Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Peluang Usaha Kosmetik Berbahan Alami (Cantik Plus Sehat)

Kesadaran masyarakat akan kosmetik yang aman, alami dan sehat kini semakin tinggi. Hal ini membuka peluang usaha kosmetik berbahan alami. Yuk simak ulasan selengkapnya.

Memang faktanya tidak sedikit masyarakat yang mulai kembali ke bahan-bahan alami, termasuk dalam urusan kecantikan. Menyadari hal itu, maka kini semakin banyak pengusaha kosmetik yang meminimalisir penggunaan bahan kimia dalam kosmetiknya. Dengan begini, peluang usaha kosmetik berbahan alami semakin terbuka lebar.

Peluang usaha kosmetik dengan bahan dasar alami ini mulai banyak digeluti masyarakat Indonesia. Bahkan, beberapa pengusaha kosmetik alami sudah bisa memenangkan pasar ekspor. Padahal mereka awalnya hanya industri rumahan saja. Ini membuktikan kalau kepercayaan masyarakat pada produksi kosmetik berbahan alami semakin tinggi.

Analisa Peluang Usaha Kosmetik Berbahan Alami


Peluang Usaha Kosmetik Berbahan Alami (Cantik Plus Sehat)
Ilustrasi kosmetik alami dari bahan dasar madu.

Dengan semakin merebaknya gaya hidup sehat, maka peluang usaha kosmetik berbahan alami ini terbuka lebar. Orang-orang semakin menghindari bahan kimia yang ditengarai bisa menyebabkan banyak penyakit. Terlebih lagi bahan kimia dalam kosmetik seperti paraben, sodium lauryl sulphate, dan bahkan mercury diklaim bisa menyebabkan gangguan pada kulit jika digunakan dalam jangka panjang.

Tidak hanya wanita saja, bahkan pria juga mulai sadar akan pentingnya kosmetik berbahan dasar alami. Menurut data yang dimiliki oleh Kementrian Perindustrian, di tahun 2018 saja terjadi pertumbuhan industri kosmetik sebesar 20%. Pertumbuhan ini salah satunya didorong oleh berkembangnya industri kosmetik alami. Bahan-bahan alami ini diklaim anti oksidan karena berasal dari ekstraksi tumbuh-tumbuhan.

Usaha ini bisa dibilang memiliki masa depan yang cerah karena permintaan yang tinggi dari masyarakat. 


Saat ini, orang semakin sadar bahwa cantik bukan sekedar dari kulit putih namun kulit sehat. Banyak orang yang menyesal karena mencoba produk pemutih kulit namun malah berakhir dengan bencana. Dengan berkembangnya kosmetik alami, kesehatan masyarakat juga bisa ditingkatkan. 

Peningkatan produksi kosmetik berbahan dasar alami ini juga mampu menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat di sekitar lokasi produksi. Tentunya hal ini juga mampu mendorong meningkatkan daya beli masyarakat. Maka dari itu, jika masyarakat ingin mencoba peluang usaha kosmetik alami ini, ada jalan yang terbuka lebar untuk itu.

Info Menarik Lainnya : 10 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga, Direkomendasikan Untuk Penghasilan Tambahan

Tantangan dalam Usaha Kosmetik Berbahan Alami


Namun, ada tantangan yang harus dihadapi. Budaya masyarakat kita adalah sulit percaya pada merek baru. Mereka menganggap merek lama lebih bagus daripada merek baru, apalagi dengen embel-embel herbal atau alami. Di tengah meningkatnya gaya hidup sehat, jumlah masyarakat yang masih belum sadar akan hal ini juga besar. Memenangkan kepercayaan masyarakat jelas bukan perkara mudah.

Ada stigma di masyarakat bahwa produk kosmetik herbal home industry tidak aman, kurang steril, tidak bersih dan tidak bisa dijamin keasliannya. Mereka sering ragu dengan kualitas bahan-bahan yang digunakan dalam kosmetik alami tadi. Belum lagi keraguan mengenai kualitas SDM nya. Tentunya ini semua menjadi tantangan bagi pengusaha kosmetik berbahan dasar alami.

Strategi Memenangkan Pasar Kosmetik Alami


Di tengah gempuran kosmetik import, industri kosmetik lokal berbahan dasar alami justru meningkat. Apalagi, kini sebagian masyarakat tengah gandrung dengan kosmetik alami berlabel halal. Perlu strategi dalam menggarap peluang usaha kosmetik ini. Artikel ini akan mengulas beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk memenangkan permainan di bisnis ini.

Lakukan Riset


Riset sangat penting jika ingin serius terjun ke bisnis ini. Perbanyak pengetahuan mengenai khasiat tumbuh-tumbuhan dan bagaimana cara mengekstraksinya. Riset juga bisa dilakukan dengan cara benchmarking. Lakukan benchmark ke usaha sejenis yang sudah sukses dan terapkan ilmunya di usaha yang akan dijalankan.

Tak hanya soal komposisi ramuan kosmetik, riset juga penting dilakukan terkait masalah SDM dan manajemen. Usaha rumahan atau UKM rentan dengan masalah SDM dan manajemen. Mantapkan dulu ilmu yang didapat setelah riset, barulah usaha dapat dimulai.

Perbanyak Lini Produk


Kosmetik atau skin care punya banyak lini produk. Untuk skin care sendiri, bisa dengan lini produk anti-aging, anti-inflammation, atau juga anti radiant. Turunan dari lini produk ini bisa berupa sabun, bedak, pelembab, body lotion, lulur, shampoo, lipstic bahkan parfum. Lakukanlah percobaan terlebih dahulu untuk menentukan komposisi yang pas untuk setiap produknya.

Peluang Usaha Kosmetik Berbahan Alami (Cantik Plus Sehat)
Ilustrasi kosmetik alami dari bahan dasar herbal.

Jaga Rantai Pasokan Bahan Baku


Ketika sudah memutuskan untuk terjun ke bisnis ini, pastikan pasokan bahan baku lancar. Seperti diketahui bahwa bahan baku alami tidak mudah didapatkan apalagi dalam jumlah besar. Untuk itu, ada baiknya untuk menjalin kerjasama dengan banyak supplier bahan baku. Misalnya, bisa dengan menjalin kerja sama dengan petani buah dan sayur. Untuk rempah-rempah, bisa dengan menjalin kerjasama dengan petani rempah-rempah.

Jadi Reseller? Tidak Masalah


Di awal usaha, ada baiknya membaca dulu keadaan di pasar. Pelajari permintaan yang ada di pasar. Maka, jika modal belum banyak dan ilmu untuk memproduksi kosmetik belum cukup, maka jadilah reseller terlebih dahulu. Tidak ada salahnya menjadi reseller karena justru dengan begini, pelaku usaha bisa belajar sambil mengumpulkan modal.

Ketika memutuskan menjadi reseller, carilah produk kosmetik alami yang sudah punya nama. Hal ini penting untuk memenangkan kepercayaan masyarakat. Atau, jika memang memutuskan untuk memasarkan produk yang benar-benar baru, perbanyak informasi mengenai produk tersebut. Jika perlu, coba sendiri dulu, pastikan tidak ada efek samping. Jika terbukti aman, maka barulah pasarkan produk secara massif.

Info Menarik Lainnya : 10 Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Modal 1 Juta

Jalin Kerjasama dengan Banyak Pihak


Agar produk semakin dikenal dan dipercaya orang, menjalin kerjasama dengan institusi yang sudah dikenal orang sangat penting. Misalnya, jalin kerjasama dengan salon muslimah atau salon sejenis. Bisa juga dengan menjalin kerjasama dengan pihak-pihak yang bisa mendorong penjualan. Boleh public figure, tokoh masyarakat, atau juga perusahaan.

Maksimalkan Internet dan Media Sosial


Branding sangat penting bagi bisnis ini. Peluang usaha kosmetik yang terbuka lebar perlu ditanggapi dengan menampilkan branding yang baik. Internet dan sosial media adalah sarana yang tepat dalam hal branding dan promosi. Melalui pemaksimalan website dan akun media sosial, perusahaan bisa membangun citra dan meraih kepercayaan masyarakat.

Konsistensi dalam hal memposting hal-hal yang berhubungan dengan membangun brand sangat penting. Website perlu dimaksimalkan dengan menghadirkan semua informasi tentang kosmetik baru yang dibuat. Di website, konsumen haruslah mendapat segala informasi yang mereka butuhkan tentang produk. Jadikan website sebagai etalase untuk produk kosmetik alami ini.

The Power of Celebrity


Masyarakat kita masih sangat mempercayai pendapat public figure. Maka dari itu, carilah cara dan kesempatan agar produk kosmetik alami ini bisa di-review oleh public figure ternama. Untuk bisa sukses, carilah selebriti yang punya pengaruh kuat ke masyarakat. Selain pengaruh yang kuat, pastikan selebriti memiliki citra yang positif di masyarakat. Dengan adanya testimoni dari mereka tentang produk, maka kepercayaan masyarakat akan semakin kuat lagi.

Peluang usaha kosmetik yang terbuka lebar perlu dimanfaatkan dengan maksimal oleh pelaku usaha. Dengan adanya usaha-usaha baru di bidang ini, lapangan pekerjaan bisa terbuka. Selain itu, dengan hadirnya kosmetik alami yang diproduksi di dalam negeri, tentu akan bisa menekan angka kosmetik impor.

Info Menarik Lainnya : Peluang Usaha Peralatan dan Perabotan Rumah Tangga (Plus Strategi Menghadapi Persaingan)

Demikianlah info tentang peluang usaha kosmetik berbahan alami. Jangan lupa ini menantikan tulisan menarik selanjutnya. 

Salam.

2 comments for "Peluang Usaha Kosmetik Berbahan Alami (Cantik Plus Sehat)"

  1. Untuk izinnya bagaimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika produk kosmetiknya legal dan telah sesuai dengan aturan perundang2an yang berlaku (aman dan tidak berbahaya), maka tentu bisa di urus izin usahanya. ;-)

      Delete

Post a Comment