Cara Jualan di Bukalapak + Strategi Jitu Dagangan Cepat Laku

Memasuki era digital banyak proses konvensional yang perlahan mulai berubah ke arah online, salah satunya adalah belanja. Masyarakat sekarang lebih senang belanja online, maka tidak heran banyak aplikasi online shop yang diciptakan demi menggaet konsumen, contohnya seperti situs e-commerce Bukalapak. Ini adalah salah satu online shop yang memiliki banyak mitra (pedagang), karena cara jualan di Bukalapak ini terbilang mudah.

Mendaftar untuk menjadi konsumen ataupun pedagang di Bukalapak bisa dibilang tidak memerlukan proses yang bertele-tele serta mudah dimengerti. Para pemula, atau orang yang tidak terlalu "melek" teknologi pun dapat mendaftarkan dirinya dengan mudah sebagai penjual di Bukalapak.

Tidak percaya? Simak artikel ini sampai habis.

Cara Jualan Di Bukalapak Langkah Demi Langkah (Lengkap)

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa cara jualan di Bukalapak sangatlah mudah dan dapat dimengerti oleh semua orang. Kali ini cara tersebut akan dijabarkan dalam sepuluh cara lengkap yang pastinya dapat membantu beberapa orang yang mungkin mengalami kesulitan.

Beberapa cara tersebut diantaranya.
  1. Membuka Website atau Aplikasi Bukalapak

Langkah pertama dan yang pasti wajib dilakukan adalah membuka website Bukalapak. Website ini bisa diakses baik melalui komputer maupun hp. Dalam menemukan website Bukalapak ini terbilang sangat mudah, bila menggunakan komputer cukup ketikan Bukalapak di laman pencarian. Namun jika hendak membukanya di hp, bukalapak tersedia dalam bentuk aplikasi.

Untuk lebih mudahnya, silahkan Anda klik di sini: https://www.bukalapak.com
  1. Mendaftarkan Diri

Setelah selesai membuka aplikasi atau website bukalapak cara jualan di Bukalapak selanjutnya adalah mendaftarkan diri. Perhatikan baik-baik foto dibawah ini, kemudian fokus pada bagian yang dilingkari di pojok kanan atas. Nah dibagian itulah tempat mendaftarnya.
Cara Jualan di Bukalapak Plus Strategi Dagangan Cepat Laku
Tahapan awal untuk berjualan di Bukalapak adalah dengan cara mendaftar terlebih dahulu.
Anda nantinya akan diminta untuk mendaftar sesuai dengan nama pengguna serta beberapa isian lainnya. Selain itu Bukalapak juga menyediakan opsi lain seperti mendaftar menggunakan akun Facebook ataupun Google.
  1. Memasukkan Nama Lengkap/No Telepon dan Email

Setelah mendaftar, nantinya pengguna akan dibawa ke halaman selanjutnya yang mengharuskannya untuk mengisi data tentang no telp dan email. Pastikan untuk memasukan alamat email serta no telpon yang aktif, karena nantinya kedua hal.tersebut akan dikirimkan kode oleh Bukalapak sebagai langkah verifikasi.

Perhatikan baik-baik foto dibawah ini (klik foto supaya tampak lebih jelas). 
Cara Jualan di Bukalapak Plus Strategi Dagangan Cepat Laku
Isilah formulir pendaftaran dengan selengkapnya.
Pada contoh ini saya membuat atas nama saya sendiri, nanti tinggal Anda sesuaikan dengan nama dan informasi pribadi Anda yang lainnya. Jangan lupa mencentang bagian yang bertuliskan : "Saya telah membaca dan menyetujui Aturan Penggunaan dan Kebijakan Privasi Bukalapak".
  1. Memasukkan Nama Toko

Hal selanjutnya adalah memasukkan nama toko yang akan digunakan sebagai nama toko online pengguna di Bukalapak. Lihat contoh ilustrasinya pada foto dibawah ini.
Cara Jualan di Bukalapak Plus Strategi Dagangan Cepat Laku
Contoh desain nama dan foto profil toko online di Bukalapak. 
Anda boleh mengadaptasi cara saya membuat nama toko online diatas. "Bang izal Mainan".

Bagaimana kedengarannya menurut Anda? Enak didengar, mudah di ucapkan, dan gampang di ingat bukan? Nah seperti itulah kurang lebih teknik membuat nama toko online yang tepat.

