Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

6 Tips Menata Ruang Tamu yang Sempit Agar Tampak Lega

Apakah Anda mempunyai ruang tamu namun berukuran sempit?

Jika iya, maka Anda tidak perlu berkecil hati. Ruangan yang sempit itu justru menjadi tantangan tersendiri saat mendekorasinya. Diperlukan trik dan kreatifitas khusus dalam menata sebuah ruang tamu yang sempit. Tujuannya agar ruangan yang sempit itu terkesan tampak luas. Dan semua ini bisa Anda kerjakan sendiri tanpa harus membayar jasa desainer interior.



Berikut ini Beberapa Tips Menata Ruang Tamu yang Sempit, Sehingga Terkesan Jadi Luas dan Lega.

Diantaranya:

1. Gunakan Furniture yang Berukuran Pendek

Banyak orang yang salah memilih furniture untuk ditempatkan didalam ruang tamunya. Padahal, tidak semua furniture cocok untuk semua jenis ruangan. Jika Anda memiliki ruangan yang sempit, maka sebaiknya gunakanlah sofa, meja, dan perabotan yang ukurannya pendek, sehingga tidak memakan banyak ruang.

Lihat contohnya pada foto dibawah ini.


6 Tips Menata Ruang Tamu yang Sempit Agar Tampak Stylish


Pemilihan sofa yang pendek juga dapat menimbulkan ilusi, seolah-olah ruangan itu tampak lebih tinggi daripada ukuran yang sebenarnya. Selain itu, pilihlah perabotan yang modelnya simple dan berwarna netral, agar tidak terkesan terlalu ramai.
Info Menarik Lainnya : Cara Menata Kamar Kost Sederhana Agar Nyaman Ditinggali

2. Perbanyak Cahaya Matahari yang Masuk

Cahaya atau lighting tentunya sangat berpengaruh dalam menciptakan suasana sebuah ruangan. Ruangan yang remang akan terkesan jadi sempit dan pengap. Sebaliknya, ruangan yang terang akan terkesan lebih luas dan segar.

Menambah cahaya yang masuk dapat dilakukan dengan membuat banyak jendela yang besar. Disarankan untuk membuat jendela yang panjang, dari lantai sampai ke atap. Jendela ini akan membuat ilusi seakan-akan ruangan tersebut tinggi dan luas.

3. Gunakanlah Cermin yang Besar

Menggunakan cermin di sebuah ruangan akan membuat ilusi bahwa ruangan tersebut sangat luas. Sebaiknya, gunakanlah cermin yang lebar atau tinggi. Cermin ini dapat diletakkan dengan cara disandarkan di lantai, atau digantung di dinding. Lihat contohnya pada foto dibawah ini.


6 Tips Menata Ruang Tamu yang Sempit Agar Tampak Stylish


Cermin besar ini akan membuat suasana ruangan jadi terkesan luas. Karena cermin ini dapat menimbulkan ilusi optik. Mungkin ada diantara Anda yang bertanya: "Ilusi optik itu maksudnya gimana ya?"

Jawabannya: Sekarang coba Anda perhatikan baik-baik pantulan ruangan yang tampak didalam cermin diatas.

Kesan apa yang timbul dibenak Anda saat melihat foto diatas?

Seakan-akan ruangan itu tampak jadi lebih besar bukan? Karena seolah-olah bayangan yang ada didalam cermin itu adalah bagian dari ruang tamu itu sendiri. Sehingga ruang tamu itu seakan berukuran lebih besar dari ukuran sebenarnya.

Nah itulah yang disebut dengan ilusi optik. 😊
Info Menarik Lainnya : Kesalahan Menata Ruang Tamu Minimalis (Koreksi dan Solusi)

4. Gunakanlah Furnitur yang Bisa Dilipat Dan Multifungsi

Dengan memilih furniture yang bisa dilipat, maka akan mengurangi ruang yang 'diambil' oleh furniture tersebut. Sekarang sudah banyak furniture yang dapat dilipat dan multifungsi. Misalnya, meja yang dapat dilipat jika tidak digunakan, atau model sofa yang dapat dilebarkan menjadi kasur tambahan.

Lihat contoh meja dan kursi lipat pada foto dibawah ini.


6 Tips Menata Ruang Tamu yang Sempit Agar Tampak Stylish


Selain contoh model furniture lipat diatas, sebaiknya gunakan juga lemari dan rak yang memiliki tutup. Hal ini bertujuan agar ruang tamu Anda tampak lebih rapi dan tidak terkesan semrawut.

5. Pilihlah Tema yang Netral dan Simple

Warna-warna seperti putih dan crèam dapat membuat ruang tamu menjadi luas dan lega. Warna ini juga dapat membuat sebuah ruangan menjadi lebih terang dan ceria. Pemilihan tema ini sangat penting dalam menentukan suasana dan ilusi sebuah ruangan.

Disarankan untuk memilih tema-tema yang minimalis. Tema yang minimalis tidak melulu membosankan. Warna-warna seperti putih, abu dan hitam dapat dipadukan dengan tekstur kayu atau besi. Perpaduan ini dapat menghasilkan ruangan yang apik jika dipadukan dengan baik.

Lihat contohnya dibawah ini.

6 Tips Menata Ruang Tamu yang Sempit Agar Tampak Stylish

Info Menarik Lainnya : 5 Cara Menata Ruang Tamu Sederhana (Nyaman & Apik)

6. Jangan Gunakan Terlalu Banyak Perabotan

Mendekorasi ruangan yang sempit dengan terlalu banyak perabotan atau furniture adalah sebuah kesalahan fatal. Karena akibatnya dapat membuat ruangan tersebut semakin terlihat sempit. Banyaknya perabotan ini juga akan membuat suasana menjadi sumpek dan terlalu ramai.

Jadi apa solusinya?

Solusinya pilihlah furniture yang benar-benar dibutuhkan saja. Untuk dekorasi seperti pajangan atau lukisan, disarankan untuk menggunakan dekorasi yang kecil dan tidak memakan banyak tempat.

Sekian pembahasan mengenai tips menata ruang tamu. Pembahasan di atas tentunya tak hanya membuat ruang tamu menjadi lebih luas, tetapi juga membuat ruang tersebut menjadi lebih stylish.

Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat untuk Anda. Terutama bagi yang ingin mendekorasi sendiri ruang tamunya tanpa harus menggunakan jasa desain interior.

Sampai jumpa lagi di artikel menarik selanjutnya.

Post a Comment for "6 Tips Menata Ruang Tamu yang Sempit Agar Tampak Lega"