Ini Cara Daftar Grab Food Agar Bisnis Kuliner Makin Moncer - Bang Izal Toy

Ini Cara Daftar Grab Food Agar Bisnis Kuliner Makin Moncer

Sudah Tahukah Anda Cara Daftar Grab Food?

Seiring dengan semakin meningkatnya bisnis di bidang teknologi terutama di bidang transportasi online, bisnis kuliner juga merasakan efek positifnya. Contohnya dengan adanya fitur Grab Food pada aplikasi Grab, pebisnis kuliner bisa menjangkau pelanggan yang lebih banyak.

Banyak pelaku usaha kuliner yang ingin mengetahui cara daftar Grab Food untuk memajukan usahanya.


Namun masih banyak sebagian dari mereka yang belum terlalu paham cara mendaftarnya. Oleh karena itulah artikel ini sengaja saya tulis. Semoga saja isi tulisan ini berguna dan dapat membantu mereka semuanya. Yuk langsung saja di simak ulasan selengkapnya.

Keuntungan Mendaftar di Grab Food


Mendaftarkan usaha kuliner ke Grab Food ternyata sangat menarik dan banyak keuntungannya. Selain menguntungkan bagi pemilik usaha atau merchant, tapi juga bagi driver Grab itu sendiri. Seperti apa keuntungan bagi pemilik usaha ketika mendaftarkan usahanya di Grab Food? Berikut ini penjelasannya :

1. Cakupan Pelanggan yang Lebih Luas


Sudah barang tentu ketika sebuah usaha memiliki fasilitas pengantaran ke lokasi pembeli, usaha tadi telah memperluas cakupan pasarnya. Dengan mendaftar di Grab Food, pemilik usaha bisa mendapatkan konsumen tidak hanya dari orang-orang yang dekat dengan lokasi usaha saja, tapi lebih jauh dari pada itu.

Dengan jumlah user yang banyak, maka Grab Food adalah saluran yang tepat untuk memperkenalkan bisnis kepada masyarakat. Peluang restoran untuk dilihat dan dicoba oleh pelanggan semakin besar dengan mendaftar di Grab Food. Tak ayal banyak pelaku usaha yang ingin mengetahui cara daftar Grab Food setelah mengetahui keuntungan ini.

2. Peluang Meningkatnya Omzet


Dengan adanya perluasan cakupan pasar atau pelanggan, maka peluang untuk mendapat peningkatan omzet juga terjadi. Pengguna Grab yang banyak tadi, memungkinkan pelaku usaha mendapatkan peningkatan pendapatan. Walaupun pasti juga terjadi peningkatan biaya dari segi bahan baku karena order bertambah, namun selama itu sejalan dengan peningkatan omzet, maka tentu tidak menjadi soal.

3. Adanya Beragam Pilihan Pembayaran


Konsumen sangat senang dengan restoran yang memiliki banyak metode pembayaran. Dengan mendaftar di Grab Food, pemilik usaha bisa memberikan keleluasaan kepada konsumennya dalam melakukan pembayaran. Bagi konsumen yang lebih menyukai sistem cashless, bisa menggunakan GrabPay atau juga OVO. Sebagaimana diketahui, saldo dompet OVO terhubung dengan saldo GrabPay.

Namun, apabila saldo GrabPay atau OVO pelanggan sedang kosong, pembayaran cash kepada driver Grab juga bisa menjadi pilihan. Inilah keuntungan yang didapatkan oleh pemilik usaha ketika mendaftar di GrabFood, yaitu memudahkan pelanggan dalam hal pembayaran.

4. Adanya Promo Gratis


Otomatis, ketika pelaku usaha kuliner mendaftarkan usahanya di GrabFood, maka restoran akan muncul di aplikasi GrabFood itu sendiri. Bisa dibilang ini adalah saluran promosi gratis karena tanpa membayar apa-apa, nama restoran sudah muncul di aplikasi GrabFood. Belum lagi jika pembeli sering memberikan rating bagus kepada restoran itu sendiri.

Info Menarik Lainnya : Cara Jualan di Go Food Dan Tips Agar Produk Laris Terjual

Cara Daftar Grab Food Ternyata Mudah


Untuk bisa mendapatkan semua keuntungan yang dijelaskan di atas tadi, maka perlu diketahui cara daftar Grab Food terlebih dahulu. Tak seperti yang banyak dibayangkan orang, ternyata cara mendaftarnya cukup mudah. Selama bisa memenuhi syarat dan ketentuan yang ada, pasti proses tidak akan dipersulit.

Berikut ini cara pendaftarannya :

1. Lakukan Pembuatan Akun Melalui Situs Resmi https://www.grab.com


Info penting: Mendaftar Grab Food tidak bisa dilakukan melalui aplikasi yang terpasang di smartphone, melainkan Anda harus langsung mengunjungi website dari Grab itu sendiri. Silahkan Anda kunjungi link Grab Food yang telah saya cantumkan di atas. Nah, setelah laman situs resmi tadi terbuka, maka Anda akan melihat tampilan seperti yang terlihat pada foto di bawah ini.

Oh iya, ada sedikit perbedaan tampilan antara halaman di mobile (layar Hp), dengan tampilan di PC (layar perangkat komputer). Saya akan memperlihatkan tampilan di mobile (Hp) terlebih dahulu.

Perhatikan baik-baik foto di bawah ini.

Ini Cara Daftar Grab Food Agar Bisnis Kuliner Makin Moncer

Lihat bagian yang di lingkari merah pada foto di atas, kemudian klik. Nanti akan muncul tampilan seperti pada foto dibawah ini.

Ini Cara Daftar Grab Food Agar Bisnis Kuliner Makin Moncer

Lihat baik-baik lingkaran merah pada foto di atas. Di situ ada tertulis "Jadilah Mitra Kami", silahkan Anda klik tulisan itu. Nanti akan muncul beberapa menu pilihan jenis kerjasamanya, silahkan Anda klik pilihan "Mitra Grab Food".

Nah seperti di atas itulah tampilan situs resmi Grab jika dibuka dari perangkat mobile (Hp). Selanjutnya saya akan memberikan tampilan situs grab jika di buka dari desktop (perangkat komputer). Perhatikan baik-baik beberapa foto dibawah ini.

Ini Cara Daftar Grab Food Agar Bisnis Kuliner Makin Moncer

Coba perhatikan tulisan "Jadilah Mitra Kami" (bagian yang dilingkari) pada foto di atas, silahkan Anda klik bagian itu. Nanti akan muncul menu drop down, silahkan Anda pilih (klik) bagian "Mitra Grab Food". Perhatikan ilustrasi fotonya di bawah ini.

Ini Cara Daftar Grab Food Agar Bisnis Kuliner Makin Moncer

Perhatikan bagian yang dilingkari merah pada foto di atas, silahkan Anda klik bagian tersebut. Nanti akan terbuka laman baru, seperti yang terlihat pada foto di bawah ini.

Ini Cara Daftar Grab Food Agar Bisnis Kuliner Makin Moncer

Pada tahap ini, Anda sebagai pemilik usaha kuliner akan diminta untuk mengisi formulir online yang berisi data-data seperti nama restoran, alamat restoran, nomor telepon, alamat email, serta nama lengkap pemilik akun. Isilah semua kolom formulir itu dengan data-data yang valid, agar pengajuan kerjasama Anda bisa cepat di setujui oleh pihak Grab Food.

Setelah selesai mengisi semua form untuk pembuatan akun, kemudian klik bagian "Captcha".

Selanjutnya klik tombol "Daftar".

Biasanya tidak lama kemudian pihak Grab Food akan mengirimkan link untuk verifikasi ke email Anda. Oleh karena itu jangan lupa untuk mengecek email dan melakukan verifikasi pendaftaran Anda.

Info Menarik Lainnya : Panduan Cara Jualan di Tokopedia (Detail & Lengkap)

2. Lakukan Pendaftaran Merchant


Setelah akun di GrabFood selesai diverifikasi melalui email, maka lanjutkan proses pendaftaran dengan mengiri form pendaftaran pembuatan merchant. Pada tahapan ini, selain mengisi data pribadi dan usaha, maka Anda juga akan diminta untuk mengunggah logo restoran/toko/warung Anda. Lengkap dengan menu dan juga daftar (varian) menu yang ada di usaha kuliner Anda tersebut.

Pada tahap ini juga, pihak GrabFood akan melakukan verifikasi atas data-data yang diberikan oleh Anda sebagai pemilik usaha. Rentang waktu yang dibutuhkan untuk melakukan verifikasi adalah paling lama 72 jam. Jika lewat dari tenggat waktu itu namun verifikasi belum diberikan, maka hendaknya Anda melakukan pendaftaran/pengisian formulir ulang.

3. Mengatur Jadwal Buka-Tutup Usaha Kuliner Anda


Pada tahap ini, Anda harus mengisi jadwal buka dan tutup usaha kuliner Anda. Informasi ini penting untuk disampaikan kepada calon pembeli. Karena jika Anda tidak mencantumkan jadwal, kemudian pada suatu waktu usaha kuliner Anda sedang tutup, maka pembeli yang telah terlanjur memesan akan bisa merasa kecewa. Itulah sebabnya pihak Grab Food meminta kepada setiap pemilik usaha kuliner untuk memasukkan jadwal buka-tutup usahanya pada tahap pendaftaran.

Setelah jadwal buka-tutup dimasukkan pada halaman jadwal ini, kemudian tekanlah tombol panah hijau agar Anda bisa melanjutkan ke tahap pendaftaran selanjutnya. Tahap selanjutnya ini yaitu mengisi menu usaha kuliner Anda.

4. Mengisi Menu Usaha Kuliner Anda


Mengisi menu usaha kuliner ini adalah tahapan terakhir dari proses pendaftaran Grab Food. Pada tahap ini Anda harus menambahkan menu ke setiap kolom yang ada dengan menekan tombol “+”. Isi dengan lengkap mulai dari nama restoran, jenis, nama untuk menu makanan dan juga harga. Setelah semuanya selesai, maka tekan “Kirim” kemudian “Selesai”.

Dengan begini maka proses pendaftaran Grab Food Anda telah selesai.

5. Proses Verifikasi oleh Grab Food


Pada tahap ini, Grab akan melakukan pengecekan data dan formulir pendaftaran yang dikirim oleh pemilik restoran. Jika semua sudah sesuai, maka pemilik restoran akan mendapatkan notifikasi di email ataupun melalui SMS. Selanjutnya, ada perjanjian kerjasama merchant yang langkah-langkahnya akan diberikan langsung oleh Grab.

Info Menarik Lainnya : Cara Jualan di Bukalapak + Strategi Jitu Dagangan Cepat Laku

Ini Besaran Bagi Hasil di Grab Food


Grab menetapkan sistem bagi hasil dengan merchant. Hal ini penting diketahui oleh calon mitra untuk penentuan harga jual nantinya. Besaran bagi hasil yang diterapkan oleh Grab adalah sebesar 30% diluar PPN yang diambil dari total pesanan. Jadi, andaikan dalam sehari Anda mendapatkan pesanan sebesar 1 juta, maka 300 ribu menjadi milik Grab.

Jika dilihat dari besaran bagi hasil, memang terkesan besar, namun hal ini sebanding dengan luasnya pasar yang bisa didapat. Tentu, hal ini bisa disiasati dengan menaikkan harga agar operasional restoran juga tidak terlalu terbebani. Mengingat besaran 30% ini didapat dari omset perhari, maka satuan harga menu bisa sedikit dinaikkan.

Ketika menaikkan harga ini, perhatikan juga kisaran harga untuk menu sejenis dari restoran lain yang telah bergabung di Grab Food. Jangan sampai malah jadi terlalu mahal karena masalah bagi hasil ini. Tetap utamakan kualitas, boleh sedikit naikkan harga untuk menutupi biaya operasional, namun jangan sampai kebablasan. Pandai-pandailah mengatur masalah harga ini.

Setelah mengetahui cara daftar Grab Food ini, maka diharapkan akan banyak pengusaha kuliner yang mau menjajal peluang ini. Diharapkan juga dapat terjadi peningkatan pendapatan, sehingga usaha kuliner makin tumbuh subur dan semakin dikenal oleh masyarakat.

Setelah Anda bergabung dan memanfaatkan Grab Food dengan maksimal, maka jangan lupa untuk mengoptimalkan saluran promosi yang lain. Tetap utamakan kualitas rasa dan penyajian, agar para pembeli dan pelanggan Anda mau berbelanja kembali dan menjadi pelanggan setia usaha kuliner Anda.

Info Menarik Lainnya : 4 Cara Promosi yang Ampuh, Bikin Toko Baru Ramai Pembeli

Semoga sukses selalu untuk Anda! 😉

Sampai jumpa lagi di artikel yang tidak kalah menarik selanjutnya. Salam.

Penulis by : Bang izal.

0 Response to "Ini Cara Daftar Grab Food Agar Bisnis Kuliner Makin Moncer "

Post a Comment

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

Blog Archive

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel