Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Trik Menata Kamar Tidur Sempit Agar Nyaman & Terkesan Elegan

Menata kamar tidur sempit - Fungsi kamar tidur dalam kehidupan modern tidak hanya terbatas sebagai tempat untuk tidur. Ruang privat itu kini mulai digunakan oleh pemiliknya sebagai tempat bersantai. Ketika sedang bersantai tentu saja orang ingin merasa tenang dan nyaman. Dan tidak dapat dipungkiri, bahwa luas ruangan kamar menjadi salah satu faktor utama yang akan mempengaruhi perasaan nyaman tersebut.

Masalahnya, bagaimana jika ruangan kamar yang Anda miliki tidak luas?

Bahkan mungkin ukurannya tergolong sempit?

Tenang saja,,,, bagi Anda yang memiliki ruang kamar sempit, tidak perlu berkecil hati.

Karena,,,,,,,,,



Ada beberapa trik untuk menata kamar tidur sempit itu terasa nyaman, dan terkesan elegan.

Simak ulasan selengkapnya Yuk!

Sebelum kita membahas lebih lanjut, mungkin ada diantara Anda yang bertanya: Kenapa kalimat diatas juga diringi dengan kata ",,,terkesan elegan?" Apakah terasa nyaman saja tidak cukup?

Sebenarnya ini adalah masalah pilihan saja. Jika Anda ingin ruangan kamar Anda hanya sebatas nyaman saja, maka itu juga tidak masalah. Tapi alangkah lebih baik jika Anda juga memperhatikan masalah estetika ruang pribadi Anda tersebut.

Apalagi jika ruang kamar Anda kebetulan berukuran sempit. Sehingga akan membutuhkan perhatian tersendiri (rancangan khusus) agar tata letaknya pas dan tidak semrawut (baca: elegan). Dan ini tentu membutuhkan sentuhan 'rasa seni' tersendiri dalam mewujudkannya.

Perlu diketahui, bahwa kunci utama dari tampilan elegan adalah; simpel, sederhana, rapi, serta penuh dengan taste pemiliknya.

Mungkin ada lagi diantara Anda yang bertanya: "Apa pula pentingnya harus tampak elegan? Bukankah ruang kamar itu bersifat privat, sehingga hanya pemilik dan keluarganya saja yang akan melihatnya?"

Jawabannya: Iya, memang betul apa yang dikatakan diatas. Tapi sekali lagi saya katakan; ini adalah masalah 'taste', atau 'rasa seni' sang pemilik kamar. Jika Anda seorang yang menyukai keindahan, atau sesuatu yang rapi dan terlihat elegan, apa salahnya jika itu diterapkan diruang privat Anda sekalipun?

Apalagi jika Anda ingin mem-fungsikan ruang kamar Anda tidak terbatas untuk tempat tidur saja, tapi juga sekaligus sebagai tempat untuk bersantai. Jika tata letaknya rapi dan enak dipandang, tentu Anda akan merasa betah dan nyaman bersantai dikamar pribadi tersebut.

Nah, agar kamar sempit itu bisa tampil nyaman, rapi, dan elegan, langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan?

Jadi sebelum menata kamar tidur sempit itu menjadi lebih menarik, tentukan terlebih dahulu desain seperti apa yang Anda inginkan. Kalau sudah tahu apa konsepnya, maka proses dekorasi ulang kamar akan dapat lebih mudah dan cepat.
Artikel Menarik Lainnya : Cara Menata Kamar Tidur Sederhana dengan Low Budget
Untuk menata kamar tidur sempit memang tidak mudah. Anda harus bisa berpikir kreatif; bagaimana caranya menata dan mengatur ruangan yang ada secara pas dan tepat?

Berikut ini ada beberapa trik yang bisa dilakukan, agar kamar Anda menjadi lega, nyaman dan elegan.

Diantaranya:

1. Furniture Multifungsi

Saat ini semakin banyak inovasi pada furniture, termasuk untuk perabotan kamar tidur. Manfaatkan furniture multifungsi supaya menghemat ruang dan tidak terlalu banyak barang di kamar.

Misalnya, kasur dengan laci-laci penyimpanan di bagian bawahnya. Untuk meja rias, pilihlah yang sekaligus ada nakasnya (meja kecil yang ada lacinya). Dan masih banyak lagi macam furniture multifungsi lainnya.

Lihat contohnya pada foto dibawahnya ini.

Trik Menata Kamar Tidur Sempit Agar Nyaman & Terkesan Elegan

Tampak pada foto atas, sebenarnya ruang kamarnya tergolong kecil. Namun pemiliknya sangat cerdas dalam memilih furniture multifungsi untuk kamar pribadinya. Sehingga perabotan yang ada dikamarnya tetap bisa optimal diruangan yang sekecil itu. Simpel, lengkap dan tampak elegan.

2. Tidak Terlalu Banyak Warna

Salah satu kunci penampilan elegan adalah sederhana dan berkarakter. Oleh sebab itu, hindari terlalu banyak warna di dalam kamar. Sebagai contoh, untuk dinding bisa pilih satu warna kemudian dikombinasikan dengan satu warna lainnya pada furniture, hiasan, atau aksesoris.

Jika Anda ingin menggunakan lebih dari dua warna, sebaiknya tetap pilih satu warna yang mendominasi dan menampilkan karakter penghuninya.
Artikel Menarik Lainnya : 9 Cara Menata Kamar Agar Terlihat Indah pada Rumah Minimalis

3. Pasang Pajangan Minimalis

Kamar tidur yang sempit bukan berarti tidak boleh memasang pajangan. Dinding kamar tentu masih masih bisa dihiasi. Hanya saja, pilihlah lukisan atau pajangan yang berukuran tidak terlalu besar.

Trik Menata Kamar Tidur Sempit Agar Nyaman & Terkesan Elegan
Contoh pajangan dinding minimalis.
Selain itu, jangan memajang terlalu banyak foto dikamar yang sempit tersebut. Aturlah secara seimbang dan proporsional. Misalnya, foto dengan frame sederhana atau hiasan gantung yang tidak begitu ramai. Kalau senang membuat handicraft atau kerajinan tangan lainnya, kamar akan tampak menarik dengan hiasan-hiasan handmade.

4. Wall Lighting

Lighting juga merupakan kunci untuk menciptakan kamar yang elegan. Ada banyak konsep lighting untuk kamar tidur. Desain wall lighting biasanya cocok di kamar tidur yang sempit. Pemilihan warna yang temaram akan menambah suasana kamar jadi semakin menarik. Terlebih pada saat lampu utama dipadamkan.
Artikel Menarik Lainnya : Cara Menata Kamar Kost Sederhana Agar Nyaman Ditinggali

5. Pasang Wallpaper

Jika tidak ingin mengecat ulang kamar, maka Anda bisa menggunakan jalan pintas, yaitu dengan cara memasang wallpaper. Ada banyak varian wallpaper yang bisa dipilih, mulai dari motif, warna, hingga harga. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyesuaikan budget.

Setelah itu, barulah mulai memilih model atau motif yang sesuai dengan selera Anda. Biasanya untuk menghasilkan nuansa elegan, banyak orang yang memilih warna gold atau silver. Mungkin Anda menyukai jenis warna lain? Tentu saja Anda bebas untuk memilihnya. 😊

Lihat contoh salah satu motif wallpaper kamar untuk wanita dibawah ini.

Trik Menata Kamar Tidur Sempit Agar Nyaman & Terkesan Elegan

6. Jangan Terlalu Banyak Tumpukan Barang

Ciri utama kamar yang nyaman itu adalah:

- Yang selalu rapi.
- Tidak ada tumpukan barang di sudut ruangan.
- Meja atau tempat penyimpanan barang tidak berantakan.

Untuk menghindari penumpukan, maka buanglah barang-barang yang tidak diperlukan. Dan simpan barang yang masih dipakai. Anda bisa menaruhnya digudang rumah Anda. Jangan sampai barang yang tidak terpakai itu Anda tumpuk didalam kamar. Sebab kamar yang banyak tumpukan barang akan terasa penuh sesak, sehingga jauh dari kesan elegan.
Artikel Menarik Lainnya : 6 Tips Menata Ruang Tamu yang Sempit Agar Tampak Lega
Menata kamar tidur sempit dibutuhkan trik yang tepat, supaya terasa nyaman ditempati. Kalau Anda bisa berpikir kreatif, tentu sempitnya ruangan kamar tidak akan menjadi penghalang. Jika Anda sudah memahami konsep elegan itu seperti apa, maka Anda akan bisa mengkombinasikannya dengan tema-tema lain, misalnya scandinavian, klasik, atau modern.

Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat.

Post a Comment for "Trik Menata Kamar Tidur Sempit Agar Nyaman & Terkesan Elegan"