Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Mainan Unik Untuk Anak Dari Barang Bekas (Be Creative)

Tahan keinginan untuk membuang barang bekas yang ada di rumah. Dari barang bekas tadi orang tua ternyata bisa menyulapnya menjadi mainan unik untuk anak. Ditambah lagi, orang tua bisa sekaligus mengasah kreatifitas anak. Anak-anak selalu suka dengan hal baru, oleh karena itu orang tua juga harus kreatif menghadapinya.

Membuat mainan unik dari barang bekas adalah salah satu cara mengasah kreatifitas anak. Banyak sekali barang bekas yang bisa dimanfaatkan. Namun, terkadang keinginan untuk berkreasi sejalan dengan ide yang mandeg. Oleh karena itu, di artikel kali ini akan dibahas manfaat barang bekas dan ide mainan yang bisa dibuat.

Dibuang Sayang, Barang Bekas Ternyata Ada Manfaatnya Jadi Mainan Unik


Ditengah maraknya pengurangan sampah plastik dan juga upaya daur ulang sampah, pemanfaatan kembali barang-barang bekas adalah salah satu solusi. Tentu masyarakat punya banyak sekali barang bekas. Contohnya seperti kardus kemasan makanan ringan, gulungan tissue, botol plastik, kaleng susu dan lain sebagainya.

Ternyata, barang-barang ini masih bisa dimanfaatkan kembali. Salah satunya disulap jadi mainan anak. Selain menghasilkan mainan unik jenis baru, ada manfaat lainnya. Manfaat lain itu adalah anak-anak jadi terasah kreatifitasnya dan juga lebih peduli pada lingkungan. Kegiatan ini akan melatih anak untuk jeli melihat peluang di sekitarnya.

Orang tua perlu membiasakan anak untuk kreatif dan jeli melihat peluang sejak dini. 


Kegiatan mengubah barang bekas menjadi mainan unik juga bisa jadi ajang bonding antara orang tua dan anak. Seperti kita ketahui bahwa banyak orang tua yang sibuk sehingga anak-anak kurang perhatian. Dengan meluangkan waktu untuk membuat sesuatu bersama, ini akan sangat berpengaruh pada kepribadian anak.

Jika jeli melihat peluang pasar, mainan unik dari barang bekas ini jelas memiliki nilai ekonomis. Sudah banyak pengusaha mainan dari barang bekas yang sukses. Pemasaran untuk mainan dari barang bekas ini juga cukup mudah. Apalagi dengan adanya internet dan media sosial saat ini. Nilai ekonomis dari barang bekas ini tentu saja bisa meningkatkan daya beli masyarakat.

Bisnis mainan tidak pernah sepi pembeli. Apalagi jika yang dijual adalah mainan unik. Keunggulan dari mainan berbahan dasar barang bekas adalah nilai dari mainan itu sendiri. Ada nilai lebih karena mainan tadi ikut serta dalam upaya penyelamatan lingkungan. Nilai inilah yang bisa jadi senjata utama dalam hal pemasaran.

Ide-ide Mainan Unik dari Barang Bekas


Menemukan ide memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi jika sebelumnya tidak terbiasa berkreasi. Oleh karena itu, beberapa jenis mainan unik di bawah ini diharap bisa memantik kreatifitas pembaca.

Berikut ini ide-ide mainan unik yang bisa dikulik:

Mainan Mobilan Dari Bahan Bambu dan Sandal Jepit Bekas


Mainan Unik Untuk Anak Dari Barang Bekas (Be Creative)

Ini mainan klasik sebenarnya. Mainan unik dari bahan bambu dan sendal jepit bekas ini sudah ada sejak zaman penulis masih kecil dulu. Tapi mainan ini masih asyik untuk dibuat pada zaman sekarang. Memang mainan ini terkesan jadul, tapi sebenarnya manfaat membuat sendiri mainan unik ini sangat besar. Karena akan mampu merangsang sisi kreatifitas anak.

Cara membuatnya yaitu potong sandal jepit menjadi roda untuk mobilan yang nanti akan dibuat. Sedangkan batang bambu berfungsi untuk bahan rangka mobilannya. Lihat foto ilustrasi yang lebih jelas dibawah ini.

Mainan Unik Untuk Anak Dari Barang Bekas (Be Creative)

Sebaiknya siapkan cat warna agar tampilan mobilannya jadi menarik. Selain itu siapkan juga karet gelang dan lem serbaguna sebagai perekat rangka mobilannya. Sebagai pelengkap, beri tulisan menggunakan spidol warna hitam.
Artikel Menarik Lainnya : Penting! Mengenalkan Mainan Tradisional Pada Anak Jaman Now

Kastil dari Rol Tissue atau Kemasan Pringles


Mainan Unik Untuk Anak Dari Barang Bekas (Be Creative)

Jangan dulu buang kemasan Pringles atau rol tissue. Dari sini, orang tua dan anak bisa berkreasi membuat kastil. Tambahkan aksesoris untuk jendela kastil dari kertas karton. Siapkan juga cat warna-warni, karton terbal dan tipis, kuas, air dan lem. Membuat kastil ini tidak sulit. Kalaupun di awal merasa sulit, anggaplah itu sebagai motivasi untuk lebih baik lagi.

Perahu Layar dari Kemasan Susu Bekas


Mainan Unik Untuk Anak Dari Barang Bekas (Be Creative)

Siapa bilang kemasan susu tidak ada gunanya? Dengan sedikit kreatifitas kemasan bekas ini bisa disulap jadi mainan. Siapkan kemasan susu bekas, tutup botol plastik bekas, gabus, benang, dan tusuk gigi. Siapkan juga cat warna cerah, lakban berwarna, lem, cutter dan kuas. Cara membuatnya mudah sekali.

Pada salah satu sisi kotak, lubangi dengan bentuk oval. Kemudian tusukkan tusuk gigi tepat di atas lubang, kemudian masukkan gabus, tusukan tusuk gigi sampai mengenai gabus dan rekatkan dengan lem. Lakban dipotong selebar kertas lipat kemudian rekatkan di tusuk gigi hingga membentuk layar. Benang digulung, tempelkan di atas perahu dan ikat ujungnya ke atas layar. Jadi, deh.

Hewan dari Botol Plastik Bekas


Mainan Unik Untuk Anak Dari Barang Bekas (Be Creative)

Jika pembaca memiliki botol bekas detergen atau pewangi pakaian, jangan dulu dibuang. Ubahlah menjadi mainan berbentuk hewan. Ajak si kecil untuk ikut serta membuatnya. Caranya, potong jadi dua bagian, gunakan bagian yang ada tutupnya. Tambahkan kaki dengan mur serta baut, berikan mata mainan, ekor dari tali, serta rambut dari bulu-bulu yang bisa dibeli di toko kerajinan.
Artikel Menarik Lainnya : Modal Kreatifitas, Usaha Mainan Anak Dari Kayu Dulang Untung

Pin Bowling dari Botol Minum Bekas


Mainan Unik Untuk Anak Dari Barang Bekas (Be Creative)

Apabila ada tumbler yang sudah tidak terpakai di rumah, manfaatkan menjadi mainan. Botol minum bekas tadi bisa diubah menjadi pin bowling. Yang diperlukan hanyalah cat warna, kuas, dan spidol. Warnai botol sesuai selera kemudian gambarlah karakter atau motif yang disukai. Siapkan bola golf bekas atau bola plastiknya. Si kecil sekarang siap bermain bowling dengan pin karya sendiri.

Rumah Barbie dari Kardus Bekas


Mainan Unik Untuk Anak Dari Barang Bekas (Be Creative)

Kardus bekas sepatu atau air mineral bisa disulap jadi rumah barbie. Cukup tambahkan karton tebal sebagai pelapis setiap sisinya agar bisa berdiri sempurna, cat, dan juga beberapa aksesoris lain. Jika tidak dicat, bisa juga dilapisi dengan kertas kado bermotif unik. Sekarang boneka barbie si kecil punya rumah baru deh. 😊

Boneka Dari Kain Perca


Mainan Unik Untuk Anak Dari Barang Bekas (Be Creative)

Daur ulang dari kain perca memang paling mudah. Gambar pola boneka yang diinginkan, kemudian gunting dan jahit tepi-tepinya namun sisakan sedikit ruang. Isi dengan dakron atau busa boneka pada ruang yang terbuka tadi. Jahit kembali hingga seluruh sisi boneka tertutup sempurna. Tambahkan mata, rambut dari benang wol, juga pakaian dari kain perca lain.

Ular Warna-Warni dari Tutup Botol Bekas


Mainan Unik Untuk Anak Dari Barang Bekas (Be Creative)


Mainan dari barang bekas lainnya adalah ular warna-warni yang dibuat dari tutup botol bekas. Mudah sekali untuk membuat ini. Lubangi botol dengan paku baja yang dipanaskan dan sambung dengan tali. Warnai dengan cat beraneka warna, tambahkan mata mainan dan juga bulu-bulu yang bisa dibeli di toko mainan.
Artikel Menarik Lainnya : Digempur Teknologi, Tips Agar Mainan Odong-Odong Bertahan

Rumah Boneka Gantung dari Kardus Bekas 


Mainan Unik Untuk Anak Dari Barang Bekas (Be Creative)

Selain bisa dipakai mainan, rumah boneka gantung ini bisa jadi dekorasi yang cantik untuk kamar si kecil. Caranya, lubangi sisi depan dan belakang kardus, sisakan sedikit sampai membentuk keranjang. Warnai dengan cat duco, kemudian masukkan boneka kecil kesayangan si kecil. Gantungkan di jendela kamarnya dengan menggunakan benang. Atau, tempelkan saja di dinding kamar mereka.

Mainan unik dari barang bekas ini sungguh bermanfaat. Oleh karena itu, jangan dulu membuang barang bekas seperti plastik dan kemasan lainnya. Pikirkan dulu untuk mendaur ulang mereka. Kontribusi aktif seperti ini tentu sangat membantu dalam hal pelestarian lingkungan. Sekecil apapun tindakan, akan sangat besar pengaruhnya bagi masa sekarang dan generasi mendatang.

Demikianlah tulisan ringan tentang mainan unik, semoga bermanfaat untuk Anda semuanya.

Sampai jumpa lagi di artikel menarik selanjutnya. Salam.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Mainan Unik Untuk Anak Dari Barang Bekas (Be Creative)"