Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengembalikan Pulsa yang Hilang Indosat dan Penyebabnya



Beberapa pengguna Indosat melaporkan pernah mengalami kehilangan pulsa tanpa disadari. Karena itulah, cara mengembalikan pulsa yang hilang Indosat diperlukan sebagai solusinya. Kehilangan pulsa secara tiba-tiba tentu mengganggu, sehingga pengguna Indosat perlu mengetahui penyebab serta solusinya jika mengalami kejadian serupa.

Penyebab Pulsa Tersedot

Seringkali pengguna merasa bingung karena pulsanya menghilang tanpa sebab yang jelas. Ini tentu sangat merugikan karena harus mengisi kembali pulsa. Pulsa tidak menghilang begitu saja, melainkan ada penyebabnya. Agar bisa mengantisipasinya, sebaiknya mengetahui terlebih dahulu berbagai kemungkinan yang membuat pulsa tersedot, yakni:

1. Masa Berlaku Paket Sudah Habis

Paket internet yang masa berlakunya habis tentu akan memakan pulsa untuk tetap mengoperasikan internet. Sering terjadi, pengguna tidak menyadari ketentuan yang berlaku pada sebuah paket. Contohnya, ada kuota tertentu yang berfungsi di malam hari saja.

Info Menarik Lainnya: Begini Penyebab dan Cara Agar Pulsa Indosat Tidak Tersedot Tanpa Disadari

Atau jarang memeriksa masa berlaku dari paket tersebut, sehingga tidak menyadari jika sudah lewat dari masanya. Jika demikian, tentunya yang akan dipotong otomatis adalah dari pulsa utama.

2. Ada Perubahan Jaringan

Indosat memiliki beberapa pilihan jaringan, dari 2G sampai 4G. Ada kalanya terjadi perubahan jaringan secara tiba-tiba, sehingga pulsa tersedot. Contohnya, biasanya memakai 4G kemudian berubah-ubah ke 3G atau bahkan 2G. Hal ini dapat membuat pulsa menyusut.

3. Membeli Paket Indosat

Tidak jarang, pengguna Indosat mendapatkan kiriman SMS yang menawarkan paket tertentu. Paket tersebut akan diperpanjang secara otomatis, sehingga pulsa pun tersedot. Pengguna seringkali tidak menyadari telah melakukan subscribe (berlangganan) aplikasi tertentu yang ditawarkan operator.

Cara Mengembalikan Pulsa yang Hilang Indosat

Sebelumnya dijelaskan tentang beberapa kemungkinan penyebab yang membuat pulsa tersedot. Dengan mengetahui penyebabnya, pengguna Indosat bisa bersiap-siap agar tidak kehilangan pulsanya. Namun, bagaimana jika pulsa sudah terlanjur hilang? Ada beberapa solusi untuk mengembalikan pulsanya, yaitu:

1. Menghubungi Twitter

Saat ini hampir setiap provider memiliki akun jejaring sosialnya masing-masing. Manfaatkan media sosial resmi milik Indosat, salah satunya Twitter

Akun resmi Twitter memungkinkan pengguna untuk mengembalikan pulsanya yang hilang. Caranya adalah menghubungi langsung melalui pesan singkat ke akun twitter indosatcare.

Info Menarik Lainnya: Cara Mengembalikan Chat Telegram yang Terhapus Permanen di Android dengan Mudah

Pesan tersebut akan segera ditanggapi oleh pihak Indosat. Pastikan menuliskan pesannya dengan jelas, agar customer service dapat memahami permasalahan dan menemukan solusinya.

2. Memakai Email

Cara mengembalikan pulsa yang hilang Indosat juga dapat dilakukan dengan mengirimkan email. Provider ini memiliki email khusus dimana pengguna dapat terhubung dengan customer servicenya. Langsung saja mengetikkan pesan ke customer service Indosat. Siapkan screenshot sesuai dengan permasalahan yang dialami.

Screenshot ini dapat membantu customer service dalam memetakan dan menemukan permasalahannya. Selanjutnya tinggal menunggu tanggapan dari customer service, biasanya memerlukan waktu 24 jam.

3. Pengaduan Melalui SMS

Pengguna juga bisa menggunakan SMS. Metode ini termasuk mudah karena semua orang memiliki aplikasi ini di perangkatnya. Indosat terbuka untuk menerima saran, kritik, ataupun pengaduan.

Caranya dengan mengetikkan STOP di pesan singkat, lalu kirimkan menuju nomor 726. Dengan begitu, Indosat akan mulai mencari layanan yang paling banyak menghabiskan pulsa pengguna. Layanan tersebut akan segera dihentikan.

4. Menghubungi Dial UMB

Opsi selanjutnya adalah menggunakan dial UMB. Tindakan ini bisa menghentikan paket yang sering mengambil pulsa Indosat. Caranya adalah mengetikkan *185*1*2*4# kemudian panggil nomor tersebut. Pulsa memang tidak kembali, namun setidaknya tidak akan terjadi kehilangan pulsa secara mendadak lagi.

Demikian penjelasan tentang penyebab serta cara mengembalikan pulsa yang hilang Indosat. Ada beberapa penyebab seperti penggunaan paket yang keliru, masa aktif habis, hingga perubahan jaringan. Pengguna bisa mengatasinya dengan melaporkan kepada customer service melalui media sosial, email, hingga SMS.

Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Post a Comment for "Cara Mengembalikan Pulsa yang Hilang Indosat dan Penyebabnya"