Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Begini Cara Mengembalikan Chat Telegram yang Terhapus dengan Cepat


Ketika menggunakan aplikasi Telegram, terkadang ada chat yang terhapus tanpa sengaja. Untuk itu, dibutuhkan cara mengembalikan chat Telegram yang terhapus sehingga melihat lagi percakapan tersebut.

Apalagi jika informasi yang ada di dalamnya penting sehingga perlu dikembalikan sesegera mungkin. Untuk lebih jelasnya, simak uraian berikut ini:

Cara Mengembalikan Chat Telegram yang Terhapus

Saat ini ada berbagai metode yang efektif dan dapat diterapkan untuk memulihkan pesan-pesan tersebut.

Info Menarik Lainnya: Inilah Bot Telegram yang Bisa Diajak Curhat Terbaik

Baik menghapusnya tanpa sengaja atau disengaja, terdapat opsi yang bisa mengembalikan lagi pesan tersebut dengan segera. Seperti apa caranya?

1. Melakukan Export

Metode yang paling efektif adalah memakai fitur bernama Export Chat. Perlu diketahui bahwa fitur ini hanya ada di versi desktop. Sehingga pengguna perlu mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. Jika sudah dapat melakukan beberapa langkah seperti berikut:

  • Masuk menuju akun Telegram dari desktop.

  • Pada halaman utamanya, klik di ikon yang berbentuk tiga garis. Lanjutkan dengan masuk ke menu “Settings”.

  • Setelah muncul kotak dialognya, klik pada opsi “Advanced”. Berikutnya tekan “Export Telegram data”.

  • Cara mengembalikan chat Telegram yang terhapus adalah menentukan chat mana yang hendak di-export. Terdapat beberapa pilihan seperti chat personal, grup privat, grup publik, dan banyak lainnya. Beri centang pada kolom yang sesuai kebutuhan, lalu tekan “Export”.

  • Setelah itu pengguna akan mendapatkan notifikasi dari Telegram. Ketuk pada tulisan “Allow” untuk memberikan izin.

  • Pastikan sudah klik “Accepted” yang tandanya menyetujui.

  • Masuk kembali ke “Export chat”. Tunggu sesaat sampai proses ekspornya berakhir.

  • Lanjutkan dengan “Show my data”. Setelah itu ada tulisan “File explorer”, buka di bagian “export_results” yang merupakan hasil export tadi. Di sini, seluruh data chat yang telah dipilih dapat dilihat kembali.

2. Menjalankan Undo Chat

Opsi berikutnya yang dapat dilakukan untuk mengembalikan pesan terhapus adalah mengembalikan perintah. Hal ini disebut juga dengan “Undo chat”.

Info Menarik Lainnya: Cara Mengecek Akun Twitter Sehat atau Tidak Agar Tak Kena Ban

Namun, cara ini berlaku jika pesannya baru dihapus beberapa detik saja. Berikut langkah-langkah mudahnya:

  • Setelah menghapus chat dengan tombol hapus, pengguna akan melihat informasi di bagian bawah layar. Tulisannya adalah “Obrolan dihapus” yang menandakan jika chat tersebut sudah dihapus.

  • Di sebelahnya ada tulisan “Batal” yang berlogo panah seperti berbalik arah. Klik pada tulisan tersebut.

  • Sesudah mengetuk “Batal”, maka chat yang dihapus tadi akan kembali seperti sediakala dan bisa dilihat kembali.

Alternatif untuk Memulihkan Pesan yang Terhapus di Telegram

Sebelumnya telah dibahas cara mengembalikan chat Telegram yang terhapus. Ada yang melalui export di desktop, dan cara yang lebih cepat jika pesannya baru dihapus beberapa detik. Selain itu, ada juga alternatif lain yang bisa dicoba:

1. Mengakses Memori Internal

Apabila di perangkat terdapat aplikasi bernama “File manager”, maka pengguna dapat mencari kembali file dari chat yang terhapus. Bisa juga melalui “Penyimpanan internal” yang di dalamnya terdapat berbagai file dari aplikasi smartphone.

Di sini tentu ada folder Telegram. Pengguna dapat mengakses folder tersebut kemudian memilih yang ingin didownload, contohnya “Telegram images

 Di sini ada berbagai foto dari apps tersebut. Jadi, semua yang sudah pernah di download masih ada. Pilih dan download file yang dirasa masih perlu.

2. Mengakses Folder Cache

Smartphone Android biasanya memiliki folder cache yang memuat teks, audio, gambar, dan file lainnya yang sudah dihapus. Pengguna dapat mengambil kembali data-data tersebut di folder “org.telegram” termasuk percakapan.

Perlu diketahui jika pihak lain menghapus obrolan tersebut, maka chatnya tidak dapat dilihat kembali.

Itu tadi informasi mengenai cara mengembalikan chat Telegram yang terhapus yang bisa dilakukan dengan beberapa langkah mudah.

Dengan begitu, tidak perlu lagi risau jika ada chat penting yang sudah dihapus. Pengguna bisa membacanya kembali menggunakan cara yang dianggap paling efektif.

Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Post a Comment for "Begini Cara Mengembalikan Chat Telegram yang Terhapus dengan Cepat"