10 Cara Bisnis Baju Bagi Pemula, Sangat Disarankan Untuk Anda Coba

Dunia fashion tengah berkembang dengan pesat. Hal ini dapat dilihat dari makin menjamurnya pengusaha yang menjadikan baju sebagai produk bisnisnya. Dengan persaingan yang ketat dan keras, pastilah membutuhkan cara tersendiri. Agar bisnis baju Anda bisa sukses dan terus berkembang pesat.

Bagi pebisnis pemula, tentunya membutuhkan informasi yang tepat dan rinci. Terutama mengenai cara bisnis baju yang praktis dan dapat dicoba oleh pemula.

Pentingnya mengetahui tentang langkah dan cara bisnis baju ini, agar dapat mengurangi keraguan Anda, terutama ketika ingin memulai untuk berbisnis. Cobalah untuk memahami setiap poinnya, dan lakukanlah secara seksama dan rinci, agar hasilnya dapat lebih maksimal.


10 Cara Bisnis Baju Bagi Pemula, Sangat Disarankan Untuk Anda Coba

Berikut ini adalah langkah yang dapat Anda lakukan, terutama bagi yang ingin tahu cara bisnis baju bagi pemula:


1. Lakukan Riset.


Dalam menjalankan bisnis, tahapan pertama yang harus dilakukan adalah melakukan riset. Riset ini sangat penting dilakukan. Karena ketika Anda mulai berbisnis, tentu membutuhkan persiapan dan perencanaan yang matang. Jangan sampai ketika baru mulai berbisnis, Anda terjemurus pada langkah yang tidak tepat, sehingga justru malah merugikan bisnis Anda yang baru saja dibangun.

Oleh karena itu, dengan melakukan riset, maka Anda dapat memahami target market, segmen pelanggan, dan resiko bisnis. Sehingga resiko kerugian yang akan terjadi dapat ditekan seminimal mungkin.

Saat hendak memulai bisnis baju, cobalah melakukan riset kecil-kecilan. Riset ini bisa dengan cara mencari info di internet, atau bisa juga dengan bertanya kepada orang yang telah berpengalaman di bidang tersebut. Lakukan juga survey pasar untuk mengetahui peluang atau kondisi pasar untuk berbisnis baju. Dengan memahami kondisi pasar, maka Anda dapat mengetahui target market dan melakukan uji coba pasar untuk produk Anda.

2. Tentukan Konsep dan Jenis Baju.


Jika ingin bisnis baju berjalan lancar dan sukses, hendaknya Anda memiliki perencanaan bisnis yang matang dan detail. Cobalah buat rencana bisnis yang singkat dan padat, yang merupakan formulasi dari hasil riset Anda (pada poin pertama diatas). Cobalah bangun identitas merk atau brand dari baju yang akan Anda rintis.

Setelah melakukan riset, maka Anda akan dapat menentukan jenis dan mode baju yang akan dijual.

Tentu saja produk yang paling laris adalah jenis/mode baju yang sedang trend dan digemari orang. Pilihlah jenis produk yang biasanya paling laku, misalnya baju wanita yang berusia antara 17 – 35 tahun.

Berusahalah untuk fokus dalam satu kategori baju terlebih dahulu. Tujuannya agar bisnis baju yang sedang Anda rintis bisa berkembang lebih maksimal. Selain itu, kategori baju yang spesifik juga akan  lebih memudahkan pelanggan Anda untuk memilih dan membeli. Nah, jika kelak bisnis baju Anda telah berkembang pesat, dan sistemnya juga sudah rapi, maka bolehlah Anda tambah kategori produk Anda dengan jenis baju yang lainnya. Misal produk baju anak-anak dan pria dewasa.

Artikel Menarik Lainnya : Runtuhnya Era Penjahit Tailor dan Berganti Menjadi Usaha Permak Pakaian/Jeans/Levis

3. Temukan Keunikan Pada Produk Baju yang Akan Anda Jual.


Bisnis baju kini sangat menjamur seiring dengan pesatnya perkembangan dunia fashion. Karena persaingan yang amat ketat, maka hendaknya Anda memasarkan jenis baju yang memiliki keunikan tersendiri, sehingga jarang dimiliki oleh pedagang baju yang lain. Keunikan ini juga dapat dijadikan sebagai 'trade mark' bisnis Anda. Sehingga usaha Anda akan dianggap sebagai pioneer pada jenis produk tersebut (unik). Efek selanjutnya, Anda akan jadi lebih mudah untuk menjaring pelanggan yang loyal.

Riset yang dilakukan sebelumnya juga dapat menghasilkan ide baru untuk menciptakan keunikan baju yang dijual. Setelah mengetahui keunikan baju Anda, kemudian teruslah melakukan inovasi dan mengembangkan kreativitas yang dituangkan pada baju yang Anda jual. Dengan begitu, jadi meskipun bisnis Anda baru dirintis, namun dengan adanya keunikan, kreativitas, dan inovasi yang tinggi itu, maka pasti Anda akan lebih mampu untuk bersaing dengan pebisnis yang lainnya.

4. Temukan Pemasok Baju yang Tepat.


Cara bisnis baju berikutnya yaitu menemukan pemasok baju yang tepat. Hal ini dapat dilakukan setelah menentukan konsep dan jenis baju yang akan dijual. Tahapan menemukan pemasok baju yang tepat ini sangatlah penting, karena akan berhubungan dengan hasil produk yang akan Anda jual.

Cobalah untuk mencari beberapa pemasok baju yang bagus dan terpercaya. Jika Anda berdomisili di Jakarta, maka salah satu pusat pemasok baju terbesar adalah pasar Tanah Abang. Pasar pakaian terbesar di Indonesia ini menjual lengkap berbagai jenis dan mode baju. Oleh karena itu, tidaklah mengherankan jika pedagang dari seluruh Indonesia (bahkan Asia Tenggara) banyak yang berbelanja ke pasar legendaris tersebut.

Setelah mendapatkan list pemasok, cobalah jalin kerjasama awal dengan melakukan testing produk. Dengan begitu, Anda akan dapat menentukan mana pemasok yang paling tepat dan handal, serta dapat dijadikan sebagai mitra bisnis dalam jangka panjang.

5. Tentukan Harga yang Pas.


Setelah menentukan jenis, konsep, dan pemasok baju yang tepat, langkah berikutnya yaitu menentukan harga yang pas. Penetapan harga akan berpengaruh pada keuntungan yang akan diperoleh. Terdapat dua elemen pada nilai keuntungan, yaitu biaya tetap dan biaya variable. Biaya tetap adalah biaya yang tidak akan berubah, misalnya biaya fasilitas, seperti biaya pembelian mesin.

Sedangkan biaya variable yaitu biaya yang cenderung akan mengalami perubahan, misalnya biaya bahan baku. Dengan begitu, cobalah untuk memastikan jumlah tiap biaya, baik biaya tetap maupun biaya variabel. Tentukan harga baju yang lebih tinggi daripada modal awal, misalnya memasang target keuntungan dengan margin 30% sampai dengan 50%.

6. Tentukan Cara atau Metode Berjualan.


Percuma saja Anda memiliki produk baju yang bagus dengan harga yang terjangkau, tetapi dijual dengan metode yang salah. Oleh karena itu, tahapan cara berbisnis baju yang tidak boleh dilewati adalah menentukan cara dan metode berjualan. Kini terdapat berbagai macam metode dan cara berjualan, yakni bisa dilakukan secara online maupun offline.

Artikel Menarik Lainnya : Bagaimana Cara Jualan Online di Facebook? Berikut ini Panduan dan Informasi Lengkapnya

Secara online misalnya dengan berjualan melalui media online, seperti website, media sosial, atau situs e-commerce. Sedangkan metode offline bisa dilakukan dengan cara berjualan baju keliling, atau memiliki toko offline. Jika ingin hasilnya lebih maksimal, tentunya dapat dengan cara mengkombinasikan kedua metode tersebut. Dengan catatan: lakukanlah secara seimbang dan simultan, agar masing-masing metode itu dapat saling menguntungkan.

7. Berikan Informasi Kontak yang Jelas.


Memberikan informasi kontak yang jelas merupakan salah satu cara bisnis baju yang tidak kalah pentingnya. Pasalnya, informasi kontak merupakan jalan yang menghubungkan antara penjual dan pelanggan. Jika terdapat informasi kontak yang jelas, tentunya akan memudahkan pelanggan dalam melakukan pembelian.

Pasanglah informasi kontak di setiap line komunikasi yang digunakan. Bisa menggunakan chatting, media sosial, maupun aplikasi khusus berjualan. Jangan lupa untuk merespon pelanggan dengan cepat, jelas, dan ramah. Kualitas pelayanan yang baik tentunya akan berimbas pada meningkatnya omset penjualan.

8. Lakukan Promosi.


Cara bisnis baju agar sukses dan memiliki performa penjualan produk yang bagus yaitu dengan cara melakukan promosi. Promosi yang dilakukan haruslah unik dan kreatif, agar memiliki kesan tersendiri dimata pelanggan. Cobalah berpikir untuk melakukan promosi yang sejalan dengan konsep baju yang diusung. Promosi yang baik akan mampu mendongkrak penjualan baju Anda nantinya.

Banyak cara yang bisa ditempuh untuk mengenalkan produk Anda, mulai dari website, media sosial, sampai dengan e-commerce. Lakukan juga branding yang tepat agar bisnis yang Anda rintis terlihat profesional, sehingga dapat menumbuhkan kepercayaan dari pelanggan. Adanya pengenalan produk yang baik dan sesuai target, maka akan membuat calon pelanggan Anda jadi penasaran, tertarik, dan akhirnya membeli produk yang ditawarkan tersebut.

9. Lakukan Kerja Sama dengan Mitra.


Bisnis baju ini memiliki persaingan yang sangat ketat, sehingga membutuhkan cara dan strategi tersendiri, agar produk Anda bisa berputar dan terus berkembang. Salah satu caranya yaitu dengan membangun sistem kemitraan. Sistem kemitraan bisa berupa reseller, agen, dropship, dan distributor. Paket reseller merupakan paket yang khusus untuk pembelian dalam partai yang sedikit atau kecil.

Sedangkan kategori dropship, dapat dilakukan dengan memilih penjual yang sudah terbukti baik penjualannya. Jangan sampai lupa, sediakan juga paket distributor untuk mitra kerja sama yang dapat membeli baju dalam jumlah yang besar. Untuk jumlah sedang, dapat membuat mitra kerja sama seperti paket agen.

10. Teruslah Berinovasi.


Setelah bisnis yang dirintis mulai berkembang, dan dengan semakin banyaknya pemesanan dari pelanggan Anda, maka cobalah untuk melakukan inovasi terbaru. Cobalah melakukan pengembangan untuk lebih inovatif, agar dapat mendorong penjualan yang lebih tinggi lagi. Misalnya, jika sebelumnya Anda hanya berjualan di media sosial, maka selanjutnya cobalah membuat website resmi toko online Anda. Sehingga bisnis Anda jadi terlihat lebih profesional.

Dalam website tersebut juga dapat dibangun fitur yang dapat memudahkan pelanggan Anda ketika melakukan pembelian. Misal: adanya beragam pilihan pembayaran online, pilihan ekspedisi, dan katalog khusus pelanggan. Dan teruslah meningkatkan performa website bisnis Anda, sehingga jadi semakin mudah untuk di akses oleh siapa saja.

Artikel Menarik Lainnya : 10 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga, Direkomendasikan Untuk Penghasilan Tambahan

Kesimpulan.


Itulah diatas 10 cara bisnis baju bagi pemula yang disarankan untuk Anda coba. Semuanya telah dijelaskan secara runtut, lengkap, dan mendetail. Jadi kini Anda tidak perlu bingung lagi ketika ingin terjun ke dunia bisnis fashion.

10 Poin tersebut penting untuk dilakukan, karena bisnis baju ini tidak hanya dilihat dari hasilnya, tetapi juga harus melewati proses. Lakukanlah secara tekun, dan nikmati prosesnya dengan sabar, sebab tidak ada kesuksesan yang dapat diraih secara instan.

Sampai berjumpa lagi di pembahasan artikel selanjutnya. Salam sukses untuk Anda.

0 Response to " 10 Cara Bisnis Baju Bagi Pemula, Sangat Disarankan Untuk Anda Coba"

Post a Comment

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel