Postingan Unggulan

Rincian Lengkap Modal Usaha Laundry Untuk Yang Baru Memulai

Rincian Modal Usaha Kopi Keliling (Lengkap Dengan Kiat Suksesnya)

Rincian modal usaha kopi keliling perlu untuk Anda ketahui, karena dapat menjadi alternatif peluang bisnis untuk Anda. Ditengah makin sulitnya lapangan pekerjaan pada saat ini, sementara tuntutan kebutuhan hidup semakin meningkat, maka usaha kopi keliling ini layak untuk Anda pilih. Itung-itung daripada menganggur dan tidak ada pemasukan sama sekali, iya kan?

Ada satu hal yang harus di ingat; walau mungkin usaha kopi keliling ini terlihat seperti profesi yang remeh temeh, tapi jika ditekuni, hasilnya cukup lumayan lho! 


Terlebih jika Anda sudah memiliki pelanggan tetap yang sering menikmati seduhan kopi buatan Anda.

Selama beberapa tahun belakangan ini penikmat kopi di Indonesia kabarnya semakin bertambah. Tentu saja kabar itu semakin membuka peluang untuk usaha kopi keliling ini. Apalagi berbagai macam varian kopi kini sudah banyak tersedia dipasaran. Dengan banyaknya pilihan tersebut, pastinya akan semakin memanjakan konsumen. Selera konsumen akan segelas kopi yang nikmat, serta kaya cita rasa tinggi akan lebih dapat terpenuhi.

Sejarah Singkat Kopi.

Berkembangnya kopi sebagai minuman yang lezat untuk dikonsumsi, berawal dari Ethopia pada abad ke-9. Dari benua Afrika itu, kemudian perjalanan kopi berlanjut hingga abad ke-15 di negara Turki. Pada masa inilah kopi semakin dikenal orang. Namanya jadi tersohor hingga ke berbagai penjuru dunia, mulai dari benua Eropa hingga Asia.

Jenis Olahan Minuman Kopi.

Jika dahulu kebanyakan orang dewasa saja yang mengkonsumsi kopi, namun saat ini semua kalangan sudah dapat menikmatinya. Dengan sentuhan inovasi cita rasa yang menarik, menjadikan pengolahan kopi semakin beragam, dengan sensasi rasa yang tidak kalah lezatnya.

Sebelum kita membahas tentang rincian modal usaha kopi keliling, maka sangat disarankan untuk mengetahui jenis olahan kopi yang paling banyak diminati orang.

Berikut diantaranya:

1. Cappucino.

Olahan minuman ini banyak ditemukan di berbagai kedai kopi. Campuran antara espresso dan susu, memberikan sensasi lembut pada saat meminumnya. Ciri khas Cappucino adalah terdapat buih susu di atas permukaan kopi, sehingga menambah kenikmatan pada saat diminum. Minuman ini cocok untuk orang-orang yang ingin mencicipi cita rasa seimbang antara kopi dan susu.

2. Americano.

Minuman berjenis Americano dapat disajikan dalam kurun waktu yang sangat singkat. Bahan utama untuk membuat minuman ini hanyalah campuran espresso dengan air panas saja. Namun konsistensi kekentalan dan kepekatan pada Americano termasuk dalam kategori sedang, sehingga dapat disajikan dalam keadaan dingin. Minuman ini mempunyai sebutan shot karena proses pembuatannya cepat.

3. Espresso.

Penikmat kopi pasti sudah tidak asing dengan olahan minuman yang satu ini. Espresso merupakan hasil dari gilingan biji kopi hingga menjadi serbuk, lalu dilakukan penyeduhan langsung dengan air bersuhu panas sangat tinggi. Hal inilah yang menjadikan Espresso mempunyai konsistensi kekentalan yang sangat tinggi dan lebih cocok disajikan dengan kondisi panas.

4. Latte.

Komposisi pada kopi yang diolah menjadi Latte mempunyai kemiripan dengan Cappucino, yaitu Espresso dan Susu. Namun yang membedakan adalah kandungan susu pada Latte lebih dominan dibandingkan dengan kopi. Perbandingan antara susu dan Espresso mencapai 3:1. Minuman ini sangat cocok untuk siapapun yang ingin menikmati segelas kopi dengan dominasi rasa susu.

5. Mocca.

Minuman kopi yang diolah menjadi Mocca mempunyai persamaan bahan baku utama seperti Cappucino dan Latte. Untuk memberikan kesan yang berbeda saat meminumnya, menambahkan cita rasa cokelat menjadi ciri khas dari Mocca. Jenis cokelat yang digunakan pun beragam, mulai dari berbentuk bubuk hingga sirup dapat dijadikan bahan pembuatan Mocca yang nikmat.

Beberapa Alasan Yang Membuat Usaha Kopi Keliling Cukup Menjanjikan.

Usaha minuman kopi saat ini semakin bertambah jumlahnya dari waktu ke waktu. Gaya hidup masyarakat Indonesia yang sering menghabiskan waktu di kedai kopi, menjadikan pebisnis menginvestasikan dananya untuk menggarap usaha ini.

