Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Modal Usaha ATK Untuk Pemula dan Analisa Prospeknya

Toko ATK hampir bisa ditemui dengan mudah baik itu di pinggir jalan raya atau di lingkungan perumahan. Usaha ini termasuk berpeluang bagus dan bisa bertahan lama karena menjual barang yang diperlukan orang sehari-hari. Modal usaha ATK untuk pemula bisa dimulai dengan nominal kecil. Karenanya, bagi yang ingin memiliki usaha sampingan, membuka toko ATK bisa dijajal.

Kebutuhan masyarakat akan ATK terbilang tinggi apalagi bagi yang memiliki anak usia sekolah. Selain itu, ATK juga diperlukan oleh perkantoran. Jadi, membuka usaha toko ATK adalah langkah yang layak dicoba.


Modal Usaha ATK Untuk Pemula dan Analisa Prospeknya
Ilustrasi Toko ATK



Berapakah perkiraan modal usaha ATK untuk pemula?

Sebelum saya jelaskan rincian modalnya, yuk mari kita bahas tentang keunggulan jenis usaha ini terlebih dahulu.

Keuntungan Membuka Usaha ATK


Toko ATK adalah usaha yang sangat cocok dijalankan oleh pemula karena cenderung aman. Resiko kerugian dari usaha ATK bisa ditekan karena produk yang dijual tahan lama. Berbeda dengan produk kuliner yang sangat rentan rusak atau basi, ATK tahan lama dan tidak akan pernah basi. Barang seperti kertas dan alat-alat tulis bisa disimpan untuk waktu yang lama.

Selain karakter barang dagangan yang tahan lama usaha ini sangat mudah dijalankan terutama bagi pemula. Kegiatan operasional toko hanya berkutat seputar kulakan barang, membuka dan menutup toko. Untuk kulakan barang, bisa dilakukan secara periodik dan tidak perlu dilakukan setiap hari. Satu minggu sekali sudah cukup untuk kegiatan belanja barang.

Menjalankan usaha ATK tidak diperlukan keahlian khusus. Yang diperlukan hanyalah sikap ramah kepada pelanggan dan memastikan stok barang selalu tersedia. Walaupun sedikit, namun jika varian barang dagangan lengkap, maka pelanggan akan kembali lagi. Siapa saja bisa menjalankan usaha ini terutama pemula yang ingin usaha sampingan.

Modal usaha ATK terbilang kecil apalagi jika usaha dibuka dengan memanfaatkan lahan di rumah. Untuk sebuah toko ATK kecil berukuran 3x3 atau bahkan 2x3 bisa dimulai dengan kisaran modal di bawah 10 juta. Usaha sampingan layaknya dimulai dari rumah dan dijalankan sendiri dulu untuk menekan biaya dan memaksimalkan keuntungan.

Keuntungan lainnya adalah usaha ATK tidak memerlukan tempat yang fancy untuk bisa dijalankan. Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa usaha ini bisa dijalankan dari rumah. Atau jika memang harus menyewa kios, kios kecil saja sudah cukup untuk membuka usaha ini. Selain itu, tidak perlu mendekor atau melakukan renovasi atas tempat usaha. Jadi biaya bisa kembali ditekan.

Artikel Menarik Lainnya : Rincian Modal Usaha Fotocopy dan Alat Tulis (Lengkap)

Tips Sukses Menjalankan Usaha ATK Untuk Pemula


Walaupun usaha ini cenderung mudah, bukan berarti bisa asal-asalan dalam menjalankannya. Jika cermat dan ulet, usaha ini bisa mendatangkan keuntungan yang besar. Pangsa pasar toko ATK bukan hanya dari perorangan saja namun juga perusahaan. Berikut ini tips yang bisa dicoba untuk toko ATK yang sukses:

Memilih Lokasi yang Strategis


Toko ATK bisa dibuka didekat stasiun kereta, kampus, sekolahan, kos-kosan dan perumahan. Namun dari semua pilihan ini, yang paling efektif adalah membuka usaha toko ATK di dekat kampus atau sekolahan. Biasanya, ada deretan kios-kios kecil yang disewakan dengan harga murah di lokasi-lokasi ini.

Namun, jika memang modal sangat minim, seorang pemula bisa memulai usaha ATK dari rumah. Membuka usaha ATK dari rumah tidak berarti keuntungan minim, namun memang peluang mendapatkan pembeli sebanyak lokasi-lokasi di atas lebih rendah. Tetapi, keberadaan toko ATK di lingkungan perumahan tetap dibutuhkan masyarakat. Jadi, tetap layak untuk dicoba berjualan dari rumah.

Varian Barang Dagangan Harus Lengkap


Modal Usaha ATK Untuk Pemula dan Analisa Prospeknya
Ilustrasi varian produk ATK

Kunci sukses dari usaha toko ATK adalah kelengkapan barang dagangan. Usahakan walaupun toko kecil, setiap jenis ATK tersedia walaupun dalam jumlah sedikit. Sistem stok barang bisa diakali dengan menyetok barang yang paling laku dalam jumlah banyak, dan barang yang kurang laku atau lama laku dengan jumlah yang lebih sedikit. Namun, jangan sampai habis sama sekali.

Atur Waktu dan Jumlah Kulakan


Sejalan dengan jumlah barang di toko, kegiatan kulakan menjadi penting. Waktu kulakan bisa diatur sesuai dengan berapa banyak barang yang laku dua seminggu. Jika dalam dua minggu barang sudah hampir habis, maka usahakan untuk kulakan seminggu atau sepuluh hari sekali.

Pantau sisa barang dagangan agar tidak terjadi over buying atau malah kurang. Pengaturan jumlah dan waktu kulakan ini harus tepat agar kegiatan operasional toko bisa lancar. Untuk menekan biaya, usahakan mencari supplier yang murah dan lengkap.

Cekatan dan Ramah Kepada Pembeli


Seorang pemilik toko ATK harus cekatan dan tahu dimana letak-letak barang dagangan. Selain itu, pelayanan yang ramah kepada pelanggan juga menjadi kunci sukses toko ATK. Selain uang, kualitas pelayanan juga menjadi modal usaha ATK untuk pemula yang utama. Jika barang yang dicari pembeli tidak ada, informasikan dengan sopan dan selalu ucapkan terima kasih setiap kali menerima pembayaran.

Tambahkan Pelayanan Sesuai Kebutuhan


Usaha ATK bisa berkembang besar. Seiring berjalannya waktu, bisa ditambahkan pelayanan lain seperti foto copy dan jasa printing. Biasanya ini akan sangat efektif bila toko ATK dibuka di dekat kampus atau instansi. Misalnya, toko ATK dibuka di dalam area kantor pajak atau Samsat yang memerlukan banyak fotocopy berkas. Tentunya akan sangat berdampak pada kelangsungan toko.

Artikel Menarik Lainnya : Peluang Keuntungan & Tips Memulai Bisnis Grosir ATK Jakarta

Perkiraan Modal Usaha ATK untuk Pemula


Modal usaha ATK untuk pemula memang tidak besar, namun berapakah tepatnya? Di tengah fluktuasi harga-harga sekarang ini, sulit untuk menemukan angka pasti. Namun, berikut ini telah dibuat perkiraan modal yang dibutuhkan berdasarkan harga ATK yang ada di pasaran.

Modal untuk Investasi


Modal investasi adalah segala biaya yang dikeluarkan untuk keperluan memulai usaha. Adapun biaya investasi untuk toko ATK adalah sebagai berikut ini:

Etalase : Rp2.000.000
Rak display : Rp1.500.000
Meja Kursi Kasir : Rp300.000
Signage : Rp200.000
Total : Rp4.000.000

Biaya investasi ini perlu ditambahkan biaya sewa tahunan sekitar 10 juta rupiah untuk kios ukuran 2x3 meter persegi. Jadi di awal, perlu disiapkan dana sebesar 14 – 15 juta rupiah. Namun jika memilih berjualan di rumah, maka biaya sewa bisa dihilangkan dari perkiraan modal.

Biaya Operasional


Biaya operasional adalah segala pembelanjaan terkait berlangsungnya kegiatan toko sehari-hari. Ini termasuk juga di dalamnya gaji karyawan dan belanja barang dagangan. Berikut ini kisaran angkanya:

Belanja ATK : Rp3.500.000
Listrik : Rp50.000
Gaji Karyawan : Rp1.500.000
Kantong plastik : Rp50.000
Biaya perlengkapan : Rp50.000
Lain-Lain : Rp100.000
Total : Rp5.250.000

Asumsi Pendapatan


Pendapatan diasumsikan dengan omzet harian sebesar 250.000, maka pendapatan dan keuntungan yang didapatkan adalah sebagai berikut:

Pendapatan: Omzet per hari 250.000 x 30 = Rp7.500.000
Keuntungan: Pendapatan – Biaya Operasional : 7.500.000 – 5.250.000 = 2.250.000

Nah, modal usaha ATK untuk pemula rasanya masih masuk akal dan terjangkau. Untuk memperbesar keuntungan, coba tawarkan kerjasama ke kantor-kantor atau instansi pemerintah dalam hal pengadaan ATK.

Cara ini banyak dicoba oleh pelaku usaha ini dan terbukti dalam sebulan bisa meraup keuntungan sampai puluhan juta rupiah. Jangan ragu untuk mengirimkan proposal penawaran karena ini salah satu jalan agar usaha bisa sukses.

Semoga dapat bermanfaat.
Yunita
Yunita Saya seorang ibu rumah tangga yang gemar menulis.

15 comments for "Modal Usaha ATK Untuk Pemula dan Analisa Prospeknya"

  1. Assalamualaikum.wr.wb...
    Alhamdulillah..dengan membaca artikel ini ada sedikit angin segar yang mampu membuat motivasi bersemangat lagi dalam hal membaca peluang usaha, kususnya usaha perlengkapan ATK.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mas,,, semoga bermanfaat :-)

      Delete
    2. Mksih
      Saya termotivasi.amin

      Delete
  2. Terima kasih ulasannya,saya jadi termotivasi untuk berjualan atk

    ReplyDelete
  3. Sy sedikit koreksi mas, karena sy udah 6 tahun jualan ATK,,,ATK itu nambah untungnya sekitar 25-35 % (kecuali kalau mainan/aksesoris bs tambah 100%)..seandainya belanja ATK cuma 3.500.000 tambah margin tertinggi 35% aja jadi 4.725.000...dan kalo omset perhari 250.000 maka dalam waktu sekitar 19 hari barangnya udah habis...

    jadi ngitungnya gini aja, bila omset 7.500.000 x 35% = 2.625.000 - 1.700.000(gaji krywn+listrik dsb) = 925.000 sebulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sekali atas koreksi dan informasi tambahannya bos. Semoga dapat bermanfaat untuk para pembaca semuanya. :-)

      Delete
    2. Saya tertarik ATK ditawarkan ke Dinas. Tapi, masih ada rasa ragu dengan kegagalan. Jika pembayaran 3 bulan sekali, apakah itu masih menguntungkan? Mohon solusinya. Terima kasih

      Delete
    3. Kalau tempo pembayaran 3 bulan sekali menurut saya kelamaan deh gan. Sebab gak jaminan juga pembayarannya pasti lancar pas jatuh temponya. Dulu saya pernah punya teman yang usahanya juga dibidang ini. Dia memberi tempo pembayaran tiap sebulan sekali.

      Delete
  4. Dimana tempat atau alamat utk kulakukan atk? Mohon dibimbing..

    ReplyDelete
  5. Saya sedang mencari Distributor ATK
    Saya berdomisili di Kota Makassar, mohon saran dan masukannya.
    Email : primalastridns888@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mogon maaf untuk daerah Makasar saya belum tahu info distributor yang ada di sana. Tapi agan bisa coba cari sendiri melalui google map dengan mengetikkan kata kunci: "Distributor alat tulis kantor terdekat"

      Delete
  6. Untuk mulai baiknya kulakan dengan item apa saja ya yg sering laku..... misalnya modal 10jt khusus Atk

    ReplyDelete
  7. Lumayan lah buat persiapan di masa lulus sekolah

    ReplyDelete