Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Screen Mirroring iPhone ke TV, Menonton Lebih Leluasa

cara screen mirroring iphone ke tv


Cara screen mirroring iPhone ke TV termasuk kelebihan yang didapatkan oleh pengguna perangkat ini. Seringkali saat menyaksikan tontonan menarik seperti film, video, dan lain-lain, pengguna ingin melihatnya di layar yang lebih lebar.

Screen mirroring merupakan solusinya. Untuk lebih jelasnya mengenai screen mirroring, maka simak uraian berikut:

Sekilas Tentang Airplay

Teknologi mutakhir dari Apple memberikan keistimewaan kepada pengguna untuk melakukan mirroring. Jadi, tayangan yang sedang disaksikan di iPhone kini juga bisa dinikmati di televisi.

Info Menarik Lainnya: Cara Mengubah Penyimpanan Internal ke Kartu SD HP OPPO Paling Mudah

Apple menghadirkan fitur ini melalui Airplay. Airplay merupakan fitur bawaan yang dimiliki perangkat iPhone.

Fungsinya adalah mengakses beragam konten, streaming TV, hingga screen mirroring. Dengan begitu, televisi yang dapat terhubung dengan iPhone adalah yang mendukung fitur Airplay tersebut.

Cara Screen Mirroring iPhone ke TV

Sebelumnya telah dijelaskan sepintas mengenai Airplay. Jika TV mendukung fitur ini, maka caranya akan sangat mudah. Kendati demikian, tidak semua smart TV dapat terintegrasi dengan fitur tersebut.

Perlu melakukan pemeriksaan terlebih dahulu di TV yang digunakan, apakah mendukung Airplay. Namun jika tidak, masih ada beragam cara lainnya yang bisa dicoba. Terdapat beberapa metode yang dapat dicoba, yakni:

1. Menggunakan Fitur Bawaan Airplay

Berdasarkan informasi dari halaman resmi Apple, tutorial melakukan mirroring ke TV perlu dilakukan dengan bantuan WiFi. Sehingga tidak memerlukan kabel dan lebih cepat tersambung. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pastikan televisi yang digunakan kompatibel untuk Airplay.

  • Beralih menuju iPhone, cari tontonan yang hendak di-stream. Bisa dari galeri video maupun aplikasi untuk streaming film. Kendati demikian, tidak semua aplikasi sejenis bisa melakukan mirroring. Baca terlebih dahulu informasinya di deskripsi aplikasi.

  • Nyalakan Airplay dengan klik iconnya ketika sedang menonton tayangan tersebut, biasanya di pojok layar. Beberapa yang lain memerlukan langkah berbeda yaitu ketuk “Bagikan”, kemudian “Airplay”.

  • Klik pada nama televisi yang kompatibel. Dengan begitu, sudah dapat menikmati tayangannya di televisi.

  • Jika ingin menghentikannya, bisa tekan ikon Airplay pada aplikasinya, kemudian pilih “Hentikan”.

2. Mengunduh Aplikasi Reflector

Cara screen mirroring iPhone ke TV juga bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi tambahan, contohnya Reflector. Apps ini terbukti berfungsi dengan baik seperti Airplay dan Google Cast. Langkah-langkah penggunaannya pun sangat mudah:

  • Unduh aplikasi Reflector melalui App Store. Jika aplikasinya sudah berhasil terpasang di perangkat, hubungkan langsung ke Reflector untuk menjalankan screen mirroring.

  • Hubungkan dengan perangkat TV yang hendak digunakan. Pastikan WiFi menyala sehingga koneksinya terus tersambung.

Sesederhana itu, ditambah lagi pengguna juga dapat merekam layar yang kualitasnya mencapai 60 fps.

Info Menarik Lainnya: Ketahui Cara Memindahkan Foto ke Kartu SD HP OPPO Serta Tipsnya

Dengan begitu, kualitas tayangannya akan tetap bagus. Opsi keamanannya pun cukup baik, sehingga gangguan seperti lag dapat diminimalisir.

3. Memakai Kabel

Gunakan kabel untuk menghubungkan kedua perangkat sehingga bisa melakukan mirroring. Cara ini juga terbukti berhasil dan cukup sederhana. Cukup dengan melakukan beberapa langkah ini:

  • Hubungkan kabel HDMI (bisa juga adapter VGA) iPhone serta TV. Namun, ada beberapa jenis TV yang membutuhkan konektor tambahan, sehingga bisa menghubungkan kabelnya.

  • Setelah kedua perangkat berhasil terhubung, pengguna cukup mengikuti petunjuknya sampai screen mirroring berhasil dilakukan.

  • Ganti input TV (manual) agar bisa menayangkan screen mirroring. Meski begitu, sekarang mayoritas smart TV sudah bisa otomatis mendeteksi input. Sehingga tidak perlu lagi repot melakukan manual.

Itu tadi informasi seputar cara screen mirroring iPhone ke TV yang dapat dilakukan dengan berbagai cara. Ada yang memakai Airplay, kabel, mengunduh aplikasi tambahan, dan sebagainya. Dengan kecanggihan tersebut, pengguna dapat menikmati tayangan favoritnya langsung di TV.

Post a Comment for "Cara Screen Mirroring iPhone ke TV, Menonton Lebih Leluasa"