Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Modal Kreatifitas, Usaha Mainan Anak Dari Kayu Dulang Untung

Ada beragam jenis mainan anak. Mulai dari yang berbahan plastik, metal, bahkan kayu. Khusus untuk mainan berbahan dasar kayu, biasanya adalah mainan-mainan edukatif. Saat ini, usaha mainan anak dari kayu bisa dibilang cukup semarak. Apalagi masyarakat semakin sadar bahwa plastik berkualitas rendah juga digunakan dalam mainan. Terutama mainan-mainan dengan harga yang murah.

Mirisnya, justru mainan plastik murah itu tadilah yang banyak diburu masyarakat. Oleh karena itu, hadirnya mainan dari kayu diharapkan mampu menghadirkan mainan yang lebih aman bagi anak. Selain itu, bahan kayu jelas lebih ramah lingkungan daripada plastik. Dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai peluang dan tantangan bisnis usaha mainan anak dari kayu.

Analisa Peluang Usaha Mainan Anak dari Kayu


Jika bicara peluang usaha mainan anak dari kayu, maka bisa dibilang peluangnya masih ada. Namun, di tengah maraknya mainan berbasis digital, tentu angka penjualan mainan dari kayu tidak seperti masa kejayaannya dulu. Walaupun begitu, kita jangan sampai terlalu pesimis dulu. Karena pangsa pasar mainan di Indonesia masih sangat luas. Sepinya penjualan mainan di satu kota, belum tentu sepi juga di kota lainnya.

Berikut beberapa alasannya:

Jangkauan Pasar yang Luas


Secara persebaran, mainan kayu ini cukup merata. Di kota besar seperti Jakarta saja, ada beberapa agen mainan dari kayu ini. Area penjualan mereka tidak hanya Jakarta namun juga merambah ke kota-kota di sekitar Jakarta seperti Bogor dan Depok. Bahkan, ada yang juga mengirimkan produknya ke luar pulau Jawa. Hal ini membuktikan kalau permintaan tetap ada walaupun terjadi penurunan.

Mudah untuk Dikreasikan


Ketika terjadi penurunan permintaan, maka kreatifitas sangat diperlukan dalam menghadirkan mainan kayu model baru. Saat ini, mainan kayu yang banyak beredar di pasaran adalah dalam bentuk papan puzzle dan balok berbagai model. Harga mainan kayu ini juga beragam, mulai dari 20 ribu sampai 500 ribu rupiah untuk mainan kayu berkualitas super.

Modal Kreatifitas, Usaha Mainan Anak Dari Kayu Dulang Untung
Salah satu contoh mainan kayu yang kreatif, yaitu jenis pistol kayu peluru karet gelang.
Info Menarik Lainnya : Pistol Karet Gelang (Rubber Band Gun), Mainan Yang Unik Dan Artistik

Segmen Pasar (peminat) Masih Cukup Banyak 


Permintaan mainan kayu tidak datang dari perorangan saja. Institusi pendidikan juga sangat memerlukan mainan anak dari kayu. Mainan edukasi dari kayu ini juga banyak diminta oleh penyedia sarana bermain anak. Jadi, ada banyak segmen pasar yang bisa digarap untuk bisnis ini. Dengan strategi pemasaran yang tepat, angka penjualan mainan ini bisa didongkrak.

Kendala yang Dihadapi Bisnis Mainan Kayu


Usaha ini juga memiliki tantangan yang harus dihadapi oleh para pelakunya. Tantangan terbesar datang dari pasokan bahan baku. Mayoritas pengusaha mainan kayu ini menjadikan kayu limbah sebagai bahan bakunya. Namun, ketika permintaan banyak, maka kayu limbah tidak bisa lagi dijadikan bahan baku. Mau tidak mau, haruslah kayu yang utuh. Pasokan kayu utuh ini tidak selalu lancar dan ada.

Tantangan lain datang dari SDM. Sulitnya mencari tenaga kerja dengan skill yang mumpuni untuk proses produksi seringkali menghambat jalannya usaha. Tidak jarang permintaan tidak bisa dipenuhi karena kurangnya tenaga kerja. Inilah pentingnya proses rekrutmen dan pelatihan bagi para karyawan. Ketersediaan karyawan dan juga mesin-mesin tentunya, akan meminimalisir kendala yang mungkin terjadi di sektor produksi.

Tips Mendulang Untung dari Bisnis Mainan Kayu


Seketat apapun persaingan bisnis, selalu ada jalan keluar untuk mengatasi permasalahan itu. Usaha mainan anak dari kayu ini bisa menguntungkan jika dikelola dengan baik. Tips mendulang untung kali ini ditujukan untuk para produsen mainan kayu agar penjualannya meningkat. Berikut ini tips-tipsnya:

Terus Mengasah Kreatifitas dan Ide


Seperti telah disebutkan di atas bahwa mainan kayu banyak didominasi dengan model papan puzzle. Memang ada beragam jenis papan puzzle, namun sepertinya masyarakat mulai jenuh dengan model ini. Maka, perbanyak informasi mengenai model mainan edukasi lain yang juga berbahan kayu. Informasi bisa didapat dari mana saja. Beruntunglah internet menyediakan jutaan informasi mengenai model mainan baru.

Modal Kreatifitas, Usaha Mainan Anak Dari Kayu Dulang Untung
Ilustrasi mainan kayu kreatif lainnya, yaitu jenis mobilan kayu.
Kreatifitas ini adalah pondasi dalam usaha ini. Karena dengan kreatifitas, maka model mainan akan semakin beragam. Untuk mengasah ide dan kreatifitas, ada baiknya melakukan benchmark tentang mainan kayu ini. Benchmark bisa di dalam atau juga luar negeri. Sering-seringlah berkunjung ke toko mainan besar, kemudian amati jenis mainan kayu yang ada di sana.
Info Menarik Lainnya : 12 Contoh Mainan Yang Banyak Diminati Modal Sedikit (Untuk Ide Usaha)

Perkuat Jaringan Reseller dan Dropship


Seorang produsen tidak akan bisa memasarkan sendiri produknya. Itulah mengapa reseller sangat diperlukan. Untuk menjaring banyak reseller, permudah sistem kulakan para reseller. Tetapkan jumlah minimum pembelian yang wajar agar semakin banyak reseller yang tertarik untuk bergabung. Jaga hubungan baik dengan reseller, dan berikan reward kepada reseller yang melebihi target penjualan.

Selain reseller, sistem dropship juga telah terbukti bisa mendongkrak penjualan. Banyak pengusaha yang memaksimalkan sistem ini guna menyebarkan produk hingga ke seluruh kota di Indonesia. Untuk menunjang para reseller, produsen perlu mengupayakan adanya foto produk yang baik dan berkualitas. Ini adalah senjata utama dropship dan reseller. Usahakan juga kualitas pengiriman produk terjaga dengan baik agar para reseller tidak menerima complain dari pembeli.

Rajin Mengikuti Pameran


Usaha mainan anak dari kayu bisa digolongkan dalam industri kreatif. Rajin-rajinlah mengikuti pameran yang sering diadakan oleh instansi pemerintahan seperti dinas pariwisata, kementrian perindustrian dan juga BUMN. Dengan mengikuti pameran, potensi produk dikenal oleh banyak orang lebih luas. Selain itu, usaha juga berpotensi mendapatkan eksposure yang besar.

Biasanya, pameran yang diadakan oleh instansi pemerintah juga menyediakan jalan untuk fasilitas permodalan. Di sini pengusaha mainan kayu berpotensi memperoleh tambahan modal untuk mengembangkan usaha. Selain itu, pameran juga berfungsi sebagai ajang bersosialisasi dengan pengusaha lain. Ini sangat bermanfaat dalam hal bertukar ide dan pikiran mengenai ekspansi usaha.

Gencarkan Promosi


Promosi adalah salah satu langkah tepat dalam meningkatkan penjualan. Promosi penjualan bisa diterapkan dengan pemberian diskon untuk pembelian dalam jumlah banyak. Selain itu, iklan di media sosial seperti Instagram juga terbukti bemanfaat. Buatlah akun bisnis di Instagram kemudia promosikan setiap postingan yang akan mengarah kepada website atau profil Instagram toko.

Untuk mendukung kegiatan promosi, perusahaan perlu menampilkan dirinya secara professional. Oleh karena itu, dukunglah promosi ini dengan website perusahaan yang baik. Saat ini sudah banyak jasa hosting dengan biaya terjangkau. Dengan promosi di media sosial yang gencar, maka penjualan diharapkan bisa meningkat.

Tingkatkan Kualitas Produk


Tantangan bisnis ini adalah pada ketersediaan bahan baku. Kayu limbah adalah bahan yang biasa digunakan dalam usaha ini. Namun, untuk meningkatkan nilai jual produk, gunakanlah kayu dengan kualitas baik. Selain itu, tingkatkan juga finishing produk seperti pada proses penghalusan kayu dan pengecatan. Semakin baik kualitas produk, maka nilai jual produk juga semakin tinggi.
Modal Kreatifitas, Usaha Mainan Anak Dari Kayu Dulang Untung
Ilustrasi mainan edukatif dari kayu.
Info Menarik Lainnya : Jenis Mainan Anak TK Yang Aman Dan Fungsional (Edukatif)

Memang untuk bisa memberikan produk yang berkualitas dibutuhkan investasi yang besar. Namun, dengan kualitas produk yang dijamin bagus, investor tidak akan segan untuk berinvestasi di usaha ini. Dengan adanya investor yang percaya pada kualitas produk, jumlah penjualan bisa ditingkatkan lagi.

Usaha mainan anak dari kayu bisa dibilang tidak akan kehilangan pasar. Ketatnya persaingan adalah motivasi untuk menggali lagi kreatifitas dan ide-ide bisnis baru. Jaringan dan kualitas produk adalah yang terpenting untuk kelangsungan bisnis ini.

Demikianlah informasi tentang usaha mainan anak dari kayu. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda semuanya. Jangan lupa untuk terus nantikan artikel menarik selanjutnya. Salam.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Modal Kreatifitas, Usaha Mainan Anak Dari Kayu Dulang Untung "