Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

2 Cara Absensi di Zoom yang Bisa Diikuti


Saat pertama kali mengikuti Zoom meeting, pastinya akan banyak yang kebingungan cara absensinya. Hal ini wajar karena kebanyakan masih belum familiar dengan fitur-fiturnya. Padahal, cara absensi di Zoom sangatlah mudah dan tidak membingungkan.

Bagi yang belum pernah melakukannya, maka pada artikel ini akan diberikan susunan caranya satu per satu. Penasaran bagaimana struktur proses yang bisa dilakukan? Simak dua metode absensi Zoom yang umum dipakai ini:

Cara Absensi Zoom dengan Google Form

Metode absensi paling umum yang dipakai adalah dengan Google Form. Biasanya, Zoom versi gratis akan mengadopsi cara absensi ini karena host tidak akan diberikan data siapa saja pesertanya. Jadi proses absensi manual harus dilakukan.

Info Menarik Lainnya: 3 Cara Menggabungkan Video di iPhone Super Mudah

Karena adanya kondisi tersebut, akhirnya penggunaan Google Form untuk absensi Zoom sering dilakukan. Nantinya host akan membuat link absensi dan akan mengirimkannya melalui fitur Chat yang tersedia dalam Zoom.

Apabila sudah ada link absensi, maka setiap peserta bisa melakukan absensi. Perekaman datanya akan dilakukan oleh Google Form dan host akan menghimpunnya. Sedangkan untuk cara absensinya adalah sebagai berikut:

  • Pertama, masuk dulu ke Zoom meeting yang sudah ada. Pastikan internet stabil saat melakukan prosesnya.

  • Tunggu sampai host memberikan izin untuk masuk ke dalam room.

  • Setelah masuk, segera menuju fitur "Chat" yang ada di Zoom. Biasanya, link absensi akan diinformasikan melalui fitur ini.

  • Apabila sudah ada, maka pencet link tersebut agar diarahkan ke halaman Google Form.

  • Lakukan pengisian di kolom-kolom yang tertera sesuai keadaan yang sesungguhnya.

  • Pastikan untuk melakukan pengecekan agar tahu apakah ada kesalahan atau tidak.

  • Terakhir, pencet tombol "Submit" dan kembali ke halaman Zoom untuk mengikuti prosesnya.

Proses ini akan sangat bergantung pada link yang diberikan host. Jadi jika host tidak mengirimkan link absensi, maka prosesnya tidak bisa dilakukan. Peserta hanya perlu mengikuti dan menunggu link diberikan.

Meski kelihatannya proses tersebut mudah, namun setiap peserta yang belum familiar tetap harus teliti. Hal ini penting agar setiap prosesnya bisa dijalankan sampai selesai tanpa menimbulkan masalah atau halangan berarti.

Cara Absensi Zoom Secara Otomatis

Selain memanfaatkan Google Form, sebenarnya cara absensi di Zoom juga bisa dijalankan secara otomatis. Namun proses ini akan dilakukan dari sudut pandang host Zoom yang sudah berlangganan dengan layanannya.

Jadi sebenarnya Zoom tidak memiliki kolom khusus untuk dipakai peserta melakukan absensi. Namun jika host memakai Zoom versi berbayar, maka kelengkapan data peserta akan diberikan secara lengkap dan mendetail.

Info Menarik Lainnya: Cara Menggunakan Kuota Lokal Smartfren dan Penyebab Tidak Bisa Digunakan

Nantinya, data ini bisa dipakai sebagai berkas absensi yang valid. Peserta tentu tidak perlu melakukan pengisian karena prosesnya akan dilakukan oleh sistem. Hal ini tentu akan sangat memudahkan semua pihak.

Mungkin banyak yang berpikir bahwa Zoom versi gratis juga menyediakan layanan ini, namun sebenarnya tidak. Zoom versi gratis akan memberikan datanya selama Zoom berlangsung dan host harus melakukan pencatatan manual.

Sedangkan jika memakai versi berbayar, maka setelah Zoom selesai datanya akan diberikan oleh sistem. Hal ini akan membuat waktu lebih efisien. Peserta tidak perlu bingung mengisi absensi, dan host tidak perlu melakukan pencatatan.

Semua cara absensi di Zoom tersebut bisa dipakai dengan menyesuaikan kondisi masing-masing Zoom. Jadi peserta Zoom tidak bisa melakukan pemilihan metode absensi. Ikuti saja proses yang dianjurkan pihak pembuat Zoom dan ikuti proses sampai selesai.


Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Post a Comment for "2 Cara Absensi di Zoom yang Bisa Diikuti"