Tentu untuk kedai kopi ini akan membutuhkan modal yang cukup lumayan, terutama untuk bayar sewa tempat dan biaya operasional lainnya. Namun jika Anda tidak memiliki banyak modal, maka jangan khawatir. Karena ada alternatif cara lain yang dapat Anda pilih, yaitu membuka usaha kopi keliling.

Usaha kopi keliling ini juga punya beberapa sisi kelebihan lho, berikut diantaranya:

1. Fleksibilitas Tempat.

Namanya juga usaha kopi keliling, maka tentu saja tidak membutuhkan tempat yang tetap seperti kedai atau toko. Anda bisa berkeliling menjajakan produk kopi Anda dengan menggunakan motor yang telah dimodifikasi sedemikian rupa. Atau bisa juga dengan cara menggunakan mobil. Tentu saja mobilnya juga sudah dirancang sedemikian rupa, sehingga telah berubah menjadi sebuah 'kedai kopi berjalan'.

Lihat Contoh Ilustrasi Food Truck alias 'Kedai Berjalan" pada foto dibawah ini.

Rincian Modal Usaha Kopi Keliling (Lengkap Dengan Tips Dan Kiat Sukses)

Nah, Anda bisa meng-adaptasi model food truck seperti diatas untuk usaha kopi keliling Anda. Jika Anda belum mempunyai mobil, maka Anda bisa menggunakan motor Anda terlebih dahulu untuk menjajakan produk kopi Anda. Dalam hal ini tentu saja model motornya sudah dimodifikasi untuk berjualan.

Dengan menerapkan sistem dagang keliling, tentu membuat Anda jadi lebih mudah untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Cara ini akan membuka kesempatan bagi Anda untuk memperoleh calon konsumen dan pelanggan lebih banyak.

Selain itu, sistem dagang keliling ini dapat lebih memperkenalkan usaha kopi Anda kepada publik. Kesempatan seperti ini tidak akan bisa diperoleh jika Anda menjalankan bisnis kopi disebuah kedai yang menetap.

2. Varian Menu Kopi.

Meskipun metode penjualannya dengan cara keliling, namun hal itu jangan sampai menghalangi Anda untuk menyajikan varian menu kopi yang lezat. Menerapkan varian menu kopi merupakan bagian dari rincian modal usaha kopi keliling yang wajib untuk Anda lakukan. Hal ini sangat berguna untuk memperlancar proses penjualan kopi keliling Anda kedepannya.

Apa sebab?

Karena ini terkait dengan kepuasan pelanggan.

Jika pilihan rasa (varian) kopi Anda lengkap, maka pelanggan akan selalu tetap setia berbelanja minuman kopi kepada Anda. Mulai dari kopi yang diolah secara manual, hingga memanfaatkan kopi instan dari pabrik, semuanya harus lengkap Anda sediakan.

3. Bisnis Unik.

Meskipun terlihat cukup mudah, namun pada kenyataannya bisnis ini belum banyak yang menggelutinya di Indonesia. Hal ini menjadi kesempatan bagi Anda untuk tidak menyia-nyiakan peluang ini, sebab kompetitor dalam bidang usaha ini masih sangat sedikit. Penjualan kopi secara keliling juga dapat memberikan variasi pilihan menu dan kemudahan kepada para penikmat kopi. Jadi mereka tidak perlu harus repot jauh-jauh mengunjungi sebuah kedai kopi.

4. Peralatan Sederhana.

Peralatan yang dibutuhkan untuk memulai bisnis kopi keliling juga tidak terlalu banyak, dengan harga tiap peralatannya yang terjangkau. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa usaha kopi keliling patut untuk dicoba, terlebih lagi usaha ini tidak membutuhkan ruang yang besar. Peralatan untuk mengolah kopi ini juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan, sehingga dapat menyesuaikan keuangan Anda sebagai seorang pebisnis yang baru merintis usaha.

5. Budget Terjangkau.

Seringkali calon pebisnis mengurungkan niatnya untuk memulai suatu usaha mandiri karena faktor keterbatasan modal. Nah, usaha kopi keliling ini dapat Anda jadikan sebagai solusi alternatif untuk membuka usaha. Karena usaha kopi ini tidak membutuhkan budget modal yang besar.

Seperti yang telah sempat saya singgung sebelumnya diatas, bahkan, jika Anda belum memiliki mobil untuk kendaraan operasional berjualan kopi keliling ini, maka Anda dapat menggunakan motor Anda. Tentu motor tersebut harus sedikit dimodifikasi, dan biaya untuk modifikasi ini tidaklah besar. Saya yakin biayanya pasti dapat terjangkau oleh Anda.

Jadi usaha kopi keliling ini bisa dijalani dengan modal materi yang kecil. Modal terbesar yang harus Anda miliki adalah keuletan, tekad dan kerja keras. Sehingga usaha kopi keliling Anda dapat dijalankan dengan sukses.

Rincian Modal Usaha.


Sebelum memulai usaha ini, hal utama yang harus dilakukan adalah melakukan rincian modal usaha kopi keliling dengan baik. Memperhitungkan berbagai hal detail yang dibutuhkan untuk memulai usaha kopi keliling, menjadikan Anda dapat memperhitungkan dengan baik pengeluaran yang dibutuhkan, dan mampu mengetahui keuntungan dari setiap gelas kopi yang disuguhkan kepada konsumen.

1. Coffee Grinder.

Ketika menjalankan bisnis kopi Anda, dan agar dapat mempertahankan cita rasa alaminya, maka coffee grinder wajib untuk Anda miliki. Coffee grinder merupakan alat khusus yang digunakan untuk menggiling biji kopi utuh menjadi bentuk serbuk. Untuk penjualan kopi keliling dapat menggunakan Coffee grinder yang penggilingannya secara manual. Harga sebuah Coffe grinder berkisar antara Rp. 200 ribu hingga 600 ribu rupiah.

2. Alat Seduh.

Segelas kopi tidak akan pernah bisa dinikmati konsumen sebelum dilakukan proses penyeduhan. Ya iya donk, masa mau makan serbuk kopinya doank hehe. (Kidding). 😃

Berbagai macam alat seduh kopi saat ini telah banyak tersedia di pasaran. Alat seduh ini tersedia dengan harga yang bervariasi, mulai dari Rp. 100 ribu ke atas. Anda tinggal pilih alat seduh kopi yang sesuai dengan budget Anda.

Jika Anda punya budget yang lebih, maka tidak ada salahnya untuk membeli alat seduh khusus. Menggunakan alat seduh khusus dapat mempengaruhi cita rasa kopinya. Sehingga rasanya jadi lebih lezat tanpa meninggalkan ampas di bawah permukaan gelas.

3. Bahan Baku Utama.

Menggunakan biji kopi pilihan menjadi bahan baku utama yang wajib disediakan kepada para konsumen Anda nantinya. Untuk perkilonya, harga minimal biji kopi sekitar Rp.100 ribu. Untuk menambah variasi rasa dari menu kopi yang disajikan, Anda bisa menambahkan menu kopi instan yang mempunyai variasi rasa unik.

Jangan lupa untuk menyediakan susu segar dan sirup gula, yang tentu dapat menambah kelezatan kopinya. Keseluruhan untuk bahan baku ini membutuhkan modal sekitar Rp.200 ribu.

4. Peralatan Tambahan.

Persiapkan juga peralatan tambahan untuk meracik segelas kopi. Misalnya saja seperti gelas plastik, sendok, dan tissue. Gunakan peralatan yang tampilannya terlihat menarik dan bersih. Penggunaan blender juga dapat digunakan, terutama jika Anda ingin menyajikan menu kopi dengan olahan ice blended yang dingin dan segar. Totalnya membutuhkan modal sekitar Rp.100 ribu.

5. Gerobak.

Karena penjualan kopi ini dilakukan secara berkeliling, maka tentu dibutuhkan kendaraan khusus untuk menjajakannya. Berbagai macam pilihan kendaraan dapat digunakan sebagai media penjualan usaha kopi keliling ini. Mulai dari menggunakan sepeda motor hingga mobil. Untuk bagian ini sudah saya ulas cukup lengkap sebelumnya diatas.

Nah, yang jadi pertanyaan; bagaimana jika mobil tidak punya, motor pun tak ada? 

Bagaimana solusinya?

Jika seperti itu keadaannya, maka solusinya adalah dengan menggunakan gerobak untuk menjajakan produk kopi keliling Anda.

Tentu saja gerobak ini juga harus dimodifikasi dan dirancang sedemikian rupa, sehingga cocok digunakan untuk berjualan kopi keliling.

Memodifikasi gerobak ini tidak membutuhkan biaya yang besar, saya yakin pasti bisa terjangkau oleh Anda. Jika Anda sudah ada sepeda motor, maka dengan biaya sekitar Rp. 1 juta, motor itu sudah bisa dimodifikasi untuk berjualan. Sementara jika Anda tidak punya motor, maka alternatifnya Anda bisa membuat sebuah gerobak. Untuk membuat gerobak dorong ini diperkirakan biayanya sekitar Rp. 2 juta hingga Rp. 5 jutaan. (besaran biaya tergantung ukuran gerobaknya).

Tujuan penggunaan gerobak dorong ini untuk menaruh semua perlengkapan penjualan kopi keliling Anda (yang tentunya akan dibutuhkan selama berjualan).

Artikel Menarik Lainnya : Resep Jajanan 1000an Untuk Jualan (Bisa Dicoba Di Rumah)

Dengan memahami rincian modal usaha kopi keliling ini, insya Allah akan mampu memberikan gambaran kepada Anda tentang peluang keuntungan yang dapat diperoleh saat memulai bisnis ini.


Meskipun bisnis kopi keliling ini dapat dijalani dengan modal yang minim, namun tidak menutup kemungkinan bagi Anda untuk bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal. Terutama jika Anda telah memiliki pelanggan setia, sehingga produk kopi yang Anda jajakan selalu laris manis setiap harinya.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda semuanya.

Sukses selalu untuk Anda. Salam.


Penulis by : Bang izal.

0 Response to "Rincian Modal Usaha Kopi Keliling (Lengkap Dengan Kiat Suksesnya)"

Post a Comment

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel