Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Jualan Online di Shopee Dan Tips Agar Laris Manis

Berkembangnya era digital sekarang ini membuat banyak orang beralih dari berjualan offline ke online. Salah satu cara yang ditempuh yaitu dengan menggunakan platform jualan online, misalnya melalui Shopee. Namun, tidak banyak orang yang mengetahui cara jualan online di Shopee, sehingga dibutuhkan penjelasan khusus mengenai ini.

Shopee merupakan salah satu e-commerce yang kini sedang digandrungi banyak orang. Pasalnya, Shopee menawarkan banyak produk dengan program-program yang menarik. Program tersebut tidak hanya menguntungkan pelanggan, tetapi juga bagi penjual.

Bagi Anda yang ingin menaikkan omset penjualannya melalui Shopee, maka dapat melakukan langkah-langkah berikut ini.

Cara jualan online di Shopee yang harus dilakukan yaitu dengan mendaftar akun Shopee.


Caranya mudah, yaitu dengan membuka website resmi Shopee melalui browser desktop, maupun menggunakan aplikasi. Aplikasi Shopee tentunya sudah bisa diunduh, baik menggunakan OS Android di Google Play Store maupun menggunakan iOS di Apple App Store.

Pada panduan di artikel ini saya akan menjelaskan cara daftar akun Shopee melalui perangkat komputer. Jadi bila anda nanti membuka situs Shopee lewat perangkat HP, maka akan ada sedikit perbedaan tampilan layar. Tapi secara keseluruhan, caranya sama saja. Saya yakin Anda akan tetap bisa memahaminya walau ada sedikit perbedaan tampilan tersebut.

So, mari langsung saja kita mulai tutorialnya.

1. Daftar Akun Shopee.


Buatlah akun baru dengan mengklik tombol “Daftar” yang berada di sisi kanan atas browser. Lihat fotonya dibawah ini.

10 Cara Jualan Online di Shopee Agar Produknya Laris Manis

Coba Anda perhatikan bagian yang dilingkari kuning pada foto diatas, nah di situlah letak tombol "Daftar". Setelah Anda klik tombol Daftar tersebut, maka nanti akan terbuka laman baru seperti foto dibawah ini.

10 Cara Jualan Online di Shopee Agar Produknya Laris Manis

Untuk mendaftar/membuat akun Shopee, maka Anda harus memiliki nomor ponsel yang aktif.

Kenapa harus aktif? 


Karena nantinya pihak Shopee akan mengirimkan 6 digit angka unik lewat SMS ke nomor telepon Anda. 6 angka unik itulah yang nantinya akan dibutuhkan untuk meng-aktivasi akun Shopee Anda.

Sekarang yuk disimak cara-caranya dengan seksama.

Coba Anda perhatikan baik-baik foto diatas. Lihat kolom paling atas di foto tersebut, nah Anda harus memasukan nomor telepon Anda di situ. Kemudian perhatikan kolom dibawahnya, itu adalah kode Chaptha (yang harus Anda isi sesuai dengan kombinasi huruf dan angka unik yang tertera di kolom sebelah kanannya).

Nah setelah kode Chaptha itu Anda isi dengan benar, selanjutnya klik "Kirim Kode Verifikasi" yang ada dibawahnya. Nanti pihak Shopee akan mengirimkan 6 digit angka unik melalui SMS ke nomor telepon Anda. Lihat contohnya dibawah ini.

10 Cara Jualan Online di Shopee Agar Produknya Laris Manis

Selanjutnya masukan 6 digit angka unik ini ke kolom "Kode Verifikasi" (yang ada pada foto sebelumnya di atas). Biar lebih jelas, silahkan lihat penampakan kolomnya dibawah ini.

10 Cara Jualan Online di Shopee Agar Produknya Laris Manis

Setelah itu klik tombol "Daftar". Maka nanti akan terbuka laman baru seperti foto dibawah ini.

10 Cara Jualan Online di Shopee Agar Produknya Laris Manis

Perhatikan baik-baik foto di atas. Dibagian ini Anda harus memasukan User Name Anda. Contohnya pada foto diatas saya membuat User Name Bang_Izal_Toys untuk akun Shopee saya. Terserah Anda mau membuat User Name apa saja untuk akun Shopee Anda, yang penting nama itu unik dan mudah di ingat orang.

Nah pada kolom bagian dibawahnya itu Anda harus memasukan Password akun Shopee Anda. Buatlah password yang unik dan terdiri dari perpaduan angka, huruf besar dan huruf kecil, serta karakter unik lainnya. Setelah semuanya selesai Anda isi, selanjutnya klik tombol "Daftar". Nanti akan muncul laman pop up seperti foto dibawah ini.

10 Cara Jualan Online di Shopee Agar Produknya Laris Manis

Selamat! Akun Shopee Anda sudah aktif. Kini Anda sudah bisa login menggunakan User Name dan Password yang telah Anda buat diatas tadi. 😉

2. Buka dan Atur Toko Shopee.


Setelah berhasil membuat akun Shopee dan menyelesaikan verifikasi, langkah selanjutnya yaitu membuka toko Shopee Anda. Jika menggunakan browser desktop (komputer/PC), maka Anda dapat memilih menu "Jual" yang posisinya berada di sisi kiri atas layar komputer. Dan apabila menggunakan aplikasi, maka Anda dapat memilih tab "Saya", kemudian klik "Mulai Jual" yang berada di sisi kiri atas smartphone Anda.

Jika sudah selesai, maka Anda akan masuk ke dalam fitur Shopee Seller Center sebagai pusat kendali akun penjualan Shopee. Fitur Shopee Seller Center ini juga dapat digunakan untuk mengelola sebuah toko yang telah dibuka di Shopee.

Dalam pengaturan toko ini Anda dapat mengisi profile toko, seperti nama toko, deskripsi toko, logo toko, dan lain sebagainya. Pastikan semuanya telah lengkap terisi, kemudian klik "Simpan" untuk menuju ke langkah selanjutnya.

3. Atur Alamat Toko dan Jasa Pengiriman.


Alamat toko sangat diperlukan jika ingin membuka toko di Shopee. Pasalnya, alamat ini nanti akan digunakan sebagai tracking barang, dan juga sebagai elemen penghitungan ongkos kirim. Pilihlah menu "Alamat Saya" untuk mengisi alamat toko secara lengkap, dan alamat juga bisa ditambahkan menggunakan menu "Tambah Alamat". Setelah Anda selesai mengisi semuanya dengan rinci, selanjutnya klik tombol "Simpan".

Jasa pengiriman juga wajib di isi untuk memberikan pilihan kepada pelanggan Anda. Lebih banyak jasa pengiriman yang dimiliki, maka akan semakin banyak pilihan ekspedisi pengiriman bagi para pelanggan. Kunjungi menu "Jasa Kirimku" dan aturlah jasa ekspedisi apa saja yang akan Anda tampilkan di toko Shoope Anda. Berilah tanda silang pada table pilihan jasa pengiriman sampai berwana hijau, jika sudah selesai, selanjutnya klik "Simpan".

Artikel Menarik Lainnya : Tips Jualan Online di Instagram Supaya Produk Anda Laris Manis

4. Atur Rekening Bank.


Cara jualan online di Shopee selanjutnya adalah: Anda perlu mengatur rekening bank. Rekening bank ini tentu saja akan berguna untuk proses aktivitas pembayaran/transaksi ditoko Shopee Anda. Seperti untuk menerima uang penjualan dari pelanggan. Untuk mengaturnya, pilih menu "Kartu/Rekening Bank". Selanjutnya, Anda akan diminta memasukkan Password akun Shopee. Buatlah password yang rumit dan terdiri dari kombinasi huruf dan angka, agar supaya toko Shopee Anda jadi lebih aman.

Pelanggan biasanya lebih menyukai toko Shopee yang punya beragam pilihan rekening bank. Anda bisa memilih lebih dari satu rekening bank, caranya yaitu dengan memilih opsi "Tambah Rekening Bank". Selanjutnya, Anda dapat mengisi formulir yang tersedia dengan lengkap. Jika sudah selesai mengisi semua formulir rekening bank tersebut, selanjutnya tinggal meng-klik bagian "Lanjut".

5. Unggah Produk.


Jika sudah menyelesaikan semua langkah membuat toko online Shopee Anda, bagian selanjutnya yaitu mengunggah produk. Produk tentu saja wajib diunggah. Ini bertujuan untuk memberitahukan pelanggan seperti apa jenis dan spesifikasi produk yang akan Anda jual.

Pilihlah foto produk terbaik, dan tampilannya harus sama dengan bentuk aslinya, dan ini penting. Foto terbaik ini bertujuan agar menarik perhatian pembeli. Dan gambar yang sama bertujuan agar pembeli tidak merasa ditipu ketika barang sudah mereka terima. Karena bentuk produk yang diterima sama persis dengan gambar/foto yang terpampang di toko Shoope Anda.

Kenapa hal ini penting?


Sebab ada sebagian pedagang yang tidak jujur menampilkan produknya, sehingga akibatnya malah membuat pembelinya merasa kecewa (setelah produk mereka terima). Hal ini sangat tidak baik untuk jangka panjang, karena membuat mereka jadi kesulitan untuk mendapatkan pelanggan setia.

Anda dapat mengunggah foto produknya satu-satu agar lebih teliti. Namun, tentu saja cara tersebut cukup merepotkan. Salah satu cara yang cepat untuk mengunggah foto produk yaitu dengan menggunakan fitur "Mass Upload". Fitur tersebut dapat membantu penjual untuk mengunggah foto dalam jumlah banyak dalam satu waktu.

6. Masukkan Rincian Produk.


Setelah berhasil mengungah produk yang akan dijual, langkah selanjutnya adalah memasukkan rincian produk. Rincian produk ini berguna untuk memberitahu pelanggan mengenai deskripsi dari produk yang Anda jual. Usahakan untuk mengisinya dengan singkat, padat, dan jelas, agar dapat dipahami dengan baik oleh calon pembeli/pelanggan.

Misalnya, jika Anda berjualan sepatu, maka cara jualan online di Shopee yang perlu dilakukan yaitu dengan menulis rincian produk sepatu tersebut. Tulislah ukuran sepatu, bahan sepatu beserta solnya, dan warna apa saja yang tersedia. Semakin rinci deskripsi sebuah produk, maka akan semakin memudahkan calon pembeli/pelanggan untuk melakukan pembelian.

7. Promosikan Produk Anda.


Setelah Anda menyelesaikan semua langkah diatas (mulai dari membuat akun Shopee sampai memasukkan rincian produk), maka langkah penting selanjutnya adalah mempromosikan produk Anda.

Cara jualan online di Shopee ini sulit sukses dengan baik, jika Anda tidak mempromosikan produk yang Anda jual. Pasalnya, promosi ini sangat dibutuhkan agar calon pembeli dan pelanggan mengenali toko dan produk yang Anda jual. Selain itu promosi produk juga penting guna menaikkan angka penjualan.

Promosi di Shopee tentu dapat dilakukan dengan cara memasang iklan banner, yaitu pada tiap halaman yang diakses oleh calon pembeli/pelanggan. Shopee memberikan kesempatan kepada setiap penjual untuk dapat melakukan promosi 5 produk sekaligus dalam jangka waktu 4 jam sekali. Hal ini tentu dapat menguntungkan penjual, bukan? Oleh karena itu, pergunakanlah fitur promosi Shopee ini dengan sebaik-baiknya.

