Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Begini Penyebab dan Cara Agar Pulsa Indosat Tidak Tersedot Tanpa Disadari


Kehilangan pulsa meski tidak dipakai cukup membuat pengguna ponsel kesal. Sehingga, penting untuk memahami cara agar pulsa Indosat tidak tersedot, ketika data dinyalakan. Banyak pengguna yang belum tahu cara mengatasi hal ini, lantas pulsanya terbuang begitu saja tanpa disadari.

Fenomena berkurangnya pulsa masih sering dialami oleh masyarakat, terutama yang cenderung awam dan jarang memperhatikan penggunaan pulsanya. Agar bisa mengatasinya, mari simak penyebab serta cara agar hal ini tidak terjadi lagi:

Penyebab Pulsa Tersedot Sendiri

Sebelum membahas seputar cara agar pulsa Indosat tidak tersedot, terlebih dahulu pengguna perlu mengetahui apa faktor penyebabnya. Sebab, tidak ada pulsa yang tiba-tiba berkurang tanpa penyebab jelas.

Info Menarik Lainnya: Cara Membuat Bot Telegram dan Membalas Chat dengan Mudah

Bila ditelusuri lebih jauh, ada beberapa hal yang kerap kali tidak diketahui pengguna, padahal bisa menyedot pulsa yang dimilikinya. Berikut adalah tiga hal yang sering dilakukan pengguna seluler hingga pulsanya sering tersedot:

1. Membuka Link Sembarangan

Maksudnya adalah keliru membuka link, atau kurang berhati-hati. Hampir seluruh pengguna ponsel pernah memakai internet, atau mendapatkan pesan broadcast yang menganjurkan link tertentu. Tidak semua link dapat langsung dibuka, karena terkadang ada yang isinya penuh iklan sehingga pulsa berkurang.

2. Membalas SMS dari Layanan

Hampir seluruh operator GSM memiliki layanan dimana promosi dilakukan dengan mengirimkan SMS. Seringkali SMS yang masuk berisi promo layanan tertentu, contohnya game 15 ribu per bulannya. Tidak jarang, pengguna membalas pesan tersebut sehingga pulsanya tersedot.

3. Paket Internet Sudah Habis

Ini adalah penyebab yang paling sering terjadi. Banyak orang jarang memeriksa sisa kuotanya, sehingga tanpa disadari kuotanya telah habis namun masih dipakai untuk internet. Akibatnya, yang disedot adalah pulsa.

Cara Agar Pulsa Indosat Tidak Tersedot

Sebelumnya telah dipaparkan beberapa hal yang dapat menyebabkan pulsa pengguna Indosat tiba-tiba tersedot. Agar hal ini bisa diatasi, pengguna ponsel perlu mengetahui beberapa cara, yakni:

1. Berlangganan Paket

Belilah paket berlangganan data sebagai opsi teraman untuk menghindari pemotongan pulsa. Dengan memiliki paket, sisa pulsa milik pelanggan tidak akan disentuh oleh operator.

Info Menarik Lainnya: Cara Tukar Pulsa Jadi Uang Tanpa Potongan, Apakah Bisa?

Selain itu, tentunya juga perlu mempertimbangkan masa aktif kuota serta paket yang dibeli sehingga tidak lupa waktu.

Pengguna yang paket datanya masih ada juga tidak perlu merisaukan pulsanya akan dikurangi. Untuk membeli paket seperti telepon, internet, SMS, dan lain-lain, bisa langsung melalui dial yang tersedia.

Opsi lainnya adalah mengunduh aplikasi khusus provider tersebut, sehingga pilihannya lebih banyak dan dilengkapi penjelasan. Di aplikasi, pengguna juga bisa memeriksa masa aktifnya kapan pun.

2. Mematikan Fitur GPRS

Nonaktifkan fitur ponsel berupa GPRS yang berperan sebagai penunjuk lokasi, bila belum memiliki paket. Sebab, sistem akan memakai pulsa di kartu untuk mengakses GPRS. Sebaiknya, dimatikan terlebih dahulu bila belum memiliki paket. Nyalakan kembali jika sudah membeli paket, sehingga pulsa aman.

3. Menghentikan Langganan Konten dan Nada Sambung

Hentikan langganan paket premium misalnya SMS zodiak, nada sambung, dan lain sebagainya. Paket seperti ini otomatis memotong pulsa sehingga lebih cepat tersedot. Dengan memberhentikan langganan menggunakan “UNREG”, biaya berlangganan otomatis tidak dilanjutkan.

4. Tidak Sembarangan Menekan Link

Hindari sembarangan mengakses link yang didapatkan dari internet atau pesan-pesan media sosial. Pengguna perlu berhati-hati dan memastikan bahwa link tersebut memang aman untuk diakses.

Sebab, tidak jarang link yang didapatkan pengguna adalah spam yang berdampak buruk terhadap kartu yang digunakannya. Salah satunya adalah pulsa yang disedot oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Itu tadi informasi mengenai penyebab serta cara agar pulsa Indosat tidak tersedot. Selain menerapkan cara di atas, pengguna juga perlu lebih perhatian dalam mencatat dan mengingat masa aktif pulsa maupun paketnya. Sehingga tidak terjadi pengurangan pulsa yang terlambat disadari.

Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Post a Comment for "Begini Penyebab dan Cara Agar Pulsa Indosat Tidak Tersedot Tanpa Disadari"