Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengirim Pulsa ke Sesama Telkomsel, Mudah untuk Situasi Darurat




Pulsa merupakan hal yang wajib dimiliki oleh pengguna ponsel, tak terkecuali Telkomsel. Oleh sebab itu, cara mengirim pulsa ke sesama Telkomsel menjadi hal yang penting untuk diketahui.

Sehingga, pengguna bisa saling berbagi pulsa ke sesama nya bila membutuhkan. Caranya pun mudah dan beragam.

Info Menarik Lainnya: Ketahui Cara Top Up Go Pay dengan Pulsa Serta Syaratnya

Fungsi Berbagi Pulsa

Sebelum membahas bagaimana caranya mengirimkan pulsa, terlebih dahulu mari mengetahui fungsi dari berbagi pulsa.

Ternyata, terdapat beberapa sisi positif dari transfer pulsa yang belum banyak diketahui pengguna. Beberapa di antaranya adalah:

1. Mengakali Masa Aktif

Umumnya, transfer pulsa tidak dapat menambah masa aktif dari kartu yang mendapatkan pulsa tersebut. Namun, sebenarnya hal ini bisa diakali. Contohnya pengguna Telkomsel masa aktifnya berakhir di 2 November.

Jadi pada 1 November, pengguna bisa mendaftarkan paket internet untuk satu bulan menggunakan pulsa yang didapatkannya melalui pulsa transfer. Dengan begitu, otomatis masa aktifnya akan sesuai dengan paket tersebut.

2. Pulsa Dapat Dipakai untuk Berbagai Hal

Pulsa yang didapatkan melalui transfer bisa digunakan untuk berbagai hal, sehingga sangat efektif untuk menghemat waktu dan biaya. Misalnya membeli paket, nelpon, bahkan top up voucher untuk game.

3. Tidak Memerlukan Waktu Lama

Sama dengan proses pembelian pulsa biasa, transfer juga bisa masuk dalam waktu singkat. Dalam hitungan detik, pulsa yang dikirimkan dari sesama Telkomsel akan masuk ke penerima. Jadi, sangat bisa diandalkan untuk kebutuhan mendesak.

Info Menarik Lainnya: 3 Cara Berbagi Pulsa Sesama Indosat Praktis dan Cepat

Cara Mengirim Pulsa ke Sesama Telkomsel

Sebelumnya telah dipaparkan beberapa fungsi dari mengirimkan pulsa, terutamanya untuk mengatasi situasi darurat. Agar bisa membagikan pulsanya ke sesama Telkomsel, pengguna perlu tahu beberapa cara yang dapat diterapkan berikut ini:

1. Mengirimkan SMS

Metode ini sangat praktis karena di seluruh ponsel tentu ada aplikasi untuk mengirimkan SMS. Pengguna bisa mengirimkan pulsanya dengan mengirimkan SMS dengan format tertentu, seperti ini:

  • Masuk ke aplikasi perpesanan, lalu buatlah pesan baru.

  • Ketikkan TPULSA (spasi) berapa nominal pulsa yang hendak ditransfer.

  • Setelah itu, pengguna dapat mengirimkan SMS tersebut ke nomor penerimanya.

2. Melakukan Panggilan *858*

Cara mengirim pulsa ke sesama Telkomsel berikutnya bisa dilakukan dengan mengakses nomor tertentu melalui dial. Pengguna bisa memanggil nomor *858* sehingga bisa mengirimkan pulsanya. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka menu panggilan di perangkat masing-masing.

  • Ketikkan nomor *858*(nomor tujuan dari penerima pulsa)*nominal pulsa yang akan ditransfer# kemudian ketuk tombol panggilan/call.

  • Pengguna akan melihat tampilan konfirmasi yang muncul di layar. Pastikan semua informasinya sudah benar, kemudian lanjutkan konfirmasi. Pulsa akan segera terkirim ke penerima.

3. Mengakses MyTelkomsel

Telkomsel menghadirkan aplikasi yang dikhususkan untuk pengguna providernya. Aplikasi ini mudah digunakan dan memiliki menu yang lengkap untuk mengakses berbagai hal. Pengguna juga bisa memakainya untuk berkirim pulsa, dengan langkah-langkah berikut:

  • Unduh aplikasi bernama MyTelkomsel melalui toko aplikasi resmi di hp masing-masing.

  • Buka aplikasinya, lalu klik pada opsi hadiah/gift.

  • Ketikkan nomor yang ingin dikirimkan pulsa. Lanjutkan dengan klik “Transfer pulsa”.

  • Pilihlah metode pembayarannya. Jika sudah, pengguna akan menerima kode OTP. Kode ini digunakan untuk konfirmasi.

  • Jika sudah konfirmasi, pulsa akan segera dikirimkan ke penerima.

4. Menggunakan Kode USSD

Metode berikutnya yang juga mudah untuk dilakukan adalah kode USSD. USSD merupakan protokol yang dikhususkan untuk berkomunikasi dengan penyedia layanan Telkomsel. Pengguna bisa request hal tertentu, termasuk transfer pulsa dengan cara berikut:

  • Akses menu panggilan, kemudian ketikkan *858# dan panggil.

  • Klik angka 1, yakni “Transfer pulsa”.

  • Ketikkan nomor yang dituju serta berapa nominal pulsanya. Tekan 1 untuk melakukan konfirmasi. SMS notifikasi akan segera dikirimkan ke pengirim.

Itulah fungsi serta cara mengirim pulsa ke sesama Telkomsel yang dapat dilakukan dengan mudah. Pengguna bebas menentukan cara yang menurutnya paling praktis untuk dilakukan. Namun, pastikan bahwa pulsa yang dimiliki masih mencukupi untuk dirinya sendiri.


Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Post a Comment for "Cara Mengirim Pulsa ke Sesama Telkomsel, Mudah untuk Situasi Darurat"