Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenapa YouTube Tidak Bisa Memutar Video Padahal Sinyal Bagus? Inilah Penyebab dan Solusinya



YouTube adalah platform hiburan berupa konten video yang sangat berkualitas. Meski platformnya berkualitas, namun terkadang pengguna kesulitan memutar videonya. Lalu kenapa YouTube tidak bisa memutar video padahal sinyal bagus dan stabil?

Jadi sebenarnya, ada beberapa penyebab kenapa YouTube tidak bisa memutar video. Untuk mengetahui permasalahan dan solusinya, maka pada artikel ini akan diuraikan penjelasannya secara menyeluruh. Pahami daftar alasan berikut ini:

1. Aplikasi YouTube Belum Di-update

Penyebab pertama kenapa YouTube tidak bisa memutar video adalah karena aplikasi YouTube belum di-update. Mungkin menurut banyak pihak, pengguna aplikasi versi lama akan biasa saja dan tidak akan menemukan kendala di masa mendatang.

Info Menarik Lainnya: 3 Cara Backup WhatsApp iPhone tanpa iCloud yang Bisa Dicoba

Padahal sebenarnya, pengguna aplikasi versi lama bisa membuat konten YouTube tidak bisa diputar. Hal ini memang tidak berlaku untuk semua perangkat namun ada saja perangkat yang menghadapi kendala seperti ini.

Oleh karenanya, pastikan untuk selalu memperbarui YouTube saat sudah ada versi terbaru. Jika sudah diubah ke versi baru, maka video YouTube bisa langsung dimainkan. Proses ini termasuk mudah dijalankan dan tidak akan menghabiskan waktu panjang.

2. Data Aplikasi YouTube Penuh

Data YouTube yang penuh juga menjadi penyebab lain kenapa YouTube tidak bisa memutar video. Biasanya, masalah ini muncul jika pengguna sering mengunduh video untuk ditonton secara offline. Meski terlihat sepele, namun masalah ini sangat berpengaruh.

Bukan hanya dari konten unduhan saja yang banyak, namun cache aplikasinya juga bisa menjadi permasalahan lainnya. Cache ini memang tidak familiar dan tidak bisa dilihat secara langsung. Namun jika dibiarkan menumpuk maka akan membuat data YouTube penuh.

Untuk itu, hapus konten unduhan di YouTube agar ruang menjadi lebih banyak. Selain itu, bersihkan juga cache aplikasi YouTube di pengaturan perangkat. Jika dua proses ini dijalankan, maka video YouTube bisa diputar kembali.

3. Ada Virus

Alasan lain kenapa YouTube tidak bisa memutar video padahal sinyal bagus adalah karena munculnya virus. Sebenarnya, virus ini bisa muncul kapan saja tanpa pemilik perangkatnya ketahui. Secara tidak langsung, video YouTube tidak bisa diputar.

Info Menarik Lainnya: Cara Menggunakan Kuota Lokal Smartfren dan Penyebab Tidak Bisa Digunakan

Untuk mengetahui apakah ada virus atau tidak di perangkat, maka segera lakukan pemindaian virus dengan aplikasi. Saat ini sudah ada banyak jenis aplikasi yang bisa membersihkan virus secara menyeluruh dan maksimal.

Pindai saja virus yang ada kemudian hapus dan bersihkan. Jika sudah, coba lagi untuk menghidupkan video YouTube. Apabila video sudah bisa diputar, maka permasalahan sudah selesai dan virus yang ada di perangkat sudah hilang.

4. Memori Internal Penuh

Kemudian untuk penyebab keempat adalah memori internal yang penuh. Meski pengguna YouTube tidak mengunduh videonya, namun internal penuh tetap bisa memberikan pengaruh. Oleh karenanya, solusi yang tepat harus segera ditemukan.

Pastikan untuk membersihkan data yang ada di memori internal secara berkala. Apa saja yang tidak diperlukan segera dibersihkan. Jika sudah, coba lagi untuk menjalankan video di YouTube dan lihat apakah kendalanya sudah teratasi.

5. Browser Memiliki Banyak Data

Untuk pengguna yang membuka YouTube dari browser dan kontennya tidak bisa diputar, maka bisa jadi kendalanya adalah data browser yang penuh. Hal ini sering terjadi dan jarang disadari oleh penggunanya secara cepat.

Jadi saat membuka YouTube dari browser dan mengalami permasalahan ini, jangan langsung bingung dan coba untuk membersihkan data browser. Metode ini biasanya sangat efektif dan membuat konten YouTube bisa diputar kembali.

Demikianlah beberapa penyebab kenapa YouTube tidak bisa memutar video padahal sinyal bagus beserta dengan solusinya. Agar lebih mudah dipahami, maka pastikan segala aspeknya ditelaah agar permasalahannya bisa terselesaikan.


Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Post a Comment for "Kenapa YouTube Tidak Bisa Memutar Video Padahal Sinyal Bagus? Inilah Penyebab dan Solusinya"