Berapa Modal Usaha Aksesoris Hp? Yuk Simak Informasi Lengkapnya!

Faktor penting untuk diketahui saat akan memulai bisnis adalah tentang perhitungan modal. Karena ketika Anda mendirikan sebuah bisnis, tentu membutuhkan perincian modal yang sesuai dengan usaha yang akan digeluti.

Salah satu bisnis yang prospeknya menjanjikan adalah membuka usaha aksesoris HP. Nah, yang menjadi pertanyaan; Berapakah modal untuk buka usaha aksesoris HP? Dan apa saja tips untuk memulainya? Jawabannya akan di uraikan secara lengkap dibawah ini.

Berapa Modal Usaha Aksesoris HP? Yuk Simak Informasi Lengkapnya!
Ilustrasi Toko Aksesoris HP.

Besaran Modal Usaha Aksesoris HP.

Mungkin ada diantara pemula yang bertanya-tanya, yaitu tentang berapa besaran modal yang diperlukan untuk buka toko aksesoris HP. Nah, berikut ini rincian modal usaha aksesoris HP tersebut, diantaranya :

1. Sewa Tempat.

Salah satu bagian penting dan paling utama dalam berbisnis yaitu tempat usaha (toko/ruko). Bagi Anda yang tidak memiliki toko sendiri, maka Anda bisa menyewa sebuah toko atau ruko. Tentu soal tempat usaha ini harus Anda sesuaikan dengan budget modal yang Anda miliki.

Jika Anda bermodal kuat, maka bisa menyewa sebuah ruko. Namun jika modal Anda tergolong pas-pasan, maka cukup menyewa toko atau sebuah kios saja. Untuk besaran biaya sewa toko, maka biasanya bervariasi, tergantung dengan letak dan besar toko tersebut. Semakin strategis lokasi dan makin besar toko tersebut, maka harga sewanya juga akan semakin tinggi.

Jika lokasinya terletak di kota besar maka harga sewanya bisa mencapai puluhan juta. Contohnya seperti di wilayah Jakarta. Jika terletak di pinggir jalan strategis, maka sebuah toko diameter 3 x 5 meter harga sewanya bisa 25 jutaan per tahun. Jika bangunannya berbentuk ruko, maka harga sewanya bisa cetak 35 hingga 40 jutaan pertahun.

Namun walau harga sewa toko/ruko di Jakarta terbilang mahal, tapi akan sebanding dengan income yang akan Anda dapatkan. Sebab yang namanya kota Jakarta tentu saja ramai. Selain itu gaya hidup sebagian besar masyarakat Jakarta terkenal tinggi dan modern. Sehingga potensi calon pembeli yang akan berbelanja ke toko aksesoris HP Anda juga ikut tinggi.

Nah, jika kebetulan Anda memiliki rumah atau sebidang tanah yang berlokasi di pinggir jalan raya strategis, maka Anda sungguh beruntung sekali. Karena Anda tidak perlu lagi mengucurkan modal yang besar untuk menyewa toko/ruko. Sebab Anda bisa membangun toko milik sendiri di rumah atau tanah Anda tersebut.

2. Rak Aksesoris.

 

Berapa Modal Usaha Aksesoris Hp? Yuk Simak Informasi Lengkapnya!
Ilustrasi Rak Aksesoris HP.
 
Jika Anda sudah menemukan toko/ruko yang cocok, maka bagian penting selanjutnya adalah menyiapkan peralatan penunjang usaha. Salah satu peralatan penting itu adalah rak aksesoris dan harus ada di dalam toko Anda. Fungsi rak ini sendiri adalah untuk men-display produk aksesoris HP Anda, agar lebih mudah terlihat oleh konsumen.

Harga rak aksesoris HP ini tentunya beragam. Biasanya harga rak ini tergantung bahan dan ukurannya. Semakin bagus bahan dan semakin besar ukurannya, maka akan semakin mahal pula harganya.

Sedangkan untuk wire mesh dengan bingkai lebar sekitar 90cm harganya mulai dari Rp 270.000,00 hingga Rp 350.000,00.

Rak wire mesh bingkai dengan lebar kurang lebih 150cm harganya berkisar antara Rp 350.000,- hingga Rp 515.000,-.

Tentunya harga ini juga dipengaruhi oleh merek rak tersebut. Harga diatas hanya perkiraan saja. Yaitu estimasi harga dari merek yang paling murah sampai merek yang bagus.

3. Kursi.

Toko aksesoris HP Anda tentu saja harus menyediakan kursi untuk tempat duduk para pembeli dan pelanggan.

