Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Proses Ubah Powerpoint ke Video Termudah




Meski penggunaan file Powerpoint sudah umum, namun untuk beberapa kebutuhan ada yang perlu diubah menjadi file video. Proses ubah Powerpoint ke video sebenarnya tidak sulit. Namun jika belum familiar, akan kebingungan dengan caranya.

Oleh karenanya, pada artikel ini akan diberikan dua metode untuk mengubah file Powerpoint ke video dengan cepat. Setiap metode pasti memiliki susunan langkah yang berbeda-beda. Untuk mengetahui strukturnya, simak rincian berikut:

Mengubah Powerpoint ke Video Secara Langsung

Untuk mengubah file Powerpoint ke video, sebenarnya tidak diperlukan aplikasi atau situs tambahan. Powerpoint sudah memiliki fitur untuk memfasilitasi penggantian format ini. Jadi prosesnya bisa langsung dijalankan.

Info Menarik Lainnya: Cara Melihat Video yang Sudah di Download di Telegram pada iOS dan Android

Namun adanya fitur ini tidak membuat semua orang langsung paham. Banyak yang masih belum tahu dimana letak fiturnya dan bagaimana pemanfaatannya. Jadi diperlukan rincian langkah terstruktur sebagai panduan proses utamanya.

Pada bagian ini, akan diberikan urutan langkah mengubah powerpoint menjadi video dengan urutan yang jelas. Penasaran seperti apa tahapan prosesnya sampai selesai? Untuk mengetahui susunan prosesnya, simak rincian berikut ini:

  • Untuk memulai prosesnya, buka dulu file Powerpoint yang akan dijadikan video.

  • Jika sudah terbuka, pencet tombol "Menu" yang ada di sisi atas bagian kiri.

  • Kemudian pastikan untuk memilih sub menu "Export" dan pencet opsi "Create a Video".

  • Lalu pada tahap selanjutnya, pilih kualitas video yang diinginkan. Pilihannya ada 4K, 1080p, 720p, dan 480p.

  • Setelah itu tentukan juga format yang ingin dipakai. Bisa memilih ".wmv" atau "MPEG-4".

  • Pada tahap selanjutnya, pilih durasi transisinya. Tentukan saja sesuai dengan kebutuhan.

  • Saat semua selesai, maka pencet tombol "Creat Video" dan tentukan lokasi penyimpanannya.

  • Tunggu sistem menjalankan proses, dan video selesai dibuat.

Meski tahapan di atas tidak terlalu banyak, namun setiap prosesnya harus diperhatikan dengan baik. Jangan sampai ada langkah yang tidak dijalankan. Apabila ada langkah yang terlewat, maka proses perubahannya tidak akan bisa diselesaikan.

Mengubah Powerpoint ke Video dengan Situs Bantuan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, proses ubah Powerpoint ke video bisa dijalankan dengan fitur khususnya. Namun ada kalanya seseorang tidak bisa membuka filenya dan harus mengubahnya dengan metode yang lain.

Jika kondisinya seperti ini, maka proses mengubah file ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan situs tertentu. Situs ini bernama Video Online Convert. Jika memakai situs ini, maka pengguna tidak perlu menjalankan banyak langkah rumit.

Info Menarik Lainnya: 5 Rekomendasi Hp Kamera Mirip IPhone yang Kualitasnya Sama

Pada situsnya sudah tersedia menu yang jelas untuk tahapan penyelesaian proses. Orang awam sekalipun bisa langsung beradaptasi dengan interface-nya. Untuk mengetahui proses perubahannya, simak langkah-langkah berikut:

  • Pertama, buka dulu browser yang terpasang di perangkat.

  • Kemudian, masuk ke situs Video Online Convert dengan alamat https://video.online-convert.com.

  • Jika sudah masuk ke halaman utamanya, maka pencet tombol "Choose Files" dan tentukan file mana yang akan diubah formatnya.

  • Saat file sudah masuk ke situs, maka segera lakukan pengaturan resolusi di bagian "Saved Settings".

  • Lalu edit juga bagian "Video & Audio Settings" sesuai dengan kebutuhan.

  • Setelah itu, pencet tombol "Start Conversion" dan tunggu hasilnya selesai. Nantinya, file video akan terunduh secara otomatis.

Jika menggunakan metode ini, pastikan jaringan internetnya stabil. Karena jika internet putus-putus, maka bisa jadi video yang terunduh akan rusak. Oleh karenanya, perhatikan detail jaringan internetnya sejak awal.

Daftar cara ubah Powerpoint ke video di atas tentunya bisa langsung dijadikan acuan dan pedoman. Pastikan semua langkahnya tidak ada yang terlewat agar tidak ada hambatan dan file video dari Powerpoint bisa segera dibuat.


Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Post a Comment for "Proses Ubah Powerpoint ke Video Termudah"