Postingan Unggulan

Difie Toys, Grosir Mainan Serba 500 hingga 1000an di Jakarta

Peluang Bisnis Mainan dan Berbagai Kelebihannya

Hallo teman-teman semua.

Apa kabarnya?

Semoga baik-baik saja dan sehat-sehat selalu ya, insya Allah Aammiin.

Kali ini saya mau mengulas topik tentang bisnis dan peluang usaha, khususnya bisnis mainan. 
Usaha ini sudah saya geluti selama kurang lebih hampir 7 tahun.

Oleh karena itu, alhamdulillah saya sudah cukup tahu akan seluk beluk usaha yang satu ini. Peluang bisnis ini sangat bagus, terbukti dengan semakin menjamurnya bisnis ini dimana-mana, mulai dari pusat perkotaan sampai ke kawasan pinggiran.

Bahkan saya lihat, didaerah-daerah penyangga ibukota seperti tangerang, serang, pandeglang, cibinong, bogor dan daerah-daerah lainnya saat pada ini sudah banyak bertebaran toko-toko mainan baru.

Ibarat kata pepatah : dimana ada gula, disana pasti ada semut. Begitu pula dengan suatu bidang usaha.

Secara logika, fenomena semakin menjamurnya usaha bisnis mainan ini pasti ada sebabnya. Apalagi kalau bukan karena rata-rata orang sudah tahu, bahwa usaha ini sangat menjanjikan prospeknya.

Ya! peluang bisnis yang sangat bagus dan perkembangannya cepat.

Kalau bisnis ini prospek dan perkembangannya lamban, tidaklah akan mungkin banyak orang yang berlomba-lomba mengadu peruntungan di bidang usaha ini.

Baiklah, saya akan coba uraikan kelebihan dan bagusnya peluang bisnis mainan ini secara rinci satu persatu.

PELUANG BISNIS MAINAN DAN  BERBAGAI KELEBIHANNYA

Saya akan bahas terlebih dahulu tentang kelebihannya.

Note : Sisi kekurangan ketika menempuh bisnis mainan ini tentu juga ada. Tapi kekurangan itu bukan dari jenis usahanya, tapi bersumber dari faktor diri kita sendiri. Diantaranya disebabkan karena informasi yang didapat belum memadai dan faktor kurangnya pengalaman/skill dan permodalan. Soal ini akan saya ulas lebih lanjut diartikel berikutnya.

Update!! Artikel lanjutannya telah ditulis : HAL YG PERLU DIPERSIAPKAN SEBELUM MEMULAI BISNIS MAINAN


Kelebihan-kelebihan bisnis mainan diantarnya :

# 1. Marketnya abadi sepanjang masa. 

Target market atau pasar utama bisnis mainan sudah jelas, yaitu anak-anak. Terutama anak dari rentang umur 3 tahun sampai 10 tahun. Dan menurut data angka kelahiran dari pusat statistik (BPS), tiap tahun angka kelahiran naik rata-rata di kisaran 1,49%.

Sampai dengan akhir tahun 2015, sebagaimana data dari laman BPS.go.id menunjukan angka kelahiran di indonesia menyentuh angka 4.880.951 orang/tahun.

Tingginya angka kelahiran bayi yg selanjutnya akan menjadi balita itu, tentu menjadi potensi pasar yang sangat bagus untuk jenis usaha ini.

Pada tahap anak masih balita, kebanyakan orang tua cenderung memanjakan anaknya, terutama para mamah muda, papah muda alias semua pasangn yg baru memilik 1 - 2 orang anak.
Kebanyakan pada pasangan-pasangan muda ini soal keluar duit tidak jadi masalah, yang penting anaknya senang (kesimpulan ini berdasarkan pengalaman dari toko saya sendiri hehehe) ☺

Dan tahukah teman?

Target pasar mainan bukan cuma anak-anak lho, tapi juga banyak orang dewasa. ☺
Coba aja lihat ke group-group kolektor mini diecast dan mini figure, atau mainan-mainan jenis hobi lainnya dimedia sosial. Rata-rata penggemarnya adalah orang dewasa semua. ☺☺

PELUANG BISNIS MAINAN DAN BERBAGAI KELEBIHANNYA

# 2. Mainan tidak pernah mati/expired/basi.


Andai toko saya menyetok barang mainan dalam jumlah yang banyak pada hari ini. Dan stok itu tersimpan sampai 5, 10 atau bahkan 20 tahun yang akan datang, percaya tidak teman-teman?

Mainan itu tetap akan laku!

Bahkan harganya pun bisa jadi lebih mahal, berubah kategori jadi mainan antik!

