Peluang Usaha Rental Mobil dan Tips Memulainya

Usaha rental mobil masih dibutuhkan oleh masyarakat. Terlebih belakangan ini harga tiket pesawat sangat mahal, sehingga banyak yang kembali memakai mobil. Selain itu, kota-kota di Indonesia telah banyak yang sudah terhubung dengan tol. Ini membuat usaha rental mobil kembali menggeliat karena alasan efisien dan ekonomis.

Namun, bagaimana dengan peluang jangka panjangnya?

Yuk simak uraian berikut ini.

Peluang Usaha Rental Mobil Masih Terbuka Lebar

Peluang Usaha Rental Mobil dan Tips Memulainya
Ilustrasi
Jika melihat dari tren traveling saat ini, usaha rental mobil masih potensial untuk dijalankan ke depannya. Di tahun 2018 saja, jumlah penumpang moda transportasi darat, laut dan udara cenderung meningkat. Ini menunjukkan bahwa masyarakat masih menganggap traveling sebagai kebutuhan.

Seiring dengan naiknya harga tiket pesawat dan sudah adanya tol, roadtrip sangat diminati.

Alasan di atas cukup untuk meyakinkan calon pengusaha rental mobil untuk segera memulai.

Kecenderungan untuk orang memilih traveling ala roadtrip akan terus meningkat. Apalagi tol-tol yang ada sekarang menawarkan pemandangan yang indah. Belum lagi tol yang lancar tanpa hambatan membuat roadtrip semakin menyenangkan. Inilah mengapa usaha rental mobil peluangnya masih besar.

Tips Memulai Usaha

Pertanyaan besarnya adalah apakah sulit membuka rental mobil itu? Jawabannya tidak sesulit itu. Calon pengusaha hanya perlu mengetahui apa saja persiapan yang harus dilakukan sebelum terjun ke dunia usaha ini. Di bawah ini ulasan yang bisa membantu:
  1. Siapkan Modal yang Kuat

Ketika peluang itu masih ada, siapkan modal untuk menjemput peluang itu. Jika modal cukup, calon pengusaha bisa membeli unit mobil baru. Namun, jika modal tidak banyak, gunakan mobil yang ada atau berkongsilah dengan kerabat atau teman. Bersepakatlah untuk membeli mobil yang sering dipilih orang untuk berwisata bersama.

Biasanya, mobil yang digemari orang-orang adalah mobil jenis MPV. Mobil ini digemari karena kapasitasnya yang banyak. Cocok untuk keluarga atau bepergian dengan teman. Sebisa mungkin, usahakan untuk tidak berhutang ketika memulai usaha.

Namun jika terpaksa berhutang, kalkulasikan dengan baik kemampuan bayar yang dimiliki saat ini. Proyeksikan pemasukan sewa dengan kewajiban yang harus dibayarkan.
  1. Terapkan Strategi Bisnis yang Tepat

Tentukan semua strategi yang diperlukan karena ini mesin perang yang sebenarnya. Pilih lokasi usaha rental mobil yang tepat. Lokasi yang strategis tentu menjadi sebuah keuntungan. Namun, jika mendapatkan lokasi strategis itu sulit, mulailah dengan menjadikan rumah sebagai lokasi bisnis. Dengan catatan, perlu ada promosi yang gencar ketika lokasi usaha di rumah.

Promosi yang gencar adalah kunci sukses. Di era digital ini, gunakan platform sosial media.

Instagram dan blog akan sangat membantu. Buatlah satu blog atau website khusus yang menerangkan keunggulan usaha rental mobil. Jelaskan mobil apa saja yang ditawarkan, tarif, rute, juga kualitas supir. Jangan menyimpan informasi sekecil apapun, biarkan konsumen mendapat semua informasi di blog atau website perusahaan.
  1. Pertimbangkan Aspek Keamanan

Usaha rental mobil termasuk usaha beresiko tinggi. Tidak jarang orang berhenti dari usaha ini karena mobilnya hilang atau digunakan untuk kejahatan. Namun, dengan perencanaan dan manajemen yang baik, aspek keamanan bisa dikelola juga. Pertama, perhatikan kelengkapan dokumen penyewa mobil. Pastikan penyewa memiliki identitas yang jelas dan pastikan administrasi terorganisir.

Selain itu, penting untuk memasang GPS guna melacak lokasi mobil yang disewa. Jika perlu, pasang juga CCTV di mobil yang disewakan. GPS adalah alat yang harus dimiliki oleh setiap pengusaha mobil. Ketika terjadi hal buruk pada mobil dan penumpangnya, GPS bisa membantu melacak lokasi kejadian. Selain itu, perhatikan pula kualitas supir. Pastikan supir adalah orang yang jujur dan memiliki gaya mengemudi yang baik.
  1. Pilih Asuransi Mobil yang Tepat

Penting bagi pengusaha rental mobil untuk mengasuransikan mobilnya. Mobil yang disewa oleh berbeda-beda orang rawan mengalami kecelakaan. Dengan memiliki asuransi untuk mobil yang disewa, kerugian akibat kecelakaan bisa diminimalisir. Pilih asuransi mobil yang terpercaya dan cepat pelayanannya. Sesuaikan premi dengan kemampuan bisnis saat ini. Umumnya, orang memilih asuransi all risk untuk kendaraannya.

Info Menarik Lainnya : Rincian Modal Usaha Bengkel Motor (Komplet)
  1. Bangun Jaringan untuk Melebarkan Bisnis

Bagi sebagian orang membangun jaringan sangat sulit. Apalagi untuk orang dengan kemampuan komunikasi yang kurang baik. Jika ingin usaha rental mobil sukses, membangun jaringan sangat penting. Perbanyaklah berkenalan dengan pemain yang sama di bisnis ini. Dengan begitu, bisa saling bertukar pesanan ketika diperlukan.

Mengikuti seminar bisnis adalah langkah awal yang baik dalam membangun jaringan. Dari sini, berusahalah untuk berkenalan dengan pengusaha-pengusaha yang lain. Selain itu, menjadi bagian dari komunitas juga bisa membantu dalam membangun jaringan. Jangan malu untuk menimba ilmu kepada pengusaha rental mobil yang senior. Pelajari cara mereka sukses mengembangkan bisnisnya.
  1. Lengkapi dengan Paket Tour Wisata

Usaha rental mobil akan jadi lebih menarik jika dilengkapi dengan paket tour. Bagi pelancong pemula, menyewa mobil plus tour adalah pilihan yang sering diambil. Buatlah rute tour yang efisien dan menarik. Serta, sediakan supir yang komunikatif, ramah dan informatif untuk menemani tamu selama perjalanan. Usahakan paket wisata yang ditawarkan menarik.

Peluang Usaha Rental Mobil dan Tips Memulainya
Ilustrasi.
Tawarkan harga paket yang menarik dan di awal jangan memasang tarif tour terlalu mahal. Berikan harga promo jika perlu. Namun, tetap kalkulasikan dengan tepat pemberian promo tersebut. Jangan sampai harga promo malah membuat bisnis jadi rugi. Sebelum mulai menyusun paket tour, ada baiknya lakukan survey model tour seperti apa yang sedang diminati orang.
  1. Jangan Lupakan Perawatan Mobil

Mobil adalah komponen utama bisnis ini. Karena itu penting untuk menjaga performanya tetap baik. Mengingat jam terbang mobil yang tinggi, jangan sampai melupakan perawatan. Lakukan pengecekan rutin terhadap kualitas rem, penggantian oli, balancing dan perawatan lainnya. Dengan melakukan pengecekan rutin, kualitas mobil tetap prima dan terjamin keamanan berkendaranya.
  1. Kontrol Pengembangan Bisnis

Kita asumsikan bisnis sudah sukses. Jangan terus berpuas diri karena setiap bisnis ada titik jenuhnya. Ketika bisnis sudah sukses, pertimbangkan untuk berkembang. Setelah sukses menggarap pasar perorangan, cobalah merambah ke industri. Tawarkan jasa rental ke perusahaan-perusahaan.

Biasanya, perusahaan memerlukan mobil rental untuk operasional dan juga alokasi mobil pimpinan.

Buat company profile yang menampilkan milestone perusahaan. Selain itu, maksimalkan penggunaan website atau blog.

Ketika perusahaan sudah mulai besar, informasi tentang bisnis rental tadi di dunia maya harus mudah dicari dan selalu update. Untuk mensiasati kebutuhan armada, dapatkan dulu kontrak kerjasamanya, baru setelah itu bisa menyiapkan armada sesuai dengan yang tertuang di kontrak.
  1. Perlunya Konsistensi agar Bisnis Tetap Sustain (Berkelanjutan)

Usaha rental mobil menuntut konsistensi. Disiplin dan pertahankan sistem yang dibangun di awal. Jangan mudah teralihkan dengan pesaing yang lebih sukses, sewa yang tiba-tiba menurun, harga bensin naik dan lain sebagainya. Jadikan setiap rintangan sebagai cambuk untuk berinovasi lebih. Kerja keras membangun relasi dan memberikan pelayanan yang terbaik memang berat.

Konsisten dalam mengevaluasi bisnis yang telah berjalan sangat diperlukan. Periksa kembali apakah semua prosedur sudah dijalankan. Apakah kualitas telah dipertahankan dan kapan saat yang tepat meningkatkan kualitas pelayanan. Bagaimana cara mempertahankan pelanggan dan lain sebagainya. Dengan konsistensi, bisnis ini akan terus bersinar.

Kesimpulannya, usaha rental mobil masih sangat layak dijalankan. Peluang usaha ini masih bagus karena tren orang bepergian dengan jalan darat meningkat. Dengan permodalan dan manajemen yang baik, usaha ini memiliki masa depan cerah dan menjanjikan.

Info Menarik Lainnya : Berapa Modal Awal Usaha Sparepart Motor? Yuk Kita Bahas Hingga Tuntas!

Semoga info ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.

Salam.

0 Response to "Peluang Usaha Rental Mobil dan Tips Memulainya"

Post a Comment

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel