Ulas Tuntas Kelebihan Dan Cara Jualan di Blibli, Simak Yuk! - Bang Izal Toy

Ulas Tuntas Kelebihan Dan Cara Jualan di Blibli, Simak Yuk!

Sudah Tahukah Anda Cara Jualan di Blibli?

Blibli adalah salah satu marketplace andalan di Indonesia. Dengan traffic yang tinggi hingga mencapai lebih dari 750 ribu pengguna per hari, jelas Blibli menjadi incaran para pelaku bisnis. Cara jualan di Blibli juga terbilang mudah. Namun begitu, tetap ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh penjual. Syarat dan ketentuan ini salah satunya untuk menjaga persaingan bisnis di Blibli tetap sehat.

Tidak hanya penjual yang ada di Indonesia saja yang bisa berjualan di Blibli. Penjual di luar Indonesia juga bisa bergabung menjadi merchant di Blibli. Sistem kerjanya secara umum sama dengan penjual yang ada di Indonesia. Hanya saja, penjual di luar negeri harus menanggung semua biaya custom, shipping dan juga tax yang timbul.

Apakah Ada Kelebihan Berjualan di Blibli?


Pastinya ada donk! 😉

Akan ada sejumlah kelebihan yang hanya bisa Anda dapatkan dengan berjualan di Blibli. Syaratnya Anda sebagai sang penjual (yang sudah niat ingin bermitra dengan Blibli) harus konsisten dalam menjaga performa bisnis dan produk Anda.

Nah apa saja kelebihan bergabung dengan Blibli? Dan bagaimana cara jualan di Blibi?


Berikut ini penjelasan singkatnya :

1. Blibli Memiliki Pilihan Kategori Produk yang Luas


Penjual bisa sangat leluasa dalam menjual berbagai produk di Blibli. Ada 16 kategori belanja yang mampu memenuhi kebutuhan belanja untuk semua jenis produk. Kategori produk ini mulai dari rumah tangga, dapur, fashion untuk semua umur dan gender, computer, elektronik dan beberapa kategori lainnya. Ini membuka kesempatan bagi penjual untuk menjual lebih dari satu produk.

2. Fasilitas Foto Produk Gratis


Untuk menjaga standard dan kualitas gambar produk, Blibli memberikan fasilitas gratis foto produk bagi merchantnya. Fasilitas ini menjamin semua merchant memiliki foto produk dengan resolusi yang tinggi, menampilkan detail produk dan juga informatif bagi calon pembeli. Jelas sekali ini merupakan kabar gembira bagi para seller karena tidak perlu repot-repot lagi melakukan foto session untuk setiap produk.

3. Disediakan Pengemasan Gratis oleh Blibli


Untuk menjaga kualitas barang tetap baik ketika sampai di tangan pembeli, Blibli menfasilitasi seller dengan box gratis. Box ini juga sebagai salah satu standar pengiriman di Blibli. Produk jadi aman dan terlindungi. Ketika produk aman dan terlindungi, complain dari pelanggan bisa ditekan. Inilah salah satu keunggulan yang hanya dimiliki oleh Blibli.

4. Proses Pengiriman yang Mudah


Sejalan dengan proses pengepakan, Blibli juga sangat memperhatikan proses pengiriman. Ada lebih dari 30 jasa logistic yang telah menjalin kerjasama dengan Blibli. Banyaknya jasa logistic ini akan membuat pengiriman ke seluruh Indonesia menjadi mudah. Selain itu, pengiriman di Blibli juga dijamin oleh asuransi sehingga penjual bisa tenang karena produk dijamin keselamatannya.

5. Tersedia Layanan Merchant Care


Blibli menyediakan merchant care untuk membantu menyelesaikan kesulitan-kesulitan penjual dalam bertransaksi. Layanan ini disediakan gratis oleh Blibli dan selalu online 24 jam. Penjual bisa mengajukan kendala yang dihadapi baik itu masalah operasional ataupun juga mengenai produk. Layanan ini jelas sangat membantu penjual ketika menemui masalah di lapangan.

Informasi Menarik Lainnya : Sudah Tahukah Anda Sistem Dan Cara Berjualan di Zalora?

Cara Jualan di Blibli dan Ketentuannya


Setelah mengetahui keuntungan bergabung dengan Blibli, sekarang saatnya untuk mengetahui bagaimana cara jualan di Blibli. Pada dasarnya berjualan di Blibli tidak jauh berbeda dengan marketplace lain, namun ada beberapa hal yang membedakan. Seperti misalnya tentang ketentuan pembayaran, verifikasi, kelengkapan dokumen dan juga margin penjualan.

1. Proses Pembukaan Toko

Silahkan Anda kunjungi link untuk menjadi merchant ini: https://www.blibli.com/pages/merchant-corner

Jika Anda membuka link tersebut di perangkat desktop (PC/Laptop/Komputer), maka akan Anda dapati tampilannya seperti pada foto di bawah ini.

Ulas Tuntas Kelebihan Dan Cara Jualan di Blibli, Simak Yuk!

Sedangkan jika Anda mengunjunginya dari perangkat mobile (Hp/Smartphone), maka tampilannya akan terlihat seperti foto di bawah ini.

Ulas Tuntas Kelebihan Dan Cara Jualan di Blibli, Simak Yuk!
Perhatikan kolom "Penjual Dari Indonesia", silahkan Anda klik bagian tersebut, nanti akan terbuka laman pendaftaran (seperti foto di bawah ini).


Pendaftaran ini harus melewati 3 langkah/tahapan, yaitu:

  1. Mengisi Informasi Akun
  2. Mengisi Informasi Toko
  3. Mengisi Informasi Administrasi

Foto yang saya tampilan di atas adalah bagian yang pertama, yaitu untuk mengisi informasi akun. Di laman ini Anda akan diminta untuk mengisi kolom pendaftaran dengan data-data Anda sebagai penjual. Data-data yang harus di isi antara lain: Email, Password, Konfirmasi Password, Nama Anda, Nomor Telepon, Tanggal Lahir, Nomor KTP (dan juga di minta untuk upload foto KTP Anda). 

Setelah semua data-data selesai Anda isi, kemudian klik tombol "Selanjutnya". Maka nanti akan terbuka laman tahap kedua (Mengisi Informasi Toko).

Pada tahap kedua ini Anda diminta untuk mengisi informasi tentang toko Anda. Yang dimaksud informasi toko di sini adalah tentang detail produk yang akan Anda jual. Isilah informasinya dengan selengkap dan sedetail mungkin. Setelah semuanya selesai Anda isi, kemudian klik tombol "Selanjutnya". Maka akan terbuka laman tahapan ketiga. Pada tahap ketiga ini Anda harus mengisi informasi administrasi.

Nah setelah ketiga tahapan di atas selesai Anda lengkapi, maka pihak Blibli akan melakukan proses verifikasi. Jika proses verifikasi oleh Blibli telah selesai, tak lama kemudian Anda akan mendapatkan email konfirmasi dari Blibli.com. Dan kini Anda telah siap untuk berjualan! 😉👍

Informasi Menarik Lainnya : Cara Jualan di OLX Dan Tips Dagangan Laku (Tutorial Lengkap)

2. Tahapan Mengunggah Produk


Setelah mendapatkan email konfirmasi bahwa pengajuan Anda untuk bergabung dengan Blibli disetujui, maka proses selanjutnya dari cara jualan di Blibli adalah meng-upload produk Anda. Anda bisa mengunggah produknya satu per satu, atau bisa juga secara massal. Untuk keterangan atau data produk, usahakan menggunakan data produk yang didaftarkan. Ini bertujuan agar produk Anda dapat cepat tampil.

Kabar gembiranya bagi penjual dengan sistem reseller, urusan upload produk ini telah menjadi sangat mudah. Penjual hanya perlu mendupliasi produk yang ada di katalog produk. Selanjutnya tambahkan produk yang ada di katalog tadi untuk dijual oleh merchant (seller/penjual). Sangat mudah, bukan?

3. Aktif Merespon Pesanan


Ketika ada pesanan, maka Anda akan mendapatkan notifikasi melalui SMS atau email. Segera respon pesanan tersebut, dan kirimkan produk sesuai dengan pesanan pembeli. Blibli memiliki waktu respon yang lebih panjang dibanding dengan marketplace lainnya. Namun, bukan berarti Anda sebagai penjual (merchant) bisa menunda-nunda pemrosesan barang. Sebab akan ada pinalti (sanksi) yang akan ditetapkan oleh pihak Blibli jika merchant tidak merespon pesanan sampai batas waktu yang diberikan.

4. Penerimaan Pembayaran


Pembayaran akan diterima direkening Anda setiap seminggu sekali. Penerimaan pembayaran ini akan terjadi setelah barang diterima oleh pembeli. Blibli sangat tertib dalam hal pembayaran kepada merchant, jadi Anda tidak perlu khawatir akan mengalami kendala pembayaran. Jika ditemukan ada kendala pada pembayaran, maka merchant dapat langsung menghubungi Merchant Care.

Informasi Menarik Lainnya : Seperti Ini Ternyata Cara Daftar Grab Driver, Yuk Cekidot!

Perjanjian Kerja Sama antara Merchant dan Blibli


Sebaiknya, untuk menghindari kesalahpahaman dikemudian hari, merchant harus membaca betul perjanjian kerjasama dengan Blibli. Perhatikan pada poin-poin penting terutama mengenai komisi, denda, dan juga deposit. Berjualan di Blibli memang tidak dipungut biaya alias gratis. Namun, Blibli menetapkan sistem komisi yang akan diambil dari total penjualan. Besaran komisi yang ditetapkan dimulai dari 2%. Jenis produk juga mempengaruhi besaran prosentase komisi ini.

Selain mengenai komisi, perhatikan juga mengenai pinalti. Pinalti yang dimaksud adalah jika merchant tidak merespon pesanan sampai pada batas waktu yang diberikan. Merchant akan dikenakan pinalti sebesar 100 ribu per pesanan. Untuk itu, jangan sampai mengabaikan pesanan apalagi sampai melewati batas waktu. Pinalti ini juga bisa menurunkan performa merchant.

Blibli juga menetapkan sistem deposit sebesar 500 ribu. Deposit ini bisa dicairkan jika merchant memutuskan untuk berhenti berjualan di Blibli. Untungnya, deposit sebesar 500 ribu ini tidak serta-merta dibayar langsung oleh merchant melainkan diambil dari total penjualan pertama. Setelah uang penjualan mencapai lebih dari 500 ribu, kelebihan uang itulah yang bisa dicairkan.

Kesimpulannya, cara jualan di Blibli cukup mudah, asalkan semua persyaratan telah terpenuhi.  Merchant yang bergabung di Blibli rata-rata adalah pemilik official store atau online shop yang sudah dikelola secara professional. Dengan traffic dari Blibli yang tinggi, kemudian di imbangi pula dengan besarnya jumlah transaksi per hari, maka ini bisa mendorong offlice atau online store untuk dapat berkembang dengan lebih baik.

Informasi Menarik Lainnya : Ini Cara Daftar Grab Food Agar Bisnis Kuliner Makin Moncer

Demikianlah ulasan tentang kelebihan dan cara jualan di Blibi. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk Anda semuanya. Salam hangat.

Penulis by : Bang izal.

0 Response to "Ulas Tuntas Kelebihan Dan Cara Jualan di Blibli, Simak Yuk!"

Post a Comment

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

Blog Archive

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel