Widget HTML Atas

Modal Usaha Toko Mainan Ternyata Tak Sampai Jual Rumah, Kok!

Mainan adalah barang yang selalu menarik untuk dijual. Namun, banyak yang urung karena modal usaha toko mainan tampaknya besar. Padahal, besar tidaknya sebuah investasi tergantung pada seberapa besar usaha yang diinginkan. Untuk toko mainan sendiri sebenarnya masih dalam batas wajar. Pasalnya perputaran mainan cenderung cepat sehingga modal bisa cepat kembali.

Menghitung modal tidak hanya terbatas pada masalah sewa tempat dan kulakan barang. Namun juga harus memperhitungkan biaya-biaya operasional yang mungkin muncul nantinya. Sebaiknya, sebelum menyetorkan modal usaha toko mainan ada baiknya melakukan kalkulasi yang tepat. Kali ini akan dibahas peluang usaha toko mainan dan berapa perkiraan modalnya.



Analisis Modal Usaha Toko Mainan 


Sekecil apapun sebuah toko mainan perlu untuk dianalisis peluangnya. Tujuannya adalah agar jangan sampai usaha yang dibuka merugi. Banyak yang mengatakan kalau rugi itu bagian dari perjuangan sebuah usaha. Namun mengapa harus rugi jika kerugian itu sendiri bisa dimitigasi? Inilah mengapa melakukan analisis peluang menjadi penting.

Ada beberapa hal yang bisa dijadikan patokan dalam melakukan analisis usaha ini. Dengan melakukan analisis, maka Anda akan lebih bisa untuk menyusun strategi pemasaran yang tepat. Sehingga bisa menyukseskan usaha toko mainan Anda.


Modal Usaha Toko Mainan Ternyata Tak Sampai Jual Rumah, Kok!
Ilustrasi: Penulis lagi numpang nampang. 😀

Simak ulasan singkat berikut ini.

Mengidentifikasi Peluang dan Pesaing


Jangan dulu berpikir tentang berapa modal usaha toko mainan. Pikirkan dan identifikasi dulu pesaing yang ada di bisnis ini. Berapa banyak produk mainan yang sama yang juga beredar di pasaran.

Selain itu jika banyak produk yang sama, maka identifikasi berapa harga wajar yang ada di pasaran. Pemain-pemain lama di pasar mainan anak tentu sudah memiliki patokan harga. Anda bisa mengambil pelajaran dari kisah nyata yang pernah di alami adik kandung penulis berikut ini: Hal Penting yang Harus Di Perhatikan Sebelum Memulai Bisnis Mainan

Sebagai pemain baru, hendaknya melakukan identifikasi bagaimana pesaing mengelola konsumennya. Carilah cara atau pendekatan yang berbeda jika memang produk yang dijual sama. Atau, tonjolkan keunikan toko. Keunikan toko ini bisa dari produk, desain toko, program promosi atau juga pelayanannya.
Info Menarik Lainnya : Dagang Mainan Anak, Usaha Sampingan Ideal Karyawan Kantoran

Mengidentifikasi Pasar Secara Mendalam


Identifikasi ini bertujuan untuk mengenali karakteristik pasar yang bagaimana yang cocok dengan produk yang dijual. Cari tahu data mengenai ketertarikan pasar dengan mainan yang nantinya akan dijual. Jika perlu, cari tahu juga mainan seperti apa yang laku di pasaran.

Data-data bisa diambil dari supplier mainan, pesaing, internet atau survey. Dari sini bisa diketahui mengenai penerimaan pasar terhadap produk mainan. Sehingga usaha yang nanti dijual bisa menjual produk yang tepat untuk pasar yang tepat.

Mengidentifikasi Kemampuan Produksi


Jika sebuah toko mainan menjual mainan hasil produksi sendiri, maka ada hal-hal yang perlu diidentifikasi. Misalnya seberapa banyak mesin-mesin yang dibutuhkan untuk memproduksi mainan. Berapa banyak karyawan yang akan dipekerjakan di bagian produksi. Yang terpenting adalah berapa dana yang bisa digunakan untuk memproduksi mainan.

Namun jika toko mainan tidak memproduksi mainan sendiri, maka identifikasi supplier dan toko grosir mainan mana yang akan Anda gunakan untuk mendapatkan stok barang. Peta-kan supplier mana yang memiliki kualitas baik dalam hal supply barang. Pastikan harga barang yang diberikan supplier juga murah agar keuntungan bisa maksimal. Pertimbangkan untuk memiliki lebih dari 1 supplier. Anda bisa mendapatkan infonya di sini: Pusat Grosir Mainan Anak Di Jakarta Bagian 1 (Pasar Pagi Asemka)

Mengidentifikasi Modal

Sebelum membahas mengenai nominal pasti modal usaha toko mainan, ada baiknya diidentifikasi terlebih dahulu. Sebuah toko mainan memerlukan peralatan, barang, biaya operasional dan juga sewa tempat. Biaya operasional ini termasuk gaji karyawan, biaya listrik, internet, dan juga keamanan. Modal usaha ini tentu harus mencukupi kebutuhan toko minimal untuk 1 tahun.

Modal bisa didapatkan dari berbagai sumber. Bisa dari tabungan, pinjaman, atau juga hibah. Jika modal usaha akan mengorbankan seluruh tabungan yang ada, maka pertimbangkan untuk tidak melakukannya. Ada baiknya tidak menguras asset yang ada untuk modal. Cari sumber lain selain tabungan untuk modal usaha. Modal ini harus bisa mendatangkan kesejahteraan bagi usaha yang dirintis.
Info Menarik Lainnya : Yang Wajib Di Ketahui Oleh Pebisnis Toko Mainan Pemula

Berapa Sebenarnya Modal Usaha Toko Mainan?


Nilai investasi sebuah toko mainan tidak bisa digambarkan secara pasti karena harga bahan baku sering berubah. Namun, berdasarkan harga rata-rata, maka bisa diberikan sebuah proyeksi modal.

Berikut ini akan diberikan kisaran nominal modal usaha toko mainan dengan asumsi biaya dicadangkan untuk 1 tahun. Ada baiknya pembahasan modal ini dibagi per kebutuhan membuka toko.

Kebutuhan buka usaha toko mainan adalah sebagai berikut :


Biaya Sewa Tempat


Toko mainan biasanya menempati ruko atau menyewa space di pusat perbelanjaan. Mari asumsikan toko mainan menempati ruko berukuran 5x5 yang rata-rata berharga 20-30 juta setahun. Pemilik ruko biasanya meminta bayaran sewa di depan. Jadi calon pemilik usaha toko mainan harus mencadangkan dana untuk sewa toko ini karena jumlahnya cukup besar.

Kulakan Mainan


Supplier mainan untuk toko mainan biasanya menjual mainannya dalam bentuk paket. Namun jika belum memiliki rekanan supplier, pemilik usaha bisa membeli mainan di distributor mainan. Harga mainan bervariasi mulai dari ribuan sampai ratusan ribu. Dari data yang diperoleh penulis, rata-rata orang yang buka toko mainan membelanjakan sekitar 25 juta hingga 40 jutaan untuk kulakan pertamanya. Dan ada sebagian kecil lainnya yang mampu mengeluarkan modal hingga 100 jutaan untuk modal awalnya.
Info Menarik Lainnya : Toko Grosir Mainan Lokal Termurah di Asemka (Plus Info Tentang Produsen dan Jenis Mainannya)

Gaji Karyawan


Gaji karyawan termasuk biaya bulanan yang harus dikeluarkan. Oleh karena itu asumsikan biaya ini untuk kebutuhan 1 tahun. Rata-rata gaji karyawan toko mainan adalah sekitar 1-1,5 juta rupiah. Toko baru cukup mempekerjakan dua orang karyawan. Jika ditambah dengan pemilik, maka sudah ada tiga orang yang mengurus toko. Jumlah ini cukup untuk di awal. Jumlah karyawan bisa ditambah seiring perkembangan toko.

Komputer dan Software


Modal usaha toko mainan yang lain adalah biaya untuk membeli komputer dan software kasir atau POS. Saat ini sudah tersedia software kasir yang bisa dikerjakan dari ponsel. Harga sebuah software kasir adalah sekitar 2-5 juta per tahun dan ini harus diperpanjang setiap tahunnya. Software kasir ini sangat penting karena dari sini bisa dihasilkan laporan penjualan dan arus kas.

Pembelian Etalase dan Rak Mainan


Toko mainan memerlukan etalase dan rak untuk mengatur mainan agar rapi. Rata-rata, diperlukan dua etalase kaca dan dua rak mainan. Kebutuhan rak ini juga harus menyesuaikan dengan luas tempat usaha. Biaya yang diperlukan untuk membeli etalase dan rak ini adalah sekitar 1-1,5 juta per buah. Maka kebutuhan tinggal dikalikan saja dengan perkiraan harga ini.

Biaya Operasional Lain


Sebuah toko mainan tentu memerlukan barang-barang seperti plastik pembungkus, kertas kado, kertas struk, stationary, price tag, biaya listrik, dan kebutuhan-kebutuhan lainnya. Semua ini harus dikalkukasikan kebutuhannya. Asumsikan kebutuhan ini sebesar 1-2 juta per bulan dan kalikan setahun. Jumlah ini bisa bervariasi tergantung banyak tidaknya penjualan setiap bulan.

Kesimpulannya, modal usaha toko mainan harus disiapkan untuk investasi awal dan biaya operasional selama 1 tahun.  Mengapa harus untuk 1 tahun? Tujuannya adalah agar jalannya usaha bisa lancar. Setiap bulan memang akan ada pemasukan dan sebaiknya biaya operasional mengambil dari pemasukan ini. Namun, jika ditengah jalan terjadi sesuatu, maka cadangan modal tadi bisa sangat membantu.
Info Menarik Lainnya : Difie Toys, Grosir Mainan Serba 500 hingga 1000an di Jakarta
Demikianlah info tentang modal usaha toko mainan. Mudah-mudahan tulisan ini dapat bermanfaat bagi Anda yang berencana untuk memulai usaha bisnis mainan. Semoga sukses selalu untuk Anda.

Salam.

Penulis by : Bang izal.

No comments for "Modal Usaha Toko Mainan Ternyata Tak Sampai Jual Rumah, Kok!"