Sangat jauh berbeda kondisinya bila dibandingkan dengan beberapa jenis produk di bisnis yang lain.
Contohnya seperti bisnis pakaian, smartphone atau semua kategori barang-barang yang selalu mengikuti mode.
Pada ketiga contoh bisnis di atas, kita tidak bisa sembarangan menyetok produk dalam jumlah yang terlalu banyak. Bisa-bisa malah jadi 'barang mati'. Tekor bandar!

# 3. Persentase margin(keuntungannya) cukup besar.


"Bang izal, kenapa bisnis mainan keuntungannya bisa besar?
"Memang apa bedanya dengan jenis bisnis yang lain?".

Kita bisa ambil margin/keuntungan yang besar pada bisnis ini, karena jenis produknya sangat banyak sekali. Modelnya juga selalu berubah-ubah setiap saat. Terutama pada mainan dari produk lokal, seperti mobilan-mobilan yang tanpa komponen (dimainkan manual atau ditarik pakai tali).
Nah, mainan produk lokalan seperti ini jenis dan model sangat banyak sekali.
Bejibun!

Jadi karena jenis dan modelnya sangat banyak, sehingga para pembeli tidak bisa menandai dan menghapal standar harga sebuah mainan, istilahnya kata para pedagang "harganya buta!".

Nah di situlah letak gurihnya bisnis ini.

Kita bisa memainkan harga. kita bisa buka penawaran harga yang bagus (baca : tinggi). Jadi kalaupun ada pembeli yang cara penawarannya sadis, kita masih bisalah dapat lebih (marginnya). 
Yang lebih gurih lagi kalau kita punya pelanggan/pembeli dari 'orang berduit'. Yang tidak suka tawar menawar terlalu ribet, whoaa mantap!

Mungkin ada lagi diantara teman-teman yang bertanya :

"Bang izal, memangnya rata-rata kisaran berapa persen sih ngambil keuntungan dari bisnis mainan itu?"

Untuk saat ini kalau diambil angka rata-rata, saya mengambil margin sekitar 50% sampai 60%, ditiap-tiap produk mainan.

Jadi kalau modal suatu mainan 100.000 Rupiah, maka saya buat banderol sekitar 165.000an. Nanti kalau ada orang yang menawar, bisalah dikasi harga pasnya jadi 150.000 Rupiah.

Ada pengecualian untuk produk-produk tertentu, yaitu mainan yang harganya mahal. Dan produk itu juga sudah terkenal, jadi standar harga rata-ratanya orang sudah tahu.

Nah kalau mainan jenis ini tidak bisa kita mainkan lagi harganya, karena pasarannya sudah jelas!. 
Tapi mainan jenis ini jumlahnya cuma sedikit, karena harganya mahal dan segmen pasarnya terbatas untuk kalangan pehobi saja. Contohnya mainan Gundam, Drone Kamera, Rc Helikopter, Rc drift 4WD dan lain-lain.

# 4. Perkembangan bisnisnya cepat dan pesat.

Teman-teman sudah tahu belum?

Bahwa di asemka atau pasar pagi lama yang sekarang jadi pusat grosiran mainan terbesar itu, dahulunya adalah tempat pusat grosiran textile dan alat tulis.

Tapi sejak pertengahan tahun 90an, semakin banyak pedagang disana yang beralih menjadi grosir mainan. Apalagi sekarang, disemua area pasar pagi dan asemka itu sudah penuh dengan toko grosir mainan semua.

Grosir textile dan alat tulis (yang pernah berjaya ditahun 80an dulu) sebenarnya masih ada, tapi lokasinya sudah tergusur dipinggir dan dipojok kawasan itu.

Nah, apa penyebab sehingga hampir semua pedagang disana beralih jadi berbisnis mainan?

Ya apalagih kalau bukan karena bisnis ini guriiii guriiii enyoooy hehehe ☺☺☺☺☺

Lihat saja di sisi lain, yaitu dikawasan pasar gembrong, dulu dibawah tahun '98 kawasan itu hanya pemukiman rumah penduduk.

Sejak ada yang mulai membuka bisnis mainan diawal tahun 2000an, sekarang kawasan gembrong itu sudah berubah menjadi pusat grosir mainan untuk wilayah jakarta timur.

Sssttt,,, teman juga sudah tahu belum?

Dahulunya dibawah tahun 2000an, keluarga saya hanyalah tukang jahit (ayah), dan ibu saya hanyalah seorang ibu rumah tangga. Tapi sejak awal tahun 2000an ibu mencoba peruntungan menjual mainan di emperan yayasan sekolah PB. Jenderal soedirman Cijantung Jakarta timur.

Ternyata disitulah awal keberhasilan keluarga kami, pada tahun 2007 tabungan ibu sudah cukup untuk buka toko mainan didaerah condet.

Ternyata usahanya semakin maju pesat, sampai 6 orang anaknya (termasuk saya yg anak tertua) juga memilih profesi dijalur bisnis ini sampai sekarang.

Kisahnya lengkapnya telah saya tulis disini : IBUKU PAHLAWAN KELUARGA.

Jadi saran saya, kalau teman-teman ada rencana mau membuka usaha, maka pilihlah bisnis mainan.

Sepanjang tekniknya benar, informasi yang didapat memadai (seperti channel tempat belanja yang murah) dan skill ilmu dagang juga sudah ada, kemungkinan besar bisa berhasil, insya Allah!

Nah, itulah beberapa kelebihan dan prospek yang sangat bagus dari bisnis mainan ini.

Sampai disini dulu ya teman-teman, tidak lama lagi pasti akan saya sambung dengan artikel yang masih terkait dengan topik bahasan ini, Coming soon. ☺☺

Semoga sukses selalu ya teman-teman, Aammmiin.

Penulis by : Bang izal

20 Responses to "Peluang Bisnis Mainan dan Berbagai Kelebihannya "

  1. mantap banget artikelnya jadi bisa mempunyai impian jadi penjual truk mainan

    ReplyDelete
  2. Jadi kepengen dikasih mainan gratis sama bang izal toyz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya sekali2 main ke toko saya om, nanti pasti saya kasi mainan gratis hehehe 😁

      Delete
  3. Klo barang di kirim ke lampung apakah masih untung ya bang?
    Dan toko grosir yang mana yang terbaik menurut abang. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya masih bisa untung dong om 😊
      Kan nanti bisa om kalkulasikan berapa biaya ongkos kirim dan biaya operasional lainnya.
      Sehingga dari situ bisa diperkirakan berapa margin (keuntungan) paling wajar yg bisa om ambil.

      Toko grosir yg cukup lengkap dan murah di Asemka itu diantaranya : toko Sinar mutiara Toys, toko Jn Toys, toko lucky Toys, toko Starkid dan toko Gaby Toys.

      Semoga dapat membantu 😊

      Delete
  4. Bang ijal punya cannel buat mainan edukasi islami ngk ? Tolong info dongg..
    Barakallahufik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya kayak Apple Qur'an dan Ipad muslim gitu?

      Kalau mainan kayak gitu ada ditoko Jn toys dan Gaby toys. Kedua toko ini sudah saya tulis artikelnya. Silahkan dibaca-baca aja.

      Oh iya,,, kalau mau kesana saya sarankan tanya dulu kesediaan produknya. Nomor kontaknya sudah ada didalam artikel.

      Delete
  5. Wah mohon maaf,,, untuk wilayah bandung saya belum dapet info link grosirnya om.

    ReplyDelete
  6. Berapa modal pertamanya bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soal besaran modal tergantung mau buka usaha dimana dulu nih om? Dagang kaki lima, jualan di kios, di toko atau di ruko?

      Masing-masing tempat diatas itu beda-beda nilai besaran modalnya.

      Delete
  7. Untuk barang rusak bisa ditukar gak bg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau belanja grosir di asemka sistemnya jual putus om. Jadi kerusakan barang di tanggung sendiri. Tapi sangat jarang sih terjadi kerusakan om.

      Delete
  8. Bang kalau mainan yg murah itu yg untuk jual sd kaya harga seribu, dua ribu sampai 5 ribu dimana ya bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu mainan murah serba 1000 - 5000an ada di pasar gembrong om. Nah masalahnya sejak pasar pasar gembrong itu direlokasi, saya belum tahu kemana grosir mainan2 kecil itu pindahnya. Nanti kalau sudah dapat infonya insya Allah akan saya buatkan artikelnya.

      Delete
    2. Alhamdulillah saya sudah menulis artikel tentang toko grosir yang khusus menjual mainan2 murah. Silahkan klik link artikelnya di sini : Difie Toys, Grosir Mainan Serba 500 hingga 1000an di Jakarta

      Delete
  9. Kalau Mau buat jualan kecil2 di rumah min modal brp mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Modal 5 - 10 juta juga udah bisa jalan gan.

      Delete
  10. Bg Izal syukron ya, abangnya baik banget mau bagi2 ilmu. Saya juga ada rencana mau buka toko mainan, tapi masih bingung nyari info chanel dan tips jualannya, kira 2 boleh minta no kontaknya ga bang, siapa tau bisa konsul hehe..

    ReplyDelete

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel