Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Seperti Ini Ternyata Cara Daftar Grab Driver, Yuk Cekidot!

Sudah Tahukah Anda Cara Daftar Grab Driver?

Tidak dapat dipungkiri bahwa keberadaan transportasi berbasis online sudah menjadi kebutuhan dasar masyarakat perkotaan. Salah satunya adalah hadirnya Grab, aplikasi transportasi yang menjadi favorit banyak orang di perkotaan. Di sisi lain, bagi driver, transportasi online ini adalah solusi bagi permasalahan ekonomi.

Banyak orang yang ingin tahu cara daftar Grab driver agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Oleh karena itulah artikel ini sengaja saya tulis, semoga isinya dapat bermanfaat untuk mereka semuanya.

Grab driver terbagi dalam beberapa kategori, yaitu GrabCar, Bike, Express dan Food. Keempat driver ini memiliki keunggulannya masing-masing. Pada artikel ini, akan dibahas mengenai keunggulan masing-masing pilihan driver jug acara daftar Grab driver. Diharapkan, calon Grabdriver mendapat gambaran umum tentang apa itu Grabdriver.

Jenis-Jenis Grabdriver dan Keunggulannya yang Perlu Diketahui


Seperti telah disinggung di awal artikel ini, bahwa terdapat empat jenis Grabdriver. Keempat jenis ini memiliki segmen pasar dan keunggulannya masing-masing. Berikut ini pembahasan singkatnya.

GrabCar Driver


GrabCar adalah driver Grab dengan moda transportasi berupa mobil. Keuntungan yang bisa didapat ketika bergabung menjadi GrabCar driver adalah fleksibilitas waktu kerja. Driver sendiri yang mengatur waktu kerjanya, disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing driver. Waktu kerja yang leluasa ini tentu dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang.

Selain waktu kerja yang fleksibel, keuntungan lainnya adalah mendapat penghasilan yang cukup besar. Bagi seorang driver GrabCar, kemungkinan membawa pulang penghasilan hingga belasan juta rupiah sangat besar. Apalagi, saat ini Grab memiliki program bernama GrabShare, yaitu berbagi tumpangan untuk tujuan yang searah. Bagi driver, ini sangat menguntungkan karena penghasilan semakin bertambah dengan adanya program ini.

Karena jenis ini menggunakan mobil sebagai jenis transportasinya, Grab menyedikan asuransi kecelakaan dengan pagu asuransi tertentu. Kemudian ada juga program gold driver yang merupakan program kepemilikan kendaraan bagi driver yang memenuhi syarat.

GrabBike Driver


GrabBike driver adalah driver Grab dengan moda tranportasi motor. Bagi pemilik motor yang ingin memiliki penghasilan tambahan, bisa bergabung dengan Grab. Cara daftar Grab driver khususnya driver GrabBike tidaklah sulit dan sangat sebanding dengan keuntungan yang didapatkan. Program ini tidak membedakan gender, pria dan wanita boleh bergabung menjadi driver GrabBike.

Keuntungan menjadi GrabBike driver adalah keleluasaan waktu kerja. Selain itu, driver juga leluasa dalam menentukan akan mengangkut barang, dokumen atau orang. Dari sisi ekonomi, menjadi GrabBike telah terbukti memberikan penghasilan tambahan atau bahkan penghasilan pokok bagi banyak orang. Jika seorang driver ulet dan rajin, tidak menutup kemungkinan dalam sebulan bisa mengumpulkan jutaan rupiah.

Seperti halnya driver GrabCar, driver GrabBike juga akan mendapat perlindungan asuransi kecelakaan dari Grab. Besaran asuransi kecelakaan yang diberikan adalah maksimal 55 juta. Ini merupakan bentuk tanggung jawab Grab selaku mitra pada driver tersebut. Driver tentu bisa bekerja dengan merasa aman jika ada proteksi seperti ini.

Driver Express


GrabExpress Driver adalah driver untuk mengantar barang atau dokumen menggunakan motor. Keuntungan menjadi driver Grab Express ini adalah fleksibilitas waktu kerja, sehingga memungkinkan driver mengatur sendiri jam kerjanya. Selain itu tentu juga penghasilan tambahan yang besar. Mengingat saat ini banyak online shop atau marketplace yang menggunakan jasa Grab, maka penghasilan bisa lebih besar lagi.