8. Toko Anda Telah Siap Untuk Berjualan.


Jika semua langkah diatas sudah dilakukan, maka pastikan kembali semuanya telah terisi dengan sempurna. Jangan sampai ada terlewati 1 langkah pun, karena hal itu dapat merugikan akun Shopee Anda, dan juga akan dapat mempengaruhi tingkat penjualan.

Jika Anda sudah memastikan semuanya terisi, maka langkah selanjutnya adalah mengklik "Simpan dan Tampilkan".

Setelah itu, Anda dapat mengevaluasi apa saja yang sudah dilakukan, dan apa saja yang belum dengan cara mengoreksi setiap detail akun toko Shopee Anda.

Jika ingin menambahkan foto produk, maka Anda dapat mengulangi lagi langkah-langkah memasukkan foto produk (seperti sebelumnya diatas), sehingga akhirnya semua produk berhasil ditampilkan di akun Shopee Anda. Kini akun toko Shopee Anda sudah siap untuk berjualan, produk-produknya sudah dapat ditemukan di pencarian, dan telah bisa di lihat sepenuhnya oleh para calon pembeli.

9. Aktifkan Fitur Gratis Ongkir.


Cara jualan online di Shopee agar laris yang dapat ditempuh yaitu dengan mengaktifkan fitur gratis ongkir. Fitur gratis ongkir tentu menjadi idaman para pelanggan, karena dapat mengurangi anggaran ongkos kirim, bahkan gratis ongkos kirim. Hal ini tentu sangat menguntungkan pelanggan, terutama bagi pelanggan yang berlokasi jauh dari penjual, sehingga ongkos kirimnya jadi mahal.

Dengan mengaktifkan fitur gratis ongkir, penjual pun juga akan diuntungkan dengan banyaknya pelanggan yang memilih untuk membeli di tokonya.

Fitur ini juga biasanya hanya dapat digunakan oleh pelanggan yang melakukan batas minimum pembelian. Misal ongkir gratis hanya dapat diperoleh jika pelanggan membeli barang yang harganya senilai 100.000 rupiah keatas.

Jadi pembelian minimal harus senilai seratus ribu rupiah. Oleh karena itu, penjual juga dapat keuntungan lain karena omset penjualan akan mengalami kenaikan dengana danya fitur tersebut.

Artikel Menarik Lainnya : Bagaimana Cara Jualan Online di Facebook? Berikut ini Panduan dan Informasi Lengkapnya

10. Ikutilah Program Khusus dari Shopee.


Jualan di Shopee tentu tidak-lah semudah membalikkan telapak tangan, karena persaingan diantara penjual sangat ketat disana. Oleh karena itu hendaknya Anda mengikuti program khusus yang dianjurkan oleh Shopee. Jadi agar produk Anda laris terjual di Shopee, maka dapat diraih dengan cara mengikuti program khusus dari Shopee, Flash Sale. Flash Sale merupakan suatu program yang menampilkan produk termurah dan dapat dibeli dengan jangka waktu yang singkat.

Program Flash sale dapat menguntungkan bagi penjual dan pelanggan. Bagi pelanggan tentunya dapat memperoleh produk yang berkualitas dengan harga yang murah. Sedangkan untuk penjual, Flash sale dapat mengejar omset keuntungan dan menjaring pelanggan baru. Dengan banyaknya transaksi penjualan, maka toko Anda berpeluang besar mendapatkan predikat Star Seller.

Itulah 10 cara jualan online di Shopee yang dapat dipraktikkan, agar produk Anda laris manis.

Lakukanlah semua tahapan diatas satu per satu, rinci dan teliti, jangan sampai ada bagian yang terlewati satu langkah pun. Jika hal tersebut sampai terjadi, maka tentunya akan mempengaruhi omset penjualan, dan status toko Anda di e-commerce Shopee tersebut.

Sampai bertemu lagi di artikel menarik selanjutnya, dan salam sukses selalu untuk Anda. ☺

Post a Comment for " Cara Jualan Online di Shopee Dan Tips Agar Laris Manis"