Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Die Cast Adalah Mainan Legend, Yuk Simak Sejarah & Mereknya

Mungkin istilah die cast tidak asing bagi penggemar mobil mainan. Tapi bagi orang awam belum tentu seperti itu. Sejatinya, die cast adalah proses melelehkan logam atau metal untuk kemudian dicetak menjadi sebuah model, bisa mainan atau juga bentuk lain. Yang sering dijumpai di pasaran adalah die cast dalam bentuk mainan.

Die cast adalah hal wajib yang harus dilakukan produsen mainan seperti Mattel, Mettoy dan juga produsen mainan dari Jepang yaitu Takara Tomy. Biasanya, mainan yang menggunakan metode die cast merupakan tiruan dari model aslinya. Contohnya seperti tiruan mobil, pesawat, kereta, sepeda motor dan juga kendaraan konstruksi. Namun, metode die cast ini juga bisa digunakan untuk mencetak bentuk apa saja.

Die cast adalah mainan legend dengan jutaan penggemar dari seluruh dunia

Yuk kita simak bareng sejarah dan awal kemunculan mainan die cast ini.

Sejarah Munculnya Mainan Die Cast


Mainan berbahan dasar die cast ternyata memiliki sejarah panjang. Kemunculan awal die cast adalah sekitar awal abad 20. Negara pelopor pembuat mainan die cast yaitu Inggris, Amerika, dan Perancis. Bisa dibilang bahwa Meccano, produsen mainan di Inggris lah yang pertama memproduksi mainan dengan metode die cast.

Awalnya, die cast dicetak menggunakan kaleng serta diwarnai dengan cara manual. Pada perkembangannya barulah besi digunakan sebagai cetakan. Untuk proses pewarnaan tidak lagi dengan manual melainkan dengan teknologi decal. Mainan die cast periode rintisan tidak memiliki kualitas yang bagus. Modelnya pun sangat basic yaitu mobil tanpa interior. 

Baru pada tahun 1947, Lesney mempopulerkan Matchbox, mainan dengan metode die cast yang sering meniru bentuk aslinya. Hingga tahun 1950, metode die cast pada mainan semakin populer sehingga terjadi peningkatan pada bentuk dan juga kualitas. Produsen Mettoy ikut meramaikan pasar dengan merek mainan Corgi. Penambahan plastik sebagai interior dan jendela oleh Mettoy dianggap pionir.

Menyusul kesuksesan Mettoy, produsen mainan asal Amerika, Mattel, meluncurkan Hot Wheels pada 1968. Mattel yang sudah sukses dengan Barbie untuk anak perempuan, menjawab permintaan pasar untuk mainan anak laki-laki. Dengan cepat Hot Wheels meraih kesuksesan berkat modelnya yang unik dan adanya roda yang rendah. Sehingga, mobil-mobil mainan keluaran Hot Wheels terlihat sebagai mobil yang bisa meluncur dengan cepat.

Kesuksesan Hot Wheels menjadikannya merek mainan paling diburu sekaligus menggeser posisi Matchbox. Seiring dengan itu, di tahun 60 an metode die cast adalah metode yang sering digunakan perusahaan dalam berpromosi. Caranya adalah dengan mencetak logo atau nama perusahaan di mainan yang nantinya dijadikan sebagai souvenir. Perusahaan besar seperti Kodak dan McDonals melakukan cara ini.

Seiring perkembangannya, Mattel akhirnya membeli Matchbox setelah mengalami kebangkrutan di tahun 80an. Setelah dibeli Mattel pada tahun 1997, Matchbox tetap dijual dengan merek Matchbox. Hot Wheels akhirnya menjadi saudara dengan Matchbox dan terus menjadi mainan yang digandrungi anak-anak dan para kolektor.

Merek Mainan Die Cast Paling Dicari Kolektor dan Anak-Anak


Kenyataannya penyuka die cast adalah anak-anak dan para kolektor. Jelas mainan ini bisa menjangkau semua segmen usia. Tidak heran kalau angka penjualan di seluruh dunia bisa mencapai jutaan setiap tahunnya. Dari sekian banyak die cast yang beredar, ada beberapa yang menjadi leader di kelasnya. Berikut ini penjelasannya:

Hot Wheels – Mattel

 

Die Cast Adalah Mainan Legend, Yuk Simak Sejarah & Mereknya


Merek ini adalah yang paling terkenal. Di Indonesia, merek ini sangat mudah ditemui bahkan sampai ke minimarket yang tersebar di Indonesia. Selain karena model dan serinya yang beragam, Hot Wheels adalah mainan die cast dengan harga terjangkau. Di toko mainan sekelas Toys Kingdom saja mainan ini dibanderol seharga 30-40 ribuan. Sedangkan yang di minimarket seharga 20-30 ribuan.

Info Menarik Lainnya : Bagi Diecaster, Hot Wheels Adalah Harta Karun! Ini Alasannya

Namun, ada juga Hot Wheels yang dihargai hingga ratusan ribu rupiah. Biasanya karena detil, ukuran, dan juga edisi special. Anak-anak menyukai merek ini karena tersedianya race track walaupun dijual terpisah, mobilnya sendiri sangat mudah diluncurkan. Sedangkan untuk para kolektor, mereka suka memburu Hot Wheels keluaran lawas.

Tomika – Jepang 

Die Cast Adalah Mainan Legend, Yuk Simak Sejarah & Mereknya


Pemain selanjutnya untuk mainan die cast adalah dari Jepang, Takara Tomy. Takara Tomy meluncurkan merek Tomika yang juga digemari para diecaster. Jika dibandingkan dengan Hot Wheels, harga Tomika sedikit lebih mahal. Ini karena untuk entry level saja, Tomika memberikan detail yang lebih rumit.

Sedangkan untuk jenis premium ada Tomika Dream yang meluncurkan mobil-mobil anime. Sedangkan seri regular diisi dengan mobil-mobil dengan merek dari Jepang seperti tiruan Honda, Suzuki dan Toyota. Untuk kolektor, Tomika juga mengeluarkan Tomica Limited Vintage.

Matchbox – Mattel

 

Die Cast Adalah Mainan Legend, Yuk Simak Sejarah & Mereknya


Saudara angkat dari Hot Wheels ini adalah salah satu dari die cast yang diburu semua kalangan. Ukuran Matchbox bisa dibilang lebih kecil jika dibandingkan dengan saudaranya. Untuk urusan harga, Matchbox juga membanderol harga yang ramah di kantong. Berbeda dengan Hot Wheels, Matchbox menonjolkan warna-warna matang yang eye-catching.

Model dari Matchbox juga beragam dan tidak melulu mobil melainkan juga kendaraan berat. Contohnya adalah truk derek, Jeep, kereta, pesawat, hingga kapal. Die cast pada Matchbox berkualitas baik dan tidak gampang lecet. Walaupun harus bersaing dengan Hot Wheels, Matchbox juga membukukan penjualan yang tinggi di seluruh dunia.

Bburago – Italia

 

Die Cast Adalah Mainan Legend, Yuk Simak Sejarah & Mereknya


Merek selanjutnya untuk mainan die cast adalah Bburago yang diproduksi oleh Italia. Sejalan dengan mobil-mobil keluaran negara itu seperti Ferrari dan Maserati, Bburago juga memproduksi tiruannya. Bburago terkenal akan detilnya yang sangat mirip dengan aslinya. Bahkan, interior dan roda Bburago menggunakan bahan yang sangat berkualitas.

Saking miripnya dengan mobil aslinya, Bburago didaulat untuk menjadi pemegang hal ekslusif dalam hal pembuatan die cast yang menggunakan model-model Ferrari. Tidak ketinggalan untuk tim F1-nya. Tidak heran jika die cast Ferarri memiliki kualitas yang super keren.

Info Menarik Lainnya : 5 Pusat Toko Grosir Mainan Hobi Di Asemka (Die Cast Metal, Hot Wheels, Drone, RC Helikopter, Action Figure)

Autoart – Hongkong

 

Die Cast Adalah Mainan Legend, Yuk Simak Sejarah & Mereknya


Di Hongkong, produsen mainan die cast adalah Autoart. Walaupun tidak menggunakan metal untuk semua body, Autoart justru menonjol dalam hal kualitas cat. Menggunakan campuran antara metal dan plastik khusus, cat dari Autoart terasa lebih lembut dan juga tidak mudah mengelupas.

Saking detilnya untuk urusan interior, harga Autoart bisa dibilang mahal untuk sebuah mainan die cast. Detil yang dimaksud tidak main-main. Bahkan sampai ke detil yang sekecil-kecilnya seperti lubang grill pun diberikan oleh Autoart.

Maisto – Italia  

 

Die Cast Adalah Mainan Legend, Yuk Simak Sejarah & Mereknya


Maisto masih satu payung dengan Bburago. Namun, harga Maisto lebih murah jika dibandingkan dengan Bburago. Kualitasnya sama bagus dan untuk die cast ukuran besar, roda pada mobil bisa dibelok-belokkan. Model dari Maisto biasanya meniru dari mobil-mobil keluaran Italia juga. Karena harganya yang terjangkau, Maisto mencetak penjualan yang cukup baik di pasaran.

Norev – Perancis

 

Die Cast Adalah Mainan Legend, Yuk Simak Sejarah & Mereknya


Dari Perancis, mainan die cast adalah juga merupakan buruan anak-anak. Norev adalah merek yang mengedepankan detil namun tetap terjangkau untuk urusan harga. Menariknya, bagian-bagian mobil mainan seperti pintu dan kap bisa dibuka. Jelas ini sebuah nilai lebih untuk sebuah mainan die cast berkualitas.

Bisa dibilang mainan die cast adalah kebutuhan wajib bagi anak-anak dan juga kolektor. Bagi mereka memiliki die cast seperti berinvestasi karena nilai jualnya bisa meroket bertahun-tahun mendatang.

Nah, apakah Anda mau ikutan mengoleksi die cast juga? 😉

Info Menarik Lainnya : Toko Gaby Toys dan Lucky Toys, 2 Pusat Grosir Mainan Import Berkualitas

Demikianlah artikel ringan tentang mainan die cast ini. Sampai jumpa lagi di artikel menarik tentang mainan lainnya. Salam.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Die Cast Adalah Mainan Legend, Yuk Simak Sejarah & Mereknya"

Berlangganan Artikel Via Email (Jangan lupa Klik re-CAPTCHA dan Cek isi Email Anda)