site agar Google dapat mengeceknya.

Tips Registrasi AdSense

Pemilik blog juga harus paham tips untuk mendaftar ke Google AdSense. Karena tidak semua pengajuan disetujui pihak Google. Ada Term of Service dari Google AdSense yang bisa dijadikan acuan. 

Berikut penjelasannya:

1. Berumur di Atas 18 Tahun

Syarat pertama supaya blog diterima untuk jadi bagian AdSense yaitu minimal pemiliknya berusia 18 tahun. Alasannya karena berhubungan dengan akun dan kode aktivasi yang akan dikirim. Jadi, ketentuan ini wajib dipenuhi.

Lalu bagaimana dengan blogger di bawah 18 tahun yang ingin memperoleh penghasilan? Bisa diakali dengan menggunakan data milik saudara atau orang tua saat pendaftaran. Tapi tenang saja, aturan ini tidak mempengaruhi proses pembayaran karena rekening tidak harus sama dengan data.

Info Menarik Lainnya : 14 Cara Mendapatkan Uang Dari Blog

2. Memiliki Konten yang Unik

Konten menjadi komponen utama dalam sebuah blog. Dan hal tersebut juga mempengaruhi pengajuan pemilik web ke Google AdSense. Karena web yang berpotensi diterima harus mempunyai konten yang unik dan pastinya harus orisinil.

Agar dilirik oleh Google sebagai blog yang potensial untuk dipasangi AdSense, maka harus membuat konten bermanfaat. Pastikan isinya menarik perhatian banyak audien. Selain itu, unggah konten secara rutin, jika bisa lakukanlah setiap hari.

3. Mempunyai Satu Akun AdSense

Tips ketiga agar tidak tertolak oleh Google AdSense yaitu Anda hanya boleh mempunyai satu akun AdSense saja. Jika jumlah blog Anda banyak, maka satu akun Adsense tersebut bisa dipasangkan ke semua blog Anda. 

Sebaiknya jangan pernah coba-coba untuk mempunyai akun Adsense lebih dari satu. Karena kalau sampai Anda ketahuan punya banyak akun, maka semuanya pasti akan di-banned (sebab menyalahi aturan Google).

4. Atur Tampilan Blog

Tampilan blog juga perlu diperhatikan supaya dipandang potensial untuk dipasangi AdSense. Caranya yaitu dengan membuat navigasi yang memudahkan pengunjung dan mengatur tone warna blog. Tambahkan fitur seperti About, Privacy Policy, dan Contact.

Demikian penjelasan lengkap tentang cara mendaftar blog ke AdSense dan beberapa tipsnya. AdSense diperlukan oleh pemilik blog agar bisa menayangkan iklan dalam halaman webnya. Untuk selanjutnya, berhak memperoleh bayaran yang dikirim ke payment address.

Kebanyakan pemilik blog pemula masih ada yang kebingungan saat memasukkan kode iklan ke dalam webnya. Tapi sebenarnya caranya mudah kok, asalkan Anda teliti dan kode tersebut dipasang pada posisi tepat, maka pasti akan berhasil. 

Agar pendaftaran AdSense ini disetujui, pastikan Anda memperhatikan semua tips yang telah diterangkan. Cek pula email secara rutin untuk menerima notifikasi hasil peninjauan.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Mendaftar Blog ke AdSense & Tips Agar Diterima"