Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keuntungan dan Cara Menjadi Agen J&T yang Perlu Diketahui

Salah satu bisnis yang maju pesat di era digital yaitu bisnis ekspedisi. Pasalnya, kini banyak orang memanfaatkan ekspedisi untuk mengirim barang seiring melonjaknya kebiasaan masyarakat berbelanja secara online. Salah satu ekspedisi yang penetrasinya pesat yaitu J&T. Maka, tidak heran banyak orang ingin menjadi agen dan mulai mencari tahu bagaimana cara menjadi agen J&T.

J&T telah hadir melayani masyarakat Indonsoa sejak tahun 2015. Berbeda dengan ekspedisi lainnya, J&T menawarkan pengalaman menarik dalam mengirim paket. Maka, tidak heran sampai sekarang ada ratusan outlet J&T di seluruh pelosok Indonesia.


Keuntungan dan Cara Menjadi Agen J&T yang Perlu Diketahui
Ilustrasi. Foto by : Omresi.com

Sebelum membahas tentang cara menjadi agen J&T, hendaknya perlu diketahui terlebih dulu apa sebenarnya J&T itu.

Yuk Di simak!

Apa Itu J&T?

J&T merupakan perusahaan ekspediri atau jasa pengiriman paket yang bisa melayani pengiriman barang dalam dan antar kota, bahkan antar provinsi. Salah satu kelebihan J&T diantara jasa pengiriman barang lainnya yaitu J&T memanfaatkan IT dalam menjalankan jasanya. Selain itu, J&T juga memiliki kelebihan yaitu bisa menjemput barang dari para pelanggan.

Dengan begitu, jika ingin mengirim barang, para pelanggan tidak perlu lagi harus datang ke kantor J&T. Para pelanggan cukup menggunakan aplikasi maupun melalui hotline untuk menghubungi pihak J&T untuk menjemput paket yang siap dikirim. J&T juga memiliki kerja sama dengan beragam situs e-commerce besar di Indonesia, seperti Shopee, Bukalapak, dan lain sebagainya.

Pasalnya, J&T mampu menjangkau seluruh wilayah di Indonesia dan agen-agennya sudah tersedia di kota besar bahkan di kota kecamatan. Bahkan, sampai sekarang ini kantor J&T mencapai lebih dari 3.000 kantor cabang dengan lebih dari 20.000 pegawai. Angka tersebut tentunya sangat fantastis sebagai perusahaan ekspedisi yang bisa dibilang baru ini.

J&T berfokus sebagai ekspedisi yang aman, nyaman, dan juga cepat. Maka, tidak heran kini banyak orang memilih J&T sebagai ekspedisi yang dipercaya mengantarkan paket mereka. Selain itu, banyak juga yang tertarik menjadi agennya dan mencari tahu bagaimana cara menjadi agen J&T.
Info Menarik Lainnya : Cara Jadi Agen JNE ( FYI: Ini Peluang Bisnis Yang Bagus)

Cara Menjadi Agen J&T

Setelah mengetahui apa itu J&T, kini saatnya membahas mengenai cara menjadi agen J&T. Pasalnya, kini bisnis ekspedisi sangat menjanjikan dan salah satu eskpedisi yang banyak dipilih pelanggan, yaitu J&T. J&T dinilai mampu mengirim barang secara cepat dan menjangkau banyak wilayah di Indonesia. 


Keuntungan dan Cara Menjadi Agen J&T yang Perlu Diketahui
Ilustrasi. 


Jika tertarik untuk menjadi agen J&T, maka berikut ini caranya:

Menghubungi Cabang atau Perwakilan J&T Tiap Provinsi

Sampai saat ini J&T belum secara eksplisit mengajak masyarakat secara umum untuk menjadi agen. J&T cenderung lebih suka membuka keagenan sendiri dan tidak membuka kesempatan untuk umum secara langsung. Namun, pembukaan agen J&T akan menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing cabang dan provinsi.

Misalnya, pada tahun lalu J&T membuka peluang untuk umum yang ingin menjadi mitra J&T di Jawa Timur. Oleh karena itu, jika berminat menjadi agen J&T, lebih baik menghubungi cabang atau perwakilan J&T tiap provinsi. Dengan begitu, informasi mengenai keagenan terbaru beserta detailnya akan didapatkan dengan mudah.

Memenuhi Syarat Menjadi Agen J&T

Cara menjadi agen J&T yang kedua yaitu memenuhi seluruh syarat menjadi agen J&T. Syarat utamanya yaitu berstatus Warga Negara Indonesia disertai dengan bukti e-KTP asli. Sediakan juga NPWP beserta kartu keluarga sebagai dokumen prasyarat. Selain itu, persiapkan akta pendirian usaha, maupun surat izin usaha pendirian usaha, jika diminta.

Syarat berikutnya yaitu sudah memiliki tempat yang bisa digunakan sebagai kantor, boleh milik sendiri atau sewa. Tempat tersebut sebaiknya mudah diakses agar mudah ditemukan dan familiar bagi pelanggan. Biasanya pihak J&T akan mengadakan survey langsung untuk cek lokasi outlet.

Kemudian, persiapkan juga berbagai kebutuhan lainnya, misalnya komputer, printer, dan juga timbangan digital 30kg. terakhir, penuhi syarat SDM, yaitu memiliki kurang lebih satu atau dua orang karyawan. Pastikan tiap karyawan mampu mengoperasikan komputer dan mahir terhadap tekonolgi karena keagenan J&T merupakan usaha berbasis digital.

Mengikuti Tahapan Menjadi Agen J&T

Ketika dirasa sudah memenuhi seluru persyaratan, langkah kedua yaitu mengikuti tahapan menjadi agen J&T. Cara menjadi agen J&T sangat mudah, yaitu datanglah ke kantor cabang J&T dan temui pihak pengelola yang terkait pendaftaran agen. Ikutilah segala prosedur yang ditetapkan oleh pihak J&T. Kemudian, ketika dinyatakan lulus administrasi, akan mendapatkan program pelatihan khusus.

Mengetahui Cara Kerja Sebagai Agen J&T

Ketika sudah mendapatkan pemberitahuan soal kelolosan menjadi agen J&T, kini saatnya mengetahu cara kerja sebagai agen J&T. Cara kerja agen J&T kurang lebih sama seperti ekspedisi lainnya. Agen akan menerima barang dari pelanggan dan J&T akan mengirimkan barang sesuai lokasi yang dituju.

Agen akan mendapatkan komisi dari beban perkilo yang telah dikirim oleh pengirim. Total royaliti atau komisi yang didapatkan oleh agen akan berdasarkan pada kesepakatan pihak J&T. Jadi, total royaliti atau komisi yang didapat akan berdasar pada ongkos kirim paket keseluruhan yang dihitung dalam waktu satu bulan.
Info Menarik Lainnya : Cara Menjadi Agen TIKI (Yang Minat Bisnis Ekspedisi Merapat)

Keuntungan Menjadi Agen J&T

Cara menjadi agen J&T tidaklah rumit asalkan telah memenuhi segala persyaratan yang ditentukan. Namun, persyaratan tersebut akan terasa ringan karena banyaknya keuntungan menjadi agen J&T.

Berikut ini adalah keuntungan jika menjadi agen J&T yang patut diketahui:

Perusahaan Terpercaya

Keuntungan utama saat menjadi agen J&T tentu saja akan mendapatkan kepercayaan pelanggan yang tinggi. Terlebih lagi jika J&T tidak selalu membuka keagenan secara umum. Jadi, apabila terpilih menjadi agen, tentu saja agen tersebut adalah agen yang memiliki kualitas terbaik dalam melayani pelanggan.

Adanya Penghasilan Tambahan

Menjadi agen merupakan salah satu cara dalam memperoleh penghasilan tambahan. Bahkan, ada beberapa orang yang menjadikan agen sebagai usaha utamanya. Pasalnya, menjadi agen tentunya akan mendapatkan komisi yang menarik dari perusahaan pusat.

Namun, penghasilan tersebut tentu saja dipengaruhi oleh seberapa banyak barang yang akan dikirim oleh agen. Hal ini karena komisi akan didapatkan sesuai dengan ongkos kirim paket keseluruhan. Jadi, cobalah untuk terus memperluas jaringan dan melakukan teknik pemasaran yang baik untuk mendongkrak pendapatan.
Info Menarik Lainnya : Cara Menjadi Agen Wahana Dan Keuntungan Sebagai Mitranya

Tidak Memerlukan Banyak Promosi

Dari waktu ke waktu, nama ekspedisi J&T semakin terkenal. Bahkan, tidak jarang e-commerce bekerja sama dengan J&T sebagai ekspedisinya. Hal itulah yang menguntungkan bagi agen karena J&T telah memiliki nama yang establish di kalangan masyarakat Indonesia.

J&T juga telah diulas di berbagai media dan cenderung sudah dikenal oleh masyarakat. Terlebih lagi, penetrasi J&T berkembang pesat dari tahun ke tahun, dari kota besar ke pelosok desa di Indonesia. Oleh karena itu, saat menjadi agen J&T tidak perlu banyak melakukan promosi karena pelanggan cenderung sudah mengetahuinya.

Cara menjadi agen J&T tidaklah rumit karena tinggal menghubungi cabang maupun perwakilan J&T tiap provinsi saja. Pasalnya, J&T tidak membuka keagenannya secara umum maupun eksplisit. Jadi, apabila tertarik menjadi agen J&T, hubungi pihak terkait sesuai dengan provinsi masing-masing dan persiapkan seluruh persyaratan yang ditentukan.

Info Penting : Simak! Nomor Kontak J&T Agar Cepat Direspon

Demikianlah info tentang keuntungan dan cara menjadi agen J&T. Semoga dapat bermanfaat.

Penulis by : Bang izal.
Bang izal
Bang izal Saya Seorang Praktisi Bisnis Mainan. Sangat hobi menulis dan suka berdiskusi. Saya ingin sekali saling berbagi ilmu, dan pengalaman, dengan teman-teman semua melalui blog ini.

53 comments for "Keuntungan dan Cara Menjadi Agen J&T yang Perlu Diketahui "

  1. Bagaimana cara kita tau cabang perwakilan disetiap provinsi/daerah yah? Kan J&T banyak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Caranya buka situs Google map, kemudian ketik dikolom pencariannya dengan format : Kantor Cabang J&T + Wilayah Domisili.

      Jadi misalkan mbak berdomisili di Semarang, maka ketik : Kantor Cabang J&T Semarang. Maka nanti pasti akan keluar semua alamat kantor cabang J&T yang ada di Semarang pada peta Google map tersebut.

      Delete
    2. Kalo mau jadi agen j&t itu kira² butuh modal berapa ya?

      Delete
    3. Untuk Info lebih detail tentang modal dan syarat menjadi agen J&T, maka anda bisa bertanya langsung melalui email: jntcallcenter@jet.co.id.

      Atau bisa juga dengan cara menghubungi Customer Service J&T dinomor kontak berikut : (021) 8066 1888

      Delete
  2. Kk kalau tidak ada orang yang kirim melalui cabang kita,, dan kita hnya menerima barang dari luar kota apakah masih ada jg keuntungannya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu saja masih ada keuntungannya gan :-)

      Delete
  3. Bang boleh bagi WA, atau social media abang buat nanya2 lebih detail ?

    ReplyDelete
  4. Kalo keuntungannya gi mana bang apakah sistemnya sama kayak JNE gitu misalkan Cobtoh JNE Jika omset perbulan hanya 5 juta atau tidak lebih maka persentase bagi hasilnya 22%
    Jika omset perbulan 5 – 10 juta perbulan maka persentase bagi hasilnya 25%
    Jika omset perbulan 10 juta atau lebih, maka persentase bagi hasilnya 27%
    Jadi ketika kita bisa membukukan omset dalam sebulan sebesar 12 juta maka komisi yang di dapat sebesar Rp 3.240.000 bulan itu.
    Nah kalo JNE ini gi mana apakah sama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. J&T Express adalah salah satu jasa pengiriman yang banyak digunakan orang, terutama oleh buyer dan seller di marketplace shopee.

      Nah mengenai sistem pembagian hasilnya, maka J&T memberikan royalti sebesar 20% (dari ongkos kirim setiap paket yang diterima).

      Ilustrasinya bagi hasiknya begini: Si Andi mengirim paket dari Palembang ke Denpasar seberat 5 kg, dan biaya perkilonya Rp26.000. Maka total ongkos kirimnya Rp130.000.
      Karena si Andi mengirimnya melalui anda sebagai agen, maka anda memperoleh royalti sebesar Rp26000 per paketnya Andi.

      Jika anda terima 50 paket dengan ongkir rata-rata Rp20.000, maka royalti Anda sebesar Rp200.000 per hari. Semakin banyak anda menerima paket kiriman, maka semakin besar pula pendapatan royalti Anda.

      Jika ada ingin anda tanyakan lebih lanjut, maka bisa langsung hubungi ke kontak resmi J&T berikut ini:

      Call Center J&T Terbaru
      Telpon: 021 8066 1888
      WeChat: @JTExpressID
      Facebook: J&T Express Indonesia
      Instagram: @jntexpressid
      Twitter: @jntexpressid
      Youtube: J&T Express Indonesia
      Line: @jtexpressid
      E-Mail: jntcallcenter@jet.co.id

      Delete
    2. JNE mana bang koq gede bgt komisinya

      Delete
  5. Kak jika kita hanya menerima paket saja apakah masih mendapatkan royalty

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf saya agak kurang paham dengan pertanyaannya. "Hanya menerima paket saja" itu maksudnya gimana ya? Bisa diperinci lagi?

      Delete
  6. Kalau cabang kita ternyata kurang pengiriman keluar, kebanyakannya hanya menerima pengiriman dari luar, apa tetap mendapat royalti dari j&t? Dan besaran royaltinya berapa persen?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk info lebih lanjut tentang masalah tersebut, anda bisa menanyakan melalui nomor kontak J&T berikut: 021 8066 1888

      Delete
  7. Jadi agen J& T brti kita antar paket juga kah bang ?, atau hanya terima kiriman ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari informasi berbagai sumber tentang J&T yang telah saya coba telusuri, maka saya peroleh kesimpulan sbb:

      Jadi ekspedisi J&T itu punya semacam pusat tempat penyimpanan barang. Di tiap daerah yang ada cabang ekspedisi J&T pasti ada pusat berkumpul barangnya.

      Di tiap daerah cabang J&T itu juga ada Drop Point yang nantinya akan menyortir dan membagi-bagikan semua paket itu secara spesifik untuk kemudian dibagikan menuju alamat tujuan.

      Jadi dari info yang saya dapatkan diatas, maka yang akan mengirim paket ke masing-masing alamat adalah agen besar J&T di daerah tersebut. Sedangkan kalau agen kecil hanya bertugas menerima dan mengumpulkan paket saja.

      Demikianlah kesimpulan yang saya dapatkan. Tapi kalau agan mau mendapatkan informasi yang mendetail dan lebih akurat lagi, maka menghubungi emai ini: jntcallcenter@jet.co.id

      Atau bisa juga melalui kontak telpon : 021 8066 1888

      Delete
  8. kalau lokasi berdampingan dengan Jne bisa kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm,,, berdampingan disini maksudnya lokasinya bersebelahan gitu?

      Kalau lokasinya bersebelahan menurut saya mungkin agak kurang etis ya,,,, jadi sebaiknya carilah lokasi yang agak berjarak sedikit. Setidaknya berjarak sekitar 20 atau 25 meteran itu tidak apa-apa. Lagipula kenapa harus berdampingan gan? Udah kayak orang pacaran aja hehehe 😁

      Delete
    2. Di tempat saya malah jne dan j&t nya sebelahan bang 😅

      Delete
    3. Berarti yang punya sama orang nya.

      Delete
  9. Bang misalkan sy jdi agen J&T, pstikan sy buka kantor dan pake karyawan, mengenai gaji karyawan trsebut, sp yg tanggung?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang menggaji tentu saja orang yang merekrut karyawan itu gan. Dan yang orang merekrutnya adalah agan sendiri 'kan? Jadi aganlah yang akan menggajinya. :-)

      Oleh karena itu, kalau agen J&T nya baru buka, disarankan agar dikelola secara secara mandiri terlebih dahulu. Atau bisa juga dibantu oleh istri dan saudaranya agan. Nah nanti kalau agen J&T nya mulai rame dan sudah mampu merekrut serta menggaji karyawan, maka barulah mulai dicari karyawannnya gan.

      Delete
  10. halo bang izal..semua slot di daerah jabodetabek sudah penuh untuk kemitraan jnt..saya sudah telepon ke pusat..apakah ada solusi lain atau bisa di bantu kita untuk buka kemitraan bang izal?terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo juga gan,,, 😊

      Btw kalau sudah pihak pusat yang mengkonfirmasi bahwa slot agen J&T di DKI Jakarta sudah penuh, maka tentu saya tidak bisa membantu banyak gan,,,, berarti peluang jadi mitra/agen J&T ini masih terbuka luas di daerah luar Jakarta.

      Solusinya mungkin agan bisa mencoba kemitraan ekspedisi lainnya untuk wilayah DKI Jakarta, misalnya dengan JNE atau Tiki. Saya sudah pernah menulis artikel tentang kedua jasa ekspedisi tersebut. Silahkan cari aja di blog ini.

      Delete
  11. bang bukannya j&t tidak menerima keagenan yah di situsnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya bukan tidak menerima kerjasama keagenan gan, tapi yang lebih tepat adalah sistem kerjasamanya masih ditetapkan berdasarkan kebutuhan pasar, sehingga sementara ini masih ditentukan berdasarkan kuota. Jika kebutuhan pasar di daerah tersebut tinggi, maka kuota dan kesempatan untuk bekerjasamanya lebih besar.

      Nah, untuk mengetahui masih ada atau tidaknya kuota di daerah masing-masing, maka bisa ditanyakan langsung ke nomor kontak J&T pusat.

      Untuk saat ini kuota keagenan yang paling banyak tersedia adalah di wilayah Jawa timur, khususnya kota Surabaya. Mudah-mudahan dengan semakin berkembangnya ekspedisi J&T ini, semoga ke depannya perusahaan ini terus menambah kuota keagenannya hingga ke seluruh provinsi di Indonesia.

      Demikian gan.

      Delete
  12. Buat wilayah bogor kota apakah msh terima agen j&t bang?
    Persyaratan tempat/kantor minimal ukuran brp bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agar mendapatkan jawaban yang lebih pasti, maka sebaiknya ditanyakan langsung ke J&T pusat aja gan. Ini nomor kontaknya: 021 8066 1888

      Atau, agan bisa juga bertanya melalui beberapa sarana berikut ini:

      Facebook : http://facebook.com/JT-Express-Indonesia
      Twitter : http://twitter.com/JTExpressID
      Instagram : http://instagram.com/jtexpressid
      Line:@jtexpressid
      Youtube : J&T Express Indonesia
      WeChat: @JTExpressID
      Email jntcallcenter@jet.co.id

      Delete
  13. Minat mau buka cabang di
    Kab. Padang lawas
    Kec. Barumun tengah
    Cara daftarnya gimana boss???
    Dan berapa biayanya boss???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan tanyakan langsung ke nomor kontak ini gan : 021 8066 1888

      Delete
  14. Bang untuk antar outlet/pos itu berapa M/Km iya?

    ReplyDelete
  15. Selamat siang kak, ini dari ahmad Amir Khoerudin kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan Kode Pos 58181
    Mau buka agen j&T,, di wilayah kami,, persyaratan apa saja yang harus aku penuhi kak...
    Untuk tempat lokasi sudah ada kak... Dan akses mudah pinggir jalan raya,,,
    Punya sendiri bukan sewa.

    Mohon pencerahanya kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba tanyakan langsung ke J&T pusat om,,, karena informasi seperti ini yang paling tahu hanya pihak J&T pusat. Untuk nomor kontaknya sudah saya cantumkan di komentar sebelumnya diatas.

      Delete
  16. Maaf bang kalo misal di kecamatan itu sudah ada JnT apakah boleh buka lagi . .maksudnya @kecamatan lebih dari 1kantor agen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung berapa batas kuota agen untuk kecamatan itu gan,,, karena tiap-tiap daerah besaran kuotanya gak sama, tergantung dari permintaan pasar di daerah tersebut. Nah untuk memastikan di daerah agan berapa batas kuotanya, maka bisa ditanyakan langsung ke kantor J&T pusat. Diatas sudah ada saya tulis kontaknya.

      Delete
  17. Buat jadi agen jnt butuh modal brp kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Modalnya bisa mulai dari 10 juta hingga 20 jutaan.

      Delete
  18. Bang mau nanya kalo kurir itu di gajinya sama kita apa perusahaan pusat

    ReplyDelete
  19. Gan di tempat saya kebanyakan yang membeli barang jadi yang menjual atau mengirim barang kurang, kalau jadi agen yang menerima barang pembelian dari konsumen apa dapet komisi juga ? Kalau dapet hitungannya gi mana gan?

    ReplyDelete
  20. Klw Semua persyaratan sdh ada tp gaptek bisa gk bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau gaptek 'kan bisa dijalani sambil belajar,,, pasti anda bisa :-)

      Delete
  21. Saya sdh baca dari atas sampai bawah terima kasih atas masukannya

    ReplyDelete
  22. Jika dalam satu kecamatan sudah ada agen jnt. Apakah bisa dalam satu kecamatan ada 2 kantor jnt kak

    ReplyDelete
  23. Masih ada kah slot agen di kota medan

    ReplyDelete
  24. Daerah karya wisata johor

    ReplyDelete
  25. Met malam ka,mau tanya,misal kita punya j&t dan ada pengiriman dari market shopee tok ped,berapa persen yg kita dapat dari jasa pengiriman itu ka.mohon infonya

    ReplyDelete
  26. Bang klo jadi agen ,,
    Dikasih barang buat kiriman ke konsumen ga ?
    Atau cuma nerima barang aja ??

    ReplyDelete
  27. Mohon info di mna pusat J & T Wilayah banten...

    ReplyDelete
  28. 1.misal agen A menerima kiriman..
    dan kir tsb belum/ tidak sampai
    kemanakah kita mengajukan
    komplain
    2.kir yg diterima dr agen A ..apakah kir tsb diantar oleh agen atau dijeput..

    ReplyDelete
  29. ka mau nanya dong ituh yg ngegajih karyawan nyah kita apa pihak dari kaka?

    ReplyDelete
  30. Jadi Agennya hanya mengirim paket saja ya bang...?
    Gimana caranya biar bisa sekaligus menerima dan mengantar paket bang...?
    Mksdnya, kita juga bisa menerima paket dan kurir yang mengantarkan ke alamat langsung.

    ReplyDelete