Widget HTML Atas

Mudahnya Cara Beli Barang Di Ebay, Belanja Apa Saja Ada

Ebay bisa dibilang sebagai e-commerce paling besar di dunia. Bagaimana tidak, hanya di ebay penjual dan pembeli dari seluruh belahan dunia berkumpul. Transaksi yang dibukukan oleh ebay mencapai ribuan dolar setiap detiknya. Cara beli barang di Ebay juga terbilang mudah. Selain itu, hampir semua jenis barang bisa ditemukan di ebay. Harga barang yang dijual juga sangat bervariasi.

E-bay memberikan pengalaman berbelanja yang sangat menyenangkan. Pembeli bisa dengan mudah membeli barang yang ada di sana. Pasalnya, hampir semua barang dari yang murah sampai yang mahal ada di e-bay.


Mudahnya Cara Beli Barang Di Ebay, Belanja Apa Saja Ada





Cara beli barang di ebay juga sangat mudah, bahkan untuk pembeli internasional.

Yuk simak ulasan selengkapnya.

Berkenalan dengan Ebay yang Mendunia


Kerajaan bisnis Ebay dimulai pada tahun 1995 ketika Pierre Omidyar menciptakannya. Dulu, di awal berdirinya, Ebay hanya melayani penjualan barang koleksi. Barang koleksi disini adalah barang-barang yang sulit ditemukan di penjual konvensional. Seiring berjalannya waktu, Ebay bertransformasi menjadi e-commerse yang menjual apa pun. Walaupun begitu, cara beli barang di Ebay tidak mengalami banyak perubahan.

Daftar barang di Ebay terus bertambah seiring dengan perkembangannya. Ada sekitar 103,6 juta daftar barang di Ebay seluruh dunia. Belum lagi penambahan sekitar 6,1 juta setiap harinya. Hal ini jelas memantapkan posisi Ebay sebagai raksasa e-commerce kelas dunia. Jelas ini merupakan sebuah peluang yang sayang dilewatkan oleh pebisnis. Pasalnya, jangkauan Ebay bisa mencapai menyentuh angka 241 juta lebih di seluruh dunia.

Dalam rangka ekspansi bisnisnya, Ebay membuka kantor di beberapa negara, salah satunya Indonesia. Perkembangan bisnis dan transaksi online di pasar Indonesia sangat menjanjikan beberapa tahun belakangan ini. Selain itu, budaya belanja masyarakat Indonesia sudah mulai bergeser ke platform online. Alasan inilah yang membuat raksasa Ebay memutuskan “ngantor” di Indonesia.

Kelebihan ebay yang membuatnya menjadi e-commerce terbesar di dunia adalah karena adanya kenyamanan dan kemudahan dalam bertransaksi. Ebay bahkan masih mempertahankan search engine Ebay pulse guna membantu pengguna dalam pencarian informasi terkait istilah, tren, dan item apa yang paling sering dilihat atau dicari.

Selain itu, keanggotaannya sangat mudah. Siapa pun bisa menjadi anggota tanpa adanya pungutan apapun. Setelah menjadi anggota tentunya bisa menjual atau membeli apapun disana.  Bisa dibilang semua orang bisa berjualan di Ebay. Baik itu pengusaha besar atau kecil, eceran atau distributor, bahkan untuk urusan ekspor dan impor. Ebay menjadi platform terbaik untuk urusan transaksi online.

Info Menarik Lainnya : Cara Berjualan di Amazon, Salah Satu E-Commerce Kelas Dunia

Cara Pembayaran di Ebay


Karena Ebay adalah e-commerce yang berbasis di luar negeri, maka Ebay menerapkan sistem pembayaran yang unik. Tujuannya adalah agar pembeli dari seluruh dunia bisa berbelanja dengan mudah dan aman. Mirip dengan e-commerce lainnya, cara beli barang di Ebay pun tidak jauh berbeda. Hanya saja untuk pembayaran ada sedikit perbedaan.

Umumnya, Ebay menerapkan sistem Paypal dalam hal pembayaran walaupun Ebay juga menerima pembayaran dalam bentuk transfer bank. Paypal sendiri adalah sebuah cara pembayaran untuk transaksi online berupa rekening virtual. Cara ini dianggap aman dan mudah apalagi untuk transaksi global. Ebay menerapkan sistem ini untuk meraup pasar dunia.

Untuk bisa bertransaksi dengan Paypal, seseorang harus memiliki akun Paypal terlebih dahulu. Setelah itu, barulah bisa bertransaksi seperti transfer dan pembayaran ke sesama rekening Paypal. Saldo Paypal bisa diisi di ATM seperti halnya transfer biasa. Cara pembayaran ini cocok bagi orang-orang yang tidak memiliki kartu kredit namun ingin bertransaksi secara global.

Selain menggunakan Paypal, Ebay juga menerima pembayaran dengan kartu kredit. Untuk pembayaran dengan kartu kredit ini, prinsipnya sama seperti belanja online pada umumnya. Yaitu dengan memasukkan nomor kartu kredit serta tiga digit dibelakang kartu. Tentunya juga dengan mengisi detail identitas pemilik dan juga alamat tagihan.

Kemudahan pembayaran lainnya adalah Ebay menerima western union dan transfer bank. Bahkan, Ebay juga menerima cek sebagai alat pembayarannya. Namun, pengguna setia Ebay biasanya lebih memilih pembayaran dengan sistem Paypal. Terutama untuk transaksi lelang di Ebay karena dinilai lebih aman bagi kedua belah pihak.

Info Menarik Lainnya : Cara Jadi Agen JNE (FYI: Ini Peluang Bisnis Yang Bagus)

Cara Beli Barang di Ebay


Setelah mengetahui cara pembayarannya tentu juga perlu diketahui cara beli barang di Ebay. Mengingat hampir semua jenis barang bisa dibeli di Ebay, mengetahui cara belanjanya tentu sangat berguna. Berikut ini penjelasan singkatnya:

Mendaftar dan Membuat Akun


Untuk bisa melakukan transaksi apapun di Ebay, seseorang harus mendaftar terlebih dahulu. Sistem keanggotaan ini adalah syarat utama seseorang bisa berbelanja di Ebay. Buatlah akun di website Ebay dan pastikan telah membaca semua syarat transaksi di Ebay.

Pada proses pendaftaran ini Ebay akan meminta pengguna memasukkan detail informasi. Informasi yang diminta adalah identitas diri, alamat, nomor ID dan informasi lainnya. Pastikan form terisi dengan data yang benar agar tidak terjadi kendala di kemudian hari saat melakukan transaksi.

Pilih Produk yang Diinginkan


Walaupun produk yang dijual oleh Ebay sangat banyak, pengguna tidak perlu khawatir dan bingung. Pada halaman pembelian produk, pengguna bisa memasukkan atau memilih kategori produk di kolom pencarian. Ada berbagai macam kategori produk yang bisa memudahkan pencarian. Bisa juga dengan memasukkan langsung nama produk yang dicari.

Setelah menemukan dan memilih produk, maka pengguna perlu melakukan konfirmasi. Pastikan jumlah dan varian produk sudah sesuai dengan yang diinginkan. Pada bagian ini, ada icon zoom atau kaca pembesar yang bisa memperlihatkan detail harga yang harus dibayarkan. Setelah semua sesuai, klik tombol Buy It Now.

Melakukan Konfirmasi Pembelian


Cara beli barang di Ebay perlu konfirmasi dari pengguna atas produk yang dipilih. Pada bagian ini, pengguna harus mengkonfirmasi mengenai perkiraan berat dan penambahan biayanya. Baca dengan teliti dan cermat ketentuan-ketentuan pada bagian ini. Setelah dirasa benar, maka klik I Agree. Tanpa melakukan konfirmasi pembelian ini, transaksi tidak bisa diproses lebih lanjut.

Melakukan Pembayaran


Tahap akhir dari cara beli barang di Ebay adalah melakukan pembayaran. Pada tahap ini, pengguna diharuskan memilih metode pembayaran seperti yang telah dijelaskan di atas.

Pembayaran bisa dilakukan dengan sistem Paypal, transfer bank, virtual account, kartu kredit ataupun cek. Jika menggunakan kartu kredit, pastikan data yang dimasukkan benar dan limit kartu kredit tersedia. Tekan bayar dan transaksi sudah selesai.

Info Menarik Lainnya : Pola Kemitraan dan Cara Menjadi Agen Pos Indonesia

Lelang


Ebay juga menerapkan sistem tawar menawar untuk produknya. Pembeli bisa melakukan penawaran kepada barang yang dijual. Sistem lelang diberlakukan bagi anggota yang menginginkan barang yang sama. Penawar tertinggi akan mendapatkan barang yang sedang dilelang tadi. Pembayaran lelang sama dengan pembayaran transaksi pembelian biasa di Ebay.

Cara beli barang di Ebay yang mudah dan didukung dengan sistem pembayaran yang aman membuat Ebay memiliki pengguna setia. Di seluruh dunia, pengguna setia Ebay percaya pada keamanan dan ketersediaan barang yang dijual di Ebay. Lebih lagi, orang-orang di seluruh dunia yang tidak memiliki kartu kredit bisa bertransaksi dengan aman di Ebay.

Demikianlah info singkat tentang cara beli barang di Ebay. Semoga dapat bermanfaat.

Penulis by : Bang izal.

No comments for "Mudahnya Cara Beli Barang Di Ebay, Belanja Apa Saja Ada "