'Kan nggak mungkin para pelanggan Anda di suruh berdiri saja toh? Tega amat. 😃😂

Pilihlah kursi yang bahannya tahan lama dan harganya cukup terjangkau. Biarlah harganya sedikit mahal, namun kualitasnya bagus. Jika kursi yang Anda beli itu tahan lama, maka akan mengurangi beban biaya pengeluaran untuk membeli kursi baru di waktu berikutnya. Hal ini (pembelian kursi baru) bisa saja sering terjadi akibat Anda membeli kursi murah namun terlalu cepat rusak).

Ada 2 jenis kursi plastik yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan budget Anda. Yaitu model kursi plastik tanpa sandaran, dan kursi plastik dengan sandaran.

Untuk kursi plastik tanpa sandaran bisa didapatkan dengan kisaran harga sekitar Rp 40.000,- (per kursi).

Kursi jenis tanpa sandaran ini cukup banyak digunakan oleh pedagang aksesoris HP. Karena kursi ini memiliki daya tahan lama dan harganya masih terjangkau. Selain itu kursi ini juga tidak memakan banyak tempat.

Sedangkan untuk kursi plastik dengan sandaran bisa didapatkan dengan harga berkisar sekitar Rp 50.000,- (per kursi). Model kursi ini akan memberikan kenyamanan kepada pelanggan Anda. Karena mereka bisa berbelanja di toko aksesoris HP Anda sambil bersantai (karena bisa bersandar di kursi tersebut).

Berapakah idealnya jumlah kursi yang akan di sediakan di toko aksesoris HP Anda?

Tentu jawabannya tergantung dengan seberapa besar ukuran toko Anda. Jika toko anda berbentuk ruko yang besar, maka minimal membutuhkan 7 buah kursi. 1 kursi untuk Anda pakai sendiri, sisa 6 kursinya untuk tempat duduk pembeli/pelanggan Anda. Nanti ke-6 (enam) kursi itu akan dijejerkan didepan ruko aksesoris HP Anda.

Untuk 7 kursi model sandaran ini, maka Anda harus mengucurkan modal sejumlah: Rp 50.000 x 7 kursi = Rp. 350.000,-

Sedangkan jika toko aksesoris Anda hanya berupa toko biasa seluas 3 x 5 meter, maka cukup beli 4 kursi saja. 1 kursi untuk Anda pakai, dan 3 sisanya untuk tempat duduk pembeli/pelanggan Anda.
Jumlah modal yang mesti Anda keluarkan adalah: Rp. 40.000 x 4 = Rp. 160.000,-

4. Etalase Kaca.

 

Berapa Modal Usaha Aksesoris Hp? Yuk Simak Informasi Lengkapnya!
Ilustrasi Etalase Kaca.
Selain kursi dan rak, maka etalase merupakan bagian penting lainnya yang harus disediakan di toko aksesoris HP Anda. Karena dari etalase kaca inilah para pembeli/pelanggan dapat melihat produk Anda. Dan akhirnya memilih dan membeli aksesoris HP yang paling mereka sukai.

Etalase kaca tersedia dengan berbagai ukuran dan harga yang bervariasi. Harga etalase kaca ini juga tergantung dari bahan yang digunakan. Ada etalase kaca yang 'bingkainya' terbuat dari kayu, dan ada juga yang terbuat dari bahan alumunium. Untuk mendapatkan etalase kaca yang berkualitas (baik dari segi rancangan maupun bahannya), maka Anda harus memesan etalase kepada orang yang ahli membuatnya. Harga pembuatannya mulai dari Rp 1.500.000,- hingga Rp 3.000.000,- .

Harganya bisa lebih tinggi dari yang saya tulis diatas, yaitu jika etalase yang Anda pesan itu ukurannya besar dengan kualitas bahan yang terpilih. Tentu soal ini tergantung dengan budget modal Anda. Seperti yang saya katakan sebelumnya diatas, bahwa jika modal Anda kuat, maka tidak ada salahnya untuk menyewa ruko, dan tentu otomatis juga memerlukan etalase berukuran besar. Namun jika modal Anda terbatas (pas-pasan), maka cukup membuat etalase yang sederhana saja.

5. Siapkan Produk Aksesoris HP Yang Akan Dijual.

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan produk aksesoris HP yang akan Anda jual. Semakin lengkap variasi produk yang Anda sediakan, maka akan semakin mengundang minat pembeli untuk berbelanja ke toko aksesoris HP Anda.

Siapkan modal awal sekitar Rp 10 juta untuk membeli berbagai aksesoris HP. Mulai dari earphone, softcase, hardcase, gantungan hp, dan aksesoris yang lainnya. Jika Anda memiliki modal lebih besar dari nilai tersebut (diatas 10 juta), maka tentu jauh lebih baik. Karena otomatis stok produk yang tersedia menjadi lebih lengkap dan banyak pilihannya.

Untuk mendapatkan harga grosir yang jauh lebih murah, maka Anda bisa membeli produk HP ini via online. Yaitu melalui aplikasi belanja (marketplace) yang bisa Anda downlaod di play store.

Jika Anda membeli produk dalam jumlah banyak, maka biasanya akan mendapatkan diskon khusus. Selain itu, kini sudah tidak menjadi rahasia lagi bahwa persaingan di pasar online sangat ketat sekali, sehingga di antara pedagang yang ada di marketplace tersebut saling berlomba memberikan harga jual termurah (perang harga).

Dan persaingan keras ini terjadi pada semua produk yang dijual secara eceran maupun grosir. Nah, ditengah kondisi perang harga ini tentu saja yang diuntungkan adalah konsumen, termasuk Anda yang akan membeli aksesoris HP secara grosir di marketplace tersebut.

Oh iya, ada satu poin lagi yang tidak kalah penting, yaitu; Pastikan Anda membeli di toko online dengan nilai ulasan yang bagus, baik dari segi layanan maupun kualitas produknya.

6. Meja Kerja.

Nah, selain etalase, tentu Anda juga membutuhkan sebuah meja kerja.

Meja kerja ini akan berfungsi untuk meletakkan berbagai perlengkapan Anda disana. Jika menggunakan komputer (PC), laptop, atau dokumen lainnya, maka Anda bisa meletakkannya di atas meja tersebut.

Pilihlah meja yang memiliki kualitas baik (kuat dan anti rayap). Untuk harga meja ini bervariasi, tergantung dari bahan dasar meja tersebut. Makin bagus kualitas bahannya, maka harga meja itu akan semakin mahal. Untuk meja kayu kualitas standar (cukup baik), bisa Anda dapatkan dengan harga 1.000.000an rupiah. Sedangkan meja kayu dengan kualitas bagus harganya bisa 1.500.000an rupiah.

Estimasi Total Modal.

Kini tiba saatnya untuk kita buat jumlah total dan rincian modal yang harus dikeluarkan.

Berikut perhitungannya.

Jika di asumsikan Anda akan membuka usaha aksesoris HP di toko biasa, maka estimasi totalnya sbb:

Biaya sewa toko per tahun = Rp. 25.000.000,- (diameter 3 x 5 meter, lokasi di kawasan kota yang ramai).
Beli rak aksesoris, kita pilih merek yang paling murah saja = Rp. 270.000,- 
Beli kursi tanpa sandaran, 4 buah = Rp. 160.000,- 
Beli etalase kaca, kita pilih harga yang paling murah saja = Rp. 1.500.000,-
Beli stok aksesoris HP, kita asumsikan modal paling minim = Rp. 10.000.000,-
Beli meja kayu dengan kualitas cukup baik = Rp. 1.000.000,-

Totalnya: Rp. 25.000.000 + Rp. 270.000 + Rp. 160.000 + Rp. 1.500.000 + Rp. 10.000.000 + Rp. 1.000.000 = Rp. 37.930.000,-

Dan jika di asumsikan Anda memiliki modal yang kuat, sehingga mampu menyewa ruko, peralatan berkualitas, dan stok produk aksesoris HP yang lengkap, maka estimasi totalnya sbb:

Biaya sewa ruko per tahun = Rp. 40.000.000,- (berlokasi di kawasan kota yang ramai).
Biaya beli rak aksesoris, kita pilih merek yang paling bagus = Rp. 515.000,- 
Beli kursi model sandaran, 7 buah = Rp. 350.000,- 
Beli etalase kaca, kita pilih yang paling bagus = Rp. 3.000.000,-
Beli stok untuk aksesoris HP, kita asumsikan modal Anda kuat sehingga mampu beli stok senilai = Rp. 30.000.000,-
Beli meja kayu dengan kualitas bagus = Rp. 1.500.000,-

Totalnya: Rp. 40.000.000 + Rp. 515.000 + Rp. 350.000 + Rp. 3.000.000 + Rp. 30.000.000 + Rp. 1.500.000 = Rp. 75.365.000,-

Tips Memulai Bisnis Aksesoris HP.

Setelah mengetahui estimasi besaran modal, maka bagian penting selanjutnya adalah tentang tips yang paling tepat untuk memulai usaha aksesoris HP ini. Berikut beberapa tips tersebut:

1. Melakukan Survey Lokasi dan Pasar.

Salah satu tips penting saat memulai bisnis aksesoris HP adalah melakukan survey lokasi dan pasar.

Saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan survey lokasi.

Survey lokasi adalah mengamati dan mengukur tingkat persaingan di area tersebut.

