Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Peluang Usaha Seafood Online Kekinian, Millenials Harus Tahu

Saat ini hampir tidak ada bisnis yang tidak memanfaatkan teknologi. Banyak usaha yang tadinya dijalani secara offline, kini mulai go-online. Seperti halnya usaha seafood yang sekarang sedang booming yaitu seafood online. Usaha ini memiliki pangsa pasar yang luas dan cocok untuk pemula yang baru akan merintis bisnis. Orang Indonesia rata-rata menyukai segala macam olahan seafood. Tentu ini merupakan kabar gembira bagi yang akan membuka usaha ini.

Usaha seafood online memang cocok dijalankan oleh Millenials. Pasalnya, generasi ini sangat mengandalkan teknologi untuk berbagai hal. Selain itu, millennials suka mencoba hal-hal baru. Tak heran jika usaha ini memang diperuntukkan bagi millennials. Kali ini akan dibahas peluang usaha ini di kalangan millennials serta tips suksesnya.




Untuk Millenials, Usaha Seafood Online Ini Punya Peluang Yang Bagus

Peluang Usaha Seafood Online Kekinian, Millenials Harus Tahu
Ilustrasi.

Bergesernya budaya belanja masyarakat Indonesia terutama millennials mendorong industri berbasis online terus tumbuh. Seperti diketahui bahwa millennials cenderung menyukai hal-hal yang praktis serta berbau-bau teknologi. Begitu juga dengan berbelanja makanan. Selain itu, populasi millennials yang cukup banyak membuat usaha seafood online ini bermasa depan cerah.

Ada banyak ragam usaha seafood online yang bisa dijalankan. Bisnisnya juga tersebar dari hulu ke hilir. Untuk usaha berbasis seafood di hulu, modal yang dibutuhkan memang cukup besar. Selain bermodal besar, ada regulasi-regulasi yang harus dipenuhi ketika memutuskan bermain di sektor hulu. Pilihan usahannya sendiri sebenarnya cukup menantang. Misalnya ekspor impor seafood, budidaya udang dan pengalengan ikan.

Usaha seafood dengan modal kecil dan mudah dijalankan oleh millennial adalah misalnya menjual olahan seafood secara online. Kepiting Nyinyir adalah salah satu contoh millennial yang sukses menjalankan usaha ini. Kabarnya, mereka hanya perlu mengeluarkan modal sekitar 3 juta rupiah. Sekarang, mereka sampai kuwalahan menangani order yang masuk.

Prospek usaha seafood online sendiri cukup bagus karena saat ini orang-orang cenderung ingin sesuatu yang praktis. Apalagi orang juga suka mencoba hal baru dalam hal makanan. Di kota besar, pekerja kantoran biasanya memesan makan siang secara online. Oleh karena itu, peluang usaha ini terbuka lebar dan pangsa pasarnya juga besar.

Dengan memanfaatkan media sosial dan internet sebagai sarana promosi, usaha seafood online ini bisa bertahan lama. Tentu saja hal promosi yang gencar di media sosial tidak boleh meninggalkan kualitas. Foto menu bisa dibuat semenarik mungkin, tapi untuk urusan rasa harus tetap diutamakan. Kualitas harus terus dijaga karena pesaing di usaha ini juga sudah mulai ramai.

Info Menarik Lainnya : Franchise Warteg Kini Lagi Trending, Anda Tertarik Mencoba?

Tips Sukses Menjalankan Usaha Seafood Online


Bagi pemula yang ingin menjalankan usaha ini tentu memerlukan tips-tips agar usaha yang dijalankan nanti bisa sukses. Menjalankan usaha dengan sistem online tentu berbeda dengan sistem konvensional. Usaha ini sangat bergantung pada testimoni atau penilaian pelanggan tentang kepuasan. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus dijaga dan diperhatikan. Berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba agar seafood online yang dijalankan bisa sukses:

Menyajikan Cita Rasa yang Nikmat


Tidak bisa dipungkiri jika rasa adalah hal utama yang harus diperhatikan. Bisnis makanan, apapun bentuknya, rasa adalah yang nomor satu. Jika usaha ini akan dijalankan sendiri, pastikan memiliki keahlian memasak. Jika belum pandai memasak, ada baiknya untuk berlatih memasak dulu. Cobalah memasak kemudian bagikan secara cuma-cuma kepada kerabat dan teman.

Tahap ini juga bisa dijadikan ajang survey rasa. Feedback yang diberikan oleh responden sangat berguna untuk menentukan layak tidaknya sebuah menu dilempar ke publik. Uji rasa ini juga untuk menentukan komposisi bumbu yang standar. Bumbu standar ini akan diperlukan agar rasa tetap terjaga, walaupun memasak dalam jumlah banyak.

Kreatif


Seafood yang banyak dijual di pasaran rata-rata olahannya sama yaitu digoreng, dibakar, atau dimasak dengan saus. Yang terakhir inilah yang paling bisa dimodifikasi. Saus yang sudah banyak dijumpai di pasaran adalah saus padang, blackpepper, saus tiram dan asam manis. Cobalah untuk membuat olahan yang berbeda dari yang sudah ada di pasaran.

Kepiting Nyinyir sukses menjalankan usahanya dengan cara “nyontek” cara penyajian kepiting di Lousiana, Amerika Serikat. Tidak ada salahnya mengadaptasi cara memasak sebuah negara atau daerah. Selanjutnya, bisa ditambahkan dengan kreasi sendiri agar tetap ada sentuhan personal pemilik pada menu yang disajikan.

Info Menarik Lainnya : Modal Usaha Mie Ayam Dengan Dana Minim (Cara Menyiasatinya)

Aktif di Media Sosial dan Internet


Karena bisnis seafood dijalankan secara online, mau tidak mau harus aktif secara online. Aktif di sini mencakup posting konten di media sosial dan internet. Ada baiknya memiliki website yang bisa difungsikan jadi toko online agar penanganan pembelian bisa maksimal. Selain itu, website diibaratkan wajah dan jati diri usaha yang nanti dijalankan.

Promo-promo produk juga bisa digaungkan di media sosial dan internet. Jangan ragu untuk merogoh kocek sedikit agar website yang dioperasikan bisa sesuai dengan keperluan. Infrastruktur sebuah website untuk toko online tentu lebih mahal daripada website biasa. Namun investasi ini akan sebanding dengan jumlah order yang masuk nantinya.

Cermat Memberdayakan SDM


Sebuah restoran online perlu SDM yang handal dan cekatan. Jangan coba-coba mengurus semuanya sendiri karena pasti akan kewalahan. Usahakan untuk menjalankan usaha ini dengan minimal 3 orang. Pembagiannya adalah 1 orang di dapur, 1 orang menangani keuangan dan administrasi, dan 1 orang lagi untuk mengurusi media sosial dan internet.

Jika tidak ada pembagian tugas, maka seluruh kegiatan toko bisa berantakan. Pasalnya ada banyak hal yang harus dipikirkan dan dikerjakan. Mulai dari pemesanan bahan baku, memasak, membuat pembukuan, menangani pesanan dan pengiriman, mengurusi promosi di internet dan pekerjaan tambahan lainnya. Semua ini tidak mungkin dikerjakan sendirian. Jadi, delegasi itu sangat penting.

Selalu Menjaga Kualitas Usaha Seafood Tersebut


Kualitas dari sebuah restoran online bukan hanya pada rasa tapi juga beberapa aspek lainnya. Aspek itu antara lain adalah kebersihan, ketepatan pengiriman serta ketersediaan produk. Untuk menjaga semua ini diperlukan koordinasi yang baik dengan semua pihak. Misalnya untuk menjaga ketersediaan menu, maka pasokan bahan baku harus terjamin. Bahan baku harus selalu segar dan paling penting harus selalu ada.

Sedangkan untuk menjaga kualitas pengiriman, maka kerjasama dengan jasa pengiriman juga perlu dijaga. Saat ini memang sudah banyak opsi pengiriman salah satunya bekerja sama dengan ojek online. Namun, harus terus dipastikan barang sampai di tangan konsumen dengan baik dan benar. Misalnya, tidak ada kuah yang tumpah atau malah salah kirim. Semua ini tujuannya untuk menjaga kepuasan pelanggan.

Info Menarik Lainnya : Berapa Sih Modal Usaha Bakso? Yuk Kita Ulas Bareng

Usaha seafood online memang sangat menarik untuk dijalankan. Millenials yang notabene generasi paling siap dengan perubahan teknologi sangat cocok menjalankan usaha ini. Selain untuk menambah penghasilan, usaha ini juga bisa membuka lapangan kerja jika dijalankan dengan serius. Selain itu, jumlah hasil laut Indonesia yang melimpah membuat usaha ini tidak akan kesulitan bahan baku.

Selamat mencoba, ya.

Demikianlah info tentang peluang usaha seafood online kekinian. Semoga dapat bermanfaat.

Post a Comment for "Peluang Usaha Seafood Online Kekinian, Millenials Harus Tahu "