Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Peluang Usaha Jual Buah Dan Tips Supaya Untungnya Maksimal

Kesadaran masyarakat akan hidup sehat membuat konsumsi buah-buahan meningkat. Makannya jangan heran kalau pedagang buah-buahan pun kini semakin banyak ditemui di berbagai tempat. Apalagi di perkotaan yang lahannya terbatas. Tidak semua orang bisa menanam pohon, bahkan hampir sebagian besar tidak memiliki lahannya sama sekali. Inilah peluang yang bisa dilirik untuk membuka usaha jual buah.

Dalam menjalankan usaha jual buah, seseorang bisa memilih tiga peran di antaranya, yaitu sebagai pemilik toko buah segar, distributor ke kios-kios, atau supplier buah beku. Paling mudah adalah membuka toko milik sendiri. Tinggal mencari supplier buah, baik lokal ataupun impor, kemudian menentukan lokasi. Kalau toko buah ini sudah laris, justru para supplier buahlah yang akan datang menawarkan.



Peluang Bisnis dan Keuntungan Usaha Jual Buah 


Peluang Usaha Jual Buah Dan Tips Supaya Untungnya Maksimal
Ilustrasi salah satu toko buah.

Di awal telah disinggung sekilas tentang peluang usaha jual buah di area perkotaan. Usaha ini bisa memenuhi kebutuhan masyarakat kota yang ingin mengonsumsi buah-buahan. Apalagi tren gaya hidup mereka yang bermacam-macam, yakni ada yang mencari buah impor, langsung dari petani lokal, dan lainnya. Berbagai macam selera inilah yang bisa dimanfaatkan untuk menjalankan bisnis menjual buah-buahan.

Indonesia sendiri negara yang kaya akan tumbuh-tumbuhannya. Buah-buahan yang dihasilkan beragam, sehingga peluang keuntungannya pun semakin besar karena toko tidak hanya menjual satu jenis buah saja. Namun perlu diingat, jangan sampai salah memilih supplier karena kualitas tetap harus dijaga selain menawarkan varian buah. Kombinasi antara promosi kualitas buah serta berbagai macam jenis yang ditawarkan akan jadi lebih sempurna jika si penjual mencantumkan harganya.

Saat membicarakan peluang pasti membayangkan seberapa besar keuntungan yang dapat diperoleh. Penjual buah mendapatkan keuntungan harga dari supplier, dan yang ditawarkan kepada pembeli. Walau pun begitu, seorang penjual harus tau standar harga pasaran buah jenis tertentu berapa. Karena harga buah satu dengan yang lainnya pasti berbeda.

Supaya lebih mudah, bisa menentukan target pasar yang dituju. Misalnya, hanya menjual buah-buah impor atau berfokus untuk memberdayakan petani lokal. Jika membuka bisnis sambil membawa value tertentu, maka bisa lebih menarik minat calon pembeli. Sebab saat ini pelanggan tidak hanya membeli produk dari kualitasnya saja, tetapi juga value apa yang diperoleh dari konsumsi tersebut.
Info Menarik Lainnya : Menghitung Modal Usaha Jus Buah dan Potensi Keuntungannya

Yang Perlu Dilakukan Agar Jualan Untung

Membangun bisnis yang sukses membutuhkan proses yang tidak singkat. Ada banyak hal yang harus dilakukan, hingga akhirnya toko buah menjadi terkenal dan banyak pembeli. Kalau sudah begini, tinggal menikmati hasil dan tidak lagi bingung mencari supplier serta pelanggan.

Buat yang baru akan terjun ke dunia usaha jual buah, yuk simak tipsnya berikut:

Lokasi Toko Strategis

Bisnis apa pun yang dijalankan melalui kios, maka harus memperhatikan unsur strategisnya. Lokasi kios harus mudah dijangkau, misalnya di pinggir jalan. Kalau pun mau berjualan di pertokoan atau mall, pastikan tempatnya tidak di pojok. Pilih tempat yang mudah terlihat orang atau berdampingan dengan toko yang sudah terkenal sebelumnya. Posisi ini menguntungkan karena orang dapat dengan mudah menemukannya.

Tentukan Konsep Bisnis

Meski hanya usaha jual buah bukan berarti tidak membutuhkan konsep bisnis. Konsep ini harus tetap dibuat agar kegiatan bisnis dan pengembangannya lebih fokus. Mungkin sebagai awalan tidak masalah menawarkan berbagai macam buah layaknya toko buah pada umumnya. Sebab potensi rugi akan lebih besar kalau tidak cermat promosi ke segmentasi pasar yang sangat spesifik.

Mencari Supplier yang Tepat

Salah satu penentu kesuksesan usaha jual buah adalah bekerjasama dengan supplier buah yang tepat. Tepat di sini bukan hanya mampu menyediakan buah-buah sesuai permintaan, tetapi juga kualitasnya baik. Buah-buah yang dikirimkan tidak busuk, kondisinya masih layak, pengiriman tidak telat, dan harganya pun sesuai. Dalam memilih supplier mungkin akan berganti beberapa kali. Karena mendapatkan partner yang tepat butuh beberapa kali percobaan.

Penataan Buah yang Menarik

Toko buah tidak harus besar dan mewah. Selama penataan buahnya menarik, maka akan menarik minat orang untuk datang. Susun buah-buahan bisa berdasarkan warna, ukuran, atau jenisnya. Jika ingin lebih menarik, kios bisa didesain dengan konsep tertentu. Semakin unik tampilannya, maka akan semakin mengundang rasa penasaran. Satu hal yang perlu diingat, kebersihan kios harus diperhatikan dan menjadi fokus utama.

Promosi

Setiap bisnis membutuhkan aktivitas promosi agar diketahui banyak orang, termasuk toko buah. Meskipun hanya menjual buah bukan berarti tidak membutuhkan promosi. Cara paling sederhana adalah mencantumkan harga di depan toko agar mudah dilihat calon pembeli. Namun jika ingin memanfaatkan sosial media juga bisa karena saat ini sudah menjadi tren untuk berpromosi di Instagram, Twitter, Facebook, dan lainnya.

Up to Date dengan Kondisi

Sebagai pelaku usaha jual buah juga harus update informasi dan kondisi sekitar. Ini penting apalagi untuk menentukan harga buah yang akan ditawarkan. Paling tidak, tahu tren pasar seperti apa serta gaya hidup masyarakat. Selain itu, dengan meng-update informasi akan lebih mudah juga untuk melakukan pengembangan bisnis dan inovasi produk. Misalnya, awalnya hanya menjual buah tapi ke depannya kemungkinan menawarkan produk salad buah atau smoothie.
Info Menarik Lainnya : Peluang Usaha Minuman Unik Kekinian

Modal Membuka Usaha Jual Buah

Setelah mengetahui peluang serta memahami apa saja yang harus dilakukan, kini saatnya membicarakan modal. Besarnya modal untuk menjalani bisnis ini bervariasi. Pertama, tergantung pada sebarapa banyak jenis buah yang akan dijual. Semakin banyak jenis buahnya, maka akan dibutuhkan modal lebih besar. Ini bukan hanya karena harga buah berbeda-beda, tetapi setiap supplier pun akan menawarkan harga berbeda pula.

Besaran modal pun ditentukan dengan bagaimana konsep bisnis yang akan dijalankan. Jika hanya menjual buah saja mungkin tidak membutuhkan modal begitu besar. Namun jika mempunyai konsep tertentu apalagi yang sangat kekinian, mungkin modal yang harus dipersiapkan harus banyak. Sebenarnya menerapkan konsep yang unik adalah investasi jangka panjang. Hanya saja strategi bisnisnya harus jelas sehingga targetnya terukur dan uang tidak terbuang sia-sia.

Sebagai langkah awal usaha jual buah, umumnya orang-orang menyiapkan dana kurang lebih sekitar Rp15 juta. Uang ini akan dipakai untuk membeli produk, sewa toko, timbangan, meja kursi, dan peralatan lainnya, bahkan budget menggaji seorang pegawai apabila dibutuhkan. Sedangkan untuk biaya operasional per bulannya bisa menghabiskan Rp3 juta hingga Rp6 juta. Biaya ini bisa dikurangi apabila toko dibuka di lahan sendiri karena tidak perlu membayar sewa tempat bulanan.
Info Menarik Lainnya : 10 Usaha Sampingan Modal Kecil
Itulah serba-serbi tentang usaha jual buah yang perlu diketahui. Apapun peran yang dijalankan, baik sebagai pemilik toko, distributor, atau supplier, bisnis ini memberikan keuntungan yang menggiurkan. Potensi bisnisnya pun masih berpeluang luas untuk dikembangkan. Bahkan melihat gaya hidup sehat yang semakin dikampanyekan, bisa saja buah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat.

Demikian info tentang peluang usaha jual buah, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Salam.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Peluang Usaha Jual Buah Dan Tips Supaya Untungnya Maksimal"