Mengenai proteksi kecelakaan, driver GrabExpress pun mendapatkannya. Jaminan asuransi kecelakaan ini berjumlah maksimal 55 juta. Dengan adanya proteksi ini, driver yang bertugas membawa barang atau dokumen ini bisa bekerja dengan nyaman dan aman.

Driver GrabFood


GrabFood driver adalah driver Grab yang mengantarkan makanan kepada pembeli dengan menggunakan motor. GrabFood driver adalah yang paling diminati orang ketika jam makan siang tiba. Banyak orang kantoran menggunakan jasa mereka untuk memenuhi kebutuhan makan siang. Ini merupakan suatu keuntungan karena target pasar sudah terbentuk dengan sendirinya.

Keuntungan lain adalah adanya pendapatan yang cukup besar jika pengemudi rajin dan ulet mengumpulkan pesanan. Selain itu juga terdapat perlindungan kecelakaan berupa polis asuransi hingga maksimal 55 juta.

Info Menarik Lainnya : Ini Cara Daftar Grab Food Agar Bisnis Kuliner Makin Moncer

Cara Daftar Grab Driver Cukup Mudah Lho!

Setelah mengetahui jenis-jenis driver Grab, tentunya calon driver bisa menentukan mana jenis yang cocok dengan kondisi driver itu sendiri. Cara daftar Grab Driver cukup mudah.

Berikut ini penjelasannya:

Ketahui Persyaratannya Terlebih Dahulu


Setiap jenis driver Grab memiliki persyaratannya masing-masing. Namun syarat yang pasti adalah memiliki surat izin mengemudi, baik itu SIM A maupun C (dan juga harus punya STNK).

Perangkat smartphone dengan kapasitas RAM minimal 1 GB dengan layar 5 inch juga menjadi syarat untuk bisa menjadi Grab driver. Selain itu, juga memiliki tanda identitas diri seperti KTP, KK, dan SKCK (yang kesemuanya harus masih berlaku).

Mengenai kendaraan, baik motor maupun mobil harus sesuai dengan kriteria dari Grab dan pastinya harus dalam kondisi baik. Khusus untuk mobil, harus sudah lolos uji KIR dan berkapasitas besar atau jenis mobil MPV. Umur mobil juga maksimal 5 tahun dari sejak pembelian. Usia maksimal driver adalah 55 tahun dan harus dalam keadaan sehat fisik dan mental.

Mendaftar Secara Online Melalui Situs Resmi Grab


Cara daftar Grab driver bisa dilakukan melalui smartphone maupun lewat PC (perangkat komputer). Ada sedikit perbedaan tampilan laman awal pada situs Grab ini. Yaitu antara tampilan mobile (smartphone) dan PC/komputer ada sedikit perbedaan.

Saya akan terlebih dulu memberikan tampilan laman di mobile (smartphone). 

Silahkan Anda kunjungi situs resmi Grab berikut ini : https://www.grab.com/id/

Setelah website Grab tersebut Anda buka, maka akan Anda dapati tampilannya seperti foto di bawah ini (pada layar smartphone Anda).

Seperti Ini Ternyata Cara Daftar Grab Driver, Yuk Cekidot!

Sekarang perhatikan baik-baik lingkaran merah pada foto di atas, silahkan di klik bagian itu. Nanti akan muncul menu drop down yang ada tulisan "Jadilah Mitra Kami" dan berisi beberapa pilihan mode kerjasama Grab. Lihat penampakannya pada foto di bawah ini.

Seperti Ini Ternyata Cara Daftar Grab Driver, Yuk Cekidot!
  
Amati baik-baik 2 bagian yang diberi lingkaran merah pada foto diatas, itulah pilihan menu kerjasamanya. Nah terserah Anda mau pilih menu "Pengemudi Car" atau "Pengemudi Bike". Tentu saja Anda yang paling tahu apa pilihan Anda. 😊

Tahapan selanjutnya nanti akan sekalian saya jelaskan dibawah.

Info Menarik Lainnya : Cara Jualan di Go Food Dan Tips Agar Produk Laris Terjual

Sekarang saya akan memberikan tampilan awal laman situs Grab ini jika dibuka lewat desktop (perangkat PC/komputer). Simak dan perhatikan baik-baik semua fotonya ya. Cekidot! 

Seperti Ini Ternyata Cara Daftar Grab Driver, Yuk Cekidot!

Perhatikan bagian yang saya beri lingkaran merah pada foto di atas, di situ tertulis "Jadilah Mitra Kami". Silahkan Anda klik bagian itu, maka nanti akan muncul menu drop down seperti tampak pada foto di bawah ini.

