Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Mengecek Akun Twitter Sehat atau Tidak Agar Tak Kena Ban


Penting bagi pengguna Twitter untuk mengetahui cara mengecek akun Twitter sehat atau tidak. Maksud dari kesehatan di sini adalah akun tersebut tidak mengalami pembatasan atau sanksi tertentu, tanpa disadari. Akun yang tidak sehat berpotensi untuk dibatasi, bahkan mengalami banned dari pihak Twitter.

Mengenal Shadow Ban

Sesuai dengan namanya, shadow ban merupakan bentuk sanksi yang tidak terlihat langsung oleh pengguna Twitter tersebut. Belum banyak yang mengetahui maksud dari sanksi ini. Sederhananya, shadow ban merupakan bentuk hukuman yang ditujukan ke pemilik akun karena pelanggaran dalam penggunaan.

Info Menarik Lainnya : Cara Menukarkan Saldo Google Play Menjadi Pulsa Serta Tips yang Perlu Diketahui

Saat hukuman ini diterapkan, sebenarnya pengguna akun tersebut masih dapat login, mengirimkan cuitan, hingga membalas komentar. Namun, tidak seluruh akun Twitter (termasuk pengikut) bisa melihat hal yang dituliskan oleh pengguna tersebut.

Shadow ban memang sengaja dirancang agar pemilik akun tidak langsung menyadarinya. Ini sudah tercantum dalam persyaratan menggunakan layanan di “Menggunakan layanan”.

Sanksi ini tentu merisaukan, sebab pengguna tidak bisa tahu apakah tulisannya bisa dilihat atau tidak. Sebelum membahas cara mengecek akun Twitter sehat atau tidak, pengguna perlu tahu penyebab akun terkena penalti:

1. Melakukan Spam

Keberadaan spam sangat mengganggu aktivitas Twitter, misalnya menutupi postingan orang lain. Tindak spam selalu dikecam di platform manapun karena berdampak negatif. Apabila melakukan spam, Twitter akan memberikan penalti ke akun tersebut sehingga tidak menutupi aktivitas pengguna lainnya.

2. Sering Dilaporkan Pengguna yang Lain

Twitter menyediakan fitur report untuk melaporkan akun yang dianggap mengganggu, contohnya melanggar aktivitas di Twitter. Bila sudah banyak pengguna yang melaporkannya, tentu Twitter akan mengambil tindakan.

3. Melanggar Kebijakan Twitter

Semua jejaring sosial termasuk Twitter, menerapkan kebijakannya masing-masing. Bisa saja pengguna melanggar kebijakan tersebut, sehingga akunnya diberikan penalti.

Info Menarik Lainnya : Cara Mengembalikan Chat Telegram yang Terhapus Permanen di Android dengan Mudah

Untuk itu, pastikan untuk mematuhi peraturan serta kebijakan yang berlaku.

4. Sering Mengubah Username

Seringkali mengganti username termasuk aktivitas yang dianggap mencurigakan oleh Twitter. Sebab, penggantian username yang sering kerap kali identik dengan penipuan, teror, serta hacker.

Cara Mengecek Akun Twitter Sehat atau Tidak

Pengguna telah mengetahui beberapa alasan yang menyebabkan suatu akun mengalami shadow ban. Sebagai bentuk antisipasi, penting untuk memeriksa apakah akun Twitter dalam kondisi sehat dan jauh dari risiko terkena shadow ban. Berikut beberapa cara mengeceknya:

1. Menggunakan Kolom Pencarian di Twitter

Pengecekan bisa dilakukan langsung dengan kolom pencarian yang ada di Twitter.  Cara ini sangat praktis karena dilakukan langsung dari fitur Twitter. Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan:

  • Buka browser (jangan buka dari Twitter versi aplikasi), kemudian nyalakan mode “Incognito”.

  • Masuk ke halaman explore Twitter.

  • Ketikkan from:username pada kolom pencariannya. Pastikan mengganti tulisan “username” tersebut ke nama akunnya sendiri. Lanjutkan dengan klik “Enter”.

  • Berikutnya akan muncul daftar nama akun Twitter. Pengguna juga bisa mencari namanya di bagian Latest, People, Top, hingga Phoros.

  • Apabila akun tidak mengalami shadowban, nama pengguna bisa langsung muncul pada halaman tersebut. Termasuk akun yang diproteksi.

2. Memakai Layanan Shadowban.eu

Cara mengecek akun Twitter sehat atau tidak juga bisa dilakukan melalui situs khusus bernama Shadowban.eu. Layanan ini berfungsi untuk mencari tahu status dari sebuah akun Twitter, apakah terkena shadow ban. Petunjuk penggunaannya, sangat mudah, yakni:

  • Masuk ke halaman peramban (browser).

  • Ketikkan halaman eu pada kolom yang tersedia.

  • Input nama akun pengguna di bagian “Username”. Berikutnya klik “Check” untuk mulai memeriksa.

  • Tunggu sesaat hingga hasil pencarian ditampilkan di layar.

  • eu akan memunculkan informasi lengkap seputar nama akun tersebut. Disini, tertera apakah akunnya terkena shadowban atau tidak. Selain itu, juga ada informasi lainnya tentang jenis hukuman yang sedang berlangsung di akun tersebut.

Itulah informasi tentang cara mengecek akun Twitter sehat atau tidak serta penyebab akunnya terkena penalti. Caranya sangat praktis, sehingga pengguna perlu melakukannya secara rutin dan tentunya memakai Twitter dengan bijak agar tidak terkena hukuman.

Post a Comment for "Cara Mengecek Akun Twitter Sehat atau Tidak Agar Tak Kena Ban"