Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Simak! Grosir Mainan Partai Besar, Prospek & Plus Minusnya

Berbisnis mainan anak masih menjadi pilihan pavorit masyarakat di Indonesia. Di berbagai kota di Indonesia, selalu dijumpai penjual mainan dalam partai besar. Itulah alasannya mengapa penjual mainan terus menjamur. Hal ini dikarenakan banyak pemain di usaha grosir mainan partai besar. Anak-anak adalah target market yang dinamis dan potensial. Oleh karena itu bisnis mainan akan selalu menjanjikan, dan selalu menarik semua orang untuk mencobanya.

Prospek Dan Keuntungan Grosir Mainan Partai Besar


Jika bisnis ini tidak menguntungkan, tidak mungkin banyak orang yang tertarik menjadi pemain besar untuk mainan anak. Ada beberapa alasan mendasar yang melatarbelakangi orang tertarik terjun ke bisnis ini. Grosir mainan partai besar terbukti juga membuka lapangan kerja bagi banyak orang.

Di bawah ini keuntungan dari bisnis ini:

Bisnis ini Memiliki Pasar yang Luas

Simak! Grosir Mainan Partai Besar, Prospek & Plus Minusnya
Contoh : Toko Hans Toys (Lokasi di Asemka)
Silahkan baca info tentang toko Hans Toys di sini: 5 Pusat Toko Grosir Mainan Hobi Di Asemka (Die Cast Metal, Hot Wheels, Drone, RC Helikopter, Action Figure)
Jumlah anak-anak yang sangat banyak dan terus bertambah adalah pasar yang sangat luas. Oleh karena itu bisnis ini tidak akan pernah sepi dari pembeli. Pasar yang luas ini senantiasa menciptakan pemintaan yang kontinyu. Mulai dari anak-anak itu bayi, para orang tua sudah membelikan mereka mainan. Berlanjut terus sampai mereka usia sekolah dasar.

Dari pasar yang luas ini, pedagang tentu leluasa menentukan mainan jenis apa yang bisa mereka jual. Malahan, hampir semua jenis mainan bisa dipasarkan karena pada dasarnya anak-anak senang dengan semua jenis mainan. Tak perduli berapa harganya, baik yang mahal maupun yang murah, pasar mainan tidak pernah sepi pembeli.

Laba Hampir 100% (Untuk Jenis Produk Mainan Tertentu)

Simak! Grosir Mainan Partai Besar, Prospek & Plus Minusnya
Contoh : Toko Starkid (Lokasi di Asemka).
Silahkan baca info tentang toko Starkid di sini: Toko Grosir Mainan Lokal Termurah di Asemka (Plus Info Tentang Produsen dan Jenis Mainannya)
Pemain besar di grosir mainan sanggup mengantongi hampir 100% laba dari mainan yang dijual. Termasuk juga mainan-mainan yang harganya murah. Katakanlah penjual kulakan sebanyak 5000 mainan seharga 1000 per pcs. Kepada pengecer, mainan itu dihargai 1.500 – 2000. Terbayang betapa banyaknya keuntungan yang bisa diraih.

Jika dilihat dari harga, memang terkesan sangat murah sehingga banyak orang ragu apakah bisnis ini menguntungkan. Namun jika dilihat dari jumlah barang yang dijual dan cepatnya perputaran barang, maka jelas bisnis ini potensial. Grosir mainan partai besar tidak pernah kekurangan pembeli, jadi tidak perlu ragu untuk ikut meramaikan bisnis ini.

Perputaran Produk Cepat

Simak! Grosir Mainan Partai Besar, Prospek & Plus Minusnya
Contoh : Toko Sinar Mutiara Toys (SMT). Lokasi di Asemka.
Silahkan baca info tentang toko SMT di sini: Toko SMT (Sinar Mutiara Toys), Grosir Mainan Lokal Terlengkap dan Paling Asyik di Asemka
Anak-anak cenderung untuk merusakkan mainan mereka. Namun begitu, orang tua akan membelikannya lagi. Apalagi mainannya berharga murah dan terjangkau. Itu sebabnya terkadang produsen tidak terlalu memperhatikan kualitas untuk mainan yang murah. Yang penting bisa dimainkan oleh anak. Kalaupun nantinya dibanting-banting dan rusak, orang tua tidak akan terlalu rugi karena harga belinya juga murah

Hal-hal seperti di atas yang menyebabkan perputaran barang di bisnis mainan sangat cepat. Jarang ada mainan mengendap lama-lama di gurang. Seorang pemilik grosir mainan partai besar melempar produknya ke segala jenis pembeli. Baik itu pembeli perorangan, agen, atau juga pengecer kecil. Dengan banyaknya jalur distribusi mainan, produk cepat berputar dan modal juga bisa cepat kembali.

Strategi Promosi Mudah

Simak! Grosir Mainan Partai Besar, Prospek & Plus Minusnya
Contoh : Toko Golfi (Lokasi di Asemka).
Silahkan baca info tentang toko Golfi di sini: Cari Mainan Mobil Aki Anak Pakai Remote yang Murah? 7 Toko Mainan di Asemka inilah Tempatnya

Ketika pebisnis lain sibuk menentukan strategi promosi untuk produknya, pemilik grosir mainan partai besar terbilang santai dalam menghadapi hal ini. Mereka tidak pernah secara terang-terangan atau melalukan promosi yang gencar, namun pembeli seolah datang dengan sendirinya. Biasanya, pembeli dalam hal ini agen atau pengecer mengetahui informasi tentang tempat grosir dari sesama pembeli.

Selain itu, yang memudahkan promosi adalah lokasi berjualan pemilik grosir mainan. Pemilik grosir mainan partai besar biasanya berkelompok di satu tempat. Sehingga, lokasi tadi menjadi terkenal sebagai pusat grosir. Hal ini tentu memudahkan calon pembeli dalam mendapatkan barang. Ketika ingin kulakan mainan atau mencari mainan dengan harga murah, pembeli tahu harus pergi kemana.

Tingkat Kerugian Rendah

Simak! Grosir Mainan Partai Besar, Prospek & Plus Minusnya
Contoh : Toko Channel Hobby (Lokasi di Asemka).
Silahkan baca info tentang toko Golfi di sini: Channel Hobby, Toko Grosir Mainan RC Helikopter (Juga Melayani Servis & Menjual Spare Part)
Menilik dari karakteristik produknya yang tidak basi dan bisa disimpan dalam waktu lama, usaha ini tergolong aman. Selain itu, perputaran produk yang cepat juga membuat modal yang dikeluarkan cepat kembali. Kerugian dari stok barang yang menumpuk bisa ditekan dengan cepatnya perputaran. Kalaupun harus menyimpan barang untuk beberapa waktu, hal ini tidak jadi soal karena barang tahan lama.

Alasan inilah yang mendasari pemain grosir mainan partai besar untuk terus mengembangkan bisnis. Ada rasa aman dalam mengelola bisnis karena tidak ada masa kadaluarsa pada produk. Untuk menghindari produk rusak ketika disimpan, bisa disiasati dengan mengatur tempat penyimpanan dengan rapi dan terorganisir.

Kelemahan Bisnis Grosir Mainan Partai Besar


Setiap usaha memiliki titik lemahnya masing-masing. Begitu juga dengan usaha grosir mainan ini. Namun begitu, kelemahan ini bukanlah penghalang yang membuat orang enggan melakukan usaha ini. Seorang pebisnis yang baik harus mampu mengatasi kelemahan dan mengubahnya menjadi kekuatan. Berikut ini kelemahan grosir mainan anak yang harus disikapi:

Model Mainan yang Cepat Berganti


Dengan cepatnya perkembangan dunia hiburan, perubahan yang terjadi pada bisnis mainan juga cepat. Biasanya, mainan anak merujuk pada karakter-karakter atau tokoh-tokoh di TV. Perubahan model mainan mengikuti perubahan di dunia hiburan ini juga. Alhasil, jika stok mainan tidak up to date dengan apa yang sedang booming di pasaran, dipastikan barang sulit laku.

Kejenuhan di sebuah pasar yang dinamis seperti anak-anak sangat mungkin terjadi. Oleh karena itu penyedia mainan partai besar harus jeli menyikapi ini. Penjual yang cuek dan tidak memperhatikan perubahan di pasar akan sulit mengejar permintaan. Alhasil, stok produk jadi sulit dilempar ke pasar yang sudah jenuh dengan model lama.

Sulitnya Mencari Produsen Lokal


Seperti sudah diketahui umum bahwa untuk bisa menjadi pemain besar dalam bisnis mainan ini, seseorang harus menjadi importir. Mainan murah biasanya diimpor dari China. Selain China, ada juga dari Jepang dan Taiwan namun jumlahnya tidak sebanyak impor dari China. Kendala yang sering terjadi pada barang impor dari China adalah tidak bersertifikat SNI.

Sedangkan, produsen lokal tidak banyak dijumpai. Bisa dibilang pasokan sangat tidak mencukupi permintaan yang ada. Terpaksa, penjual harus impor dari China. Banyak juga yang akhirnya digolongkan sebagai importir illegal karena memalsukan HS Code. Barang yang diperdagangkanpun jadi tergolong illegal kalau sudah begini. Inilah yang harus diperhatikan oleh para importir mainan.

Modal Cenderung Besar


Untuk menjadi seorang importir, modal harus kuat. Jangan lupa bahwa harga murah didapat dari pembelian dalam jumlah banyak. Untuk membeli dalam jumlah banyak ini tentu perlu modal yang kuat juga. Belum lagi biaya untuk pengiriman dari negara asal. Mau tidak mau, importir harus membeli dalam jumlah banyak dan menanggung semua biaya yang timbul.

Itulah diatas ulasan mengenai grosir mainan partai besar.

Dunia anak-anak yang dinamis hendaknya memang diisi dengan bermain. Namun, perlu ada sinergi antara beberapa pihak untuk menjamin ketersediaan mainan berkualitas dan murah untuk anak.

Pemerintah harus berperan aktif dalam mendorong industri dalam negeri untuk memproduksi mainan sendiri. Dengan begitu, angka impor mainan bisa ditekan. Lebih lagi, kasus-kasus impor mainan illegal diharapkan tidak ada lagi.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda semuanya. Sampai bertemu lagi di artikel menarik selanjutnya. Salam.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Simak! Grosir Mainan Partai Besar, Prospek & Plus Minusnya"

Berlangganan Artikel Via Email (Jangan lupa Klik re-CAPTCHA dan Cek isi Email Anda)