Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenapa Indosat Lemot Padahal Kuota Masih Banyak? Ketahui Penyebabnya Dibawah Ini


Ada beberapa alasan yang menjadi penyebab kenapa indosat lemot padahal kuota masih banyak dan baru diisi. Hal ini memang kadang kerap terjadi bagi pengguna
provider. Bahkan beberapa jenis provider lain pun juga mengalami hal serupa. 

Tentunya untuk mengambil tindakan penanganan, pengguna harus paham mengenai penyebab dari masalah ini. Karena itu, kali ini akan diuraikan mengenai beberapa penyebab yang kemungkinan saja terjadi. Jadi, langsung saja simak ulasannya berikut:

1. Sudah Lewat Masa Aktif 

Salah satu penyebab yang mungkin saja terjadi saat ini adalah disebabkan karena sudah lewat masa aktif. Hal ini dapat terjadi saat pengguna membeli paket bulanan. Sehingga paketan yang dimiliki ini memiliki batas masa aktif. 

Info Menarik Lainnya: 3 Cara Backup WhatsApp iPhone tanpa iCloud yang Bisa Dicoba

Mungkin saja kuota yang dimiliki masih banyak, bahkan bisa jadi belum digunakan sama sekali. Namun jika masa aktif dari kuota tersebut telah habis, maka kuota internet ini juga tidak bisa digunakan. Jadi pastikan untuk mengeceknya sekali lagi. 

2. Berada Di Daerah Yang Jauh Dengan Coverage Area Jaringan 

Penyebab berikutnya yang mungkin saja terjadi adalah karena berada di tempat pelosok. Biasanya di pelosok ini belum ada tower atau menara jaringan. Sehingga kualitas jaringan di sana pun akan sedikit memburuk. 

Untuk mengatasi hal ini, maka coba untuk berpindah ke tempat yang sekiranya ada Coverage area jaringan Indosat ini. Jika benar langsung lancar, maka berarti menang hal ini yang menjadi penyebab utama. Sehingga tidak perlu khawatir.

3. Suhu Hp Yang Terlalu Tinggi 

Lalu pada urutan ketiga mengenai penyebab kenapa indosat lemot padahal kuota masih banyak adalah dikarenakan suhu hp yang terlalu tinggi. Hal ini dapat terjadi saat hp digunakan terus menerus tanpa henti. Apalagi digunakan untuk bermain game. 

Info Menarik Lainnya: Cara Menggunakan Kuota Lokal Smartfren dan Penyebab Tidak Bisa Digunakan

Suhu hp yang panas kadang menjadi penyebab dari masalah ini. Bahkan bukan hanya sinyalnya saja yang terganggu, namun juga sistem kerja hp ini akan terganggu juga bahkan lagging. Jadi, istirahatkan hp beberapa saat hingga mendingin. 

4. Kualitas Jaringan Yang Digunakan Rendah 

Kemudian penyebab berikutnya yang juga bisa menjadi kemungkinan adalah karena kualitas jaringan yang digunakan rendah. Seperti yang diketahui, bahwa ada beberapa jenis jaringan di Indonesia. Misalnya 2G, 3G, 4G bahkan sudah ada jaringan 5G. 

Semakin rendah jaringan yang digunakan, maka akan semakin lemot pula dalam mengakses internet. Untuk mengatasi hal ini, pengguna bisa mengubah jaringan ke kualitas yang lebih tinggi dari sebelumnya. Atau terapkan dengan satu jenis jaringan dan bukan otomatis. 

5.  Sistem Operasi Yang Kelebihan Beban 

Masalah seperti ini memang tidak selalu bisa menyalahkan dari pihak providernya saja. Sebab, penggunaan ponsel juga berpengaruh pada kualitas sinyal meski saat itu kuota yang dimiliki masih banyak. Salah satu masalahnya adalah sistem operasi yang kelebihan beban. 

Lambat laun, ponsel juga akan semakin menua, bukan hanya penyimpanan terlihat saja, namun juga pada penyimpanan sistem operasi. Untuk mengatasi hal ini, maka pengguna dapat merestart ponsel. Cara ini sangat umum dilakukan. 

6. Digunakan Untuk Banyak Kegiatan 

Jika kartu yang digunakan saat itu tengah digunakan untuk mengunduh file besar, maka alangkah baiknya jangan digunakan untuk hal lain. Karena kegiatan seperti inilah yang akan membuat jaringan lemot. Apalagi jika berbagi jaringan. 

Sama halnya seperti Wifi, provider yang kebanyakan pengguna juga akan membuat jaringan itu lemot sendiri. Atau, bahkan banyak aplikasi latar belakang yang bekerja dan menggunakan jaringan internet. Maka bisa coba untuk menonaktifkan terlebih dahulu. 

Itu tadi adalah ulasan mengenai enam alasan kenapa indosat lemot padahal kuota masih banyak yang bisa dijadikan sebagai referensi. Untuk mengatasi hal ini pun ada banyak sekali caranya. Seperti mengaktifkan mode pesawat lalu membukanya lagi.

 


Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Post a Comment for "Kenapa Indosat Lemot Padahal Kuota Masih Banyak? Ketahui Penyebabnya Dibawah Ini"