Seperti Ini Ternyata Cara Daftar Grab Driver, Yuk Cekidot!

Sekarang coba amati baik-baik 2 bagian yang saya beri lingkaran merah pada menu drop down diatas. Di dalam lingkaran itu tertulis pilihan "Pengemudi Car" dan "Pengemudi Bike". Nah di bagian ini terserah Anda mau pilih menu yang mana. Jika Anda memiliki mobil, maka bisa memilih (klik) bagian "Pengemudi Car". Sedangkan jika Anda memiliki sepeda motor, maka silahkan memilih (klik) menu "Pengemudi Bike"

Setelah Anda menentukan pilihan dan meng-klik salah satu menu tersebut, maka akan terbuka laman lanjutan seperti yang tampak pada foto dibawah ini.

Seperti Ini Ternyata Cara Daftar Grab Driver, Yuk Cekidot!
 
Foto atas adalah penampakan tampilan untuk pendaftaran menjadi Pengemudi Car. Sedangkan tampilan laman pendaftaran untuk Pengemudi Bike adalah seperti pada foto di bawah ini.

Seperti Ini Ternyata Cara Daftar Grab Driver, Yuk Cekidot!

Pada laman ini Anda harus mengisi formulir pendaftaran dengan cara mencantumkan nama, nomor telepon, kota asal, beritahu darimana Anda mendapat informasi mengenai Grab, serta mengisi bagian kolom kode referensi (OTP). Setelah itu jangan lupa klik kode captcha dan centang bagian persetujuan syarat dan ketentuan. Kemudian klik “Daftar Sekarang”.

Setelah semua proses di atas, calon driver akan mendapatkan kode referensi (OTP) yang dikirimkan pihak Grab melalui SMS. Isi kode tersebut di kolom pendaftaran diatas agar Anda bisa melanjutkan ke proses selanjutnya. Pada proses selanjutnya adalah pengisian formulir pendaftaran kembali, namun dengan informasi yang lebih detail. Pada tahap ini, calon pengemudi diminta mengisi data-data pribadi, lalu menautkan form dengan akun Gmail yang dimiliki.

Setelah selesai, pihak Grab akan melakukan verifikasi. Sejalan dengan proses ini, Anda akan dikirimkan email berisi undangan seleksi ke kantor Grab sesuai dengan kota yang tadi telah Anda masukkan di awal mendaftar. Caranya cukup mudah, bukan? 😉

Info Menarik Lainnya : Cara Jualan di Akulaku dan Syarat Menjadi Merchant (Pedagang)

Mendaftar Langsung ke Kantor Grab


Grab seringkali juga membuka open recruitment untuk calon drivernya. Biasanya, open recruitment ini dilakukan di lokasi-lokasi yang berdekatan dengan kantor Grab. Kantor Grab sendiri tersebar di banyak kota di Indonesia. Di Jakarta sendiri telah terdapat beberapa kantor perwakilan dan registration office.

Calon pengemudi bisa langsung datang dengan membawa kendaraan yang nantinya akan digunakan. Jangan lupa juga untuk membawa serta dokumen-dokumen yang diperlukan. Pastikan keaslian dan masa berlaku semua dokumen yang dibutuhkan agar proses pendaftaran bisa berjalan lancar.

Pelajari Fee yang Ditetapkan Grab kepada Driver


Grab menetapkan fee dengan sistem profit sharing. Besarannya adalah mulai dari 10 persen untuk Grab, lalu 90 persen untuk driver. Untuk bonus driver, Grab menetapkan sistem insentif dengan besaran sekitar 30 persen. Insentif ini diberikan kepada pengemudi yang mengambil order pada periode tertentu, yang telah ditetapkan oleh Grab.

Cara daftar Grab driver cukup mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja asal memenuhi persyaratan. Dengan menjadi Grab driver, berarti telah membuka peluang mandiri secara ekonomi sekaligus menyediakan solusi bagi permasalahan orang lain. Khususnya, dalam bidang transportasi.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda semuanya, terutama bagi yang ingin menambah penghasilan dengan menjadi Grab driver. Sampai jumpa lagi di artikel menarik selanjutnya.

Salam.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Seperti Ini Ternyata Cara Daftar Grab Driver, Yuk Cekidot!"

Berlangganan Artikel Via Email (Jangan lupa Klik re-CAPTCHA dan Cek isi Email Anda)