Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Menata Kamar Tidur Anak Perempuan (Dijamin Bikin Betah)

Mendekorasi kamar anak tentu menjadi hal yang menyenangkan bagi setiap orangtua. Mereka pasti ingin memberikan desain kamar yang terbaik dan sesuai dengan selera anak-anaknya. Kini banyak pasangan muda yang berusaha mencari info tentang cara mendesain kamar yang tepat. Oleh karena itulah artikel ini sengaja saya tulis, dengan harapan semoga dapat membantu mereka. Oh iya, artikel kali ini akan khusus membahas tentang cara menata kamar tidur anak perempuan.

Mungkin ada pembaca yang bertanya: "Bagaimana dengan desain kamar tidur anak laki-laki?"

Tenang saja, nanti pasti juga akan saya ulas secara khusus diartikel berikutnya. 😉

Baiklah, mari langsung saja kita ulas. Untuk anak perempuan biasanya ada tema-tema tertentu, seperti princess, taman bunga, dan sebagainya. Di bawah ini adalah beberapa cara menata kamar tidur anak perempuan yang sederhana dan mudah.



Cara Menata Kamar Tidur Anak Perempuan

Bagi anak-anak, kamar tidur bukan hanya sebagai tempat untuk beristirahat saja. Ruangan ini juga seperti play ground mereka. Jadi dikamar itu seorang anak bisa betah bermain dan mengeksplorasi hal-hal baru. Sehingga sang anak akan selalu merasa nyaman di ruang privatnya tersebut. Nah, setiap pasangan muda harus tahu cara menata kamar tidur tersebut, sehingga anaknya bisa merasa betah.

Anak Perempuan dan Kamarnya

Percaya atau tidak, kamar anak membutuhkan lebih banyak tempat penyimpanan, apalagi untuk anak perempuan. Selain tempat untuk menaruh mainan, anak perempuan biasanya memiliki banyak aksesoris. Nah semua itu harus disimpan secara khusus dan rapi, supaya kamarnya tidak berantakan.

Biasanya, saat mulai masuk usia TK dan SD, seorang anak cenderung ingin memiliki kamar sendiri. Oleh sebab itu, cara menata kamar yang pas untuk anak perempuan wajib diketahui oleh setiap orang tua.

Berikut ini akan saya uraikan beberapa bagian penting yang harus diperhatikan, diantaranya:

1. Pilih Tema

Kamar tidur anak yang sederhana dapat diaplikasikan menurut tema tertentu. Pilihlah tema yang pada umumnya disukai oleh anak-anak. Misalnya tema dengan karakter kartun, nuansa girly, dominasi warna pink, dan sebagainya.

Cara Menata Kamar Tidur Anak Perempuan (Dijamin Bikin Betah)
Hello Kitty, salah satu tema yang paling disukai anak perempuan.

Pemilihan tema yang sesuai dengan minat anak-anak tersebut tentu saja akan mampu membuat mereka betah. Jika mereka sudah merasa betah dan happy, maka akan lebih memudahkan Anda untuk memilih perabotan yang tepat serta barang pendukung lainnya.
Info Menarik Lainnya : Trik Menata Kamar Tidur Sempit Agar Nyaman & Terkesan Elegan

2. Cat Kamar dengan Warna Mood yang Menyenangkan

Cat tembok kamar menjadi faktor utama yang menentukan mood atau nuansa kamar tersebut. Pemilihan warna bisa disesuaikan dengan warna favorit anak. Kalau si anak masih bingung apa warna yang disukainya, maka bisa dipadukan dengan tema yang akan dipilih.

Hendaknya pasangan orang tua harus mampu memahami warna-warna apa saja yang sesuai. Intinya pilih warna yang bisa membuat kamar sang anak terasa nyaman dan menyenangkan. Hindarilah warna-warna gelap dan terkesan suram.

3. Pilih Meja Belajar Multifungsi

Salah satu furniture yang harus ada di kamar anak adalah meja belajar. Pilihlah meja belajar dan sebuah lemari buku yang memiliki beberapa tingkatan rak. Lihat salah satu contohnya dibawah ini.


Cara Menata Kamar Tidur Anak Perempuan (Dijamin Bikin Betah)


Lemari buku bisa dipakai untuk menyimpan buku-buku dan peralatan belajar lainnya. Sedangkan untuk rak-rak bisa dimanfaatkan untuk menaruh boneka, pajangan, atau menaruh mainan.
Info Menarik Lainnya : Cara Menata Kamar Tidur Sederhana dengan Low Budget

4. Tempat Tidur yang Dilengkapi Storage

Tempat tidur dan furniture lainnya jangan sampai lupa untuk diperhatikan. Saat ini ada banyak desain tempat tidur yang dilengkapi dengan laci atau model storage lainnya. Model tempat tidur seperti itulah yang sebaiknya dipilih.

Apa sebab?

Karena dapat mengirit tempat dan memiliki banyak fungsi. Jangan lupa juga pada saat akan membeli tempat tidur tersebut, turut libatkanlah anak Anda. Tujuannya agar supaya mereka bisa memilih yang sesuai dengan seleranya.

5. Buat Playing Corner

Kamar tidur anak perempuan yang sederhana bukan berarti tidak bisa dijadikan tempat bermain. Biarkan anak-anak mengekspresikan dirinya secara bebas. Trik agar kamarnya tetap terlihat rapi, maka buatlah playing corner di salah satu sudut kamar.

Apa itu playing corner?

Kalau diartikan secara bebas, playing corner itu adalah semacam bagian khusus disebuah ruangan yang dirancang untuk tempat bermain anak. Jika dikamar anak, maka biasanya dipilih dibagian sudut kamar. Jadi kalaupun mainannya berantakan, maka hanya terkumpul atau berserakan dibagian sudut itu saja.

Lihat contoh ilustrasinya pada foto tempat bermain dibawah ini.


Cara Menata Kamar Tidur Anak Perempuan (Dijamin Bikin Betah)


Adanya playing corner ini juga akan memudahkan orang tua dalam membereskan kamar anak-anaknya. Selain itu, cara ini juga bisa mendidik mereka untuk disiplin, dan bertanggung jawab terhadap kamar tidurnya sendiri.
Info Menarik Lainnya : 9 Cara Menata Kamar Agar Terlihat Indah pada Rumah Minimalis
Cara menata kamar tidur anak perempuan di atas sangat mudah dilakukan. Terlebih saat ini para desain interior kerap memberikan konsep secara lengkap sehingga orang tua tinggal mengikutinya saja.

Namun akan lebih baik lagi kalau kamar tidur anak didesain bersama sang anak, karena merekalah yang akan menempatinya. Bagaimanapun juga anak-anak berhak untuk menentukan apa yang disukainya di ruang privasi mereka.

Demikianlah artikel tentang cara menata kamar tidur anak perempuan. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Menata Kamar Tidur Anak Perempuan (Dijamin Bikin Betah) "