Postingan Unggulan

Rincian Lengkap Modal Usaha Laundry Untuk Yang Baru Memulai

Rincian Modal Usaha Bengkel Motor (Komplet)

Bengkel motor seringkali jadi penyelamat pengendara pada saat keadaan darurat. Terutama saat kendaraan roda dua itu mati mendadak ditengah perjalanan. Jadi sebenarnya usaha yang satu ini bisa bermanfaat bagi banyak orang. (Intermezzo). 😊

Bengkel motor juga termasuk jenis usaha yang tidak ada matinya. Prospeknya akan selalu bagus sepanjang masa. Hal ini disebabkan karena jumlah pengguna sepeda motor terus meningkat dari tahun ke tahun. Tentunya mereka itu akan menjadi pangsa pasar yang potensial. Karena mereka pasti akan membutuhkan jasa servis untuk merawat motor kesayangan mereka.

Yup! Semua yang saya utarakan diatas sesuai dengan realita dilapangan. Siapa sih saat ini yang tak punya motor? Hampir semua orang telah memilikinya. Pada lingkungan tertentu (menengah atas), dalam satu keluarga bisa memiliki 2-3 buah sepeda motor. Bahkan ada yang masing-masing anggota keluarga memiliki motor. Itu belum termasuk jumlah motor yang dimiliki oleh kerabatnya yang lain.

Artinya apa? Ya sudah jelas seperti yang saya nyatakan diatas. Bahwa prospek bengkel motor ini tidak ada matinya, karena penggunanya pasti terus bertambah seiring waktu.

Tips Memulai Usaha Bengkel Motor.


Sebelum membuat rincian modal usaha bengkel motor ini, maka ada beberapa tahapan penting yang harus diperhatikan terlebih dahulu.

Tahapan itu antara lain:


1. Memilih Lokasi Usaha.


Pemilihan lokasi usaha hendaknya dilakukan secara cermat. Anda harus mampu mengamati dan menilai lokasi usaha yang sedang Anda incar. Perhatikan baik-baik, apakah calon lokasi bengkel Anda itu ramai dilalui oleh kendaraan bermotor? Apakah jalanan di depan lokasi usaha itu selalu ramai dilewati oleh kendaraan? Atau hanya ramai diwaktu-waktu tertentu saja?

Hal-hal seperti diatas itulah yang harus Anda amati dengan cermat. Dan waktu pengamatan ini tidak bisa dilakukan hanya dalam 1-2 hari. Anda harus mengamati setidaknya dalam waktu seminggu, bahkan kalau perlu sampai sebulan.

Mungkin Anda akan bertanya: "Kenapa memilih lokasi usaha harus sedemikian cermat?"

Jawabannya: Karena lokasi usaha termasuk salah satu faktor vital yang akan mempengaruhi kesuksesan usaha bengkel motor Anda. Makin ramai lokasi tersebut, maka akan semakin besar pula kemungkinan pengendara motor yang akan singgah ke bengkel Anda.

Beberapa contoh lokasi strategis dan selalu ramai pengendara, diantaranya adalah area dekat perkantoran, kampus, sekolah, dan perumahan.

2. Mengamati Persaingan.


Karena prospek usaha bengkel motor ini sangat bagus, maka konsekuensi logisnya adalah; tingkat persaingannya juga tinggi. Artinya usaha bengkel motor ini sudah cukup banyak berdiri, terutama dikawasan perkotaan. Oleh karena itu, (sebisa mungkin) jangan mendirikan bengkel di lokasi yang sudah banyak kompetitornya. Apalagi jika para kompetitor itu sudah lama berdiri, dan memiliki reputasi baik dilokasi tersebut. Berat persaingannya ini mah. 

Jadi bagaimana solusinya?

Beralihlah ke lokasi lain jika memang sudah banyak kompetitor alias pesaing di daerah tersebut. Saya rekomendasikan agar mencari lokasi bengkel dikawasan pinggiran yang sedang giat membangun. Kalau wilayah Jakarta, maka contoh kawasan pinggirannya adalah daerah Bekasi, Tangerang, dan Depok.
Rincian Modal Usaha Bengkel Motor
Bengkel Adhitama, salah satu bengkel motor yang memiliki banyak pelanggan di daerah Bekasi. 

Daerah pinggiran seperti diatas jumlah kompetitornya tidak terlalu berat seperti di Jakarta. Disana jumlah bengkel belum terlalu banyak, di sisi lain, kawasan pinggiran itu kini semakin ramai dan terus berkembang. Sehingga sangat berpotensi sekali untuk membuka usaha bengkel motor disana.   

3. Memilih Teknisi Handal.


Ketika seseorang memutuskan untuk kembali mengunjungi sebuah bengkel motor (jadi pelanggan), maka faktor utamanya adalah karena kepercayaan. Artinya, seseorang tidak akan ragu untuk men-servis kendaraannya pada sebuah bengkel, bila melihat para teknisi di dalamnya sudah profesional.

Hal inilah yang harus jadi perhatian utama, terutama bagi pengusaha bengkel pemula. Bangunlah kepercayaan para pelanggan dengan sebaik mungkin, yaitu dengan cara memberikan servis yang maksimal. Pasti mereka akan kembali lagi ke bengkel Anda untuk men-service motornya. Bahkan bisa menjadi pelanggan tetap jika mereka selalu puas dengan layanan Anda. 

Oleh karena itu, carilah teknisi yang handal dan memiliki jam terbang tinggi untuk bekerja dibengkel motor Anda. Tidak masalah jika standar gaji mereka sedikit lebih tinggi, tapi bisa sepadan hasil kerjanya dengan kepuasan para pelanggan Anda.

4. Manajemen Bengkel Yang Baik.


Setiap usaha yang dikelola dengan baik, maka pasti akan baik pula hasilnya. Begitu pula dengan usaha bengkel motor ini. Periksa secara rutin semua faktor penunjang yang dapat meningkatkan mutu layanan usaha bengkel motor Anda.

Misalnya memeriksa kebersihan bengkel, penataan alat-alat, memberikan kenyamanan kepada para pelanggan (saat mereka sedang menunggu motornya diservice), dan mengatur manajemen/administrasi yang baik. Semua ini tentu membutuhkan orang-orang handal di dalamnya. Oleh karena itu, hendaknya Anda selalu ketat dalam menyeleksi dan mengawasi semua karyawan Anda.

5. Promosi.


Mempromosikan sebuah usaha bengkel motor? Mengapa tidak? Meski memang hal ini cukup jarang dilakukan. Promosi bisa dilakukan dimana saja dan dengan metode apa saja. Misalnya promosi dari mulut ke mulut, melalui brosur, dan bisa juga melalui media sosial. Cara ini cukup ampuh untuk menarik perhatian pelanggan, terutama mereka yang berdomisili disekitar usaha bengkel Anda.

Selain promo, Anda bisa juga menarik perhatian pelanggan dengan cara memberikan diskon tertentu kepada mereka. Misalnya memberikan kupon servis. Jadi jika kupon itu terkumpul sampai 5 buah, maka pelanggan mendapatkan gratis 1 kali servis.

6. Pelayanan Harus Memuaskan.


Para karyawan, maupun Anda sebagai pemilik bengkel harus selalu berusaha menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan. Selalu utamakan kepuasan pelanggan. Dan jangan sampai ada pelanggan yang merasa tersinggung dengan sikap karyawan Anda (misal kurang ramah). Ini akibatnya bisa sangat fatal, karena dapat membuat pelanggan Anda berpindah ke bengkel lain.

Jenis Usaha Bengkel Motor.


Usaha bengkel motor dapat dibedakan dalam 3 tipe. Setiap tipe mempunyai kelebihan masing-masing. Anda bebas memilih membuka tipe bengkel motor yang paling sesuai dengan minat Anda.

Tipe bengkel yang akan dipilih hendaknya mempertimbangkan besaran modal yang Anda miliki. Jangan terlalu gegabah dan memaksakan diri dalam memilih, buka saja tipe bengkel motor yang sesuai dengan kemampuan Anda.

Berikut 3 tipe bengkel motor tersebut:


Bengkel Motor Umum. Bengkel ini biasanya melayani service motor ringan dan berat. Montir pada bengkel ini mampu menangani semua jenis motor dan setiap masalah yang ada di dalamnya. Tipe bengkel ini membutuhkan modal yang besar.

Bengkel Motor Specialis Khusus. Bengkel ini biasanya khusus untuk motor dengan tipe dan jenis tertentu saja. Kalau tipe yang ini modalnya cukup besar, tapi tidak sebesar tipe bengkel yang pertama diatas.

Bengkel Motor Custom. Ini adalah usaha bengkel yang hanya melayani modifikasi motor saja. Misalnya merubah bentuk body motor, mulai dari bagian atas hingga ke roda. Nah kalau tipe ini merupakan usaha bengkel motor yang modalnya paling ringan, 

Rincian Modal Untuk Usaha Bengkel Motor.


Bengkel motor memang memiliki prospek yang bagus ke depannya. Sebab pengguna sepeda motor selalu meningkat dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui secara detail rincian modal usaha bengkel motor. Hal ini dimaksudkan agar Anda tidak salah langkah. Dan jangan sampai alokasi modal Anda mubazir, karena membeli peralatan yang tidak tepat ketika diawal memulai usaha ini.

Modal Awal.


Ketika di awal usaha, sebaiknya Anda mempersiapkan modal awal berupa dana untuk penyewaan tempat usaha. Tempat yang strategis akan memberikan peluang lebih besar bagi Anda untuk mendapatkan calon pelanggan. Lokasi yang strategis ini biasanya berada di pinggir jalan raya yang ramai.

Tentukan untuk memilih lokasi usaha yang sekiranya strategis, dan kalau bisa kompetitornya belum banyak. Karena jika sudah banyak usaha sejenis ditempat tersebut, persaingannya akan sangat berat. Sebab biasanya orang lebih memilih pergi ke bengkel lama. Karena biasanya bengkel lama telah punya pelanggan tetap dan lebih dulu dikenal di area tersebut.

Seperti yang sempat saya singgung sebelumnya diatas, bahwa lokasi yang belum terlalu ketat persaingannya adalah kawasan dipinggiran kota. Jika Anda mau buka usaha bengkel, maka carilah lokasi dipinggiran kota yang sedang berkembang pesat dan banyak pembangunan disana. Lokasi seperti ini bagaikan magnet, yang akan mampu menarik orang-orang dari kota untuk datang dan berdomisili disana. Sehingga tentu hal ini akan sangat bagus bagi bisnis bengkel Anda (untuk jangka panjang).

Kisaran harga sewa tempat dikawasan pinggiran kota adalah 20-25 jutaan per tahunnya. Jika memungkinkan dan diizinkan oleh pemilik, maka Anda bisa merenovasi tempat usaha tersebut.

Renovasi ini bisa memakan biaya sekitar 7-8 jutaan. 

Saat melakukan renovasi, Anda bisa merancang dan mengatur tata letak yang bagus. Terutama merancang tempat untuk peralatan bengkel, ruang kerja montir, serta mendesain tempat yang nyaman untuk pengunjung yang sedang menunggu kendaraannya sedang diservis.

Biaya Peralatan Bengkel.


Rincian Modal Usaha Bengkel juga harus memikirkan apa saja peralatan bengkel motor yang dibutuhkan. Sudah pasti akan banyak jenis peralatannya, dan harganya pun tidak murah. Maka dari itu, Anda harus detail sekali saat melakukan perincian pada bagian ini.  

Peralatan bengkel terbagi menjadi 2, yaitu  peralatan umum dan khusus. Nah bagian pertama yang akan dibahas adalah peralatan khusus. Lihat detailnya dibawah ini.

Peralatan Khusus:

- Gerinda Tangan   : 500,000
- Gerinda Duduk     : 200,000
- Bor Tangan           : 400,000
- Kompresor Udara : 1,500,000
Total Biaya              : 2,600,000

Peralatan Umum:

- Kunci Pas/Set         : 450,000
- Kunci Ring/Set        : 200,000
-  Kunci T/Set            :  200,000
-  Kunci Y Cabang 3  : 60,000
-  Kunci L/set : 185,000
-  Kunci Inggris 45 mm : 150,000
-  Kunci Busi Motor Bebek 3 Jenis : 100,000
-  Obeng Minus dan Plus/set : 120,000
-  Obeng Ketok : 150,000
-  Tang jepit, buaya, potong, sklip buka, sklip tutup : 200,000
-  Tang steel : 120,000
-  Palu besi dan karet : 150,000
-  Pahat : 25,000
-  Gergaji : 75,000
-  Ragum : 500,000
TOTAL : 3,485,000

Spare Part dan Pelumas.


Biaya spare part dan pelumas juga tak kalah pentingnya. Karena bagian ini adalah pendukung utama untuk sebuah bengkel motor. Ketersediaan barang-barang ini juga harus diperhatikan. Jangan sampai stoknya habis, sehingga dapat membuat pelanggan Anda jadi kecewa.

Spare part ini cukup banyak jenisnya. Diantara contohnya seperti packing karburator, knalpot, mesin, kampas, busi, panel, dan baut mesin. Total harganya satu paket  adalah 6,500,000. Sedangkan untuk cairan pelumas juga harus disediakan. Contohnya seperti, inject cleaner, minyak rem, fork oil, pembersih karburator, dan masih banyak lagi. Semua spare part ini stoknya harus selalu disediakan.

Biaya Operasional.


Biaya operasional per bulan untuk sebuah bengkel motor adalah :

- Listrik : 200,000
- Air : 100,000
- Gaji Pegawai 2 orang, @1,800,000/ orang : 3,600,000

Nah, itulah diatas semua rincian modal usaha bengkel motor yang telah saya jabarkan secara detail. Meskipun bisnis bengkel motor ini sudah menjamur dimana-mana, namun tidak ada salahnya bagi Anda mencoba semua tips diatas. 

Kunci sukses usaha bengkel motor ini adalah pada kepuasan pelanggan. Layanilah pelanggan Anda layaknya seperti Raja, maka pasti mereka akan selalu setia menggunakan jasa bengkel Anda.

Artikel Menarik Lainnya :  Rincian Modal Usaha Kopi Keliling (Lengkap Dengan Kiat Suksesnya)

Semoga artikel ini dapat bermanfaat, sampai jumpa lagi di artikel menarik selanjutnya.

Salam.

Penulis by : Bang izal. 

0 Response to "Rincian Modal Usaha Bengkel Motor (Komplet)"

Post a Comment

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel