Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Tips Berbisnis yang Menguntungkan di Kota Kecil & Contohnya

Peluang usaha di kota kecil memang tidak sebesar di kota besar. Selain itu, pilihan usaha yang bisa dijalankan juga terbatas. Berbisnis yang menguntungkan di kota kecil bisa saja terjadi asalkan sejak awal pengelolaannya benar.




Ada banyak hal yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan jika ingin berbisnis yang menguntungkan di kota kecil.

Pada pembahasan kali ini akan mengupas bagaimana tantangan berbisnis di kota kecil dan tips agar bisa mendulang cuan dengan bisnis di kota kecil. Yuk langsung saja disimak!

Tantangan Bisnis di Kota Kecil


Kota kecil menyimpan potensi ekonominya masing-masing. Namun begitu, ada sejumlah tantangan yang harus dihadapi pelaku bisnis yang memutuskan membuka usaha di kota kecil. Kota kecil populasinya tentu tidak seperti di kota besar. Sempitnya pasar lokal membuat margin kesalahan lebih besar.

Selain itu, berbisnis yang menguntungkan di kota kecil bisa dicapai jika mampu membangun relasi yang kuat dengan pelanggan. Beruntungnya, ruang lingkup kota yang tidak terlalu luas memungkinkan terciptanya hubungan yang kuat antara penjual dan pembeli.


Tips Berbisnis yang Menguntungkan di Kota Kecil & Contohnya
Ilustrasi salah satu kota kecil di Indonesia (Sumber foto: kotasubang.com)

Pilihan bisnis yang akan dijalankan juga menjadi tantangan tersendiri. Jika memilih untuk menjalankan bisnis yang benar-benar baru, maka warga lokal harus diyakinkan terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk menumbuhkan rasa percaya terhadap produk atau layanan yang akan diluncurkan.

Tantangan lain datang dari bisnis yang sudah ada sebelumnya. Jika ingin mencoba mengambil alih apa yang sudah ada ini, maka perlu ada relasi yang kuat dengan pemilik sebelumnya. Alasannya adalah agar usaha tetap mendapat pelanggan lama yang sudah terlanjur akrab dengan pemilik sebelumnya.

Namun jika memutuskan untuk menyaingi bisnis yang sudah ada sebelumnya, harus dipertimbangkan matang-matang. Pasalnya, warga di kota kecil susah percaya pada produk pendatang baru yang notabene sama dengan yang sudah ada sebelumnya.

Karakteristik dan kehidupan sosial budaya masyarakat lokal juga merupakan tantangan tersendiri. Sebuah usaha yang baik haruslah bisa menyesuaikan dengan kearifan lokal di tempat usaha. Dengan memahami karakteristik masyarakat lokal, maka pelaku usaha bisa menghadirkan produk dan layanan yang sesuai.

Artikel Menarik Lainnya : Contoh Usaha yg Bagus saat Krisis Pandemi Corona

Tips Mendapat Untung dari Usaha di Kota Kecil

Berbisnis yang menguntungkan di kota kecil bisa diraih jika pelaku usaha bisa mengidentifikasi apa yang menjadi kebutuhan warga lokal. Untuk itu, perlu diidentifikasi apa saja yang bisa dilakukan untuk memuaskan pasar lokal tadi. Yuk, simak tips yang bisa dilakukan berikut ini:

1. Melayani Kebutuhan Pasar Lokal


Untuk bisa mencapai kepuasan warga lokal tentu saja dengan menyediakan produk yang dibutuhkan warga lokal. Maka, perlu kejelian melihat peluang dan menyediakan layanan yang belum ada. Lakukan riset tentang respon warga lokal terhadap sebuah produk global dan produk buatan lokal.

2. Menyediakan Produk yang Sesuai dengan Area Bisnis

Sebagai contoh, terdapat potensi perikanan dan tambak pada sebuah kota. Maka, kota itu akan timbul kebutuhan penyedia pakan ikan, peralatan perikanan dan tambak, dan bisa juga benih. Hal serupa juga bisa dialami kota kecil lain dengan potensi yang berbeda tentunya.

3. Memasarkan Produk Lokal Keluar Kota


Biasanya, sebuah kota memiliki produk lokal yang khas dan memiliki nilai jual. Maka, bisnis yang menguntungkan bisa menggarap segmen ini. Yaitu dengan memasarkan produk lokal ini ke pasar yang lebih luas lagi di tempat lain. Dengan promosi yang gencar, usaha ini bisa menghasilkan keuntungan yang besar.

