Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Mencicil di Bukalapak (Belanja Kian Mudah & Memuaskan)

Perkembangan e-commerce tampaknya semakin mengalami kemajuan yang signifikan. Berbagai fitur inovatif terus dimunculkan oleh start up, termasuk oleh penyedia pasar dalam jaringan internet (marketplace) Bukalapak. Salah satu fitur Bukalapak yang ingin diketahui oleh para pembelinya adalah tentang bagaimana cara mencicil di Bukalapak.

Pembelian produk yang bisa dicicil ini, tentunya akan semakin memberikan kemudahan bagi konsumen dalam memenuhi kebutuhannya. Apalagi jika sistem cicilan (yang biasanya hanya dipakai pada sistem jual beli konvensional itu), kini juga diterapkan pada perdagangan dalam jaringan internet.



Yup! Kini para konsumen sudah dapat berbelanja dengan cara mencicil di Bukalapak 


Cara Mencicil di Bukalapak (Belanja Kian Mudah & Memuaskan)
Promo BukaCicilan di Bukalapak.

Ini adalah inovasi yang cerdas. Karena selain semakin memudahkan pembeli, terobosan baru ini juga akan berdampak baik bagi marketplace itu sendiri.

Timbul sebuah pertanyaan:

Sebenarnya Apa faktor dan alasan seseorang ingin melakukan pembayaran dengan cara mencicil?

Jawabannya:

Orang yang memutuskan membeli barang dengan cara mencicil, biasanya disebabkan oleh keterbatasan dana yang dimilikinya. Sementara itu, kebutuhan akan barang tertentu, terkadang sifatnya mendesak dan perlu segera dibeli. Untuk menjawab kebutuhan tersebut, para pedagang biasanya memberikan kelonggaran pembayaran dengan cara cicilan.

Dengan mencicil, orang tidak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah banyak ketika ingin membeli barang yang di luar kemampuannya. Barang yang dimaksud itupun bisa segera dimilikinya tanpa perlu menunggu uangnya terkumpul.

Dengan adanya metode cicilan ini, maka seseorang bisa memiliki uang pegangan setelah membeli barang tertentu. Pengeluaran pun akan lebih teratur dengan adanya pengalokasian dana terhadap cicilan tersebut. Namun, untuk dapat mewujudkan semua itu, tentu juga harus diiringi dengan cara pengelolaan keuangan yang baik (tidak bersikap boros).

Karena berbagai kemudahan yang akan diperoleh oleh konsumen, maka metode cicilan ini akhirnya diadopsi oleh marketplace Bukalapak. Di sini pembeli bisa membayar dengan kartu kredit. Sementara bagi yang tidak punya kartu kredit, maka juga disediakan fitur khusus yang memungkinkan pembeli untuk melakukan pembayaran.

Fitur BukaCicilan Bukalapak

Inilah fitur yang menyediakan sistem pembayaran yang fleksibel dengan cara mencicil di Bukalapak. Fitur pembayaran non kartu kredit ini bukan produk Bukalapak sendiri, melainkan hasil kerjasama dengan aplikasi finansial. Karena itu, untuk menggunakannya perlu mendaftarkan akun sebagai proses otorisasi.

Ada beberapa persyaratan agar akun yang didaftarkan bisa diproses dan diaktifkan. Di antaranya adalah memiliki email dan nomor ponsel yang terverifikasi di Bukalapak serta memiliki penghasilan tetap setiap bulannya. Dan untuk saat ini, fitur BukaCicilan hanya dapat dinikmati di pulau Jawa dan daerah tertentu lainnya.

Dalam fitur ini, setiap akun memiliki limit kredit yang jumlahnya ditentukan oleh penilai yang ditunjuk oleh pihak Bukalapak. Limit yang dimaksud adalah batasan saldo yang bisa digunakan untuk mencicil. Jika limit telah habis, maka pembelian dengan cicilan tidak dapat lagi dilakukan sebelum melunasinya.
Info Menarik Lainnya : 6 Peluang Kemitraan Jasa Ekspedisi, Sudahkah Anda Bergabung?

3 Pilihan Cara Mencicil di Bukalapak

Di Bukalapak, pembeli dapat memilih satu di antara 3 cara pembayaran dengan sistem cicilan. Ketiganya memiliki ketentuan berbeda dan pembeli tentunya memiliki preferensi masing-masing. Terlepas dari perbedaan tersebut, semua metode pembayaran dimaksudkan untuk mempermudah pembeli dalam memilih cara yang diinginkannya. Berikut 3 pilihan cara tersebut:

1. Membayar dengan Kartu Kredit

Pembayaran yang dilakukan dengan kartu kredit cukup mudah dan praktis. Pilihan untuk membayar dengan cara ini langsung dapat dilihat setelah mengklik “Bayar”. Setelahnya, pembeli juga tidak perlu melakukan konfirmasi manual karena verifikasi akan dilakukan secara otomatis.

Agar pembayaran berjalan lancar, sebelumnya pastikan kondisi kartu kredit memenuhi syarat untuk digunakan. Salah satu syaratnya adalah pada kartu kredit terdapat logo Visa, Mastercard, atau JCB dengan bank yang terdaftar di Bukalapak. Beberapa di antaranya adalah Citibank, CIMB Niaga, serta Bank Mega.

Selain itu, pastikan limit kartu kredit yang digunakan masih mencukupi. Jika semua sudah memenuhi syarat, tinggal lakukan prosedur pembayaran yang langkah-langkahnya sudah tertera di halaman Bukalapak. Isikan informasi kartu kredit beserta tagihannya dengan benar, lalu klik Bayar.

2. Membayar dengan Akun Akulaku 

Cara mencicil di Bukalapak yang satu ini memungkinkan pembeli untuk mengajukan cicilan 30 hari hingga 12 bulan. Untuk dapat menggunakan layanan ini, pembeli harus terlebih dulu memiliki akun Akulaku. Caranya adalah dengan mendaftar di aplikasi Akulaku atau langsung di Bukalapak lewat fitur BukaCicilan.

Sebelum mendaftar akun Akulaku, pihak Bukalapak akan meminta beberapa akses. Nomor ponsel juga diperlukan untuk mengirim kode verifikasi. Kemudian baru bisa mendaftar dengan mengatur kata sandi. Akun Bukalapak dan Akulaku harus dihubungkan dengan mengklik Konfirmasi Otorisasi.

Proses dilanjutkan dengan mengisi data diri untuk menentukan limit kredit. Tunggu verifikasi selama 2 hari kerja. Saldo limit kredit akan langsung tercantum jika pendaftaran disetujui.

Untuk melakukan pembelian, pembeli bisa mengklik Beli Sekarang setelah menentukan barang yang ingin dibeli. Pilih metode pembayaran Cicilan Tanpa Kartu Kredit. Lalu klik Akulaku sebagai metode yang dipilih. Lalu tentukan tenor cicilan yang diinginkan. Jika sebelumnya diminta untuk mengisikan data pembeli, maka isi dengan lengkap.

Membayar dengan metode ini membutuhkan verifikasi dari Akulaku sendiri. Karenanya, pembeli perlu login ke akun Akulaku melalui Bukalapak dan memasukkan kode verifikasi. Setelahnya cukup menunggu prosesnya saja karena pembayaran akan terverifikasi secara otomatis tanpa perlu konfirmasi lagi.
Info Menarik Lainnya : Sistem Dan Cara Jualan di JD ID Ini Perlu Anda Ketahui

3. Membayar dengan Akun Kredivo

Ketentuan pembayaran dengan Kredivo tidak jauh berbeda dengan Akulaku karena sama-sama merupakan hasil kerjasama dengan aplikasi tersebut. Di Kredivo, cicilan juga bisa dilakukan dengan tenor 30 hari hingga 12 bulan. Selain itu, pembeli juga harus memiliki akun Kredivo.

Pendaftaran akun Kredivo bisa dilakukan melalui aplikasi untuk android. Sementara untuk iPhone dan desktop bisa mendaftar via web. Selain itu, bisa juga langsung di Bukalapak sendiri pada fitur BukaCicilan. Klik Lihat Penyedia Cicilan dan pilih Kredivo. Kemudian lakukan pendaftaran sesuai petunjuk dan tunggu selama 3 hari untuk verifikasi.

Dari sisi tahapan transaksi, cara ini tampaknya lebih praktis. Setelah memilih metode pembayaran dan tipe pembayaran/cicilan, pembeli tinggal mengisi informasi Kredivo dan tagihan pembelian. Tanpa kode verifikasi, sistem kedua aplikasi akan terhubung secara otomatis.

Namun, cara ini hanya bisa digunakan di wilayah Jabodetabek dan beberapa kota besar lainnya. Pembeli juga harus membayar biaya administrasi sebesar 3%. Sementara harga barang yang bisa dibeli dengan cicilan lebih dari 30 hari berkisar antara 1 hingga 30 juta rupiah.

Bijak dalam Melakukan Pembelian dengan Cara Mencicil

Adanya limit kredit dimaksudkan agar orang dapat mengontrol pembelian sehingga sesuai dengan kemampuan. Meskipun begitu, bukan berarti semua limit yang tersedia harus dihabiskan. Apalagi jika jumlahnya cukup besar. Terlalu banyak memiliki tanggungan cicilan justru dapat menjadi beban yang lebih berat di kemudian hari.

Kontrol dalam melakukan pembelian dengan cara mencicil semestinya datang dari diri sendiri. Selalu dahulukan kebutuhan daripada keinginan, dan cermatlah untuk membedakan keduanya. Tanyakan pada diri sendiri apakah barang yang ingin dibeli memang dibutuhkan dan mendesak. Terutama jika kondisi keuangan memang pas-pasan.

Perpaduan antara kemudahan belanja di e-commerce dan kelonggaran sistem pembayaran membuat belanja di Bukalapak semakin menyenangkan. Karena itu, dengan mengetahui cara mencicil di Bukalapak, pembelian barang kebutuhan akan terasa lebih ringan. Namun, jangan lupa untuk selalu menentukan skala prioritas agar kondisi keuangan tetap stabil.


Info Menarik Lainnya : Ulas Tuntas Kelebihan Dan Cara Jualan di Blibli, Simak Yuk!
Semoga info ini dapat bermanfaat untuk Anda semuanya.

Penulis by: Bang izal.

Post a Comment for "Cara Mencicil di Bukalapak (Belanja Kian Mudah & Memuaskan) "