Anda juga bisa meniru desain foto profil toko online saya yang bertuliskan nama toko seperti diatas. Cara bikinnya gampang kok, gunakan saja aplikasi edit foto yang banyak tersedia di Playstore.

Ingat ya, pastikan nama toko online Anda tersebut belum dimiliki oleh orang lain. Dan hindari nama toko online yang aneh-aneh sehingga membuat orang sulit untuk mengingatnya. Nama toko ini nantinya akan muncul di barang yang dijual, serta di profil Anda sebagai pengguna akun Bukalapak.

Info Menarik Lainnya : Bagaimana Cara Jualan Online di Facebook? Yuk Simak Panduan Lengkapnya
  1. Masukkan Password

Langkah selanjutnya dan termasuk yang paling penting adalah memasukan password. Untuk foto ilustrasinya sudah ada (sudah termasuk) di poin nomor 3 sebelumnya di atas, jadi tidak perlu saya lampirkan lagi di sini.

Password ini nantinya berfungsi untuk mengakses akun yang telah dibuat. Oleh sebab itu buatlah password berisi karakter yang sangat unik agar tidak mudah ditebak oleh orang lain. Yang dimaksudkan dengan karakter unik ini adalah; password tersebut berisi kombinasi huruf besar kecil, angka dan karakter unik lainnya. Intinya perpaduan karakter yang ada di keyboard PC, laptop atau smartphone Anda. Contoh: TokoMainanBangIzalMurah38526@#$

Bila diperlukan, maka tidak ada salahnya untuk mencatat password tersebut (untuk mengantisipasi jika Anda lupa kata sandi).
  1. Baca Syarat dan Ketentuan

Saat sebelum memencet tombol submit atau daftar, pengguna diminta untuk membaca syarat dan ketentuan yang berlaku di Bukalapak. 
Cara Jualan di Bukalapak Plus Strategi Dagangan Cepat Laku
Ilustrasi Syarat dan Ketentuan.
Syarat ini harus ditaati oleh semua penjual, karena jika tidak Bukalapak bisa langsung memblok atau menghapus profile orang yang melanggar. Jadi pastikan untuk membaca baik-baik syarat dan ketentuan tersebut.
  1. Klik Tombol Submit atau Daftar

Setelah membaca syarat dan ketentuan yang berlaku, pengguna diharuskan untuk memilih tombol "mengerti". Sesudah memencet tombol tersebut pengguna hanya tinggal mengklik tombol daftar yang terletak di bagian tengah bawah. Lihat fotonya dibawah ini.
Cara Jualan di Bukalapak Plus Strategi Dagangan Cepat Laku
Klik kolom "Daftar".
Ada baiknya sebelum memencet tombol tersebut, maka hendaknya Anda membaca sekali lagi formulir yang telah diisi (untuk menghindari kesalahan). 
  1. Tunggu Konfirmasi Email

Bila semua proses di atas telah selesai, maka pengguna hanya tinggal menunggu verifikasi yang akan dikirimkan Bukalapak ke email pengguna. Lihat fotonya dibawah ini.
Cara Jualan di Bukalapak Plus Strategi Dagangan Cepat Laku
Contoh Konfirmasi yang di kirimkan melalui email oleh situs Bukalapak.
Inilah sebabnya kenapa email yang Anda cantumkan/gunakan harus aktif, dan valid. Tujuannya agar akun Anda dapat terkonfirmasi dan langsung bisa aktif. Email konfirmasi ini nantinya berisi link yang harus Anda klik sebagai konfirmasi kepemilikan akun.
  1. Melengkapi Profil Toko

Proses pendaftaran sudah selesai. Sekarang waktunya untuk melengkapi profil toko Anda. 
Anda dapat mencantumkan foto profil yang polos. Akan lebih bagus lagi jika menggunakan foto profil yang sudah di edit (berisi nama toko) seperti foto sebelumnya di atas.

Langkah ini sebenarnya penting, namun terkadang pemilik toko suka mengabaikannya. Padahal dari hal-hal kecil seperti ini bisa jadi efeknya besar lho. Karena setiap melihat foto profil Anda, maka sudah langsung terekam nama toko Anda di memori ingatan audience (pengunjung/pembeli).

Selanjutnya mulailah mengupload produk yang hendak Anda jual. Selain itu, jangan lupa untuk selalu merancang tata letak dan tampilan toko Anda agar terlihat semenarik mungkin. Pastikan juga toko online Anda memiliki customer service (pelayanan) yang responsif, dan selalu ramah terhadap para pembeli/pelanggan.

Info Menarik Lainnya : 10 Cara Jualan Online di Shopee Agar Produknya Laris Manis
  1. Akun Siap Digunakan untuk Berjualan

Terakhir, cara jualan di Bukalapak ini proses intinya yaitu mulai berjualan online. Setelah melewati konfirmasi email, serta melengkapi profil maka akun tersebut sudah bisa digunakan untuk berjualan. 
Cara Jualan di Bukalapak Plus Strategi Dagangan Cepat Laku
Foto ini hanya sebagai ilustrasi, Anda tinggal mengadaptasinya saja di toko online Anda.
Mulailah promo kecil-kecilan dengan membagikan link toko yang ada ke beberapa media sosial yang memang dimiliki. Semoga toko online Anda sukses dan laris manis! 😉

Hal-hal yang harus Diperhatikan

Setelah tadi membaca cara jualan di Bukalapak berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan saat berjualan online. Pertama adalah memilih ekspedisi pengiriman yang memang tersedia dekat di lingkungan sekitar, serta pastikan keamanannya. Hal ini agar proses pengiriman bisa lebih cepat, dan barang tetap aman.saat sampai tujuan.

Kedua adalah pengemasan barang. Memang benar pihak ekspedisi menyediakan packing tambahan saat hendak dikirimkan kepada penerima, namun tidak ada salahnya jika pengemasan sendiri dilakukan lebih rapih. Hal ini guna mencegah kerusakan barang yang terjadi saat proses pengiriman.

Ketiga adalah keyword atau nama produk. Tidak ada larangan untuk menggunakan nama yang unik dalam proses penjualan produk. Tapi, jika hal itu justru membuat konsumen kesulitan menemukan barang yang hendak dijual, untuk apa? Gunakanlah nama produk yang unik namun tetap mudah diingat oleh para konsumen.

Tips dan Trick agar Barang Cepat Laku

Masuk ke pembahasan yang paling dinantikan yaitu, bagaimana cara agar barang yang dijual di Bukalapak bisa cepat laku. Hal ini sebenarnya sangat mudah apabila pedagang mengetahui beberapa rahasia terkait hal tersebut. Tenang saja ini bukan cara yang curang. Cara yang digunakan disini dipastikan aman, dan tidak menyalahi aturan Bukalapak.

1. Search engine. Ini adalah rahasia pertama yang sangat jarang diketahui oleh para pengguna Bukalapak. Kebanyakan dari mereka lebih memilih untuk melakukan promosi melalui media sosial dibanding melalui laman pencarian. Faktanya konsumen yang memang sedang mencari barang dan hendak membelinya, lebih memilih laman pencarian untuk mencarinya. Jadi optimalkanlah hal tersebut.

2. Perhatikan Foto. Pedagang di Indonesia rata-rata agak malas dalam memperhatikan kualitas, jumlah, dan jenis foto yang ingin digunakan. Pastikan untuk mengupload foto dengan kualitas terbaik, perhatikan juga jenis foto seperti apa yang diinginkan konsumen. Bagian mana saja yang ingin konsumen lihat dari foto yang tersedia.

3. Pahami pembeli. Dalam dunia belanja online ada dua jenis pembeli yang paling banyak ditemukan. Salah satu jenisnya adalah pembeli yang mencari barang murah. Saat pedagang sudah memahami karakteristik pembeli seperti ini, maka pedagang tersebut tau apa yang harus dilakukannya agar barang yang dia jual cepat laku.

4. Customer Service. Terakhir dan yang tidak kalah penting adalah customer service haruslah bersifat responsif dan sopan. Tidak jarang konsumen yang membatalkan pesanan karena kurang mendapatkan tanggapan yang cepat dari customer service suatu toko. Tidak jarang juga pembeli yang membatalkan pesanannya karena mendapat respon kurang sopan.

Bagaimana, mudah bukan cara jualan di Bukalapak? Jadi tidak usah heran jika banyak pedagang yang menjadi mitra dari salah satu online shop terbesar di Indonesia ini. Bila memang berminat untuk mulai berjualan di Bukalapak ikutilah cara-cara di atas serta baca tips dan trick agar dagangan cepat laris.

Selamat mencoba.

Info Menarik Lainnya : Tips Jualan Online di Instagram Supaya Produk Anda Laris Manis
Sampai jumpa lagi di artikel menarik selanjutnya. Salam.

Penulis by : Bang izal.

0 Response to "Cara Jualan di Bukalapak + Strategi Jitu Dagangan Cepat Laku "

Post a Comment

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel