Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Info Bisnis Yang Prospeknya Bagus Beserta Jenis-Jenisnya

Faktanya, tujuan dasar berbisnis adalah mendatangkan keuntungan. Bisnis yang prospeknya bagus adalah bisnis yang bertujuan jelas. Ketika tujuan sudah ada, akan mudah menyusun langkah-langkah yang akan ditempuh. Mulailah dengan menentukan barang atau jasa yang akan dijual. Setelah itu, tentukan pembelinya. Pembeli dan barang ada, tentukan distribusi, packaging dan strategi promosinya. Terakhir, barang dan jasa diproduksi.

Bisnis di era digital ini memerlukan penanganan yang harus sesuai dengan perkembangan jaman.


Penggunaan internet pada hampir semua lini kehidupan telah mengubah pola konsumsi dan juga pola produksi. Perputaran barang dan jasa juga uang terjadi sangat cepat. Ini menuntut orang yang telah memutuskan berbisinis untuk berpikir cepat dan kreatif.

Keuntungan sebagai tujuan akhir bisnis ternyata memiliki serangkaian tujuan pendukung. Tujuan pendukung itu bisa berupa kelangsungan bisnis, citra perusahaan, konsumen yang setia juga nilai lebih bagi masyarakat. Ketika citra sebuah perusahaan baik dan masyarakat percaya pada produk dan pelayanannya, itu akan berbanding lurus dengan keuntungan yang didapat.

Menentukan Pilihan.


Keputusan untuk berbisnis sudah dibuat, saatnya menentukan mau berbisnis apa. Menentukan pilihan ini bisa jadi masalah besar dikarenakan bukan tidak adanya pilihan melainkan banjir pilihan. Bisnis yang prospeknya bagus adalah hasil dari pemilihan yang tepat. Pebisnis yang melakukan ini di awal bisnisnya biasanya menuai kesuksesan.

Dari banyaknya pilihan yang ada, bisa dipilih yang paling dekat dengan diri kita sebagai manusia. Apa yang menjadi kebutuhan dasar manusia di saat ini. Tentunya seiring dengan perkembangan jaman, kebutuhan dasar manusia bisa bergeser. Misalnya, kalau dulu ponsel bukanlah kebutuhan pokok, sekarang bisa dikatakan ponsel sama pentingnya dengan makanan.

Jenis-Jenis Bisnis yang Bisa Digarap.


Umumnya, orang lebih suka jika langsung diberi project. Kembali lagi, keberhasilan mencapai tujuan bisnis tergantung kepada kemampuan manajerial dan kecermatan membaca peluang.

Berikut ini adalah gambaran bisnis-bisnis yang bisa dijalankan dan memiliki prospek bagus :


1. Kuliner.


Bisnis yang satu ini akan selalu ada selama dunia berputar dan manusia masih memerlukan makanan untuk tetap hidup. Menjamurnya bisnis kuliner dan telah digarapnya semua segmentasi pasar pada bisnis ini tidak langsung membuatnya kehilangan pamor. Setiap hari muncul varian-varian kuliner baru dan anehnya tetap laku di pasar.

Mungkin bagi orang yang tidak pandai memasak pilihan bisnis ini sama saja bunuh diri. Namun, tidak perlu bisa masak untuk memulai bisnis kuliner. Suka makan saja sudah jadi alasan yang cukup untuk mulai bisnis kuliner.

Pertanyaannya, kuliner seperti apa yang disukai orang?

Tentu saja yang enak. Selain enak adalah yang harganya terjangkau.


Info Bisnis Yang Prospeknya Bagus Dan Jenis-Jenisnya
Ilustrasi: Beberapa Contoh Kuliner Yang Sangat Lezat. 

Untuk era digital seperti sekarang, enak dan murah saja tidak cukup. Bisnis kuliner juga harus menawarkan kepraktisan. Oleh karena itu, bisnis kuliner yang laku belakangan ini adalah yang mudah dibawa dan mudah didapatkan.

Melengkapi ini, layanan delivery service sangat diperlukan.

Perbanyaklah pengetahuan mengenai kuliner-kuliner dari berbagai kota di Indonesia atau bahkan dunia. Olah dengan memberikan sentuhan-sentuhan baru agar citra diri tetap tercermin pada setiap menu yang ditawarkan. Gunakan media promosi yang tepat.

2. Fashion.


Sejalan dengan kebutuhan manusia akan makanan, pakaian akan terus diperlukan. Jangan takut kehabisan ide tentang jenis pakaian apa yang cocok untuk saat ini. Faktanya, fashion itu berulang. Model baju ditahun 50-an justru kembali menjadi tren baru-baru ini. Inilah alasannya mengapa bisnis fashion masih menjadi bisnis yang prospeknya bagus.

Modal yang diperlukan untuk berbisnis fashion juga beragam. Bagi yang memiliki permodalan kuat, bisa dengan membuka butik atau fashion outlet. Namun bagi yang bermodal kecil, sistem online shop atau dropship bisa menjadi pilihan. Bahkan bagi yang lebih berani, bisa menerapkan sistem on demand. Ketika ada pesanan, barulah desain baju atau jaket dibuat.

Untuk sukses di bisnis ini, perlu diketahui sejak awal segmentasi pasarnya. Pada setiap segmentasi pasar tentu memiliki perlakuan yang berbeda. Bagi pemula, pilih satu saja segmen pasar agar lebih focus dalam menentukan jenis promosi dan produk model apa yang akan digarap. Pengetahuan akan hal ini penting karena fashion adalah bisnis yang cukup dinamis.

3. Toko Bangunan.


Yakin bisnis ini adalah bisnis yang prospeknya bagus? Ya, kenapa tidak. Selama masih ada lahan kosong untuk sebuah bangunan berdiri, bisnis ini akan terus ada. Namun, bukan berarti tanpa tantangan. Menjalankan bisnis retail seperti toko bangunan ini gampang-gampang susah. Selain modal yang besar, juga menuntut varian produk yang banyak dan lengkap.


Info Bisnis Yang Prospeknya Bagus Dan Jenis-Jenisnya
Ilustrasi Toko Material.

Tips sukses di bisnis ini adalah dengan memiliki hubungan baik dengan supplier bahan bangunan. Selain itu penetapan harga yang bersaing dengan toko bangunan lain. Di awal bisnis, hindari pembayaran skema tempo dari konsumen. Biasanya yang menetapkan skema ini adalah kontraktor. Mungkin jika nanti track record pembayaran atau proyek si kontraktor terbukti baik dan terus ada, skema tempo bisa diterapkan.

Bisnis retail seperti toko bangunan ini bisa sukses jika produk yang dijual banyak dan terjamin ketersediaannya. Layanan pengantaran dan juga pelayanan yang ramah juga menjadi kunci suksesnya usaha ini. Menariknya, peluang usaha ini masih terbuka lebar bagi pemain-pemain baru.

4. Kopi.


Emas hitam bernama kopi ini sedang naik daun. Walaupun harga kopi dunia sempat turun beberapa waktu lalu, tidak lantas membuat peluang usaha yang berkaitan dengan kopi menurun. Warung kopi masih menjadi bisnis yang prospeknya bagus. Menjamurnya warung kopi dan meningkatnya komsumsi nasional menjadi bukti semua itu.

Selain membuka warung kopi, menjalankan bisnis roasting biji kopi juga bisa digarap. Untuk sukses dibidang roasting kopi diperlukan hubungan baik dengan petani kopi dan juga jaringan kedai-kedai kopi. Jika ingin merambah ke pasar yang lebih luas lagi, pebisnis bisa mengekspor kopinya ke luar negeri. Terbukti kopi Indonesia sangat disukai pasar dunia dan membuat harga kopi Indonesia cukup bersaing.

Artikel Menarik Lainnya : Usaha Kecil Menengah Yang Sedang Trend, Plus Tips Suksesnya

5. Salon dan Barber Shop.


Bisnis ini masih asik untuk dijalankan. Bahkan varian yang bisa dikembangkan dari bisnis ini sangat banyak. Salon, bukan lagi sekedar tempat orang potong rambut. Sekarang, salon bisa dikombinasikan sebagai one stop treatment. Mulai dari potong rambut, massage, spa, nail art, juga makeup artist.

Untuk barber shop yang khusus menyasar para pria, bisa dikombinasikan dengan coffee shop.
Menghadapi era digital, salon dan barber shop punya tantangannya sendiri. Terkadang orang tidak punya waktu untuk datang dan mengantre di salon. Untuk itu sistem layanan di rumah patut di jajal. Salon yang menerapkan layanan ini akan bisa meraup keuntungan lebih besar. Ini yang membuat salon dan barber shop sebagai bisnis yang bagus prospeknya.

6. Financial Planner.


Jaman sekarang fungsi seorang financial planner bisa dibilang penting. Segmen pasar untuk bisnis ini terbuka lebar. Mengapa? Banyak orang yang masih keliru dalam mengelola keuangannya dan menyebabkannya jatuh bangkrut. Financial planner membantu orang-orang ini menentukan investasi apa yang cocok, pengelolaan keuangan apa yang bisa dilakukan, bahkan hutang macam bagaimana yang cocok dengan penghasilan.


Info Bisnis Yang Prospeknya Bagus Dan Jenis-Jenisnya
Ilustrasi Perencanaan Keuangan.

Bisnis ini bisa dijalankan sendiri atau dengan rekan yang memiliki kemampuan dan minat yang sama. Klien dari bisnis ini mulai dari perorangan sampai korporasi. Urusan nominal, bisnis ini rate-nya sangat menggiurkan. Tidak ada tolak ukur yang pasti mengenai harga seorang financial planner. Semakin mumpuni tentunya semakin mahal.

7. Penulis.


Siapa bilang tulisan tidak bisa jadi bisnis yang prospeknya bagus? Sejak jaman dulu, tulisan sudah lekat dengan kehidupan sehari-hari manusia. Menjadikan tulisan sebagai bisnis memang bukan hal yang mudah namun juga bukan hal yang sulit. Di era digital ini yang semuanya mengandalkan konten, bisnis tulisan menjadi bisnis yang menjanjikan.

Mulai dari banyaknya website yang memerlukan konten, toko buku yang memerlukan buku untuk dijual, juga perusahaan yang memerlukan tulisan untuk promosi produk mereka. Jika tidak punya keahlian menulis, membuka usaha penerbitan juga bisa dicoba. Bagaimana dengan e-book yang merajalela? Tenang, sistem print on demand bisa dicoba untuk dijalankan.

8. Toko Susu dan Popok Bayi.


Bisnis ini dikenal dengan margin yang kecil namun perlu modal besar. Namun jangan khawatir, bisnis ini sangat bagus untuk dijalankan dan pangsa pasarnya selalu ada. Untuk orang Indonesia yang menganggap susu bubuk adalah makanan pokok bayi dan anak-anak, bisnis ini selalu punya tempat.

Jika modal belum mencukupi, bisa disiasati dengan berkongsi dengan saudara atau teman. Ingat, bisnis ini menerapkan sistem beli putus, jadi bagi pemula jangan menyimpan barang terlalu banyak Lokasi dan harga menjadi kunci sukses bisnis ini. Carilah lokasi padat penduduk atau minimal dekat dengan perumahan. Harga murah adalah keharusan. Siasat untuk mendapat harga murah adalah belanja langsung ke distributor besar.

Mengapa lokasi penting? Karena bisnis ini memerlukan perputaran produk yang cepat untuk mendapatkan untuk yang cepat pula.

9. Jasa Ekspedisi.


Dengan berkembangnya bisnis e-commerce, jasa ekspedisi menjadi bisnis yang prospeknya bagus. E-commerce memerlukan pengiriman barang dan jasa ekspedisilah jawabannya. Sekarang ini banyak jasa ekspedisi baru bermunculan. Jika ingin ikut meramaikan bisnis ini, bisa dimulai dengan sistem franchise. Lokasi juga menentukan, pilih lokasi yang mudah dijangkau dan memiliki area parkir yang luas. Area parkir luas ini untuk memudahkan bongkar muat.

10. Industri Kreatif.


Bisnis ini menjadi bisnis yang prospeknya bagus. Segala hal yang berbau kreatifitas bisa diolah menjadi bisnis yang menghasilkan. Mulai dari desain produk, content creator, event organizer, daur ulang produk dan juga advertising. Pelaku bisnis ini biasanya anak muda karena merekalah yang paling banjir ide.


Info Bisnis Yang Prospeknya Bagus Dan Jenis-Jenisnya
Salah Satu Contoh Industri Kreatif: Kerajinan Dari Bahan Ban Bekas.

Era digital menuntut kehadiran bisnis kreatif ini untuk menopang keberlangsungan bisnis-bisnis yang sudah ada sebelumnya. Misalnya, bisnis retail memerlukan digital marketing yang sesuai dengan pasar saat ini. Maka dari itu, keberadaan industri kreatif sangat dibutuhkan dewasa ini.

Bisnis yang prospeknya bagus tentu diimpikan oleh banyak orang. Bisnis model ini menjadi incaran pengejar untung. Masalahnya, tidak semua orang mampu menetukan bisnis seperti apa yang prospeknya bagus. Banyak bisnis gagal di tengah jalan karena keputusan awal yang salah. Memulai bisnis adalah seperti membesarkan bayi menjadi anak kemudian merawatnya sampai tumbuh dewasa. Perlu perlakuan-perlakuan yang tepat.

Artikel Menarik Lainnya : 10 Usaha Sampingan Modal Kecil Yang Cocok Untuk Karyawan

Demikianlah artikel tentang bisnis yang prospeknya bagus, mudah-mudahan bermanfaat. Sampai bertemu lagi pada artikel selanjutnya. Salam.

Penulis by : Bang izal.
Bang izal
Bang izal Saya Seorang Praktisi Bisnis Mainan. Sangat hobi menulis dan suka berdiskusi. Saya ingin sekali saling berbagi ilmu, dan pengalaman, dengan teman-teman semua melalui blog ini.

Post a Comment for "Info Bisnis Yang Prospeknya Bagus Beserta Jenis-Jenisnya"