Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Peluang dan Kiat Sukses Bisnis Ekspedisi Truk, Simak Yuk!

Pertumbuhan bisnis di Indonesia baik itu bisnis e-commerce atau bisnis lainnya mendukung perkembangan bisnis ekspedisi. Maka, peluang bisnis ekspedisi truk yang bisa melayani pengiriman logistik sangat besar. Tidak jarang kini mulai banyak orang yang terjun ke bisnis ini.

Bisnis ekspedisi truk memang merupakan bisnis dengan modal yang lumayan. Namun dengan taktik dan jaringan yang tepat, masalah modal ini tentunya bisa diatasi. Kali ini akan diulas bagaimana sebenarnya peluang bisnis ekspedisi menggunakan truk dan apa saja kiat suksesnya.



Analisis Peluang Usaha Bisnis Ekspedisi Truk

Luasnya jarak distribusi barang di Indonesia membuat bisnis pengiriman barang menggunakan truk sangat menjanjikan. Selain itu, pembangunan infrastruktur yang massif belakangan ini menyediakan jalur distribusi yang lebih mudah. Hal ini membuat perjalanan darat untuk pengiriman barang menjadi semakin lancar.

Sebagai negara kepulauan yang kekayaan alamnya melimpah, pertumbuhan ekonomi Indonesia dibilang cukup stabil. Walaupun saat ini terjadi perlambatan karena krisis pandemi virus corona, ekonomi Indonesia masih bisa dikatakan sehat. Tidak heran jika bisnis masih bisa tumbuh dan berkembang.

Potensi bisnis ekspedisi truk sangat besar juga salah satunya karena kegiatan perdagangan eksternal berkelanjutan terus berjalan. Disamping itu, kegiatan ekspor dan impor yang terus terjadi bahkan meningkat membuat bisnis ini memiliki peluang cerah.

Analisis lain bahwa bisnis ekspedisi truk bisa bertahan hingga beberapa tahun ke depan adalah karena mulai banyak perusahaan yang mempercayakan urusan logistic kepada jasa pengiriman. Perusahaan tidak lagi menangani masalah logistik sendiri. Outsourcing dinilai lebih efektif juga efisien untuk operasional perusahaan.

Peluang dan Kiat Sukses Bisnis Ekspedisi Truk, Simak Yuk!
Ilustrasi salah satu jasa ekspedisi truk.

Perkembangan e-commerce yang sangat pesat juga menjadikan bisnis ini sangat gurih. Pertumbuhan minimarket yang juga membangun banyak distribution center juga menjadi potensi besar untuk bisnis ini. Belum lagi ditambahnya gudang-gudang untuk e-commerce yang memiliki pergudangan sendiri. Hal-hal inilah yang membuat usaha ekspedisi truk sangat potensial.

Jalur darat adalah jalur distribusi yang paling banyak digunakan dan mendominasi masalah pengiriman. Sekitar 47% sektor transportasi maupun pergudangan didominasi oleh pengiriman melalui darat dengan truk sebagai armadanya. Apalagi saat ini jalur darat semakin terkoneksi dengan adanya pembangunan tol.

Tantangan bagi bisnis ini adalah digitalisasi. Dengan dukungan desain digitalisasi yang terintegrasi, bisnis ini akan semakin efisien dan bisa memberikan pelayanan yang lebih baik lagi. Pasar logistik, pergudangan serta transportasi yang luas di Indonesia ini harus didukung dengan bisnis angkutan barang yang besar dan tanggap teknologi.
Info Menarik Lainnya : 6 Peluang Kemitraan Jasa Ekspedisi, Sudahkah Anda Bergabung?

Kiat Sukses Menjalankan Bisnis Ekspedisi Truk

Setelah mengetahui besarnya peluang pada bisnis ini, maka banyak orang yang tertarik atau beralih ke usaha ini. Walaupun modalnya lumayan, ternyata tidak menyurutkan orang untuk membuka usaha ini. Bagi pemula, ada baiknya mengikuti kiat-kiat di bawah ini agar usaha semakin lancar.

1. Tentukan Jenis Usaha Ekspedisi

Ada baiknya pemula mengetahui dulu jenis bisnis ekspedisi berbasis truk atau trucking yang akan digeluti. Jenis bisnis ekspedisi truk ini ada ekspedisi dalam kota, ekspedisi antar kota, ekspedisi antar pulau, atau broker. Pengetahuan akan jenis usaha ekspedisi ini berguna untuk menentukan kepemilikan armada.

Misalnya untuk ekspedisi dalam kota dan antar kota, truk yang harus dimiliki adalah jenis Fuso, tronton, dan engkel. Untuk antar pulau armada bisa ditambah lagi dengan truk jenis wing box dan trailer. Sedangkan broker, tidak perlu memiliki armada karena fungsi perusahaan hanya sebagai broker.

2. Menentukan Pemilihan Driver

Di awal usaha, pengemudi mungkin bisa dilakukan sendiri oleh pemilik usaha. Keuntungan tentu lebih besar jika dikemudikan sendiri. Namun, hal ini semakin lama akan semakin tidak efektif. Pasalnya ada urusan administrasi usaha yang harus dikerjakan juga.


Peluang dan Kiat Sukses Bisnis Ekspedisi Truk, Simak Yuk!
Ilustrasi.

Jadi, merekrut driver adalah pilihan terbaik. Pertimbangkan masak-masak sistem penggajian para driver ini agar cash flow tetap terjaga. Jika dirasa belum perlu, jangan dulu merekrut driver terlalu banyak. Sesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan armada.
Info Menarik Lainnya : Ekspedisi AnterAja Malah Raih Untung Saat Corona, Kok Bisa?

3. Menjalin Kerjasama dengan Asuransi

Dukungan asuransi untuk pengiriman barang sangat penting bagi bisnis ekspedisi. Perjalanan darat bisa sangat beresiko sehingga perlu ada perusahaan penjamin tempat pengalihan resiko ini. Resiko kerusakan barang akibat proses pengiriman sangat besar. Pemula bisa kewalahan menangani hal ini jika tanpa dukungan perusahaan asuransi.

4. Digitalisasi

Perusahaan ekspedisi yang bertahan lama adalah yang berbasis teknologi. Sebagai contoh, Deliveree adalah perusahaan ekspedisi truk yang sudah menerapkan teknologi pada proses bisnisnya. Digitalisasi untuk bisnis ini harus mencakup semua proses bisnis. Mulai dari penerimaan order, pengiriman, sampai ke pencatatan keuangan.

5. Jalin Kerjasama dengan E-Commerce

Pertumbuhan bisnis e-commerce maupun online shop sangat pesat. Maka, untuk menjaring pasar yang lebih luas, jalinlah kerjasama dengan perusahaan e-commerce. Di e-commerce, marketplace maupun toko online, pasti memerlukan pengiriman dalam jumlah besar yang hanya bisa ditangani oleh sistem trucking.

6. Harga Bersaing

Harga adalah yang pertama kali ditanyakan oleh konsumen. Maka, agar bisa memenangkan pasar, lakukan riset harga pesaing terlebih dahulu. Usahakan agar tarif tidak lebih mahal dari pesaing jangan juga terlalu murah. Terlalu murah membuat konsumen tidak percaya pada kualitas layanan. Maka, berikan harga yang wajar dan sesuai dengan kondisi di lapangan.

7. Mulai dari Area Kecil

Impian para pelaku usaha ekspedisi adalah bisa melakukan pengiriman sampai ke pelosok Indonesia. Namun, bagi pemula, maksimalkan dulu pengiriman area kecil. Misalnya, Jabodetabek. Dengan fokus dan ketekunan, maka kepercayaan konsumen akan semakin tinggi. Ketika keuangan perusahaan sudah stabil, maka area pengiriman bisa diperluas.
Info Menarik Lainnya : Cara Jadi Agen JNE (FYI: Ini Peluang Bisnis Yang Bagus)

Pertimbangkan Bergabung dengan Bisnis Sewa Truk Berbasis Aplikasi

Ketika armada sendiri sudah dimiliki namun nyali membuka perusahaan sendiri masih kecil, tidak ada salahnystartupa sama dulu dengan pihak lain. Saat ini, startup di bidang jasa ekspedisi sudah ramai. Misalnya saja Go Box, Deliveree, Kargo.tech, Grab dan Lalamove yang menyediakan layanan pengiriman ini.

Peluang dan Kiat Sukses Bisnis Ekspedisi Truk, Simak Yuk!
Deliveree, salah satu jasa ekspedisi truk berbasis aplikasi.

Cara kerja dari aplikasi di atas adalah pemilik armada akan menerima order atau muatan yang sesuai dengan ukuran truk. Rute pengiriman pun akan disesuaikan dengan kemampuan jangkauan pemilik armada. Syarat bergabung yang mudah membuat usaha model ini banyak dilirik oleh pemula.

Bergabung dengan perusahaan-perusahaan di atas cukup menguntungkan. Pasalnya, pemilik armada akan diberikan training setelah menjadi mitra. Belum lagi adanya jaminan asuransi untuk barang-barang yang dikirim. Dukungan asuransi ini membuat pemilik armada bisa terbebas dari resiko kerusakan barang saat pengiriman.

Keuntungan lainnya adalah fleksibilitas waktu. Jika dirasa tidak bisa menerima order, maka tidak ada sanksi ataupun penalti dari perusahaan. Hal ini tentu memudahkan pemilik armada jika kebetulan ada order yang lebih besar. Kemudahan dalam hal mengatur waktu ini memungkinkan pemilik armada bisa punya waktu untuk melebarkan jaringan bisnis.

Bisnis ekspedisi truk yang berpotensi sangat cerah ini sangat cocok dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Penyaluran bahan baku, logistik, dan juga barang-barang perdagangan akan lebih mudah jika didukung oleh jasa ekspedisi yang berbasis digital. Kesimpulannya, potensi usaha yang cerah ini harus dibarengi dengan sistem dan teknologi terkini.
Info Menarik Lainnya : Cara Menjadi Agen TIKI (Yang Minat Bisnis Ekspedisi Merapat)
Demikianlah analisis singkat tentang peluang bisnis ekspedisi truk. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Penulis by : Bang izal. 

Post a Comment for "Peluang dan Kiat Sukses Bisnis Ekspedisi Truk, Simak Yuk! "