Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengubah Penyimpanan Internal ke Kartu SD HP OPPO Paling Mudah


Banyak yang berpikir bahwa cara mengubah penyimpanan internal ke kartu SD HP OPPO adalah proses yang rumit. Padahal, proses ini sangat mudah dijalankan dengan beberapa langkah terstruktur yang bisa dijadikan panduan.

Jika masih belum tahu caranya, maka akan diuraikan secara menyeluruh pada artikel ini. Cara yang dijabarkan akan dibedakan dari pengubahan penyimpanan aplikasi bawaan dan file tambahan. Untuk mengetahui penjelasannya, simak struktur berikut:

Metode Mengubah Penyimpanan untuk Aplikasi Bawaan

Pada proses atau cara mengubah penyimpanan internal ke kartu SD HP OPPO pertama ini, akan diuraikan cara yang umum. Biasanya, metode ini akan dipakai untuk mengubah penyimpanan aplikasi dan file bawaan dari HP OPPO.

Info Menarik Lainnya: Cara Pindahkan Data WhatsApp Android ke iPhone Beserta Syaratnya

Caranya sendiri mudah dan hanya terdiri dari tujuh langkah utama saja. Penasaran bagaimana proses pengubahannya? Jika penasaran bagaimana prosesnya sampai selesai, maka simak rincian yang terstruktur sebagai berikut:

  • Untuk memulai prosesnya, pengguna bisa masuk dulu ke bagian "Settings" yang terdapat di perangkat.

  • Kemudian, segera masuk ke menu "About Device" di jajaran menunya.

  • Setelah masuk ke menu tersebut, maka akan ada beberapa sub menu yang bisa dijadikan pilihan. Masuk saja ke sub menu "Storage".

  • Lalu, pencet opsi "SD Card" untuk melanjutkan prosesnya.

  • Nantinya akan muncul beberapa opsi yang bisa dipilih. Agar proses perubahan bisa dilakukan, maka pencet opsi "Auto Save Data to SD Card".

  • Pada halaman selanjutnya, akan muncul berbagai jenis aplikasi yang bisa disimpan di SD. Geser saja tombol yang tersedia di samping aplikasi agar bisa diubah penyimpanannya. Baik itu WhatsApp, Camera, Screenshot, atau yang lainnya.

  • Untuk mengakhirinya, pencet tombol "Ok" dan semua data yang dipilih bisa dipindah.

Rincian proses di atas tentunya harus dijalankan dengan memperhatikan setiap detailnya. Jangan sampai ada bagian yang salah atau terlewat untuk dilakukan.

Jika ada yang salah, maka file tidak akan bisa diubah penyimpanannya. Proses ini tidak memerlukan jaringan internet. Jadi pengguna bisa mengikuti prosesnya kapan saja.

Asal setiap prosesnya dijalankan, maka pemindahannya tidak akan memberikan hambatan atau permasalahan baru.

Metode Mengubah Penyimpanan untuk File Tambahan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, metode atau cara mengubah penyimpanan internal ke kartu SD HP OPPO di atas hanya untuk aplikasi bawaan.

Sedangkan untuk file tambahan lain harus dijalankan dengan metode yang berbeda. Meski berbeda, namun proses yang satu ini tidak akan menyulitkan.

Info Menarik Lainnya: Cara Melihat Kode QR Wifi Di Hp Oppo dengan Mudah

Ada tujuh langkah yang bisa dipahami dan diikuti sampai proses perubahannya selesai. Jika penasaran bagaimana proses yang bisa dijalankan, simak proses ini:

  • Buka dulu bagian "My Files" atau "File Manager" yang terpasang di perangkat.

  • Kemudian cari folder dari file yang ingin dipindahkan.

  • Jika sudah ditemukan, pencet lama file atau foldernya.

  • Saat muncul beberapa tombol tambahan, pencet tombol "Copy".

  • Nantinya, pengguna akan diminta untuk memilih tempat agar file bisa disalin. Pilih saja opsi "SD Card" untuk melanjutkan prosesnya.

  • Kemudian lanjutkan dengan memencet tombol "Copy to Here".

  • Tunggu proses pemindahan selesai. Jika berhasil, maka akan ada notifikasi proses sukses.

Proses di atas bisa dibilang sebagai proses manual. Namun prosesnya juga sangat mudah dan tidak akan membingungkan. Oleh karenanya, ikuti saja setiap langkah yang sudah diuraikan agar hasilnya sesuai.

Daftar cara mengubah penyimpanan internal ke kartu SD HP OPPO yang sudah diuraikan tersebut tentunya bisa langsung dijadikan pedoman. Agar prosesnya berhasil, maka perhatikan setiap langkah prosesnya agar tidak ada hambatan.

Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Post a Comment for "Cara Mengubah Penyimpanan Internal ke Kartu SD HP OPPO Paling Mudah"