Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghapus Cache Instagram Paling Efektif


Terkadang, Instagram tidak bisa dipakai dan terkendala di beberapa bagian. Salah satu penyebab hal ini terjadi adalah ada cache yang menumpuk. Jika hal ini terjadi, maka cara menghapus cache Instagram harus diketahui.

Proses penghapusan cache sendiri ada dua jenis. Agar lebih mudah dipahami, maka pada penjelasan ii akan diuraikan satu per satu metodenya. Jadi pastikan semua rincian proses yang diuraikan dalam artikel di bawah ini tidak terlewat.

Cara Membersihkan Cache Instagram di Pengaturan

Metode pertama yang bisa difungsikan adalah dengan memakai opsi pengaturan yang ada di perangkat. Jadi sebenarnya, perangkat HP sudah menyediakan tombol untuk membersihkan cache secara menyeluruh.

Info Menarik Lainnya: Situs untuk Cek Engagement Rate Instagram dengan Akurat

Proses ini dianggap sangat efektif dan sangat pas untuk dijadikan pilihan. Penasaran seperti apa proses penghapusan cachenya? Simak urutan langkah yang dipaparkan di bawah ini agar bisa mengikutinya dengan baik.

  • Pertama, pengguna harus masuk dulu ke "Pengaturan" yang ada di perangkat.

  • Kemudian, pilih opsi "Aplikasi" yang ada di jajaran menunya.

  • Nantinya akan ada deretan aplikasi yang terpasang di perangkat, dan kemudian pilih "Instagram".

  • Untuk melanjutkannya, pencet tombol "Penggunaan Penyimpanan".

  • Teliti halaman utamanya maka nanti akan ada tombol "Hapus Cache". Pencet saja tombol tersebut untuk melanjutkannya.

  • Tunggu beberapa saaj, dan cache Instagram akan terhapus.

Untuk menjalankan proses tersebut, pengguna tidak perlu menyediakan perangkat internet. Hal ini dikarenakan prosesnya akan dijalankan dengan sistem bawaan HP. Meski demikian, jangan lupakan satu poin poin dari langkah di atas.

Cara Membersihkan Cookies Instagram di Aplikasinya Langsung

Selain dengan memanfaatkan opsi pengaturan, pengguna juga bisa memakai cara menghapus cache Instagram dengan memfungsikan aplikasi Instagram langsung. Pengguna juga banyak yang memakai opsi cara ini karena bisa langsung dijalankan dari Instagram-nya.

Info Menarik Lainnya: 3 Cara Backup WhatsApp iPhone tanpa iCloud yang Bisa Dicoba

Sama seperti metode pertama, urutan prosesnya juga sangat penting dan harus dijalankan sesuai dengan arahan yang ada. Jika penasaran bagaimana proses awal sampai tahap penyelesaiannya, maka simak detail berikut ini:

  • Untuk memulai prosesnya, pengguna bisa langsung menuju aplikasi Instagram.

  • Setelah masuk halaman utamanya, segera menuju menu "Profile" yang terletak di sisi kanan.

  • Jika sudah, pencet tombol dengan logo tiga garis yang ada di sisi atas.

  • Kemudian pengguna akan diarahkan menuju halaman baru dengan banyak sub menu. Pilih saja sub menu "Settings" untuk melanjutkan prosesnya.

  • Lalu untuk proses selanjutnya, pencet tombol "Account" yang tersedia.

  • Pilih tombol "Browser Settings" untuk proses lanjutannya.

  • Nantinya akan ada tombol "Clear" di sebelah tulisan "Browsing Data" Pencet saja tombol tersebut untuk melanjutkannya.

  • Saat muncul tombol konfirmasi, maka pencet saja tombol "Clear Browsing Data". Dengan demikian, cache akan terhapus.

Apakah Ada Dampak Negatif Saat Cache Dihapus?

Saat cache dihapus, seharusnya tidak ada permasalahn yang muncul di akun Instagram. Cache sebenarnya adalah hal yang baik untuk aplikasi karena bisa menyeimbangkan penggunaannya. Namun jika jumlahnya banyak, maka akan menimbulkan masalah.

Oleh karenanya, proses penghapusan perlu untuk dilakukan secara berkala. Meski sering dihapus, namun perangkat tidak akan terkena dampak buruk. Akun Instagram yang dipakai juga tetap aman dan tidak akan terpengaruh.

Setelah proses penghapusan cache dilakukan, data yang ada di Instagram juga tidak akan hilang. Jadi bisa dipastikan proses ini tidak akan menimbulkan permasalahan apapun bahkan setelah segala prosesnya berjalan.

Semua cara menghapus cache Instagram yang diuraikan diatas tentunya harus dipahami dengan baik. Pastikan tidak ada proses yang tersisa agar tidak ada hambatan. Asal diikuti secara maksimal, maka prosesnya akan berhasil.


Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Post a Comment for "Cara Menghapus Cache Instagram Paling Efektif"