Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Review Water Gel Gun P226 (Pistol SIG Sauer)

Hallo Sobat.

Pada 7 kali review di artikel yang lalu, semuanya adalah dari jenis senapan. Maka kini tiba giliran untuk mereview sebuah unit Water Gel Gun (WGG) berjenis pistol. Unit ini adalah replika dari senjata aslinya yang bernama Pistol SIG Sauer P226.

Sebelum membahas replikanya, mari kita ulas tentang versi senjata aslinya terlebih dahulu.

SIG Sauer P226 adalah sebuah jenis pistol yang diproduksi oleh SIG Sauer. Model pistol ini dibuat dengan empat varian, yakni: Parabellum 9x19mm , .40 S&W , .357 SIG , atau .22 Long Rifle.

Review Water Gel Gun P226 (Pistol SIG Sauer)
Ilustrasi P226 Platinum Elite.

 P226 sendiri juga telah melahirkan sub-varian lebih lanjut, yakni; P228 dan P229. Kedua sub-varian ini adalah versi ringkas dari desain P226 double stack.

Pistol 226 ini pada dasarnya mempunyai desain yang sama dengan SIG Sauer P220. Tetapi pada pistol seri P226 ini telah dikembangkan menggunakan double stack magazines. Jadi P226 memiliki kapasitas lebih tinggi dari tipe pendahulunya (P220).

Pistol SIG Sauer P226 dan semua variannya telah banyak digunakan oleh para penegak hukum, dan juga organisasi militer di seluruh dunia.

Berikut spesifikasi dan informasi lengkap dari Pistol SIG Sauer ini.

Tipe : Pistol semi-otomatis
Tempat Asal : Jerman
Digunakan oleh : Kanada, China, Perancis, Jerman, Indonesia, dll.

Sejarah produksi.

Dirancang : 1980–1983
Pabrikan : SIG Sauer
Diproduksi : 1983 – sekarang
Varian : Parabellum 9x19mm , .40 S&W , .357 SIG , atau .22 Long Rifle

Spesifikasi.

Berat : 964 g (34,0 ons)

Panjangnya : 196 mm (7,7 in) Panjang barel : 112 mm (4,4 in) Lebar : 38,1 mm (1,50 in) Tinggi : 140 mm (5,5 in) Peluru : .40 S&W, Parabellum 9 × 19mm : .357 SIG .22 Long Rifle

Mekanisme : Terkunci secara mekanis, dioperasikan mundur (DA / SA, DAK double action kellerman), atau DAO)

Feed System : Magazine 10-, 12-, 13-, atau 15 putaran (.40 S&W, .357 SIG); Magazine 10-, 15-, 17-, 18-, atau 20-bundar (Parabellum 9x19mm); Magazine polimer 10 putaran

Sights : Iron sights

(Referensi: Wikipedia Inggris).

Demikianlah di atas ulasan singkat tentang sejarah dan spesifikasi dari senjata asli Pistol SIG Sauer P226 ini.

Kini tiba saatnya untuk kita review tentang versi replikanya, yakni unit Water Gel Gun (WGG) P226.

Unit pistol replika ini skalanya 1 : 1. Jadi ukurannya sama besar seperti senjata aslinya.

Lihat penampakannya pada foto dibawah ini.


Review Water Gel Gun P226 (Pistol SIG Sauer)


Unit Gel Blaster P226 ini mekanismenya menggunakan dinamo (elektrik). Karena sistem elektrik, tentu membutuhkan sumber daya. Nah sumber dayanya berasal dari baterai lithium dan bisa di charger ulang.

Oh iya, pada foto diatas tidak tampak baterai dan alat chargernya (perhatikan bagian yang kosong). Penyebabnya karena baterainya sedang di cas. 😊 Kebetulan saya juga berencana untuk membuat video yang akan di upload ke Youtube (setelah menulis artikel ini). Sehingga baterainya perlu di cas dulu. Tapi nanti pada foto berikutnya dibawah akan saya tampilkan baterai dan cargernya.

Unit Menarik Lainnya : Review Unit Gel Blaster MP7 Bing Feng  

Back to topic.

Seperti yang telah saya singgung sebelumnya diatas, bahwa skala unit replika pistol P226 ini 1 : 1 dengan senjata aslinya. Panjang unit pistol ini 19 cm, sedangkan tingginya 14 cm.

Lihat penampakannya jika sedang dalam genggaman tangan (pada foto dibawah ini).


Review Water Gel Gun P226 (Pistol SIG Sauer)


Perhatikan baik-baik foto diatas. Bagaimana tampilan fisik unitnya menurut Anda? Keren banget bukan? 😊

Unit Pistol SIG Sauer ini akan terasa lebih keren lagi jika Anda sendiri yang langsung menggengamnya.

Apa sebab?

Karena pistol replika ini bobotnya cukup berat. Kuat dugaan saya, bahwa di dalam unit pistol WGG P226 ini ada semacam batangan besi. Itulah yang menyebabkan bobotnya menjadi berat. Untuk bahan dasarnya sendiri, secara keseluruhan unit pistol Gel Blaster ini terbuat dari bahan ABS padat dan tebal.

Unit ini bisa ditembakan per 1 X tembakan 1 X peluru (one shot), dan bisa juga ditembakan secara otomatis alias keluar banyak peluru (auto shot).

Untuk pengaturan mode tembakannya, ada di bagian belakang pistol. Coba Anda lihat tuas yang berwarna biru (dibagian belakang pistol pada foto diatas), nah itulah dia alat untuk mengatur mode tembakannya. Untuk memilih mode tembakan, maka Anda tinggal menggeser tuas biru itu ke arah atas, atau bawah.

Sesuai dengan namanya (Water Gel Gun), unit pistol ini menggunakan peluru berbentuk gel ukuran 7 milimeter. Dan pistol ini mampu melesatkan peluru gel tersebut hingga jarak 20 meter.

Amankah unit Pistol Gel Blaster ini digunakan oleh anak-anak?

Jawabannya: Ya! Unit WGG atau Gel Blaster ini relatif jauh lebih aman dimainkan oleh anak-anak dibandingkan dengan unit 'sepupunya' Airsoft gun. Penyebabnya karena peluru Water Gel Gun ini akan langsung mencair ketika terkena sasaran, sehingga tidak berbahaya jika terkena tembakannya.

Namun walaupun begitu, tetap diwajibkan untuk memakai kacamata pelindung mata (Goggle) ketika sedang main perang-perangan unit WGG ini. Sebab ketika peluru Gel Blaster ini terkena mata, akan dapat mengakibatkan efek perih dan memar ringan. Kebetulan pada kemasan (box) unit pistol P226 ini sudah termasuk (include) sebuah kacamata pengaman, sehingga Anda tinggal menggunakannya saja.

Unit Menarik Lainnya : Review Unit Water Gel Gun (WGG) M4 PDW

Sebagai penutup review, maka dibawah ini akan saya lampirkan spesifikasi dan kelengkapan dari unit WGG/Gel Blaster P 226 ini. 

Cekidot!

Gel Blaster Pistol SIG SAUER P226

Spesifikasi:

- Hopper Fed
- Compact Size
- Jarak tembak kira-kira jarak 20 m
- Menggunakan Amunisi Gel 7 - 8 mm
- Rechargeable 7.4v Baterai Lithium

Include:

- 1 Buah Kacamata Pengaman.
- 3000 putaran amunisi (400 putaran terhidrasi dan sudah siap untuk digunakan)
- Ammo Bottle
- 7.4v baterai + charger USB

Untuk lebih jelas apa saja isi jeroannya, silahkan lihat foto dibawah ini. Pada foto kali ini sudah ada penampakan baterai dan cargernya.


Review Water Gel Gun P226 (Pistol SIG Sauer)


Berapakah harga untuk 1 unit Pistol WGG P226 ini?

Biasanya unit handgun gel ini dijual orang seharga 450.000 hingga 550.000 rupiah. Anda bisa mencari produk ini di marketplace seperti Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak.

Sampai jumpa lagi pada review unit Water Gel Gun atau Airsoft yang tidak kalah menarik lainnya.

Salam.

By : Bang izal.
Bang izal
Bang izal Saya Seorang Praktisi Bisnis Mainan. Sangat hobi menulis dan suka berdiskusi. Saya ingin sekali saling berbagi ilmu, dan pengalaman, dengan teman-teman semua melalui blog ini.

Post a Comment for "Review Water Gel Gun P226 (Pistol SIG Sauer)"