Survey lokasi ini sangat penting dilakukan, agar Anda dapat mengetahui tingkat persaingan usaha ini dilokasi yang Anda targetkan untuk dipilih.

Misalnya seperti saya (penulis), sedang menargetkan untuk mencari tempat (toko) di daerah Condet. Maka tentunya harus saya survey terlebih dahulu seberapa ketat persaingan produk aksesoris HP di daerah tersebut. Jika setelah saya amati ternyata belum terlalu banyak orang yang membuka usaha sejenis dilokasi tersebut, maka akan saya putuskan untuk menyewa toko di daerah Condet itu.

Namun jika ternyata persaingannya sudah sangat ketat, dan pedagang aksesoris HP sudah sangat sesak sekali di area tersebut, maka saya akan mencari lokasi yang lainnya.

Sedangkan yang dimaksud dengan survey pasar adalah; agar kita jadi tahu kira-kira jenis dan model aksesoris HP apa yang sedang booming. Meskipun untuk aksesoris HP modelnya (biasanya) hanya itu-itu saja, namun tidak ada salahnya jika kita berusaha untuk mencari dan menampilkan model yang berbeda, agar dapat menarik konsumen.

2. Jangan Mematok Harga Terlalu Tinggi.

Sebagai orang yang baru memulai usaha dan sudah mengeluarkan modal yang cukup banyak, mungkin ada timbul keinginan cepat-cepat balik modal. Sehingga akhirnya menjual produk aksesoris HP tersebut dengan harga yang tinggi. Saran saya, jangan pernah hal ini Anda lakukan, sebab akibatnya bisa fatal.

Ingat satu hal; yaitu pembeli di zaman sekarang ini sudah cerdas-cerdas. Mereka sudah pandai membanding-bandingkan harga dengan toko aksesoris lainnya. Bahkan ada sebagian dari mereka yang membandingkan harga yang ada ditoko online. Pastinya Anda sudah tahu bahwa ditoko online harganya sudah 'gila-gila'. Perang harga yang terjadi di sana sudah diluar kewajaran. Nah, jika Anda malah menjual harga yang tinggi di toko aksesoris HP Anda, maka itu sama saja dengan tindakan bunuh diri.

Jadi cara yang paling tepat adalah; Anda harus mampu beradaptasi dengan dinamika persaingan bisnis yang terjadi belakangan ini. Gunakanlah prinsip "biarlah untung tipis, tapi perputaran penjualan dan omset berjalan lancar".

3. Pilihlah Lokasi Yang Strategis.

Selain strategi bisnis yang tepat, maka pemilihan lokasi strategis juga berpengaruh besar terhadap keberhasilan bisnis Anda. Dengan memilih lokasi strategis, akan membuat usaha Anda berkembang lebih cepat dan mudah.

Pilihlah lokasi di pusat keramaian dan banyak anak mudanya. Contohnya seperti area mall, sekolah, kampus, dan lokasi strategis lainnya. Semakin banyak orang berlalu lalang di lokasi tersebut, maka akan makin besar peluang calon pembeli mampir ke toko aksesoris HP Anda.

Target market terbesar dari produk aksesoris HP ini adalah kalangan anak muda seperti mahasiswa dan anak sekolah. Biasanya mereka ini sangat menyukai segala hal yang dapat mempercantik tampilan HP/Smartphone mereka. Itulah sebabnya saya menyarankan untuk mencari lokasi toko di area yang banyak anak mudanya, diantaranya seperti mahasiswa dan anak sekolah ini.

Membuka toko Aksesoris HP di dekat kampus dan sekolah merupakan salah satu strategi yang paling tepat. Karena akan meningkatkan peluang jumlah konsumen yang berbelanja ke toko Anda, sehingga membuat bisnis Anda lebih cepat maju.

Itulah diatas ulasan dan jawaban lengkap atas pertanyaan: "Berapa modal usaha aksesoris HP? Dan apa saja tips yang tepat untuk memulainya?

Akhirnya semua pertanyaan itu telah terjawab dengan tuntas. 😉

Jadi kunci keberhasilan sebuah bisnis adalah pada strategi dan pemasaran yang tepat. Teruslah belajar dari buku, internet, atau pebisnis yang sudah berpengalaman di bidang tersebut. Dan bersabarlah dalam merintis usaha, sebab tidak ada sukses yang diraih dalam sekejap. Semuanya pasti butuh perjuangan dan pengorbanan terlebih dahulu, hingga akhirnya keberhasilan itu benar-benar Anda dapatkan.

Semangat! 💪😊
Sampai bertemu lagi di artikel menarik selanjutnya. Salam.

Penulis by : Bang izal.

0 Response to "Berapa Modal Usaha Aksesoris Hp? Yuk Simak Informasi Lengkapnya!"

Post a Comment

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel