Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Upload Video YouTube Bebas Klaim Hak Cipta Agar Leluasa Berkarya

cara upload video youtube bebas klaim hak cipta


Saat ini, sudah ada berbagai cara upload video YouTube bebas klaim hak cipta. Sebab, tidak jarang video yang sudah diunggah kemudian terkena pelanggaran hak cipta.

Misalnya karena memakai lagu tertentu tanpa seizin pemiliknya. Hal ini cukup membuat banyak kreator YouTube bingung.

Pasalnya, izin hak cipta cukup rumit untuk diurus. Agar tidak lagi terhambat, pemilik kanal di YouTube perlu tahu bagaimana caranya sehingga video yang diunggah terbebas klaim hak cipta.

Syarat Mengunggah Video ke YouTube Agar Tidak Terkena Copyright

Sebelum membahas cara upload video YouTube agar tidak terkena copyright, terlebih dahulu perlu mengetahui syaratnya.

Info Menarik Lainnya: Cara Mengetahui Kode QR WhatsApp Pacar Jarak Jauh Paling Efektif

Sehingga tidak sampai dicekal hak cipta yang tentunya akan merugikan pembuat video. Berikut ini beberapa syarat untuk mengunggah video:

  • Memiliki izin (license) dari pencipta/pemegang hak cipta atas lagu atau potongan video yang akan dipakai. Lisensi ini disebut dengan hak mekanikal, yaitu hak reproduksi, mengaransemen ulang, dan sebagainya.

  • Mendapatkan hak mengumumkan, disebut performing rights. Ini merupakan hak mengumumkan, memainkan, menyanyikan lagu baik rekaman ataupun secara langsung. Baik melalui radio, konser, televisi, internet, dan lain-lain.

Cara Upload Video YouTube Bebas Klaim Hak Cipta

Sebelumnya telah dijelaskan beberapa poin tentang syarat mengunggah video. Mungkin banyak yang menganggap bahwa hal tersebut cukup rumit dan menyebalkan. Namun, hal tersebut sebenarnya dilakukan YouTube dengan sifat melindungi.

Agar tidak terganggu oleh permasalahan hak cipta, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Pembuat video perlu memperhatikan hal-hal berikut sebelum mengunggah karyanya di YouTube:

1. Mengedit Video dengan Software

Cara upload video YouTube bebas klaim hak cipta yang efektif yaitu memanfaatkan software tertentu. Ada banyak perangkat lunak yang dapat diandalkan untuk mengedit video. Banyak hal yang dapat dilakukan dengan software agar tidak terkena copyright, seperti:

  • Menambahkan klip video.

  • Memotong serta mengkombinasikan beberapa video menjadi satu.

  • Menambahkan efek unik dan baru di video.

  • Mengubah suara pada video.

  • Memperlambat, mempercepat, memperpendek, ataupun memperpanjang video.

  • Menambahkan musik sendiri.

2. Menggunakan Audio yang Terbebas Hak Cipta

Jika memang memerlukan audio untuk kebutuhan video, maka bisa memakai yang terbebas dari hak cipta. Perlu berhati-hati dalam memilih backsound ini. Pastikan tidak memiliki hak cipta. Bisa juga mencarinya melalui Audio Library YouTube.

3. Memakai Video License Creative Commons

Gunakan video yang memiliki label “License creative commons” jika memang harus memanfaatkan video. Carilah video yang memiliki label tersebut, sebab bisa digunakan tanpa khawatir hak cipta. Langkahnya pun sangat mudah:

  • Masuk ke YouTube, login dengan akun pribadi. Ketik keyword video yang ingin dicari.

  • Klik opsi “Filters”, kemudian pilih “Creative commons”.

  • Pilihlah video yang sesuai, lalu unduh menggunakan aplikasi atau situs online.

  • Video tersebut sudah bisa digunakan.

4. Membuat Video Original

Buatlah video yang bersifat original, asli dan tidak mengambil dari pihak manapun. Ini adalah metode paling suportif yang tidak merugikan siapapun. Justru akan menambah skill dari pembuat video itu sendiri. YouTube sangat menekankan penggunanya agar membuat video orisinil.

Info Menarik Lainnya: Ketahui Cara Memasukan Iklan Di Youtube Serta Tips Memasang Iklan

Hal ini agar tidak terjadi klaim konten dari pihak ketiga. Walaupun awalnya sulit, namun kreator tidak akan terkena klaim tidak menyenangkan. Bisa memulai dari membuat video yang sederhana terlebih dahulu.

Misalnya aktivitas sehari-hari, tips sederhana, kegiatan hewan peliharaan, dan banyak lainnya yang bisa dijadikan ide video. Seiring bertambahnya jam terbang dan masukan dari berbagai sumber, akan lebih luwes menghasilkan video yang berkualitas.

Itulah berbagai cara upload video YouTube bebas klaim hak cipta yang dapat diterapkan. Dengan mengetahui informasi ini, harapannya semakin banyak orang leluasa berkreasi dan mengunggahnya di YouTube. Apalagi YouTube termasuk platform yang menjanjikan karena popularitasnya terus naik.

Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Post a Comment for "Cara Upload Video YouTube Bebas Klaim Hak Cipta Agar Leluasa Berkarya"