Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Menata Kamar Tidur Sederhana dengan Low Budget

Menata kamar tidur sederhana - Kamar tidur tentunya harus ditata sedemikian rupa supaya nyaman ditempati. Apalagi jika Anda ingin ruangan privat ini tidak hanya berfungsi untuk tempat beristirahat saja. Anda ingin mendesain sebagian space kamar itu untuk ruangan menulis atau membaca.

Namun, bagaimana jika ruangan kamar yang Anda miliki tidak terlalu luas? Bagaimana trik untuk mengakalinya? Yuk temukan sejumlah cara menata kamar tidur sederhana. Pastinya Anda tidak perlu mengeluarkan budget besar untuk merancangnya.

Oh iya, sebenarnya cara menata kamar tidur sederhana tidak hanya untuk ruangan sempit saja. Konsep ini juga cocok bagi mereka yang suka dengan hal-hal minimalis. Sebab cara mendekorasi dengan konsep sederhana ini selain minim biaya, juga tidak menggunakan banyak barang juga. Kamar jadi terasa lebih luas, rapi, dan terang.



Trik Menata Kamar Tidur Sederhana Agar Jadi Menarik

Perlu diingat, kenyamanan ruangan kamar tidak hanya karena faktor pemilihan furniture yang tepat saja. Tetapi juga dari faktor kombinasi warna, tata letak, hingga penempatan aksesoris yang tepat. Kalau semuanya dikombinasikan dengan baik, maka insya Allah hasilnya akan sempurna dan sesuai dengan harapan.

Di bawah ini ada beberapa trik untuk membuat kamar tidur sederhana menjadi lebih menarik:

1. Gunakan Washi Tape Untuk Bingkai Foto

Sangat menyenangkan memang melihat wajah-wajah orang tersayang di dinding kamar. Namun hendaknya jangan terlalu banyak menaruh bingkai foto didinding kamar. Sebab terlalu banyak bingkai foto yang bergantungan kamar, efeknya kamar Anda jadi terlihat semrawut dan penuh sesak. Untuk mengakalinya bisa dengan cara menempelkan foto dan membuat bingkainya dari washi tape.

Apa itu washi tape?

Ini adalah sejenis selotip berwarna-warni dengan berbagai motif dan ukuran. Harganya tak sampai Rp50.000 per gulung. Washi tape ini bisa dipakai untuk menghias apa saja, termasuk untuk hiasan foto didinding kamar. Lihat contohnya pada foto dibawah ini.

Cara Menata Kamar Tidur Sederhana dengan Low Budget

Manfaat lainnya dari menggunakan washi tape ini adalah biayanya jadi lebih murah (low budget). Karena segulung washi tape yang harganya Rp50.000 itu dapat digunakan untuk menempel banyak foto didinding kamar. Pastinya Anda akan mengeluarkan biaya yang cukup besar jika menggunakan bingkai. Karena satu bingkai tentunya hanya bisa untuk menaruh satu foto, berbeda dengan washi tapi yang bisa digunakan untuk banyak foto.
Info Menarik Lainnya : 9 Cara Menata Kamar Agar Terlihat Indah pada Rumah Minimalis 

2. Pilih Cat Berwarna Terang

Cat berwarna terang memberikan banyak keuntungan bagi penghuninya. Kamar akan terasa lebih luas, hidup, dan cerah. Hasilnya akan dapat lebih maksimal lagi kalau perabotan yang ada dikamar itu serasi dengan warna cat kamar. Contohnya warna putih, cream, atau warna cerah lainnya.

Sebaiknya jangan menaruh terlalu banyak pajangan di dinding kamar. Aturlah pajangan dan hiasan yang ada didinding kamar secara seimbang (proporsional). Jangan terlalu banyak, dan jangan pula terlalu sedikit pajangan dindingnya. Karena kalau terlalu banyak, akan membuat kamar terlihat penuh. Sedangkan kalau terlalu sedikit, maka akan berkurang nilai estetikanya.

3. Gantungkan Lampu Hias

Dekorasi dari lampu pijar ini sudah banyak di sejumlah media sosial. Memang cahaya yang ditimbulkan sungguh cantik, yakni temaram dan sendu. Buat yang suka dengan suasana tersebut bisa menggantungkannya di langit-langit kamar atau di salah satu sisi dinding. Sesuaikan jumlah lampu dengan luas kamar agar tidak terkesan menyesakkan.

Jika dana Anda low budget, maka anda bisa membeli jenis lampu pijar yang harganya relatif murah. Walaupun harganya murah, tapi jenis lampu pijar ini tidak kalah menarik dengan lampu kamar yang harganya mahal lho! Kuncinya adalah pada kreatifitas Anda dalam mendesain lampu gantung pijar tersebut. Lihat contohnya pada foto dibawah ini. Tidak kalah menarik bukan? 😉
Info Menarik Lainnya : Cara Menata Kamar Kost Sederhana Agar Nyaman Ditinggali
Cara Menata Kamar Tidur Sederhana dengan Low Budget

4. Pasang Wallpaper

Menggunakan wallpaper adalah cara cepat, simpel, dan mudah untuk mengubah kamar yang sederhana menjadi lebih menarik. Harga wallpaper dan motifnya pun bermacam-macam, bisa disesuaikan dengan selera dan budget yang dimiliki. Untuk mengaplikasikannya pun mudah, namun ingat pilihlah model-model simpel agar menimbulkan kesan minimalis.

5. Taruh Cermin Besar

Cara menata kamar tidur sederhana lainnya agar terkesan tampak luas yaitu dengan cara menempatkan cermin besar di salah satu sisi atau sudut ruangan. Pantulan bayangan kamar didalam cermin besar itu akan menimbulkan ilusi optik. Seolah-orang ruangan kamar Anda jadi tampak lebih besar dari ukuran sebenarnya. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat contoh cermin besar pada foto dibawah ini.

Cara Menata Kamar Tidur Sederhana dengan Low Budget

Nah, bagaimana kesan yang terlihat? Kamar diatas seolah tampak jadi lebih besar bukan? 😊

Ada beberapa orang yang menghiasi sisi tepi cermin itu dengan untaian lampu. Namun jika tak diberi lampu pun, tidak jadi masalah. Selain memberi kesan lega, cermin besar yang berdiri di sudut ruangan itu juga akan mengubah nuansa kamar menjadi lebih elegan.
Info Menarik Lainnya : Kesalahan Menata Ruang Tamu Minimalis (Koreksi dan Solusi)

6. Hindari Menaruh Barang di Tengah Ruangan

Penempatan barang adalah hal yang harus diperhatikan betul saat mendekorasi kamar tidur yang sederhana. Jangan tempatkan barang di tengah ruangan, apalagi ukurannya cukup besar, seperti meja, atau lemari buku. Posisikan barang-barang di sisi ruangan atau tempelkan ke dinding supaya bagian tengah kosong dan lega.

Cara menata kamar tidur sederhana di atas tidak ada yang membutuhkan biaya besar. Bahkan ada beberapa bagian yang bisa dilakukan tanpa biaya sedikitpun. Karena Anda hanya perlu mengatur kembali posisi barang-barang yang ada.

Satu hal yang perlu diingat, sesuaikan desain kamar dengan selera dan kepribadian Anda. Sebab kamar tidur adalah tempat privasi seseorang untuk menjadi diri mereka seutuhnya.

Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Menata Kamar Tidur Sederhana dengan Low Budget "