Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Agar Kamera IG Jernih Seperti iPhone Tanpa Ribet


Pengguna Android pasti pernah merasakan kualitas stories yang dibuat dari Android kualitasnya sangat kalah dibandingkan dengan iPhone. Saat di upload pun kualitasnya kurang tajam dan tidak enak dilihat jika pakai kamera instagram bawaan. Cara agar kamera IG jernih seperti iPhone diperlukan untuk mengatasi hal ini.

Perlu diingat meskipun harga smartphone Android dengan kelas yang mahal sekalipun sulit menyaingi iPhone. Hal ini dikarenakan adanya permasalahan dalam hal software aplikasi Instagram terhadap Android. Saat ini yang sudah mengatasi hal ini baru Samsung dan itupun hanya pada seri Flagship mereka.

Alasan Kamera IG Android Tak Sebagus iPhone

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan kurangnya kualitas kamera pada aplikasi bawaan instagram.

Info Menarik Lainnya: Simak 3 Cara Membersihkan Cache iPhone Termudah

Padahal dari segi hardware smartphone flagship Android tidak kalah bagus dengan iPhone bahkan beberapa ada yang lebih baik. Hal ini dikarenakan beberapa alasan berikut:

1. Versi Porting

Hal pertama ada pada versi Instagram di HP Android yang merupakan versi porting dari iPhone. Belum banyak yang tahu jika aplikasi instagram sebenarnya memang didesain terlebih dahulu untuk iOS dan itulah mengapa banyak fitur yang lebih dahulu ada di IOS baru selanjutnya diadaptasi pada android.

2. Tipe Android Terlalu Banyak

Alasan kedua adalah pada jumlah perangkat android yang terlalu banyak jenis dan tipenya. HP android punya banyak sekali merek dan brand yang sama-sama memiliki kelasnya masing-masing. Tentu ini membuat HP android sangat banyak tipenya dan membuat developer bingung.

Daripada membuat software untuk satu HP saja jadi Instagram lebih memilih menyamakan software untuk semua device android. Berbeda dengan iPhone yang jumlah dari HP mereka lebih sedikit tipenya membuat developer mudah untuk  mengoptimalkan software dengan hardwarenya.

3. Spesifikasi

HP iPhone pada setiap rilisannya selalu membawa inovasi baru soal teknologi baik itu dari segi hardware dan software. Mereka membawakan rilisan baru dengan spesifikasi yang paling baik di waktu tersebut jadi pengguna bisa merasakan pengalaman menggunakan HP terbaik.

Spesifikasi iPhone ini juga bisa bertahan dengan kondisi yang baik dalam waktu yang lama. Tak heran jika Apple berani memberikan update software secara rutin sampai 5 tahun untuk update iOS.

Info Menarik Lainnya: 5 Aplikasi Bokeh IPhone XR Gratis yang Keren dan Canggih

Berbeda dengan android, mereka memiliki banyak kelas mulai dari yang paling murah sampai dengan yang mahal. Untuk kelas menengah kebawah ini yang tidak bisa mengikuti spesifikasi agar menghasilkan kualitas foto yang bagus sehingga kalah dari iPhone.

Cara Membuat Instagram Story Lebih Jernih

Instagram akan melakukan kompresi setiap kali pengguna mengunggah foto atau video ke sosial media. Sehingga ukuran yang ditampilkan pada instagram tidak sebesar file foto yang aslinya. Hal ini membuat kualitas gambar dan video lebih rendah dari aslinya dan kurang jernih.

1. Upload Saat Internet Sedang Stabil

Saat mengunggah sebuah media kedalam instagram, nantinya proses tersebut akan mengompres kualitas foto dan hasilnya akan menurun. Jika kualitas internet sedang tidak baik maka prosesnya akan lebih lama dan pengompresan akan semakin memakan ukuran media.

Jadi jangan sampai menggunakan kualitas internet yang buruk saat mengunggah media di Instagram. Tunggu sampai kualitas internet membaik dan jaringannya stabil.

2. Gunakan HP dengan Kamera yang Baik

Kualitas kamera disini sangat berpengaruh untuk membuat hasil dari kamera instagram yang baik. Kamera HP dengan spesifikasi rendah tentu akan kesulitan menangkap gambar yang lebih bagus daripada HP dengan kamera yang bagus meski ada kendala di bagian software.

3. Gunakan Kamera Bawaan HP

Cara agar kamera IG jernih seperti iPhone selanjutnya adalah dengan memanfaatkan fitur kamera bawaan HP. Jangan langsung menangkap foto atau mengambil gambar dari aplikasi instagram karena hal ini bisa sangat berpengaruh.

Kamera instagram tidak sepenuhnya mengakses kamera dari HP android. Hal ini karena kini instagram masih menggunakan API yang dasar dari android dan masih belum mengoptimalkannya. Hasilnya yang sudah jelas kualitasnya kalah karena cuma menampilkan gambar yang diambil dari preview saja.

4. Mematikan Penghemat Data dan Gunakan Media Resolusi Tinggi

Instagram memiliki mode penghemat data yang bisa mengurangi konsumsi data untuk pengguna data seluler. Jika fitur ini pernah diaktifkan, sebaiknya dimatikan saja agar kualitas unggahan yang dilakukan tidak menurun drastis.

Pengguna bisa memanfaatkan fitur media resolusi tinggi agar tidak mempengaruhi kualitas media yang diunggah. Sangat disarankan media resolusi tinggi baik itu saat menggunakan data ataupun Wifi sehingga konten yang dinikmati bisa lebih tinggi kualitasnya.

  • Untuk cara mengaturnya bisa dilakukan seperti berikut:

  • Buka aplikasi instagram dari HP android.

  • Buka menu profil di kanan bawah.

  • Masuk ke menu pengaturan akun dan cari penggunaan data seluler.

  • Ketuk bagian media resolusi tinggi dan aktifkan di bagian wifi dan data.

  • Tutup aplikasinya dan buka lagi seperti biasa.

Nah itu dia cara agar kamera IG jernih seperti iPhone. Mungkin sedikit cara ini bisa mengobati iri hati karena kualitas kamera IG di HP tidak sebagus pada iPhone. Namun mungkin kedepannya bukan tak mungkin instagram bisa memperbaiki hal ini.

Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Post a Comment for "Cara Agar Kamera IG Jernih Seperti iPhone Tanpa Ribet"