4. Melayani Pasar Wisatawan


Saat ini, hampir semua kota di Indonesia berbenah untuk memaksimalkan potensi wisata yang ada. Artinya, ada potensi ekonomi bagi produk-produk lokal dan juga hiburan lokal. Celah ini bisa dimanfaatkan oleh orang yang ingin membuka usaha di kota kecil.

5. Memenuhi Permintaan Pemerintah Daerah

Pemerintah daerah memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi. Maka, bisnis pengadaan memiliki peluang yang cukup besar di kota kecil. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mencari tahu apa yang sedang menjadi program pemerintah daerah setempat. Dengan begitu, calon pengusaha jadi tahu apa yang sedang menjadi kebutuhan pemerintah daerah.

Artikel Menarik Lainnya : Kriteria Usaha Sampingan Di Desa Yang Paling Menjanjikan (Plus Tipsnya)

Ide Bisnis yang Menguntungkan di Kota Kecil


Setelah mengidentifikasi kebutuhan yang ada dari sebuah kota kecil, maka saatnya menggali ide berbisnis yang menguntungkan. Ide bisnis ini tentunya harus disesuaikan dengan karakter, pendapatan masyarakat daerah, dan juga kearifan lokal sebuah kota. Nah, di bawah ini pilihannya:

1. Bisnis Makanan Khas


Berbisnis yang menguntungkan bisa didapat dari ikon produk lokal. Misalnya, kota kecil ternyata penghasil belimbing, maka cobalah untuk membuat olahan berbahan dasar belimbing. Setelah jadi, maka produk tadi akan menjadi produk khas kota tersebut.

Makanan khas ini bisa dipasarkan kepada warga lokal dan wisatawan sebagai cenderamata atau oleh-oleh. Yang perlu diingat adalah cita rasa harus enak kemudian packaging juga harus unik. Selain itu, berikan merek yang langsung mencerminkan asal makanan tersebut.

2. Membuka Layanan PPOB


Payment Point Online Bank atau PPOB adalah sebuah layanan pembayaran secara online menggunakan fasilitas perbankan. Layanan macam-macam jenis pembayaran ini sangat membantu masyarakat di kota kecil. Masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor PDAM hanya untuk membayar air, atau ke PLN untuk membayar listrik.

Menjadi penyedia layanan PPOB adalah salah satu cara berbisnis yang menguntungkan di kota kecil karena bisa langsung menyentuh end user. Apalagi, pasar yang sempit dan populasi yang tidak banyak membuat orang yang menyediakan layanan PPOB ini bisa langsung dikenal masyarakat sekitar.

3. Usaha Agen Perjalanan


Jika sudah mulai membuka diri untuk wisatawan, maka usaha agen perjalanan selalu punya tempat. Pendatang biasanya akan memerlukan jasa sewa mobil atau mungkin sekalian dengan paket wisatanya. Lengkapi usaha dengan website yang berisi tempat-tempat wisata di kota itu disertai dengan foto yang bagus.

4. Agen LPG


Tidak bisa dipungkiri bahwa rantai pasokan LPG ke kota kecil tidak semulus di kota besar. Maka, menjadi agen LPG termasuk dalam ide berbisnis yang menguntungkan di kota kecil. Masyarakat lokal pasti membutuhkan LPG, maka menjadi agen LPG adalah pilihan tepat. Modal yang diperlukan memang cukup besar, tapi sebanding dengan keuntungan dan karakter usaha yang tahan lama.

Artikel Menarik Lainnya : 10 Usaha Sampingan Modal Kecil

5. Membuka Pusat Kebugaran


Pada dasarnya semua orang ingin bugar, maka peluang membuka pusat kebugaran di kota kecil cukup besar. Apalagi, biasanya jarang ada usaha jenis ini di kota kecil, jadi tidak ada salahnya menjadi pelopor. Disamping itu, tren tentang kesehatan dan kebugaran sedang naik. Maka usaha yang berhubungan dengan kebugaran akan selalu mendapat pelanggan.

Nah, ternyata membuka bisnis di kota kecil itu menggiurkan. Pasar yang tidak terlalu luas justru bisa membuat pelaku usaha akrab dengan pelanggannya. Berbisnis yang menguntungkan di kota kecil sangat bergantung pada relasi dengan pelanggan. Kesimpulannya, produk dan layanan yang diberikan harus sesuai dengan karakteristik masyarakat lokal.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik selanjutnya. Salam.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Tips Berbisnis yang Menguntungkan di Kota Kecil & Contohnya"

Berlangganan Artikel Via Email (Jangan lupa Klik re-CAPTCHA dan Cek isi Email Anda)